Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS ”BAKSO BUAH DURIAN”


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sejak krisis ekonomi melanda Indonesia beberapa tahun yang lalu, perekonomian Indonesia berubah drastis. Banyak perusahaan yang gulung tikar karena dampak negatif. Krisis moneter tersebut sangat merugikan sehingga mereka tidak dapat mempertahankan bisnisnya. Namun tidak sedikit bisnis – bisnis yang dapat menghadapi krisis moneter, mempertahankan bisnisnya sehingga tetap exist sampai saat ini bahkan ada yang mengalihkan bisnisnya ke bisnis lain juga dan ada juga yang mencoba bisnis – bisnis baru sehingga krisis moneter ini bukan dianggap buruk, melainkan menjadi peluang bisnis yang baik, maka tidak heran apabila banyak bisnis – bisnis baru yang sukses di masa krisis moneter sehingga kini terus berkembang.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan bisnis di bidang makanan dan minuman pun ikut mengalami hal yang sama, dari restoran, kedai – kedai, warung makanan sampai ke konsep cafe terus mengalami perkembangan terutama bisnis cafe kini sedang menjamur dan memiliki prospek yang bagus untuk dijalani karena melihat kebutuhan pasar akan tempat makan yang menyajikan makanan yang enak, murah dan tempat makan yang nyaman. Oleh karena itu kami tertarik untuk membuat prencanaan bisnis berupa studi kelayakan bisnis untuk “ bisnis cafe” ini.
  
Usaha yang tidak pernah sepi adalah usaha bisnis bakso, apalagi bisnis bakso ini sangat unik yaitu bisnis bakso buah durian. Bakso sangat sering kita jumpai dimana- mana, dengan banyaknya pesain yang ada, maka saya berminat untuk membuat suatu bisnis makanan ini berupa bisnis “ bakso buah durian”. Meski banyak pesaingnay, bisnis bakso buah durian ini masih tetap menjanjikan, karena bakso merupakan makanan yang cukup digemari di Indonesia. Apalagi bakso tersebut mempunyai rasa khas yaitu buah durian.
Perkembangan kuliner bakso memang semakin maju, ragam bentuknya dan variasinya yang begitu unik, sehingga konsumen tidak pernah merasa jenuh untuk terus mencicipi. Inilah salah satu mengapa saya membuat bisnis bakso buah durian ini disebabkan bakso tidak pernah sepi. Bakso yang kenyal dan rasanya gurih dipadu dengan segarnya buah durian dengan rasa yang unik.
Peluang dari usaha bakso buah cukup menjanjikan dilihat dari potensi ketersediaan buah yang dimiliki Indonesia cukup melimpah dan beragam, selain itu usaha bakso buah masih jarang ditemui sehingga peluang usahanya masih terbuka lebar.
Buah durian termasuk buah yang paling disukai di Indonesia. Selain rasanya lezat, aromanya juga sangat menggiurkan. Selain nikmat dan manis, manfaat buah durian adalah sebagai perawatan kecantikan. Selain bias meremajakan kulit , buah ini juga bagus untuk mengurangi efek kerutan. Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang.
  
Sebenarnya bakso buah durian ini telah berkembang di beberapa daerah di Indonesia, tetapi belum begitu banyak yang mencoba bisnis ini. Di Indonesia, kita tidak perlu mencari buah durian, karena Indonesia mempunyai buah durian yang lezat dan murah.
Kegiatan usaha kecil adalah kegiatan usaha yang mempunyai modal awal yang tidak banyak, dengan jumlah pekerja yang terbatas. Kegiatannya terbesar di berbagai lapangan usaha, di pedesaan, kota kecil, maupun kota-kota besar. Di kota-kota besar, kegiatan usaha kecil terutama bergerak di sector jasa seperti perdagangan,
pengangkutan, hotel, dan restoran. Dalam lapangan usaha industri pengolahan, kegiatan usaha kecil terutama tertumpu kepada kegiatan industri menghasilkan barang makanan. Keberhasilan seorang wirausaha bergantung kepada kemampuan dirinya sebagai pengusaha dan tindakan-tindakannya yang pada dasarnya menunjukkan bahwa ia merupakan seorang manajer yang efektif dan efisien.
Sukirno (2004 : 365) mengatakan bahwa, usah kecil adalah kegiatan usaha yang mempunyai modal awal yang kecil, atau nilai kekayaan (asset) yang kecil dan jumlah yang kecil. Sesuai dengan Undang-undang No.9 Tahun 1995 Usaha Kecil merupakan usaha produktif dengan skala kecil. Usaha Kecil memiliki kriteria kekayaan bersih paling tinggi Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah), kekayaan Usaha Kecil ini tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Usaha Kecil memiliki hasil penjualan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah) per tahun dan bangkable untuk memperoleh kredit dari bank
  
maksimal di atas Rp50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) sampai maksimal Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).
Di Indonesia banyak pesaing, namun kebanyakan para pesaing menyediakan aneka ragam makanan yang bercita rasa di luar dari kebudayaan Indonesia, seperti burger, steak, spageth, dan lain-lain. Untuk usaha penyediaan makanan yang bercita rasa Indonesia, disini pelaku bisnis memberikan buah yang khas dari Indonesia,yaitu buah durian sehingga rasa menjadi lebih pas dilidah para konsumen.
Aspek yang perlu diperhatikan dalam produk adalah kualitas produk. Kualitas adalah keseluruhan ciri dan karakter dari sebuah produk atau jasa yang menunjukkan kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang tersirat. Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual mempunyai nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Oleh karena itu, perusahaan berusaha memfokuskan pada kualitas produk dan membandingkannya dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing.
Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008).
Keputusan pembelian sangat dipengaruhi terutama oleh faktor pribadi yang dilihat dari karakteristik individu yaitu keputusan konsumen yag dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti situasi ekonomi, kepribadian dan konsep diri,
  
sedangkan faktor psikologis yaitu faktor paling mendasar dalam diri individu yang akan mempengaruhi pilihan pembelian seseorang yang dilihat dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap.
Keputusan membeli ada pada diri konsumen. Konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli produk makanan. Diantaranya adalah ia akan membeli produk yang sesuai kebutuhannya, seleranya, dan daya belinya. Konsumen tentu akan memilih makanan yang bermutu lebih baik dengan harga yang lebih murah (Sumarwan, 2003:23).
Konsumen memutuskan membeli suatu produk dapat dilihat dari segi situasi ekonomi, kepribadian dan konsep diri, motivasi, persepsi, pembelajaran, kepercayaan dan sikap. Ketika konsumen akan bertindak sesuai dengan keinginannya, maka keputusan konsumen terhadap pembelian suatu produk makanan akan semakin kuat.
Persaingan untuk memberikan yang terbaik oleh pelaku usaha kepada konsumen telah menempatkan peranan konsumen sebagai salah satu persoalan yang harus segera dapat ditangani dengan lugas oleh pelaku usaha baik dengan melakukan pendekatan secara individual maupun kelompok, sehingga dengan begitu para pelaku usaha dapat mengambil simpati para konsumen dan juga dapat mempengaruhi pertimbangan mereka untuk dapat menerima produk usaha yang dihasilkan sehingga dapat berpengaruh pada perilaku konsumen dalam pengambil keputusan mereka.
Bisnis makanan merupakan aspek yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Bisnis makanan tidak akan ada habisnya, karena
  
setiap manusia pasti membutuhkan makanan, khususnya makanan yang menyehatkan lagi murah.
Usaha Kecil Menengah ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar.
Terdapat dua aspek yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar, aspek tersebut adalah :
1. Membangun Sistem Promosi untuk Penetrasi Pasar
2. Merawat Jaringan Pasar untuk Mempertahankan Pangsa Pasar
Rencana usaha merupakan catatan ringkas yang di buat oleh wirausaha untuk menggambarkan operasi dan menerangkan soal keuangan, tahap keuntungan, strategi pemasaran, kemampuan menajemen dan kepakaran pihak pengelola. Yang menceritakan secara menuju sasaran, tujuan, dan bagaimana cara untuk mencapai kesemuanya. Secara lengkap merangkum misi, tujuan, dan sasaran.
Bisnis makanan yang saya dirikan ini adalah bisnis yang mampu membuat konsumen akan selalu ingin kembali untuk membeli, karena saya akan menyedikan makanan dengan rasa yang khas dan dengan pelayanan yang baik pula. Konsumen pasti akan merasa puas, dengan mengeluarkan uang yang tidak terlalu mahal mereka bisa merasakan makanan yang enak, nikmat dan halalan thaiyyban.
Segmentasi pasar khususnya makanan erat kaitannya dengan penilaian konsumen terhadap keamanan produk dan nilai fungsionalnya untuk kesehatan.
  
Sebelum usaha ini didirikan, telah dilakukan penelitian terlebih dahulu tentang peluang dan market yang ada. Lewat informasi yang telah didapat tersebut, maka dapat dilihat siapakah konsumen potensial dari usaha ini dan bagaimana cara memuaskan konsumen tersebut.
Modal yang akan dibutuhkan dalam menjalankan bisnis Bakso Buah Durian Lezatoz ini adalah berkisar antara Rp. 20.000.000 dengan memiliki kebutuhan investasi sekitar Rp.12.000.000, Investasi akan dikembalikan dalam jangka waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun yang akan datang. Susunan kepemilikan modal saat ini adalah terdapat 4 orang staf, yang terdiri dari 1 untuk bagian administrasi, dan 3 karyawan yang memiliki peranan yang penting dalam menjalankan usaha ini.
Dengan meningkatnya penjualan, maka pelaku bisnis juga melakukan penambahan modal sewaktu-waktu. Jika usaha ini terus berkembang dengan pesat, maka usaha ini akan pulang modal kurang lebih dalam jangka dua tahun. Dengan meningkatnya penjualan maka secara otomatis keuntungan juga akan meningkat setiap tahunnya.
Untuk meningkatkan produktivitas karyawan direncanakan program pelatihan dan pengembangan secara berkala tiap tahun. Di sisi lain untuk membuat karyawan bertahan untuk bekerja, dirancang sistem kompensasi yang memadai dan sukses ke masa yang akan datang.
Suatu bisnis akan maju bila organisasi yang di dalamnya terdiri dari orang-orang yang bertanggung jawab atas pekerjaannya. Untuk menjalankan bisnis makanan ini yang paling utama adalah penyediaan karyawan dibagian pengadaan
  
makanan, dimana untuk karyawan dibagian ini harus memiliki keahlian khusus dalam memasak. Selain itu, dipekerjakan juga karyawan untuk bagian kasir dan pelayanan bagi konsumen yang datang. Dan semua ini dipantau oleh seorang manager.
Usaha ini akan terus dijalankan, dan jika sudah mencapai target atau profit yang maksimal, maka usaha ini akan menggembangkan bisnis dengan membuka cabang diluar Provinsi bahkan sampai ke luar Negeri. Setiap usaha harus menghindari resiko yang terjadi, resiko bisnis bisa saja terjadi kapan pun, namun resiko bisa diminimalisasikan. Bahkan resiko dapat dijadikan pelung dalam suatu bisnis.
1.2 Tujuan Usaha
Dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga pada saat krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti saat ini diperlukan usaha-usaha yang bersifat agresif, kreatif, penuh perhitungan dan berorientasi pasar.
Usaha tersebut juga diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat ini jumlahnya sangat melimpah. Baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja yang oleh karena kondisi perekonomian makro terpaksa harus menganggur akibat tidak adanya kesempatan bekerja atau terkena PHK (Putus Hubungan Kerja).
Dengan demikian tujuan dari pengembangan proyek itu sendiri ada dua yaitu dari aspek ekonomi dan dari aspek sosial. Aspek ekonomi adalah untuk
  
meningkatkan pendapatan sementara aspek sosial adalah unutuk membantu masyarakat dalam mengatasi pengangguran.
Sedangkan potensi usaha ini kami yakin akan mampu bersaing dengan cafe – cafe lain yang ada di kota Padangsidimpuan khususnya seluruh wilayah Jl. Merdeka Padangsidimpuan, dikarenakan dengan harga yang kami tawarkan menjangkau seluruh kalangan masyarakat dengan memberikan pelayanan yang baik. Selain itu, kami ingin menjadi tempat makan favorit dengan memberikan kepuasan kepada konsumen, inovasi – inovasi baru, dan memberikan pelayanan usaha yang baik dengan harga yang terjangkau.
Tidak dapat dipungkiri sebagai pelaku bisnis, tujuan utama dari usaha/bisnis yang dijalankan adalah sebagai ladang untuk mendapatkan penghasilan. Setiap usaha yang dijalankan pasti membutuhkan modal baik dari orang lain, pinjaman, atau dari mereka sendiri dan juga tujuan akhirnya adalah minimal untuk bisa mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan serta diharapkan juga bisa memberikan penghasilan yang berkesinambungan.
Untuk mewujudkan tujuan utama di atas, maka perlu juga ditentukan beberapa tujuan pendukung, antara lain:
• Terwujudnya Bakso Buah Durian Lezatoz sebagai brand produk kuliner yang mudah diterima masyarakat.
• Mampu menciptakan suatu sistem atau SOP (standar operasional prosedur) yang tersusun rapi.

  

• Mampu memperkenalkan produk kuliner Bakso Buah Durian dengan rasa khasnya yaitu durian dan inovasi yang merupakan produk asli Indonesia kepada masyarakat luas melalui perluasan jaringan/cabang.
• Terwujudnya keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu berkontribusi nyata dalam dunia bisnis.
• Mampu menyerap tenaga kerja yang dibutuhkan sehingga tercipta suatu lapangan pekerjaan baru.

1.3 Manfaat Usaha
• Menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran.
• Berusaha mendidik para karyawan menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun dan jujur dalam menghadapi pekerjaan.
• Ingin memberikan contoh kepada masyarakat luas agar hidup secara efisien, tidak berfoya – foya, sambil melatih diri untuk belajar berwirausaha.
• Memberi contoh bagaimana harus bekerja keras, tekun dan mempunyai kepribadian unggul yang pantas di teladani.
• Memajukan Keuangan.
• Sebagai sumber penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.

  

• Melaksanakan persaingan yang sehat dan wajar terhadap pesaing – pesaing usaha lainnya.



Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi