BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Suatu
perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang selalu berupaya meningkatkan
produktivitas kerja sebagai sistem organisai tersebut, termasuk sistem
manajeman, sistem fungsional dan sistem operasional. Produktivitas adalah
korelasi “terbalik” antara masukan dan keluaran. Artinya, suatu sistem dapat
dikatakan produktif apabila masukan yang diproses semakin sedikit untuk
menghasilkan keluaran yang semakin besar. Tentu banyak cara yang digunakan
untuk mengukur tunggu rendahnya prodiktivitas suatu sistem.
Produktivitas
sering pula dikaitkan dengan cara dan sistem yang efesien,sehingga proses
produksi berlangsung tepat waktu dan dengan demikian tidak diperlukan kinerja
lembur dengan segala implikasinya, terutama implikasi biaya. Peningkatan
produktivitas merupakan salah satu sasaran jangka panjang perusahaan dalam
pelaksanaan strateginya. Meningkatkan produktivitas kerja menyebabkan
produktivitas perusahaan meningkat. Produktivitas yang meningkat dapat dilihat
dari cara kerja dan prosedur kerja yang tepat.
Produktivitas
kerja yang meningkat karena faktor suasana perkantoran yang baik dan teratur.
Penelitian yang dilakukan Strek (2005:hal 14) menemukan bahwa 83 % karyawan
sangat mengharapkan adanya pencahayaan yang tepat, area kerja yang sesuai serta
temperatur udara yang nyaman. Seorang karyawan sulit bekerja jika tidak
tersedia tempat yang layak untuk bekerja, penyusunan perabotan dan peralatan
kantor yang baik, akan membuat karyawan dinamis dalam bekerja sehingga semangat
dan produktivitas kerja karyawan akan meningkata dan pada akhirnya tujuan
kantor tersebut akan tercapai sebagaimana yang diharapkan.
Penyusunan tata ruang kantor yang baik meningkatkan
produktivitas kerja menambah efesiensi, menghemat prnggunaan ruang, memudahkan
pengawasan, komunikasi lebih sempurna dan arus pekerjaan yang lebih lancar juga
akan memberikan kenyamanan dalam bekerja. Perasaan nyaman adalah langkah awal
untuk menciptakan produktivitas kerja yang tinggi.
Tata
ruang kantor yang kurang baik akan mengakibatkan pemborosan waktu dan tenaga
karyawan, dengan demikian produktivitas kerja akan menurun. Hal ini menyebabkan
biaya yang dikeluarkan semakin besar dan hasil yang dicapai kurang memuaskan
atau tidak efektif dan tidak efesien.
Tata
ruang kantor yang baik adalah susunan tata ruang kantor yang diatur dengan
baik, artinya ruangan tersebuttidak mengakibatkan pemborosan tenaga, waktu dan
tempat, ruangan kantor juga harus cukup memadai agar pegawai dapat bergerak
lebih leluasa dan bebas sehingga komunikasi antara pegawai semakin lancar.
Koordinasi dan pengawasan semakin mudah. Dengan demikian tata ruang kantor yang
baik harus mampu mrnjamin agar penyimpangan dan pemborosan arus pekerjaan tidak
terjadi.
Salah
satu Departemen di Fakultas Ekonomi Sumatera Utara yaitu Departemen Ekonomi
Pembanguna, juga akan berupaya melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk membantu
kelancaran proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. Penataan ruang
yang baik akan memperlancar kegiatan-kegiatan tersebut. Selain itu pemakaian
ruangan secara efesien penting agar pengawasan mudah dilaksanakan terciptanya
suasana yang menyenangkan, penataan ruang kantor yang baik dan sesuai akan
berpengaruh besar terhadap produktivitas kerja di Departemen Ekonomi
Pembangunan itu sendiri.
Melihat
pentingnya penataan ruang kantor yang baik dan sesuai dapat berpengaruh besar
terhadap produktivitas kerja, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian
tentang
“Peranan
Tata Ruang Kantor Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Pada Departemen
Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara”
B.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang diuraikan, perumusan masalah yaitu: “Peranan Tata Ruang
Kantor Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Pada Departemen Ekonomi
Pembangunan Universitas Sumatera Utara”.
C.
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah :
1. Merupakan syarat untuk dapat menyelesaikan
pendidikan Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Sumatera Utara.
2.
Untuk mengetahui Peranan Tata Ruang Kantor Dalam Meningkatkan Produktivitas
Kerja Pada Departemen Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara.
D. Manfaat Penelitian
1.
Bagi Penulis
Menambah
dan mengembangkan ilmu pengetahuan manajemen perkantoran khususnya tata ruang
kantor dan produktivitas pegawai.
2.
Bagi Perusahaan
Sebagai
bahan pertimbangan dalam mengambil langkah pada masa yang akan datang untuk
lebih memperhatikan tata ruang kantor yang digunakan agar dapat tercapai
produktivitas kerja yang meningkat.
3. Bagi Pihak Lain
a. Sebagai bahan masukan dalam mempelajari ilmu
manajemen perkantoran khususnya tata ruang kantor.
b.
Sebagai referensi peneliti-peneliti lain yang berminat terhadap judul yang
penulis teliti.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi