BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sejalan
dengan perkembangan jaman, perusahaan merupakan suatu bentuk organisasi yang
berkembang di dunia usaha. Perkembangan dunia usaha dewasa ini di barengi
dengan semakin ketatnya persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan
lain hal ini praktis memerlukan pengambil keputusan yang cepat. Setiap
perusahaan bertujuan mencari laba karena dengan adanya laba, perusahaan dapat
mempertahankan kelangsungan hidupnya, laba optimum merupakan tujuan dari setiap
perusahaan, baik itu perusahaan dagang,
jasa industri maupun usaha lainnya,
laba yang menjadi tujuan perusahaan tidak terwujud dengan sendirinya, tetapi di
peroleh dengan usaha yang di lakukan secara terencana, teratur dan
terus-menerus. Efisiensi dalam setiap gerak langkah perusahaan merupakan factor
yang cukup penting.
Perencanaan
dan pengawasan merupakan dua fungsi manajemen yang tidak dapat di pisahkan,
perencanaan di dalam pelaksanaannya tanpa ada pengawasan tidak akan
menghasilkan sesuatu yang baik demikian sebaliknya, pengawasan tanpa adanya
perencanaan terlebih dahulu tidak akan ada manfaatnya karena perencanaan ini
merupakan pedoman yang akan dijadikan sebagai tolak ukur, pada situasi
persaingan bisnis yang semakin ketat, bagian pemasaran memiliki posisi
strategis dalam upaya membawa perusahaan kearah yang lebih baik. Akibat nilai
strategis pemasaran ini, setiap perusahaan kemudian berlomba menyusun strategi
pemasaran ini untuk memenangkan persaingan.
Perencanaan meliputi sebagai satu
proses penetapan tujuan yang akan di capai dan memutuskan strategi dan taktik
untuk mencapainya, rencana adalah merupakan suatu pernyataan tentang cara yang
diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran. Meskipun semua manajer melakukan
perencanaan tetapi tipe dan cakupan rencana berpariasi sesuai dengan tingkat
dan tanggung jawab manajer, semua kegiatan dan tindakan manajerial didasarkan
atau disesuaikan dengan rencana yang sudah di tetapkan. Rencana menentukan
kemana organisasi dari kegiatan-kegiatanya akan diarahkan atau di rencanakan,
perencanaan membantu manajer dalam semua tipe organisasi untuk mencapai kinerja
yang lebih baik. Silalahi ( 2002:159 )
Pengawasan terhadap perusahaan yang mempunyai kebijakan hanya
membiayai ekspansinya dengan dana yang berasal dari sumber Intern saja.
Kebijakan tersebut dijalankan atas dasar pertimbangan bahwa kalau ekspansi di
biayai dengan dana yang berasal dari hasil penjualan saham baru yang akan
melemahkan “control” dari kelompok dominan didalam perusahaan. Demikian pula
bila membiayai ekspansi dengan utang akan memperbesar resiko finansialnya.
Mempercayakan pada pembelanjaan intern dalam rangka usaha mempertahankan
“Control” terhadap perusahaan . Riyanto ( 1997: 268 )
Strategi penjualan merupakan pegangan bagi perusahaan agar
mempunyai keunggulan bersaing sekaligus merupakan suatu rancana keseluruhan
untuk mencapai tujuan, salah satu tujuan yang di terapkannya yaitu strategi
pamasaran untuk meningkatkan volume penjualan. Kebijakan strategi pemasaran
yang baik dan dapat diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mencapai tingkat
penjualan yang telah ditetapkan, Volume penjualan yang dimaksud dalam hal ini
adalah penjualan total produk barang
/ Jasa yang dihasilkan dalam satuan rupiah yang terjadi dalam satu periode
waktu tertentu. Pada strategi pemasaran ini memberikan arah dalam kaitannya
dalam variabel-variabel seperti segmentasi pasar, Identifikasih pasar sasaran,
elemen bauran pemasaran dan biaya bauran pemasaran dalam merencanakan strategi
pemasaran, Manejer pemasaran harus mengambil keputusan mengenai bagaimana ia
akan menggunakan alat-alat pemasaran yang di milikinya untuk mencapai sasaran
yang telah di tetapkan.
Penjualan berperan dalam menjamin kelancaran usaha perusahaan
dan menghindari kebangkrutan, Hal ini dapat di lakukan dengan menjaga
perputaran piutang dengan penjualan secara tunai atau kredit dengan jangka
pendek. Oleh karena itu pemasaran yang menentukan produk apa yang akan di
pasarkan dan berapa besar jumlahnya serta langganan atau konsumen mana yang
menjadi pasar sasaran perusahaan, agar proses perusahaan dapat tetap lancar
sehingga dapat berkembang, Pemasaran juga merupakan sistim total dari kegiatan
bisnis yang di rancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan atau
mendristribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan, dan jasa baik
bagi para konsumen saat ini maupun pada konsumen potensial, pemasaran juga
merupaka suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang
memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan
pertukaran.
Agar perusahaan dapat bekerja secara efisien, dibutuhkan
suatu perencanaan yang baik, perencanaan yang baik haruslah memiliki semua
aktifitas yang akan dilakukan untuk masa yang akan datang. Perencanaan harus
merumuskan langkah-langkah untuk
tujuan yang akan dicapai serta mengembangkan tujuan jangka waktu yang akan
datang, perencanaan di lakukakan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah
bidang keuangan. Salah satu sistim yang membantu manajemen untuk pengawasan
aktifitas pemasaran ini adalah dengan dibentuknya sistim perencanaan dan
pengawasan aktifitas pemasaran ini adalah dengan dibentuknya sistem perencanaan
dan pengawasan pemasaran hal ini dimaksudkan untuk melindungi harta perusahaan,
meningkatkan efisiensi, kerja dan mendorong agar tetap dipatuhinya
kebijaksanaan manajemen dalam pemasaran yang telah di tetapkan sebelumnya.
Setiap perusahan bertujuan mencari laba karena dengan adanya
laba, perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya laba optimum
merupakan tujuan dari setiap perusahaan, baik itu perusahaan dagang, jasa
industri, maupun perusahaan lainnya, laba yang menjadi tujuan perusahaan tidak
terwujud dengan sendirinya, tetapi diperoleh dengan usaha yang dilakukan secara
terencana, teratur dan terus menerus, efisiensi dalam setiap gerak langkah
perusahaan merupakan factor yang cukup penting dalam setiap kegiatan atau
merupakan salah satu factor untuk sasaran yang telah di tetapkan.
Penjualan dalam hal ini adalah pengaturan produk-produk yang
sanggup memuaskan kebutuhan dengan pasar yang terdiri dari pelanggan potensial
yang ingin dan mampu terlibat dalam pertukaran untuk memuaskan kebutuhan atau
keinginannya, Produsen harus berupaya untuk menghasilkan barang dan jasa sesuai
dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Produk yang baik akan bermanfaat bagi
kelangsungan hidup dan kesejahteraan perusahaan. Salah satu tujuan yang
diterapkan suatu strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan
volume penjualan, Strategi ini
bermanfaat agar perusahaan memiliki suatu pengetahuan yang lebih mendalam
mengenai suatu pasar yang akan dimasukinya, sehingga apabila strategi
dijalankan dengan baik maka perusahaan akan dapat meningkatkan penjualan dan
memenangkan persaingan dengan perusahaan sejenis lainnya kajian yang akan
dibahas dalam skrifsi ini adalah “Perencanaan dan Pengawasan Biaya Penjualan
Pada PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk Medan”
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas penulis merumuskan permasalahan
sebagai berikut
Sesuai dengan judul Skripsi minor ini yaitu, Perencanaan dan Pengawasan
Biaya Penjualan maka untuk menjelaskan permasalahan yang dijadikan dasar
penulis skripsi minor penulis mencoba merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana Perencanaan dan
Pengawasan Biaya penjualan yang tetapkan untuk memenuhi kebutuhan informasi
yang di perlukan oleh manajemen pemasaran.
2. Apakah Perencanaan dan Pengawasan Biaya Penjualan yang di
lakukan dapat meningkatkan laba perusahaan.
C. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penulis mengadakan penelitian adalah:
1. Untuk mengetahui Perencanaan dan
Pengawasan Biaya Penjualan yang di tetapkan oleh perusahaan
2. Mengidentifikasikan masalah yang timbul dalam Perencanaan
dan Pengawasan Biaya Penjualan guna meningkatkan laba.
D. Manfaat Penelitian
Adapun Manfaat penelitian yang di lakukan adalah:
1. Bagi Penulis
Diperoleh penerapan teori dalam praktek sehingga dapat
memahami dan mengetahui khususnya mengenai Perencanan dan pengawasan biaya
Penjualan yang di pelajari dibangku kuliah.
2. Bagi Perusahaan
Penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan agar memperoleh
masukan-masukan atau Informasi yang berguna sehubungan dengan pelaksanaan
Perencanaan dan Pengawasan Biaya Penjualan
3. Bagi Lembaga Pendidikan
Dapat di gunakan sebagai bahan masukan dan perbandingan bagi
yang melakukan penelitian yang sama dimasa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi