Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS BETERNAK ITIK HEMAT AIR

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Menurut Stoner (2004: 7) manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Manajemen diperlukan dan dibutuhkan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerja sama di dalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen dibutuhkan.

Menurut Stoner (2004: 10) Perencanaan atau planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai suatu sasaran. Merencanakan mengandung arti bahwa manajer memikirkan dengan matang terlebih dahulu sasaran dan tindakan serta tindakan mereka berdasarkan pada beberapa metode, rencana atau logika dan bukan berdasarkan perasaan. Rencana mengarahkan tujuan organisasi dan menetapkan prosedur terbaik untuk mencapainya. . Disamping itu, rencana merupakan pedoman untuk :
1. Organisasi memperoleh dan menggunakan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan,
2. Anggota organisasi melaksanakan aktivitas yang konsisten dengan tujuan dan prosedur yang telah ditetapkan,
3. Memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan, sehingga tindakan korektif dapat diambil bila kemajuan tidak memuaskan.
Menurut Syafrizal (2008: 21) Perencanaan bisnis adalah suatu cetak-biru tertulis (blue print) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta ketrampilan pengelolaannya. Perencanaan bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu : sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar. Untuk memulai sebuah usaha memang harus didahului dengan taktik dan strategi. Membuat usaha yang besar tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Mengawalinya dengan modal kecil pun sebuah usaha bisa tumbuh menjadi besar. Sedangkan wirausaha adalah orang yang mampu bereaksi terhadap perubahan ekonomi, lalu menjadi agen ekonomi yang mengubah permintaan jadi produksi.
Perencanaan bisnis merupakan alat yang sangat penting bagi pengusaha maupun pengambilan keputusan kebijakan perusahaan. Tujuan perencanaan bisnis adalah agar kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan maupun yang sedang berjalan tetap berada di jalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan. Perencanaan bisnis juga merupakan pedoman untuk mempertajam rencana – rencana yang diharapkan, karena dalam perencanaan bisnis kita dapat mengetahui posisi perusahaan saat ini, karena tujuan perusahaan dan cara mencapai sasaran yang ingin kita capai.
Perencanan bisnis yang baik harus memuat tahap-tahap yang harus dilakukan untuk memaksimalkan peluang keberhasilan. Perencanaan bisnis juga dapat dipakai sebagai alat untuk mencari dana dari pihak ketiga seperti, pihak perbankan, investor, lembaga keuangan, dan sebagainya. Bantuan dana yang diperlukan tersebut dapat berupa bantuan dana jangka pendek untuk modal kerja maupun jangka panjang untuk perluasan atau biaya investasi.
Dalam perencanaan bisnis harus diperhatikan strategi pengembangan produk dan strategi pemgembangan pasar. Strategi pengembangan produk maksudnya adalah seorang pebisnis harus bisa memberikan produk yang berkualitas tinggi yang akan dijual di pasar. Sedangkan strategi pengembangan pasar adalah seorang pebisnis harus bisa melihat pesaing – pesaing yang ada disekitarnya yaitu memperhatikan lokasi/wilayah yang akan dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan suatu usaha.
Dalam mendirikan suatu usaha, seorang usahawan harus mempunyai trik – trik khusus agar produk yang dijualnya berhasil di pasar. Trik – trik tersebut antara lain :
a. Membuat pamplet nama agar nama peternakan dapat terlihat dengan mudah,
b. Melakukan promosi yang menarik bagi pelanggan,
c. Memberikan diskon harga kepada pelanggan jika membeli produk lebih dari 1 dan lainnya.
Seorang usahawan harus juga memperhatikan selera atau keinginan masyarakat pada saat ini dikarenakan dengan pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, kebutuhan akan makanan juga meningkat. Konsep pemasaran sekarang ini menjadi lebih nyata diterapkan diberbagai macam jenis usaha yang ada di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya tingkat persaingan untuk memperebutkan bangsa pasar yang potensial yang menjadi target market dari setiap jenis usaha yang ada.
Persaingan untuk memberikan yang terbaik oleh pelaku usaha kepada konsumen telah menempatkan peranan konsumen sebagai salah satu persoalan yang harus segera dapat ditangani dengan baik oleh pelaku usaha baik dengan melakukan pendekatan secara individual maupun kelompok, sehingga dengan begitu para pelaku usaha dapat mengambil simpati para konsumen dan juga dapat mempengaruhi pertimbangan mereka untuk dapat menerima produk usaha yang dihasilkan sehingga dapat berpengaruh pada perilaku konsumen dalam pengambil keputusan mereka.
Orang awam biasanya akan cenderung meremehkan potensi dari itik, hal ini dikarenakan itik identik dengan air, lumpur, kotoran, dan bau. Hal ini tentunya sudah menjadi pandangan umum yang melekat pada itik. Dengan berat yang sama harga itik lebih mahal daripada jenis unggas lainnya. Hal ini dikarenakan itik mempunyai potensi lebih dibandingkan jenis ternak lainnya. Potensi tersebut antara lain :
1. Itik merupakan jenis unggas yang paling tahan terhadap penyakit, jika dibandingkan dengan ayam ataupun unggas yang lainya, itik merupakan yang paling terkuat,
2. Telur itik di pasaran mempunyai harga lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam ataupun puyuh,
3. Daging itik mempunyai rasa lebih gurih dibandingkan dengan daging unggas lainnya, sehingga harga daging itik lebih mahal jika dibandingkan dengan unggas lainnya,
4. Itik tidak membutuhkan kandang khusus seperti pada ayam ataupun puyuh, cukup diberi tempat berteduh dari terpal ataupun plastik asalkan bisa terhindar dari hujan dan terik matahari. Jadi biaya perkandangan itik lebih murah dari jenis unggas lainnya,
5. Pemberian pakan pada itik lebih fleksibel daripada jenis unggas lainnya, misalnya saja kalau memelihara ayam petelur jenis pakannya harus terukur dan pasti, tapi kalau memelihara itik diberi pakan apa saja bisa asalkan jenis pakan tersebut tidaklah busuk, seperti nasi sisa, dedak, roti kadaluwarsa, kepala ikan, keong mas, ampas tahu, ampas ketela, dan jenis pakan lainnya.
B. Perumusan Masalah
Sebagaimana yang kita ketahui, rencana bisnis adalah suatu langkah penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana, tanpa memandang ukuran bisnis. Untuk memulai suatu usaha, ada baiknya kita terlebih dahulu membuat perencanaan bisnisnya. Perencanaan bisnis atau business plan merupakan alat
monitoring bagi tim kerja dan hal ini juga bisa dijadikan sebagai panduan bagi semua orang yang terlibat dalam usaha tersebut agar mematuhinya.
Dengan melihat peluang usaha beternak itik ini, maka penulis tertarik untuk melakukan dan membahas penelitian dengan judul “Perencanaan Bisnis Beternak Itik Hemat Air”.
C. Maksud dan Tujuan
Adapun yang menjadi maksud dari penulisan rencana bisnis yang dilakukan oleh penulis adalah :
1. Menambah pengetahuan dan wawasan pemikiran penulis tentang bagaimana menjalankan bisnis beternak itik yang baik, sebelum melakukan bisnis tersebut,
2. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan informasi yang dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi organisasi agar dapat melaksanakan usaha beternak itik dengan lebih efisien dan efektif,
3. Perencanaan bisnis ini akan menetapkan dan memusatkan tujuan dengan memanfaatkan keterangan dan analisis yang sesuai,
4. Menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam diri pengusaha guna menciptakan suatu usaha baru secara professional dan terlatih
Adapun tujuan dari penulisan rencana bisnis ini adalah :
1. Untuk mengetahui bagaimana peluang usaha beternak itik sebelum menjalankan usaha tersebut,
2. Untuk memutuskan rute yang diperlukan organisasi dalam mencapai tujuannya sekaligus menentukan standar untuk menentukan kinerja bisnis,
3. Untuk memperoleh dukungan dari konsumen, investor bahkan pihak-pihak lainnya,
4. Menciptakan usaha kecil menengah yang efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan perekonomian.
Adapun manfaat dari penulisan rencana bisnis ini adalah :
1. Bagi penulis, diharapkan perencanaan bisnis ini dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana cara mendirikan suatu perencanaan bisnis yang pastinya akan berguna di waktu yang akan datang,
2. Perencanaan bisnis dapat digunakan sebagai panduan untuk pencapaian target yang telah ditetapkan,
3. Sebagai bahan pertimbangan dan informasi baik bagi penulis maupun pihak-pihak yang berkepentingan dalam melakukan penelitian ini.
D. Ringkasan Eksekutif
Di Indonesia, itik awalnya berasal dari Jawa. Sedangkan di Inggris, itik dikenal dengan nama Indian Runner (Anas javanica). Berbagai jenis itik lokal dikenal penamaannya berdasarkan tempat pengembangannya, wilayah asal dan
sifat morfologis, contohnya seperti itik Alabio (dari Kalimantan Selatan), itik Tegal, itik Mojosari dan Itik Maros. Umumnya usaha peternakan itik ditujukan untuk itik petelur. Namun peluang bagi itik pedaging juga sangat menjanjikan. Itik pedaging bisa diambil dari itik jantan atau itik betina yang sudah lewat masa produksinya. Selain itu pebisnis juga bisa mengambil bagian pembibitan ternak itik sebagai fokus usaha.
Menurut D.L Satie (1991) seperti dikutip Majalah Poutry Indonesia Online, agar efisiensi pemanfaatan itik potong tercapai, maka pengembangan dan pemeliharaan itik potong dapat menggunakan itik yang telah lewat masa produksinya, seperti itik jantan. Hal ini disebabkan karena itik jantan mempunyai beberapa keunggulan dan keuntungan kalau ditinjau dari segi ekonomisnya. Dan untuk harga bibit, itik jantan lebih murah jika dibandingkan itik betina, karena masyarakat selama ini hanya mengenal dan memetik keuntungan dari itik betina sebagai petelur.
Masih menurut Satie, pemeliharaan itik jantan tidak membutuhkan waktu yang lama, dimana hasil sudah bisa dipetik dalam waktu 2-3 bulan. Hal tersebut disebabkan karena pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya relatif lebih baik daripada itik betina. Berat badan sampai saat dipotong tidak kurang dari 1,5 kg. Dengan memanfaatkan itik jantan, dalam waktu yang relatif singkat sudah dapat dicapai berat yang lebih dibutuhkan. Pemotongan pada umur yang relatif muda, menghasilkan daging yang lebih empuk, lebih gurih dan nilai gizinya lebih tinggi.
Peternakan Itik “Super Duck” adalah perusahaan pembudidayaan itik yang terletak di Desa Sei Sijenggi Dusun I Kecamatan Perbaungan. Lokasi tersebut
terletak di daerah persawahan yang jauh dari pemukiman dan memiliki lahan yang luas sehingga mempermudah dalam proses beternak itik. Karena kotoran itik yang bau,serta suaranya yang ribut dapat menimbulkan masalah dengan tetangga,sehingga lokasi kandang itik terletak di daerah yang jauh dari kawasan pemukiman. Perusahaan peternakan itik ini bergerak di bidang usaha beternak itik hemat air. Dimana khususnya pembudidayaan itik, produk yang saya tawarkan memiliki keunggulan yakni kualitas itik dijamin baik dan sehat, rasa dagingnya yang khas dan empuk dengan kandungan omega dan gizi yang cukup tinggi, sehingga sering dijadikan sebagai sumber protein yang murah dan mudah didapat dan harga jual yang terjangkau oleh masyarakat. Murahnya biaya tenaga kerja dan tanah di wilayah Perbaungan sehingga mempermudah memulai usaha peternakan itik. Target pasar yang akan dituju perusahaan peternakan itik ini yaitu pembeli individu (ibu rumah tangga), pasar-pasar tradisional, restaurant dan rumah makan.
Dari banyaknya peternakan di Indonesia, itik dapat dikatakan berprospek cerah karena sudah dikenal dari beberapa tahun yang lalu. Itik ini terus berkembang dan semakin popular di masyarakat. Hal ini wajar saja karena itik tergolong murah dan proses perkembangbiakan yang mudah. Namun, pembudidayaan itik akhir-akhir ini banyak mengalami masalah. Pada umumnya, Itik sekarang berbeda dengan itik dahulu. Kualitas itik sekarang sudah menurun akibat keterbatasan pengetahuan dalam mengendalikan genetikanya. Oleh karena itu, sebagai perusahaan pembudidayaan itik, perusahaan ini akan menawarkan kualitas itik yang bermutu baik dan murah.
1Prospek pengembangan usaha itik ini sangat menjanjikan mengingat masih tingginya permintaan pasar terhadap itik, terlihat dari mahalnya harga itik di pasaran. Bisnis budidaya itik juga memiliki peluang yang bagus, apalagi jika budidaya dilakukan secara intensif, yang artinya tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan sambilan. Selain memiliki peluang bagus untuk dikembangkan karena permintaan yang makin tinggi dari masyarakat untuk konsumsi telur dan daging, peternakan itik membutuhkan pakan, khususnya sumber protein yang efisien.
Peternakan itik ”SUPER DUCK” memiliki sebuah tim manajemen yang cukup kuat, dengan Sri Murnida Sari sebagai Pimpinan yang telah mempunyai banyak pengalaman dalam berbisnis yang bertanggung jawab pada pengawasan pegawai serta pengembangan usaha. Faulia Hamni sebagai Staf Keuangan yang memiliki kemampuan ekonomi dan akuntansi yang cukup memadai, dan Raisca Maharani sebagai Staf Administrasi yang bertanggung jawab pada kepegawaian, keamanan peternakan, rencana pengembangan usaha, dan pemasarannya, serta yang tidak kalah penting adalah Maghdalena sebagai Staf Penelitian dan Riset yang bertanggungjawab pada pembesaran itik yang meliputi pembelian dan pemilihan bibit itik yang baik, proses pembesaran itik, antisipasi dan penanggulangan penyakit serta link penjualan.

Saya sebagai pemilik telah berkomitmen untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis ini sehingga mencapai target dari perusahaan kami yaitu menjadi salah satu perusahaan yang memasok kebutuhan itik di daerah Perbaungan dan luar Perbaungan, menghasilkan itik yang berkualitas tinggi yaitu sehat, murah dan bergizi tinggi.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi