Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS “ Ikan Gurame Poetra Melayu ”



A. Latar Belakang
Dengan berkembangnya dunia usaha umumnya, maka banyak perusahaan-perusahaan yang mengalami pertumbuhan (growth) menjadi perusahaan lebih besar. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan juga bertambah banyak, begitu juga volume kegiatan yang dilaksanakan. Jika dalam perusahaan kecil, jenis kegiatan yang dilakukan terbatas sehingga akan mudah untuk direncanakan dan diawasi, setelah perusahaan mulai berkembang dan semakin besar, volume kegiatan meningkat dan semakin sulit untuk direncanakan dan diawasi.

Usaha kecil menengah ( UKM) mempunyai peranan penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi Negara ,baik Negara berkembang maupun Negara maju.pada saat krisis ekonomi berlangsung di Indonesia , UKM merupakan sector ekonomi yang memiliki ketahanan yang baik .kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara terus menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM. Sehingga mampu memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan masyarakat .
Usaha kecil menengah sangat membutuhkan perhatian yang khusus dan harus didukung oleh informasi yang akurat , agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha , yaitu jaringan pasar. Terdapat 2 aspek yang yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar yaitu:
1. Membangun system promosi untuk penetrasi pasar.
2. Merawat jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar.


Seorang wirausahawan ( entrepreneur) adalah seorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber sumber daya yang diperlukan sehingga sumber daya yang diperlukan sehingga sumber sumber daya itu bias dikapitlisasikan ( Zimmerer ,2008) .dengan demikian wirausahawan harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi menciptakan suatu hal yang berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup.
Seorang wirausaha (entrepreneur) bekerja dan mengembangkan perusahaan/ organisasi setapak demi setapak, mengenali kelemahan dan kekuatan diri sebelum melangkah memasuki dunia usaha yang lebih besar dan penuh tantangan. Pada umumnya wirausaha adalah orang yang kreatif dalam menyelesaikan permasalahan hidup, dan faktor ini menjadikan seorang wirausaha mampu menghadapi tantangan untuk menjadi wirausaha yang sukses. Upaya kreatif seorang wirausaha menjadikan mereka pencipta perusahaan, produk yang dapat diperkenalkan dan pencipta lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan pekerjaan
Dunia usaha dan dunia industry saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Terbukti denagn banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha yang menarik ,dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut

Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengelola bahan baku untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen. Produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen
Kegitan bisnis dapat dirasakan oleh semua orang .kita semua orang .Kita semua selalu terlibat dalam kehidupan sehari hari dengan kegiatan bisnis.setiap hari kita belanja dipasar ,toko atau supermarket .Kita juga membaca Koran ,menyalakan lampu listrik ,melihat siaran televisi, mengendarai sepeda motor atau mobil atau bis kota dan sebagainya .Kesemuanya itu adalah tidak lepas dari campur tangan langsung ataupun tidak langsung dari suatu kegiata bisnis.
Manfaat bisnis menurut Draft ( 2002:232) adalah :
• pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
• keuntungan usaha

• pertumbuahan dan perkembangan usaha yang berkelanjutan
• mengatasi berbagai resiko
• tanggung jawab.


Distribusi merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam aktivitas sebuah perusahaan. Jika perusahaan ingin tetap hidup terus secara berkesinambungan, maka perusahaan harus mampu memasarkan produk yang dihasilkan kepada konsumen agar dikonsumsi dan otomatis perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari produk yang dikonsumsi tersebut. Dan jalan yang harus ditempuh perusahaan adalah mendistribusikannya melaui jalur atau saluran distribusi, yaitu jalur atau keseluruhan perantara pemasaran yang dilalui barang dan jasa dari produsen hingga sampai ke pemakai industri dan konsumen. Untuk mampu memasarkan produknya ke masyarakat dan memastikan produknya dapat dinikmati konsumen maka perusahaan harus membuat keputusan yang tepat dalam memilih jalur pendistribusian yang akan digunakan untuk merealisasikan hal tersebut.
Di era globalisasi ini, perekonomian Indonesia semakin berkembang. Hal ini didorong oleh perkembangan bisnis yang sangat pesat di Indonesia. Perkembangan bisnis ini dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan baik bidang teknologi, sistem informasi, komunikasi, maupun bidang ilmu manajemen. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai kemudahan disegala bidang membuat masyarakat tertarik untuk memulai sebuah bisnis baik yang menghasilkan barang maupun jasa.
Suatu bisnis diciptakan untuk menyediakan produk atau jasa kepada pelanggan. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka

pemilik bisnis itu akan mencapai tujuannya yaitu memperoleh tingkat pengembalian (laba) yang wajar atas investasi bisnis mereka. Tujuan dan sasaran bisnis dapat ditetapkan melalui perencanaan bisnis.
Perencanaan bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan harapan sebuah bisnis. Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah usaha harus mencantumkan secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku, masalah tempat, tanah dan lainnya.
Perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis (blue print) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya.
Mengapa perencanaan bisnis begitu penting?
Rencana bisnis akan bermanfaat dalam banyak cara. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perencanaan bisnis penting untuk membangun sebuah usaha:
Pertama, rencana bisnis akan menetapkan dan memusatkan tujuan dengan memanfaatkan keterangan dan analisis yang sesuai.
Dapat dimanfaatkan sebagai suatu alat penjualan dalam menangani hubungan penting termasuk para pemberi pinjaman, investor.
Dapat dimanfaatkan rencana untuk menghimpun pendapat dan nasehat dari orang lain, termasuk mereka yang berkecimpung di bidang bisnis, Terlalu sering, pengusaha maju sedikit demi sedikit, tanpa memanfaatkan masukan dari para ahli, untuk menghemat banyak hal. Jika berprinsip



suka-suka gue dalam berbisnis, maka yang ada hanyalah penderitaan yang terjadi.

Tujuan bisnis:
• Profit (keuntungan)
• Growth (pertumbuhan)

• Continuity (berkesinambungan)
• Stability (stabilitas)
• Public Service (pelayanan umum)

Bisnis adalah suatu organisasi yang menghasilkan dan menjual Product atau Jasa yang dibutuhkan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu.(Charlie,2006) Maka yang dimaksud dengan Perencanaan bisnis adalah suatu langkah yang penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana tanpa memandang ukuran bisnis.(Charlie,2006)
Perencanaan bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu: sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar. Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasikan peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008).

Adapun jenis usaha yang sedang berkembang pesat saat ini yakni usaha di sektor perikanan .Perikananan adalah salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat Indonesia khususnya di Medan.Untuk wilayah Medan sendiri Usaha Kecil Menengah sudah mulai digerakkan oleh Pemerintahan Daerahnya masing masing. Untuk wilayah usaha perikanan di medan lebih banyak ditemukan di daerah sekitar pedesaan. Khususnya Kabupaten Deli Serdang ,Dikarenakan wilayah tersebut masih banyak ditemukan ladang ladang kosong ataupun persawahan yang biasanya setelah panen padi , Mereka kemudian memelihara ikan sebagai sumber pendapatan mereka baik untuk memenuhi kebutuhan ekonomi maupun sebagai Hobi.
Dengan melihat prospeknya usaha perikanan di Medan khususnya di Kabupaten Deli Serdang , Membuat saya tertarik untuk membuat Perencanaan Bisnis berupa Perencanaan Bisnis Kolam Ikan Gurame
RINGKASAN EKSEKUTIF
Kolam ikan gurame POETRA MELAYU adalah sebuah perusahaan pembudidayan kolam ikan yang terletak di Dusun 1 Desa tanjung selamat No . 104 tepat di kabupaten deli serdang.lokasi tersebut terletak di dekat perumahan sekitar warga di Dusun 1 Desa tanjung selamat no 104 ,tepatnya di sebuah lahan kosong dengan luas lahan 2000 meter .Usaha kolam ikan ini dijlankan oleh Fadli Ahmad sebagai Pimpinan Perusahaan di bantu dengan 3 orang staft. Perusahaan ini bergerak di bidang usaha pembudidayaan kolam ikan gurami . Produk yang

kami tawarkaan memiliki keunggulan yaitu kualitas ikan djamin baik ,masih hidup dan segar karena langsung dari kolam ,rasa dagingnya yang khas dengan kandungan omega gizi yang cukup tinggi , sehingga sering dijadikan sebagai sumber protein yang murah didapat,harga pula terjangkau oleh masyarakat.
Dari banyaknya komoditas Perikanan di Indonesia ikan gurami dapat dikatakan berprospek cerah karena sudah dikenal cukup lama di Indonesia.ikan ini sangat digemari masyarakat Indonesia karena tekstur dagingnya yang lunak dan lembut dan tergolong ikan yang murah.
Prospek pengembangan usaha ikan gurami sangat menjanjikan mengingat masih tingginya permintaan pasar terhadap ikan gurami terlihat dari mahalnya ikan gurami di pasaran, & masih diimpornya perikanan terutama ikan gurami dari luar kota,seperti daerah Padang .Masih murahnya biaya tenaga kerja di wilayah Dusun 1 Desa tanjung selamat sehingga mempermudah memulai usaha pembudidayaan ikan gurami dan juga dikarenakan lahan untuk dijadikan usaha pembudidayaan ikan gurami adalah lahan punya pemilik perusahaan itu sendiri. Sehingga mempermudah pembudidayaan ikan gurami tersebut.
Target pasar yang akan dituju perusahaan pembudidayaan ikan gurami yaitu Pembeli Individu ( Ibu Rumah Tangga ), Distributor yang akan membantu dalam proses pemasaran ke pasar pasar Tradisional , Restaurant , dan juga kepada orang orang yang hendak membeli ikan gurami tersebut dikarenakan karena ada suatu acara seperti Acara pernikahan , dan lain lain sebagainya. Banyaknya petani yang yang membudidayakan ikan gurami di daerah Dusun 1 Desa Tanjung

Selamat tidak membuat kami pesimis karena faktanya ikan gurami yang dikonsumsi sehari hari jumlahnya masih terbatas.
Nilai penjualan untuk tahun 2012 adalah sebesar Rp 313.000.000. Nilai kekayaan perusahaan sesuai neraca tahun 2012 adalah sebesar Rp 225.350.000.proyeksi nilai penjualan untuk tahun I sebesar Rp 125.550.000 ,dan peningkatan sebesar 10 -15% untuk tahun tahun berikutnya kebuuhan dana sebesar .kebutha dana sebesar Rp 63.680.000 .
Rencana penggunaan dana sebesar Rp 100.000.000 untuk investasi dalam peningkatan kapasitas produksi dan pemanfaatan teknologi informasi. Jangka waktu pengembalian adalah selama 5 tahun dengan tenggag waktu pembayaran 1 bulan sekali. Agunan yang dimilki adalah sertifikat hak tanah Rp 150.000.000.
Kolam ikan gurami POETRA MELAYU memiliki sebuah tim manajemen yang cukup kuat ,karena masing masing individu yang tergabung dalam usaha kolam ikan gurami POETRA MELAYU sudah memiliki pengalaman yang cukup baik dalam usaha ikan gurami,baik dalam hal pemasaran , Produksi , Pemijahan, Pemilihan Benih ,Serta dalam hal menangani penyakit pada ikan gurami. Dengan Fadli Ahmad sebagai pimpinan dengan dibantu denan 3 Staft Ahli yang selalu mendukung jalannya usaha ikan gurami yang telah kami kelola saat ini.kami berkeyakinan usaha ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dapat memenuhi harapan yang diinginkan oleh konsumen yang hendak membeli ikan gurami. Saya sebagai pemilik telah berkomitmen untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis ini sehingga mencapai suatu target yang kami inginkan yaitu Menjadi salah

satu Penyuplai ikan gurami terbesar yang dapat diandalkan oleh konsumen khususnya distributor ikan gurami.mempunyai mutu dan kualitas ikan yang baik,segar dan sehat
C. Tujuan Usaha
Tidak dapat dipungkiri sebagai pelaku bisnis, tujuan utama dari usaha/bisnis yang dijalankan adalah untuk mendapatkan penghasilan. Setiap usaha yang dijalankan pasti membutuhkan modal baik dari orang lain,
pinjaman, atau dari mereka sendiri dan juga tujuan akhirnya adalah dapat mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan serta diharapkan juga bisa memberikan penghasilan yang berkesinambungan.
Selain tujuan diatas, ada tujuan lain mengapa bisnis Kolam Ikan Gurame terus dapat berjalan dengan baik antara lain:
1. Berbagi pengalaman serta ide ide yang inovatif dalam usaha bisnis.

2. Sebagai bahan masukan dan pertimbangan serta menarik minat bagi konsumen atau para investor terhadap produk yang ditawrkan.

3. Untuk memiliki kemampuan wawasan tentang dunia Perikanan yang ada di Medan khususnya Di Kabupaten Del Serdang.

4. Mempromosikan betapa prospeknya usaha perikanan saat ini kepada para investor yang masih ragu ragu menanamkan modalnya untuk usaha perikanan



5. Menjadi wirausahawan alternative disaat terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja di sebuah Perusahaan tertentu.
B. Manfaat Usaha
1. Bagi Investor

Sebagai pertimbangan kepada para Investor untuk dapat lebih tertarik untuk menanamkan modalnya di usaha Kolam Ikan Gurame.
2. Bagi Penulis

Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan di bidang bisnis.
3. Bagi Pihak Lain
Sebagai pedoman atau referensi bagi peneliti lain yang tertarik untuk mengadakan penelitian di bidang atau permasalahan yang sama di masa yang akan datang, khususnya penelitian yang berkaitan dengan bisnis terutama dengan memperhatikan harga terhadap permintaan dalam mengkonsumsi setiap produk yang akan dipasarkan.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi