Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS MOCA CAFE “ MODERN DAN KLASIK ”


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Membahas tentang perencanaan bisnis tidak terlepas dari manajemen, karena perencanaan merupakan salah satu bagian dari empat fungsi manajemen. Manajemen (management) adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya usaha organisasi (Richard L. Daft,2005)

Ada dua ide penting dalam defenisi dalam manajemen: (1) empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian dan (2) pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien.
Perencanaan adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan fakta, imajinasi dan asumsi untuk masa yang akan dating untuk memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat di terima dan digunakan dalam penyelesaian. Perencanaan dapat juga diartikan penentuan sasaran sebagai pedoman kinerja organisasi dimasa depan dan penetapan tugas-tugas serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran organisasi.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menghasilkan dan menjual produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu. Jadi perencanaan bisnis (Business Plan) adalah suatu langkah yang penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana tanpa memandang ukuran bisinis. Jika sseorang
yang ingin memulai bisnis apapun baik yang kecil maupun yang besar harus memiliki perencanaan yang baik dan matang agar pada saat bisnisnya berjalan memiliki tujuan yang jelas untuk mencapai sasaran dari bisnis yang dijalaninya. Ada tiga hal yang sangat penting dalam bisnis, yaitu :
1. Semua bisnis menghasilkan barang atau jasa
2. Semua bisnis mencari keuntungan
3. Semua bisnis mencoba meneruskan keinginan

Usaha kecil menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi Negara, baik negara berkembang maupun negara maju. pada saat krisis ekonomi berlangsung di Indonesia, UKM merupakan sector ekonomi yang memiliki ketahanan paling baik. Kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara terus menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM, sehingga mampu memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat (Sutaryo,2004).
Usaha kecil menengah ini perlu perhatian khusus dan didukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecildan mengengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar, aspek tersebut adalah :
1. Membangun system promosi untuk penetrasi pasar.
2. Merawat jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar.

Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha dan pasti akan
menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Tuntutan era globalisasi pada saat ini menjadikan gaya hidup masyarakat berubah, dimana masyatakat seperti kekurangan waktu untuk menyelesaikan segala pekerjaannya. Kesibukan dan aktivitas yang semakin meningkat terkadang membuat kejenuhan hidup dan mengalami stress. Sehingga kadang perlu sekali suatu tempat yang tenang dan nyaman terutama di waktu-waktu makan siang dimana bisa melepas segala kejenuhan dan tekanan-tekanan hidup yang berasal dari segala aspek kehidupan.
Maka dari itu timbullah suatu ide untuk mendirikan sebuah cafe yang berpotensi bisa menghadirkan suasana seperti yang diinginkan konsumen. Adapun konsep yang akan di terapkan yaitu gabungan antara paduan konsep Klasik dan Modern, yang akan di beri nama “MoCa Café”. Yaitu klasik yang identik dengan “sederhana, nyaman, tenang serta dipadukan dengan konsep alami” akan terapkan dalam desain dan dekorasi Café , dimana diharapkan para konsumen yang datang bisa merasakan suasana yang demikian. Sedangkan konsep Modern akan disajikan dalam produk-produk yang akan ditawarkan (Makanan dan Minuman).
Paduan antara kedua konsep “Modern & Classic”(MoCa), seperti paduan antara dua generasi yang berbeda, jadi kita harap bisa memberikan sesuatu rasa yang baru, bagi semua lapisan masyarakat. Maka dalam hal ini, penulis tertarik untuk memilih judul sebagai tugas akhir yaitu: “PERENCANAAN BISNIS CAFÉ MoCa, MODERN DAN KLASIK”
1.2. Alasan Pemilihan Usaha
Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai bisnis keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008). Dengan demikian wirausahawan harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi tercipta suatu hal yang berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup.
Dunia usaha dan sunia industri saat ini sedang mengalami perkembangan yang kian pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha yang menarik, dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut. Namun hal diatas tidak relevan dengan jumlah pengangguran di indonesia yang tetap harus dikurangi. Data menunjukan bahwa angka pengangguran di Indonesia tahun 2010 diperkirakan masih akan berada sekitar 10%. Sementara kota Medan tingkat penganggurannya termasuk yang sangat tinggi dibanding dengan kabupaten/kota lainnya di Sumut yaitu sebesar 14,27%. Oleh karena itu, sebagai warga kota medan dan calon pengusaha sebaiknya menciptakan lapangan usaha fokus di kota sendiri.
Adapun jenis usaha yang sedang marak saat ini yakni usaha di sektor industri. Salah satu industri yang banyak diminati ialah industri makanan dan minuman, dan faktanya adalah dapat dilihat di sepanjang jalanan besar (pada umumnya) di kota Medan banyak outlet yang menjual makanan dengan beraneka ragam rasa dan kualitas. Perkembangan ini disebabkan mulai dari tingginya
kebutuhan masyarakat akan makanan ringan (kegemaran ngemil ataupun sekedar berkumpul bersama teman/keluarga) dan keinginan masyarakat untuk menikmati berbagai rasa yang berbeda yang ditawarkan dengan berbagai macam penampilan serta harga yang tidak terlalu mahal sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat.
Namun terlepas dari hal tersebut diatas, penulis mengamati di sejumlah tempat/outlet makanan dan minuman di kota Medan yang hanya mementingkan rasa dari makanan/minuman yang dijualnya, mereka kebanyakan kurang memperhatikan tentang hal kenyamanan, kebersihan, serta keindahan dekorasi tempat/outlet menjual makanan tersebut. Disini seakan-akan konsumen hanya “pasrah” dengan kondisi ini, memang ada tempat yang sangat bagus, nyaman, dan indah dekorasi tempatnya yang disebut cafe, namun harga yang ditawarkan oleh cafe tersebut lebih tinggi dari harga pasarannya, sehingga hanya mampu dijangkau oleh kalangan atas saja. Disinilah persepsi masyarakat timbul bahwa makan di tempat yang bagus dan indah itu (Cafe) memerlukan biaya yang agak mahal dari biasanya.
Maka dari itu timbullah suatu ide untuk mendirikan sebuah cafe yang berpotensi bisa menghadirkan suasana seperti yang diinginkan konsumen, yaitu dengan tempat yang klasik yang identik dengan “sederhana, nyaman, tenang serta dipadukan dengan konsep alami” akan terapkan dalam desain dan dekorasi Café, dan juga tentunya dengan harga yang bersahabat dengan semua lini lapisan masyarakat dimana diharapkan para konsumen yang datang bisa merasakan suasana yang demikian. jadi diharapkan bisa memberikan sesuatu rasa yang baru, dengan harga yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
1.3. Perumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam perencanaan bisnis (Business Plan) ini adalah “bagaimana barang dan jasa yang dihasilkan yang memiliki inovasi baru, pengembangan usaha bisnis kedepannya, dan analisis resiko yang akan dihadapi oleh perusahaan.
1.4. Tujuan dan Manfaat
Adapun penulis melakukan Perencanaan Bisnis (Business Plan) ini adalah secara garis besar tujuan dari “MoCa Cafe” akan melayani komunitas segmen pasar melalui makanan dan minuman yang disajikan dengan kualitas yang baik, higienis, dan sehat yang memiliki standarisasi gizi dan kesehatan makanan.
Tujuan perencanaan ini secara umum :
1. Untuk menyediakan makanan dan minuman dengan kualitas yang baik dan higienis berdasarkan standar kesehatan dan kebersihan sesuai orientasi perusahan terhadap konsumen.
2. Membuka lahan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama kalangan yang belum mendapat pekerjaan, dan kalangan Pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan pekerjaan sempingan untuk melanjutkan studi (Part Time Job).
3. Sebagai sarana pengelolaan sumber daya modal yang bertujuan untuk mendapatkan laba.
4. Secara perlahan – lahan mencoba membangun image pada konsumen mengenai makanan yang sehat di tempat yang sangat bagus, nyaman, dan indah dekorasinya tidak perlu untuk merogoh kocek yang dalam.

Adapun manfaat dari perencanaan bisnis (Business Plan) ini:
1. Bagi peneliti sendiri, untuk dapat mempelajari dan lebih memahami mengenai perencanaan bisnis (business plan) Moca Cafe
2. Bagi penulis, sebagai tahap akhir untuk menyelesaikan program studi Diploma III
3. Bagi peneliti selanjutnya, sebagai bahan pendukung / referensi dalam perencanaan bisnis (business plan) yang akan dilakukannya
4. Bagi Pembaca, sebagai bahan acuan untuk memulai sebuah bisnis.

1.5. Executive summary
Bisnis usaha “Moce Café” modern dan klasik ini bergerak dibidang usaha makanan dan minuman yang sehat, enak, higienis, dan tentunya harga yang ditawarkan juga terjangkau oleh segala kalangan masyarakat. “Moc Café dilengkapi dengan sejumlah fasilitas-fasilitas yang dapat memanjakan konsumen seperti fasilitas full ac, free wifi, ruangan khusus smoking area, serta yang paling diunggulkan adalah tempat dan dekorasi dari moca café ini sendiri yang berkonsep klasik yang disetting sedemikian rupa sehingga membuat konsumen sangat nyaman berada di Moce café. Disini kami berusaha memenuhi keinginan konsumen sepenuhnya sehingga konsumen merasa puas dan secara tidak langsung akan membuat “Moca Café” memiliki pelanggan setia yang banyak. Ini merupakan sebuah usaha yang baik untuk prospek kedepannya.
Potensi dan peluang bisnis “Moca Café” ini sangat baik kedepannya, karena banyaknya masyarakat/konsumen yang membutuhkan makanan dan minuman. Apalagi “Moca Café memiliki keunggulan berbagai fasilitas yang
ditawarkan kepada konsumen. Disinilah saya sebagai pemilik “Moca Café” melihat potensi peluang bisnis yang sangat baik untuk dikembangkan menjadi salah atu kuliner yang akan menjadi idola masyarakat karena menawarkan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki pengusaha makanan dan minuman lainnya. Selain keunggulan fasilitas yang kami tawarkan. Keunggulan kami yang lainnya adalah harga yang dapat dijangkau oleh segala lapisan masyarakat.
Disinilah yang akan memenangkan Moca Café terhadap pesaing lainnya, yaitu harga yang terjangkau, berbeda dengan pesaing lainnya (dalam hal ini jenis café) yang menawarkan harga diatas rata-rata harga pasar, sehingga hanya dapat dijangkau oleh beberapa kalangan masyarakat saja. Begitu juga dengan pesaing lain(dalam hal ini jenis rumah makan biasa) mereka menawarkan harga yang kurang-lebih sama dengan “Moca Café”, tapi “Moca Café dapat menjadi yang terdepan dalam pilihan konsumen mengingat sejumlah fasilitas yang ditawarkan tidak dimiliki oleh para pesaing.
Target konsumen pada usaha “Moca Café ini yaitu anak sekolah, mahasiswa, wisatawan local maupun asing yang ke Medan dengan tujuan untuk berbelanja ataupun hanya sekedar jalan-jalan, nongkrong, dan sebagainya. Dan tentunya sekitar tempat “moca café” berada.
Proyeksi keuangan “Moca Café” diharapkan memiliki perkembangan yang semakin baik kedpannya, dengan pemasaran yang baik untuk memperkenalkan makanan dan minuman kepada masyarakat, diharapkan “Moca Café” menjadi pilihan utama kuliner oleh masyarakat. Dengan harga yang ditawarkan terjangkau serta sejumlah fasilitas yang ditawarkan diharapkan penjualan semakin besar tiap bulannya. Usaha “Moca Café” ini merupakan usaha milik pribadi dan modalnya
pribadi serta tidak ada penanam modal, jadi 100% sahamnya dimiliki oleh pemilik usaha.
Manajemen tim “Moca Café” langsung dipimpin oleh pemilik usaha sendiri yaitu A Dhenny Noviandry Nst dan dibantu oleh seorang manajer usaha yang membawahi empat bagian ( pemasaran, keuangan, restorasi/SDM, dan produksi). Semua bagian bertanggung jawab terhadap manajer selanjutnya manajer bertanggung jawab kepada pemilik usaha. Dengan memiliki pegawai yang sangat baik dibidangnya, saya optimis usaha “Moca Café” ini dapat berkembang dan mencapai target karena para pegawai sudah tahu apa yang harus dikerjakannya untuk mencapai target yang diinginkan oleh pemilik usaha.
Pembukaan usaha dalam bidang makanan dan minuman sangatlah menguntungkan dan mempunyai prospek yang cerah kedepannya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan zaman dimana laju pertumbuhan penduduk meningkat relative besar. Bisnis makanan dan minuman ini dirasa sangat bagus untuk dikembangkan karena keadaan pasar yang sangat mendukung.

Dengan demikian besar harapan pemilik usaha agar usaha :Moca Café” ini berkembang dengan sangat pesat mengingat banyaknya masyarakat sebagai konsumen yang membutuhkan makanan dan minuman.dengan harga yang terjangkau dan oleh sejumlah fasilitas yang memanjakan dan memaskan konsumen, sehingga “Moca Café” akan memberikan yang terbaik kepada konsumen dan akhirnya masyarakat diharapka tidak ragu untuk memilih “Moca Café”, modern dan klasik sebagai pilihan utama kulinernya.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi