Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS USAHA KECIL DONAT

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di era globalisasi ini, perekonomian Indonesia semakin membaik.Hal ini didorong oleh perkembangan bisnis yang sangat pesat di Indonesia. Perkembangan bisnis ini dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan baik bidang teknologi, sistem informasi, komunikasi maupun bidang ilmu manajemen. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai kemudahan disegala bidang membuat masyarakat tertarik untuk memulai sebuah bisnis baik yang menghasilkan barang maupun jasa.

Menurut Robert F. Meigs dari buku pengantar bisnis Gugup Kismono, “Bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran barang, jasa, atau uang yang dilakukan oleh dua belah pihak atau lebih dengan maksud untuk memperoleh manfaat atau keuntungan.” (2001:4) Dalam proses tersebut diperlukan ilmu manajemen untuk mengatur sebuah organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya.
Menurut Richard L. Daft “Manajemen (management) adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumberdaya organisasi.” (2000:8) Manajemen yang baik harus dimulai dari perencanaan yang baik pula. Perencanaan dalam memulai sebuah bisnis mutlak diperlukan karena
dari perencanaan inilah kita mengetahui bagaimana perkembangan bisnis di tahun yang akan datang.
Suatu bisnis diciptakan untuk menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik bisnis itu akan mencapai tujuannya yaitu memperoleh tingkat pengembalian (laba) yang wajar atas investasi bisnis mereka. Tujuan dan sasaran bisnis dapat ditetapkan melalui perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan harapan sebuah bisnis. Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah usaha harus mencantumkan secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku, masalah tempat, tanah dan lainnya.
`Perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis ( blue print ) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya.
Perencanaan bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu: sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.
Geoffrey G Meredith (2000)Wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis,mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan mengambilyang tepat.(Raja Bongsu,dkk,2010:2)
Bisnis makanan merupakan aspek yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Bisnis makanan tidak akan ada habisnya, karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan, khususnya makanan yang menyehatkan lagi murah.
Bisnis kecil Donat, kue dengan bentuk bulat dan bolong di tengahnya ini, telah popular dikalangan masyarakat dari dulu sampai sekarang.Dari mulai donat yang dijual di pasar hingga donat yang bermerek terkenal seperti Dunkin’s Donat atau Donat Jco selalu diserbu oleh para konsumen. Menu donat pun memiliki harga yang bervariasi, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 30.000,00.
Banyak jenis makanan yang dapat kita nikmati sehari-hari dan salah satu jenis makanan yang banyak disukai orang adalah Donat. Kue donat saat ini telah menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Maka tak heran kue donat saat ini sudah berkembang dengan berbagai variasi rasa.
Penganan yang satu ini biasanya kita jumpai di warung-warung atau penjual khusus donat dipinggir jalan. Penganan yang satu ini cukup menyenangkan karena ia mengandung karbohidrat dari tepung dan sumber energi dari manisnya gula tepung. Donat biasanya cocok dimakan sebagai cemilan di pagi hari sebagai pengganti sarapan karena sifatnya yang mengenyangkan. Konsumen rata-rata menyukai produk makanan yang satu ini, apalagi ditambah harga yang relatif murah dan terjangkau.

Untuk pemasaran produk donat sendiri tidaklah terlalu susah, karena makanan ini sudah memiliki pasar yang luas. Anda bisa menitipkan donat ke tempat–tempat potensial, misalnya di warung makanan, toko kue dan snack, ataupun di pasar. Selain itu Anda juga bisa membuka gerai atau outlet donat dengan gerobak, atau mencari sales makanan untuk memasarkan donat Anda. Berbisnis sukses dengan sajian kuliner donat, dapat menjadi salah satu pilihan peluang usaha yang tepat bagi Anda. Bagi Anda yang berminat dengan usaha ini, berikut kami sertakan analisa ekonomi peluang usaha donat.
Modal Awal Usaha Bisnis Kue Donat
Nama Barang
Harga
1 buah kompor gas 1 tungku + tabung gas + isi
Rp 160.000,00
1 buah mixer
Rp 4.000.000,00
10 Loyang roti ukuran 40 x 60 cm
Rp 300.000,00
1 buah wajan besar
Rp 65.000,00
1 timbangan digital + gelas takar
Rp 475.000,00
3 buah baskom plastik @ Rp 20.000,00
Rp 60.000,00
1 buah meja produksi berlapis aluminium
Rp 200.000,00
Total
Rp 5.260.000,00

Oleh karena itu, saya berencana memproduksi kue donat empuk yang aneka rasa ini atau dari tambahan gula asli, sedangkan zat-zat yang ditambahkan lainnya akan dibuat sesuai standarisasi dari Dinas Kesehatan atau sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Hal ini akan menghilangkan rasa khawatir konsumen mengkonsumsi donat sehingga akan menambah minat konsumen.
Segmentasi dari usaha ini yaitu di Pringgan dan target pemasarannya adalah masyarakat kota Medan yang berkunjung ke Medan. Produk ini tidak dikelompokkan kedalam kriteria tertentu karena produk ini aman dimakan oleh siapa saja. Usaha ini akan terus beroperasi secara luas karena bahan utama produk ini adalah tepung terigu yang berprotein tinggi. Oleh karena itu, usaha ini dipastikan akan sukses, walaupun banyak pesaing dari daerah sekitar lokasi usaha maupun tidak berada di lokasi usaha.
Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini adalah Rp 10.000.000. Sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah 5 orang karyawan yang masing-masing terbagi dalam bidang produksi, marketing dan administrasi. Sumber daya manusia ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini. Dalam mengembangkan potensi dari karyawan, maka usaha ini akan mengadakan pelatihan dan pemberian hadiah atau bonus sehingga para karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Dengan demikian, usaha donat ini diharapkan dapat berkembang dengan baik.

Bila anda tertarik untuk berinvestasi di bidang usaha Donat, mengapa tidak melirik celah bisnis sebagai produsen donat? Bisnis ini bila ditekuni dengan sungguh-sungguh akan memberikan keuntungan yang menjanjikan.
Faktor keberhasilan usaha bisnis Donat ditentukan oleh faktor-faktor, sebagai berikut
Jaminan kualitas donat yang anda produksi haruslah yang enak, sehat, dan bersih.
Variasikan rasa donat dengan beragam rasa atau topping, misalnya: kacang mede, cokelat vanila, stroberi, setengah keju dan setengah cokelat, dan sebagainya
Pakailah plastik bungkus khusus sesuai nama merek dagang bisnis donat anda yang sengaja anda buat . Hal ini untuk mempromosikan nama merek donat buatan anda sekaligus menyakinkan bahwa produk makanan anda berkualitas.
Lakukan penjualan ke warung-warung atau toko dengan sistem jual langsung, bukan konsinyasi karena ditakutkan anda merugi jika donat tidak laku. Namun, biasanya pemilik toko atau warung pun berfikir duakali jika harus memakai jual putus terhadap donat yang di tawarkan karena takut merugi juga. Oleh karena itu anda sebagai produsen sekaligus penjual harus menentukan harga yang menarik bagi para pemilik warung atau toko tersebut .

B. Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha
1. Tujuan prospek usaha
Dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga pada saat krisis ekonomi yang berkepanjangan seperti saat ini diperlukan usaha-usaha yang bersifat agresif, kreatif, penuh perhitungan dan berorientasi pasar.
Usaha tersebut juga diharapkan mampu memberikan peluang kerja bagi tenaga kerja potensial yang saat ini jumlahnya sangat melimpah. Baik itu angkatan kerja baru maupun angkatan kerja yang oleh karena kondisi perekonomian makro terpaksa harus menganggur akibat tidak adanya kesempatan bekerja atau terkena PHK (Putus Hubungan Kerja).
Dengan demikian tujuan dari pengembangan proyek itu sendiri ada dua yaitu dari aspek ekonomi dan dari aspek sosial. Aspek ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan sementara aspek sosial adalah unutuk membantu masyarakat dalam mengatasi pengangguran.
Sedangkan potensi usaha ini kami yakin akan mampu bersaing dengan makanan lainnya yang saat ini banyak diminati masyarakat yang ada di kota, dikarenakan dengan harga yang kami tawarkan menjangkau seluruh kalangan masyarakat dengan memberikan pelayanan yang baik. Selain itu, kami ingin menjadi tempat makan favorit dengan memberikan kepuasan kepada konsumen, inovasi – inovasi baru, dan memberikan pelayanan usaha yang baik dengan harga yang terjangkau.

Tidak dapat dipungkiri sebagai pelaku bisnis, tujuan utama dari usaha/bisnis yang dijalankan adalah sebagai ladang untuk mendapatkan penghasilan. Setiap usaha yang dijalankan pasti membutuhkan modal baik dari orang lain, pinjaman, atau dari mereka sendiri dan juga tujuan akhirnya adalah minimal untuk bisa mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan serta diharapkan juga bisa memberikan penghasilan yang berkesinambungan
Adapun tujuan prospek usaha kue donat yang ingin dicapai dari perencanaan yang dilakukan penulis adalah :
a. Mensosialisasikan hidup sehat dengan makan makanan bergizi
b. Menyajikan makanan ringan yang sehat dan
c. Menciptakan pilihan menjadi penyedia utama makanan ringan yang baik
d. Dapat memperluas usaha dikemudian hari sehingga bisa menjadi usaha yang besar dari sebelumnya dan mampu menciptakan lapangan kerja baru.
e. Menu makanan baru yang sehat dan bergizi bagi semua orang
f. Menarik minat bagi orang yang kurang menyukai makanan ringan yang mengandung MSG
g. Memberikan menu alternatif untuk menikmati makanan ringan dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat.

h. Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi organisasi agar dapat melaksanakan aktifitas dengan lebih efisien ,efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi kelancaran organisasi dalam mencapai tujuannya.
i. Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan serta menarik minat bagi konsumen atau para investor terhadap produk yang ditawarkan
j. Terwujudnya keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu berkontribusi nyata dalam dunia bisnis.
2. Manfaat prospek usaha
Adapun manfaat prospek usaha kue donat yang ingin dicapai dari perencanaan yang dilakukan penulis adalah :
a. Bagi Perusahaan
Sebagai pertimbangan bagi perusahaan kue donat tersebut untuk dapat lebih memperhatikan kualitas agar permintaan konsumen terhadap kue donat meningkat di masa yang akan datang.
b. Bagi Penulis
Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan di bidang bisnis, khususnya menyangkut harga untuk setiap produk yang dipasarkan.

c. Bagi Pihak Lain
Sebagai pedoman atau referensi bagi peneliti lain yang tertarik untuk mengadakan penelitian di bidang atau permasalahan yang sama di masa yang akan datang, khususnya penelitian yang berkaitan dengan bisnis terutama dengan memperhatikan harga terhadap permintaan dalam mengkonsumsi setiap produk yang akan dipasarkan.
C. Sistematika Pembahasan
Untuk mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat sistematika pembahasan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis.

BAB : I LATAR BELAKANG
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan perencanaan bisnis kue donat, latar belakang masalah, tujuan dan manfaat perencanaan bisnis, dan sistematika pembahasan.
BAB : II PROFIL PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis akan menguraikan secara ringkas Profil perusahaan, Biodata pemilik usaha, Struktur usaha, Aspek pasar, Keunggulan produk, Gambaran produk, Target dan Segmen pasar, Trend pengembangan, Proyeksi pasar, strategi pemasaran, Pesaing bisnis, Aspek produksi, Analisis SDM, Rencana pengembangan usaha, Analisis keuangan, dan Analisis risiko usaha.
BAB : III KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab terakhir dari paper ini, maka penulis akan mengambil kesimpulan apakah perencanaan bisnis ini layak untuk direalisasikan atau tidak, dan beberapa saran yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi perkembangan perencanaan bisnis ini serta bagi para pembaca paper.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi