Sabtu, 08 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERANAN TATA RUANG KANTOR UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA DEPARTEMEN EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Suatu perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang selalu berupaya meningkatkan produktivitas kerja sebagai sistem organisai tersebut, termasuk sistem manajeman, sistem fungsional dan sistem operasional. Produktivitas adalah korelasi “terbalik” antara masukan dan keluaran. Artinya, suatu sistem dapat dikatakan produktif apabila masukan yang diproses semakin sedikit untuk menghasilkan keluaran yang semakin besar. Tentu banyak cara yang digunakan untuk mengukur tunggu rendahnya prodiktivitas suatu sistem.

Produktivitas sering pula dikaitkan dengan cara dan sistem yang efesien,sehingga proses produksi berlangsung tepat waktu dan dengan demikian tidak diperlukan kinerja lembur dengan segala implikasinya, terutama implikasi biaya. Peningkatan produktivitas merupakan salah satu sasaran jangka panjang perusahaan dalam pelaksanaan strateginya. Meningkatkan produktivitas kerja menyebabkan produktivitas perusahaan meningkat. Produktivitas yang meningkat dapat dilihat dari cara kerja dan prosedur kerja yang tepat.
Produktivitas kerja yang meningkat karena faktor suasana perkantoran yang baik dan teratur. Penelitian yang dilakukan Strek (2005:hal 14) menemukan bahwa 83 % karyawan sangat mengharapkan adanya pencahayaan yang tepat, area kerja yang sesuai serta temperatur udara yang nyaman. Seorang karyawan sulit bekerja jika tidak tersedia tempat yang layak untuk bekerja, penyusunan perabotan dan peralatan kantor yang baik, akan membuat karyawan dinamis dalam bekerja sehingga semangat dan produktivitas kerja karyawan akan meningkata dan pada akhirnya tujuan kantor tersebut akan tercapai sebagaimana yang diharapkan.
Penyusunan tata ruang kantor yang baik meningkatkan produktivitas kerja menambah efesiensi, menghemat prnggunaan ruang, memudahkan pengawasan, komunikasi lebih sempurna dan arus pekerjaan yang lebih lancar juga akan memberikan kenyamanan dalam bekerja. Perasaan nyaman adalah langkah awal untuk menciptakan produktivitas kerja yang tinggi.
Tata ruang kantor yang kurang baik akan mengakibatkan pemborosan waktu dan tenaga karyawan, dengan demikian produktivitas kerja akan menurun. Hal ini menyebabkan biaya yang dikeluarkan semakin besar dan hasil yang dicapai kurang memuaskan atau tidak efektif dan tidak efesien.
Tata ruang kantor yang baik adalah susunan tata ruang kantor yang diatur dengan baik, artinya ruangan tersebuttidak mengakibatkan pemborosan tenaga, waktu dan tempat, ruangan kantor juga harus cukup memadai agar pegawai dapat bergerak lebih leluasa dan bebas sehingga komunikasi antara pegawai semakin lancar. Koordinasi dan pengawasan semakin mudah. Dengan demikian tata ruang kantor yang baik harus mampu mrnjamin agar penyimpangan dan pemborosan arus pekerjaan tidak terjadi.
Salah satu Departemen di Fakultas Ekonomi Sumatera Utara yaitu Departemen Ekonomi Pembanguna, juga akan berupaya melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk membantu kelancaran proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. Penataan ruang yang baik akan memperlancar kegiatan-kegiatan tersebut. Selain itu pemakaian ruangan secara efesien penting agar pengawasan mudah dilaksanakan terciptanya suasana yang menyenangkan, penataan ruang kantor yang baik dan sesuai akan berpengaruh besar terhadap produktivitas kerja di Departemen Ekonomi Pembangunan itu sendiri.
Melihat pentingnya penataan ruang kantor yang baik dan sesuai dapat berpengaruh besar terhadap produktivitas kerja, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang
Peranan Tata Ruang Kantor Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Pada Departemen Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara
B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang diuraikan, perumusan masalah yaitu: “Peranan Tata Ruang Kantor Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Pada Departemen Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara”.
C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah :
1. Merupakan syarat untuk dapat menyelesaikan pendidikan Diploma III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Sumatera Utara.
2. Untuk mengetahui Peranan Tata Ruang Kantor Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pada Departemen Ekonomi Pembangunan Universitas Sumatera Utara.

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi Penulis

Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan manajemen perkantoran khususnya tata ruang kantor dan produktivitas pegawai.
2. Bagi Perusahaan

Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil langkah pada masa yang akan datang untuk lebih memperhatikan tata ruang kantor yang digunakan agar dapat tercapai produktivitas kerja yang meningkat.

3. Bagi Pihak Lain
a. Sebagai bahan masukan dalam mempelajari ilmu manajemen perkantoran khususnya tata ruang kantor.
b. Sebagai referensi peneliti-peneliti lain yang berminat terhadap judul yang penulis teliti.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi