BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Membuka
usaha memang menjadi impian banyak orang. Sebab banyak sekali keuntungan yang
bisa kita dapat dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri jam kerja
bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar
dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri
kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan
memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita.
Seiring
dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami
perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik
mikro maupun makro dengan beragam usaha dan pasti akan menghasilkan laba untuk
meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Salah
satu bisnis dalam bidang jasa yang saat ini sedang berkembang adalah salon
kecantikan. Semua orang ingin cantik. Selalu ada saja trend terbaru untuk
mencari cara memperbaiki apa yang telah kita miliki atau membuat penampilan
baru. Tidak heran kalau salon tetap menjadi industri yang berkembang pesat
sekarang ini.
Bisnis
salon sebetulnya dapat dimulai dari modal yang sederhana. Kesuksesan di bidang
ini tergantung pada kemampuan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan dengan
konsisten. Bisnis salon yang sukses adalah yang memberikan service yang
terbaik, menggunakan produk yang berkualitas dan
menyediakan suasana yang menyenangkan
dengan harga yang sesuai. Pelanggan bisnis ini bersedia membayar harga tinggi
untuk pelayanan yang memuaskan mereka untuk perubahan penampilan fisik bahkan
relaksasi mental.
Untuk bisnis atau usaha yang satu ini, sangat menyenangkan
untuk dijalani khususnya bagi kaum wanita. Berbagai cara dilakukan wanita untuk
memelihara kecantikannya, salah satunya yaitu pergi kesalon. Karena di salon
wanita dapat memelihara rambut, memelihara kecantikan kuku, lulur, spa, pijat
refleksi dan lain sebagainya.
Salon kini sangat dibutuhkan keberadaannya karena merawat
tubuh seperti rambut dan wajah sudah menjadi kebutuhan manusia khususnya kaum
wanita. Cantik memang dambaan setiap insan wanita namun jika ditelaah dengan
pikiran yang terbuka, kecantikan memiliki makna yang begitu luas. Kecantikan
tidak hanya dilihat dari rasa percaya diri, keunikan pribadi, dan tidak terpaku
pada dimensi visual yang dapat dilihat mata. Kemudian, kepribadian yang menarik
bisa membuat seorang wanita terlihat cantik dan menarik. Dan kecantiakan bisa,
perilaku dterpancar dari karakter, perilaku dan pengetahuan.
Jika ditanya apakah seorang wanita ingin selalu terlihat
cantik? Tentulah tak seorangpun akan menjawab tidak! Tampil anggun dan menawan
adalah harapan setiap wanita banyak wanita yang rela melakukan apa saja agar
dapat predikat cantik. Hal ini wajar baik bagi wanita usia muda, maupun yang sudah
berumur akan senang jika mendapat pujian Cantik. Merawat tubuh menjadi
prioritas utama dalam rangka mempercantik diri. Dan bicara tentang perawatan
tubuh, seperti perawatan rambut dan wajah, tentu akan erat kaitannya dengan
salon kecantikan.
Salon Kecantikan akan mendapatkan
peluang pasar yang besar , karena jumlah orang yang tidak punya waktu untuk
merawat sendiri kecantikannya akan semakin besar. Mereka inilah yang membuat
potensi pasar usaha salon kecantikan terus meningkat dari waktu ke waktu. Namun
menggeluti bisnis salon kecantikan dalam era sekarang, ternyata tidaklah mudah.
Disampiang itu, dituntut menguasai keterampilan dan mutu pelayanan terhadap
konsumen harus bagus yang paling penting adalah suatu perencanaan bisnis yang
matang.
Maka dari itu, bidang usaha yang penulis minati adalah usaha
salon, dengan alasan kebutuhan akan jasa kecantikan ini tidak pernah habis.
Terutama wanita yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya merawat kecantikan
dari ujung kaki sampai ujung kepala. Wanita dulu biasa melakukan perawatan
tubuhnya sendiri di rumah dengan ramuan kecantikan tradisional yang diolah
sendiri. Jaman sekarang yang serba praktis ini, wanita tidak lagi membuat
ramuan kecantikan sendiri namun bisa membelinya dalam kemasan siap pakai di
toko-toko.
Memang tidak ada yang bisa memastikan usaha kita akan
berhasil atau tidak, tetapi kita dapat mengusakan keberhasilan tersebut, yaitu
dengan cara melakukan persiapan usaha yang matang dan melaksanakan strategi
pemasaran yang efektif antara lain:
1. Tempat yang strategis. Memilih
tempat usaha salon tersebut berada pada area yang ramai, banyak dikunjungi
orang, kendaraan lewat dan mudah dijangkau.
2. Perijinan. Izin usaha harus ada agar usaha berjalan
lancar. Paling tidak harus permisi kepada lingkungan sekitar.
3. Modal. Menyediakan modal yang
cukup untuk keperluan modal awal membuka usaha (perijinan, inventaris kantor
seperti meja, kursi dan peralatan salon kecantikan seperti hairdryer, alat pelurus
rambat, dan lain-lain) dan modal kerja untuk membayar biaya operasional selama
perusahaan belum menghasilkan keuntungan. Biaya operasional antara lain
meliputi listrik, telepon, gaji karyawan, kas kecil, dll serta modal pembelian
bahan kosmetik seperti creambath, shampoo, conditioner, dan lain-lain.
4. Tenaga ahli. Usaha salon sangat
mengandalkan adanya tenaga ahli, seperti hairstylist dan kapster yang
berpengalaman. Jika pelayanan dan keahlian mereka disukai orang, maka semakin
ramai pengunjung salon, dan tentunya bisa menjadi pelanggan setia.
5. Melaksanakan strategi pemasaran yang efektif, antara lain:
harga yang kompetitif, penawaran variasi jasa, promosi usaha, dll.
Keberhasilan suatu bisnis bisa dinilai dari beberapa sisi,
terutama dari sisi finansial. Karena itu, secara umum, sebuah usaha bisa
dinilai berhasil jika mampu mencapai tujuan finansialnya atau tujuan
keuangannya, yaitu mendapatkan keuntungan. Namun tujuan keuangan untuk
mendapatkan keuntungan ini juga harus realistis, spesifik dan terukur. Artinya
penetapan target keuntungan juga harus memperhitungkan faktor-faktor yang
mempengaruhinya, seperti kapasitas usaha, modal, produktifitas kerja dan
lain-lain. Tentunya tanpa melupakan azas dengan modal sekecil mungkin
mendapatkan untung sebesar-besarnya.
Semakin cepat sebuah usaha
mendapatkan keuntungan semakin baik, namun hal ini juga tergantung jenis
usahanya. Patokannya adalah keuntungan harus didapatkan sebelum modal kerja dan
pembelian bahan kosmetik habis. Jika mempersiapkan modal tersebut untuk 3 bulan
ke depan, maka harus diusahakan agar salon sudah mendapatkan keuntungan sebelum
3 bulan. Pada umumnya, sebuah usaha usaha dinilai berhasil jika bisa
mendapatkan keuntungan setelah setahun berjalan.
Hambatan dalam menjalankan usaha Rhya salon adalah asumsi
yang berkembang bahwa salon ini milik kaum menengah keatas. Solusinya kita
mencoba untuk menetapkan harga standar yang tak terlalu mahal bagi pelanggan.
Kemudian menyertakan daftar harga standar dalam promosi. Kesulitan mencari
tenaga kerja siap pakai juga dapat menjadi kendala. Solusinya, pemilik dapat
menjadi tenaga teknis sementara waktu. Sementara itu pemilik mencari tenaga potensial
lewat kursus kecantikan atau bisa juga didirikan sendiri. Kemudian hal umum
yang selalu menjadi hambatan dalam menjalankan sebuah usaha adalah persaingan.
Namun jangan khawatir kita cukup menyediakan harga yang terjangkau dan layanan
yang ramah pada pelanggan, seperti mengajak mereka untuk berbincang-bincang
selama berada di salon agar suasana tidak membosankan.
Rhya salon melakukan pengembangan jaringan pasar melalui dua
aspek, aspek tersebut adalah:
1. Membangun Sistem Promosi untuk
Penetrasi Pasar
a. Iklan
Iklan merupakan salah satu metode
promosi yang digunakan oleh Rhya salon. Awal berdiriya Rhya salon dipasarkan
melalui jaringan sosial, brosur, dan spanduk. Jika salon ini melakukan
perluasan usaha maka akan dipasarkan melalui iklan radio, televisi lokal,
majalah dan Koran.
b. Promosi Konsumen
Untuk merangsang tanggapan pelanggan Rhya salon mengadakan
perlombaan makeover yang diadakan sekali dalam setahun pada saat
memperingati hari ulang tahun salon dibulan Januari, dan pemenangnya akan
mendapatkan hadiah berupa voucher layanan salon. Rhya salon juga memberikan
potongan harga untuk konsumen pada saat liburan semester tiba.
2. Membangun program jaringan pasar
untuk mempertahankan pangsa pasar
a. Membuka cabang baru
Untuk meningkatkan daya saing, Rhya salon akan mengadakan
program perluasan jaringan pasar dengan membuka cabang baru di daerah yang
memiliki lokasi strategis.
b. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).
Kemajuan suatu usaha akan berhasil dengan baik jika didukung
oleh para SDM yang handal dan tangguh. Dengan adanya SDM yang tangguh, maka
akan memmbawa dampak yang luar biasa terhadap kemajuan satu usaha. Untuk
peningkatan Sumber Daya Manusia, Rhya salon mengikut sertakan setiap SDM untuk
mengikuti pelatihan-pelatihan perawatan tubuh dan kecantikan.
Didasari latar belakang yang ada
diatas dan melihat betapa pentingnya akan jasa Kecantika. Maka penulis tertarik
untuk membahas lebih lanjut dalam sebuah paper dengan judul PERENCANAAN
BISNIS PADA USAHA “ RHYA SALON “.
B. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian adalah
a. Untuk mengembangkan jiwa enterpreneurship
bagi penulis
b. Untuk mengetahui apa saja
kelebihan dan keunggulan Salon
c. Untuk mengembangkan usaha menjadi
lebih besar sehingga hasil keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar.
d. Untuk mengetahui langkah awal menjadi entrepreneur sukses.
Adapun manfaat yang diharapkan dari perncanaan bisnis ini
adalah sebagai berikut:
a. Diharapkan perencanaan bisnis ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang
akan datang.
b. Diharapkan perencanaan bisnis ini
dapat dijadikan sebagai referensi atau masukan untuk kebijakan kebijakan
perusahaan pada periode-periode selanjutnya.
c. Diharapkan prencanaan bisnis ini dapat bermanfaat untuk
menambah pengetahuan serta menjadi referensi atau bahan masukan dalam
penelitian serupa pada penelitian yang akan datang.
C. Sistematika Pembahasan
Tugas Akhir ini dibagi atas 3 bab dan setiap babnya dibagi
atas beberapa sub bab antara lain:
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan menguraikan tentang latar belakang, tujuan dan
manfaat penelitian, dan sistematika pembahasan.
BAB II : PROFIL PERUSAHAAN/INSTANSI
Bab ini akan menguraikan mengenai profil perusahaan Salon “
Rhya Salon”, biodata perusahaan, struktur orgsanisasi, aspek pasar dan
pemasaran, jasa yang dihasilkan, keunggulan produk, gambaran pasar, target atau
segmen pasar yang dituju, trend perkembangan pasar, proyeksi penjualan,
strategi pemasaran, analisis pesaing, saluran distribusi produk, aspek produk,
analisis sumber daya manusia, rencana pengembangan usaha, pemanfaatan IT,
analisis keuangan, dan analisis risiko usaha.S
BAB III : PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang bagaimana
perencanaan bisnis yang baik pada Usaha “ Rhya Salon”.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi