BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan
industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan
banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha. Untuk
memulai sebuah usaha harus didahului dengan taktik dan strategi. Membuat usaha
yang besar tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Dengan modal yang kecil
sebuah usaha bisa tumbuh menjadi besar.
Wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang mampu
menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko demi mencapai keuntungan dan
pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan
sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya tersebut dapat
digunakan secara maksimal. Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah
pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi,
karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu
negara.
Memilih jenis usaha atau bisnis yang tepat merupakan hal yang
sulit. Karena dalam pemilihan usaha kita harus bisa melihat dan membaca selera
pasar dengan cermat. Adapun cara sederhana dalam memilih dan memulai usaha
yaitu :
1. Kekuatan
Kekuatan disini adalah kekuatan yang harus dibangun baik dari
segi tempat usaha, modal usaha, ide dan konsep. Memilih tempat usaha yang tepat
untuk membangun usaha adalah salah satu kekuatan karena jika salah memilih
tempat usaha maka usaha tidak akan berjalan lancar.
2. Kelemahan
Selalu pintar dalam menganalisa kelemahan yang dimiliki dari
usaha yang akan dibangun. Jangan memaksakan diri jika memang tidak mampu untuk
menjalankan usaha tersebut.
3. Peluang
Pintar memilih setiap jenis peluang yang ada tetapi tetap
harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan. Selain itu sikapi dengan bijak setiap
peluang usaha agar setiap peluang yang ada dapat berjalan dengan baik.
4. Ancaman
Amati ancaman yang mungkin terjadi terhadap usaha yang
dijalankan. Apalagi Terlebih jika ada pesaing yang memiliki kemampuan yang
lebih baik dari bisnis yang kita jalankan.
Adapun salah satu jenis usaha yang saat ini sangat di minati
oleh masyarakat yaitu bisnis butik muslimah. Bisnis butik muslimah saat ini
semakin marak digeluti oleh para
wanita. Hal ini dikarenakan bisnis butik muslimah mempunyai peluang potensial
dalam dunia fashion yang saat ini terus berkembang.
Menutup rapat seluruh bagian tubuh yang dianggap aurat telah
menjadi gaya berbusana sebagian besar wanita muslim di tanah air. Meski
demikian keinginan para muslimah untuk menutup diri tersebut tidak terlepas
dari keinginan untuk tetap tampil modis dan penuh gaya. Hal itu mendorong para
perancang busana untuk terus berkreasi mencari bentuk-bentuk baru yang kaya
alternatif.
Dalam menjalankan bisnis butik muslimah, seseorang tidak
harus menguasai bidang jahit-menjahit. Sebab sebuah butik tidak harus
memproduksi pakaiannya sendiri, seseorang bisa saja membeli atau memesan dari
pihak lain. Kemampuan membaca selera pasar serta pilihan target pasar yang
tepat, didukung promosi serta tata tertib administrasi yang baik, merupakan
langkah awal dalam menjalankan bisnis butik. Namun dengan keahlian menjahit
merupakan modal keahlian yang bisa membangkitkan kretifitas dalam memilih gaya
dan ciri khas dari busana muslimah yang dijual. Gaya dan ciri khas ini menjadi
sangat penting agar usaha yang dijalankan mempunyai nilai lebih dibandingan
butik sejenis. Selain menjual busana muslim, dapat juga menjual berbagai
aksesoris baju wanita lainnya seperti jilbab, mukena, pernak-pernik jilbab, dan
lain-lain. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dengan ini penulis
ingin mengangkat perencanaan bisnis tersebut dalam sebuah paper dengan judul “PERENCANAAN
BISNIS PADA USAHA BUTIK MUSLIMAH”.
1.2 Tujuan Perencanaan Bisnis
Adapun tujuan dari usaha butik muslimah ini, yaitu
1. Menciptakan pakaian muslimah yang
modis dan nyaman dipakai
2. Menarik minat masyarakat untuk
lebih menyukai baju muslimah
3. Memproduksi busana islami agar
memiliki nilai jual tinggi
4. Menerapkan strategi pemasaran pada
usaha pembuatan baju islami
5. Untuk memperoleh laba
6. Membuka lapangan usaha
7. Mengembangkan jiwa wirausaha bagi penulis
1.3 Manfaat Perencanaan Bisnis
Adapun manfaat dari usaha butik muslimah ini, yaitu :
1. Memberikan alternatif kepada
masyarakat dalam memilih gaya berbusana
2. Diharapkan perencanaan bisnis ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang pastinya berguna diwaktu yang
akan datang
3. Diharapkan perencanaan bisnis ini dapat dijadikan sebagai
referensi atau masukan untuk kebijakan kebijakan usaha pada periode-periode
selanjutnya
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi