Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS PADA USAHA “BUTIK MUSLIMAH”



 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha. Untuk memulai sebuah usaha harus didahului dengan taktik dan strategi. Membuat usaha yang besar tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Dengan modal yang kecil sebuah usaha bisa tumbuh menjadi besar.

Wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang mampu menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya tersebut dapat digunakan secara maksimal. Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi, karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara.
Memilih jenis usaha atau bisnis yang tepat merupakan hal yang sulit. Karena dalam pemilihan usaha kita harus bisa melihat dan membaca selera pasar dengan cermat. Adapun cara sederhana dalam memilih dan memulai usaha yaitu :



1. Kekuatan

Kekuatan disini adalah kekuatan yang harus dibangun baik dari segi tempat usaha, modal usaha, ide dan konsep. Memilih tempat usaha yang tepat untuk membangun usaha adalah salah satu kekuatan karena jika salah memilih tempat usaha maka usaha tidak akan berjalan lancar.
2. Kelemahan

Selalu pintar dalam menganalisa kelemahan yang dimiliki dari usaha yang akan dibangun. Jangan memaksakan diri jika memang tidak mampu untuk menjalankan usaha tersebut.
3. Peluang

Pintar memilih setiap jenis peluang yang ada tetapi tetap harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan. Selain itu sikapi dengan bijak setiap peluang usaha agar setiap peluang yang ada dapat berjalan dengan baik.
4. Ancaman

Amati ancaman yang mungkin terjadi terhadap usaha yang dijalankan. Apalagi Terlebih jika ada pesaing yang memiliki kemampuan yang lebih baik dari bisnis yang kita jalankan.
Adapun salah satu jenis usaha yang saat ini sangat di minati oleh masyarakat yaitu bisnis butik muslimah. Bisnis butik muslimah saat ini


semakin marak digeluti oleh para wanita. Hal ini dikarenakan bisnis butik muslimah mempunyai peluang potensial dalam dunia fashion yang saat ini terus berkembang.
Menutup rapat seluruh bagian tubuh yang dianggap aurat telah menjadi gaya berbusana sebagian besar wanita muslim di tanah air. Meski demikian keinginan para muslimah untuk menutup diri tersebut tidak terlepas dari keinginan untuk tetap tampil modis dan penuh gaya. Hal itu mendorong para perancang busana untuk terus berkreasi mencari bentuk-bentuk baru yang kaya alternatif.
Dalam menjalankan bisnis butik muslimah, seseorang tidak harus menguasai bidang jahit-menjahit. Sebab sebuah butik tidak harus memproduksi pakaiannya sendiri, seseorang bisa saja membeli atau memesan dari pihak lain. Kemampuan membaca selera pasar serta pilihan target pasar yang tepat, didukung promosi serta tata tertib administrasi yang baik, merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis butik. Namun dengan keahlian menjahit merupakan modal keahlian yang bisa membangkitkan kretifitas dalam memilih gaya dan ciri khas dari busana muslimah yang dijual. Gaya dan ciri khas ini menjadi sangat penting agar usaha yang dijalankan mempunyai nilai lebih dibandingan butik sejenis. Selain menjual busana muslim, dapat juga menjual berbagai aksesoris baju wanita lainnya seperti jilbab, mukena, pernak-pernik jilbab, dan lain-lain. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dengan ini penulis ingin mengangkat perencanaan bisnis tersebut dalam sebuah paper dengan judul “PERENCANAAN BISNIS PADA USAHA BUTIK MUSLIMAH”.


1.2 Tujuan Perencanaan Bisnis
Adapun tujuan dari usaha butik muslimah ini, yaitu
1. Menciptakan pakaian muslimah yang modis dan nyaman dipakai
2. Menarik minat masyarakat untuk lebih menyukai baju muslimah
3. Memproduksi busana islami agar memiliki nilai jual tinggi
4. Menerapkan strategi pemasaran pada usaha pembuatan baju islami
5. Untuk memperoleh laba
6. Membuka lapangan usaha
7. Mengembangkan jiwa wirausaha bagi penulis

1.3 Manfaat Perencanaan Bisnis
Adapun manfaat dari usaha butik muslimah ini, yaitu :
1. Memberikan alternatif kepada masyarakat dalam memilih gaya berbusana
2. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang akan datang
3. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai referensi atau masukan untuk kebijakan kebijakan usaha pada periode-periode selanjutnya


  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi