BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Bubur
Kacang Hijau merupakan jenis makanan tradisional yang terbuat dari Kacang Hijau
yang mengandung banyak protein menyehatkan. Dimana dalam pembuatannya melalui
proses perebusan kacang hijau dan pencampuran bumbu kedalam rebusan.
Wirausaha
Bubur kacang ijo “BUKACI CUP’’ merupakan suatu bisnis dibidang makanan. Bisnis
ini merupakan bisnis yang menggiurkan. Menurut saya, Tidak hanya karena rasa
buburnya yang khas dengan lidah orang Indonesia dan merupakan makanan Indonesia
bubur kacang hijau juga lezat disertai dengan kandungan gizi yang baik yang
terkandung pada Bubur Kacang hijau tersebut. BUKACI CUP sendiri merupakan
singkatan dari Bubur Kacang Ijo CUP, bubur ini tersaji dalam sebuah cup
praktis.Selain rasa yang lezat dan kandungan gizi yang baik, Bubur kacang Hijau
sangat diminati oleh masyarakat. Namun karena perkembangan zaman diikuti dengan
berkembangnya variasi makanan jenis baru di Indonesia sehingga makanan yang
menjadi ciri khas Indonesia ini pun semakin terlupakan. Oleh karena itulah saya
memilih untuk memproduksi bubur kacang Hijau, selain karena keinginan saya
untuk menjadikan bubur tidak terlupakan oleh masyarakat akibat
kemajuan zaman dan juga menjadikan
bubur sebagai makanan yang istimewa dan dapat dikonsumsi kapan saja.
Segmentasi dari usaha Bubur Kacang Ijo ini adalah kampus usu,
tepatnya didaerah Sumber dan sekitarnya dan dipasarkan kepada masyarakat
Fakultas Ekonomi dan masyarakat
sekitarnya. Diperkirakan usaha BIbir kacang Hijau ini akan mengalami titik
impas pada bulan ke-5(lima) tahun pertama penjualan.
Makanan ini baik dikonsumsi oleh siapa saja oleh sebab itu
usaha Bubur Kacang Ijo ini diyakini akan berhasil. Dengan demikian penulis akan
membahas tentang bagaimana PERENCANAAN BISNIS PADA WIRAUSAHA BUBUR KACANG
IJO “BUKACI CUP”
B. MAKSUD DAN TUJUAN WIRAUSAHA
Maksud dan tujuan dalam wirausaha Bubur Kacang Ijo “BUKACI
CUP” ini terbagi dalam visi dan misi dimana visi dan misi ini berperan sangat
penting untuk mendasari kegiatan wirausaha ini.
VISI
Visi dalam memasarkan produk ini adalah agar masyarakat
ataupun mahasiswa memiliki kesempatan mengkonsumsi makanan sehat secara praktis
dimana biasanya makan ini (bubur kacang ijo) jarang sekali disajikan dengan
kemasan praktis. Mencipatkan inovasi
makanan sampingan yang bergizi serta diminati di fakultas ekonomi USU.
MISI
Misi dalam memasarkan produk ini adalah sebagai berikut :
1. Memacu diri untuk kreatif dalam
berusaha
2. Terampil dalam memasarkan produk
3. Terbentuknya makanan sampingan
terbaik dan menyehatkan serta mengedepankan pelayanan
4. Mendapatkan nilai terbaik dalam
program wirausaha atas hasil yang didapat
5. Memberikan kemudahan dalam
memberikan makanan sampingan
6. Terciptanya ekonomi bersama yang mandiri
C. MANFAAT PROSPEK WIRAUSAHA
Adapun manfaat yang diharapkan dari prospek usaha makanan
Bubur Kacang Ijo “BUKACI CUP” adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dengan adanya prospek
wirausaha ini mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada masyarakat dan
mahasiswa khususnya.
2. Dengan prospek usaha ini dapat memacu wirausaha lainnya
untuk belajar lebih kreatif lagi dalam melakukan usaha.
3. Diharapkan dengan kemajuan usaha
ini tidak hanya menjadi referensi bagi usaha lain tetapi juga dapat memberikan
pengetahuan akan manfaat baik dalam mengkonsumsi Bubur Kacang Ijo.
4. Dengan adanya prospek yang baik pada usaha ini diharapkan
mampu memacu perkembangan jenis wirausaha lainnya.
D. SISTEMATIKA PEMBAHASAN
Untuk mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis
membuat sistematika pembahasan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas
sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis.
BAB : I LATAR BELAKANG
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan
perencanaan bisnis Bubur Kacang Hijau “BUKACI CUP”, latar belakang masalah,
tujuan dan manfaat perencanaan bisnis, dan sistematika pembahasan.
BAB : II PERENCANAAN BISNIS BUBUR KACANG HIJAU “BUKACI CUP”
Dalam bab ini penulis akan menguraikan secara ringkas profil
perusahaan, Biodata Pemilik usaha, Struktur usaha, Aspek pasar, Keunggulan
produk, Gambaran produk, Target dan Segmen pasar, Trend pengembangan, Proyeksi
pasar, strategi
pemasaran, pesaing bisnis, Aspek
produksi, Analisis SDM, Rencana pengembangan usaha, Analisis keuangan, Analisis
risiko usaha.
BAB : III KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab terakhir dari paper ini, makan penulis akan
mengambil kesimpulan apakah perencanaan bisnis ini layak untuk direalisasikan
atau tidak, dan beberapa saran yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi
perkembangan perencanaan bisnis ini,serta bagi para pembaca paper.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi