Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS PADA WIRAUSAHA BUBUR KACANG IJO “BUKACI CUP”


 BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Bubur Kacang Hijau merupakan jenis makanan tradisional yang terbuat dari Kacang Hijau yang mengandung banyak protein menyehatkan. Dimana dalam pembuatannya melalui proses perebusan kacang hijau dan pencampuran bumbu kedalam rebusan.

Wirausaha Bubur kacang ijo “BUKACI CUP’’ merupakan suatu bisnis dibidang makanan. Bisnis ini merupakan bisnis yang menggiurkan. Menurut saya, Tidak hanya karena rasa buburnya yang khas dengan lidah orang Indonesia dan merupakan makanan Indonesia bubur kacang hijau juga lezat disertai dengan kandungan gizi yang baik yang terkandung pada Bubur Kacang hijau tersebut. BUKACI CUP sendiri merupakan singkatan dari Bubur Kacang Ijo CUP, bubur ini tersaji dalam sebuah cup praktis.Selain rasa yang lezat dan kandungan gizi yang baik, Bubur kacang Hijau sangat diminati oleh masyarakat. Namun karena perkembangan zaman diikuti dengan berkembangnya variasi makanan jenis baru di Indonesia sehingga makanan yang menjadi ciri khas Indonesia ini pun semakin terlupakan. Oleh karena itulah saya memilih untuk memproduksi bubur kacang Hijau, selain karena keinginan saya untuk menjadikan bubur tidak terlupakan oleh masyarakat akibat

kemajuan zaman dan juga menjadikan bubur sebagai makanan yang istimewa dan dapat dikonsumsi kapan saja.
Segmentasi dari usaha Bubur Kacang Ijo ini adalah kampus usu, tepatnya didaerah Sumber dan sekitarnya dan dipasarkan kepada masyarakat Fakultas Ekonomi  dan masyarakat sekitarnya. Diperkirakan usaha BIbir kacang Hijau ini akan mengalami titik impas pada bulan ke-5(lima) tahun pertama penjualan.
Makanan ini baik dikonsumsi oleh siapa saja oleh sebab itu usaha Bubur Kacang Ijo ini diyakini akan berhasil. Dengan demikian penulis akan membahas tentang bagaimana PERENCANAAN BISNIS PADA WIRAUSAHA BUBUR KACANG IJO “BUKACI CUP”
B. MAKSUD DAN TUJUAN WIRAUSAHA

Maksud dan tujuan dalam wirausaha Bubur Kacang Ijo “BUKACI CUP” ini terbagi dalam visi dan misi dimana visi dan misi ini berperan sangat penting untuk mendasari kegiatan wirausaha ini.
VISI
Visi dalam memasarkan produk ini adalah agar masyarakat ataupun mahasiswa memiliki kesempatan mengkonsumsi makanan sehat secara praktis dimana biasanya makan ini (bubur kacang ijo) jarang sekali disajikan dengan

kemasan praktis. Mencipatkan inovasi makanan sampingan yang bergizi serta diminati di fakultas ekonomi USU.
MISI
Misi dalam memasarkan produk ini adalah sebagai berikut :
1. Memacu diri untuk kreatif dalam berusaha
2. Terampil dalam memasarkan produk
3. Terbentuknya makanan sampingan terbaik dan menyehatkan serta mengedepankan pelayanan
4. Mendapatkan nilai terbaik dalam program wirausaha atas hasil yang didapat
5. Memberikan kemudahan dalam memberikan makanan sampingan
6. Terciptanya ekonomi bersama yang mandiri

C. MANFAAT PROSPEK WIRAUSAHA

Adapun manfaat yang diharapkan dari prospek usaha makanan Bubur Kacang Ijo “BUKACI CUP” adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dengan adanya prospek wirausaha ini mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada masyarakat dan mahasiswa khususnya.
2. Dengan prospek usaha ini dapat memacu wirausaha lainnya untuk belajar lebih kreatif lagi dalam melakukan usaha.



3. Diharapkan dengan kemajuan usaha ini tidak hanya menjadi referensi bagi usaha lain tetapi juga dapat memberikan pengetahuan akan manfaat baik dalam mengkonsumsi Bubur Kacang Ijo.
4. Dengan adanya prospek yang baik pada usaha ini diharapkan mampu memacu perkembangan jenis wirausaha lainnya.

D. SISTEMATIKA PEMBAHASAN

Untuk mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat sistematika pembahasan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis.
BAB : I LATAR BELAKANG
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan perencanaan bisnis Bubur Kacang Hijau “BUKACI CUP”, latar belakang masalah, tujuan dan manfaat perencanaan bisnis, dan sistematika pembahasan.
BAB : II PERENCANAAN BISNIS BUBUR KACANG HIJAU “BUKACI CUP”
Dalam bab ini penulis akan menguraikan secara ringkas profil perusahaan, Biodata Pemilik usaha, Struktur usaha, Aspek pasar, Keunggulan produk, Gambaran produk, Target dan Segmen pasar, Trend pengembangan, Proyeksi pasar, strategi

pemasaran, pesaing bisnis, Aspek produksi, Analisis SDM, Rencana pengembangan usaha, Analisis keuangan, Analisis risiko usaha.
BAB : III KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab terakhir dari paper ini, makan penulis akan mengambil kesimpulan apakah perencanaan bisnis ini layak untuk direalisasikan atau tidak, dan beberapa saran yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi perkembangan perencanaan bisnis ini,serta bagi para pembaca paper.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi