A.
Latar Belakang
Dengan
berkembangnya dunia usaha umumnya, maka banyak perusahaan-perusahaan yang
mengalami pertumbuhan (growth) menjadi perusahaan lebih besar.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang ada di perusahaan
juga bertambah banyak, begitu juga volume kegiatan yang dilaksanakan. Jika
dalam perusahaan kecil, jenis kegiatan yang dilakukan terbatas sehingga akan
mudah untuk direncanakan dan diawasi, setelah perusahaan mulai berkembang dan
semakin besar, volume kegiatan meningkat dan semakin sulit untuk direncanakan
dan diawasi.
Usaha
kecil menengah ( UKM) mempunyai peranan penting dan strategis bagi pertumbuhan
ekonomi Negara ,baik Negara berkembang maupun Negara maju.pada saat krisis
ekonomi berlangsung di Indonesia , UKM merupakan sector ekonomi yang memiliki
ketahanan yang baik .kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara
terus menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM. Sehingga
mampu memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan masyarakat .
Usaha
kecil menengah sangat membutuhkan perhatian yang khusus dan harus didukung oleh
informasi yang akurat , agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku
usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha , yaitu jaringan pasar.
Terdapat 2 aspek yang yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar
yaitu:
1. Membangun system promosi untuk penetrasi pasar.
2.
Merawat jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar.
Seorang wirausahawan ( entrepreneur)
adalah seorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan
ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara
mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber sumber daya
yang diperlukan sehingga sumber daya yang diperlukan sehingga sumber sumber
daya itu bias dikapitlisasikan ( Zimmerer ,2008) .dengan demikian wirausahawan
harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi menciptakan suatu hal yang
berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup.
Seorang wirausaha (entrepreneur) bekerja dan
mengembangkan perusahaan/ organisasi setapak demi setapak, mengenali kelemahan
dan kekuatan diri sebelum melangkah memasuki dunia usaha yang lebih besar dan
penuh tantangan. Pada umumnya wirausaha adalah orang yang kreatif dalam
menyelesaikan permasalahan hidup, dan faktor ini menjadikan seorang wirausaha
mampu menghadapi tantangan untuk menjadi wirausaha yang sukses. Upaya kreatif
seorang wirausaha menjadikan mereka pencipta perusahaan, produk yang dapat
diperkenalkan dan pencipta lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan
pekerjaan
Dunia usaha dan dunia industry saat ini sedang mengalami perkembangan
yang pesat. Terbukti denagn banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro
dengan beragam usaha yang menarik ,dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk
meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut
Bisnis adalah usaha perdagangan yang
dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba
dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan
konsumen. Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengelola bahan baku
untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen. Produk dapat berupa
barang atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan
laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi
konsumen
Kegitan bisnis dapat dirasakan oleh semua orang .kita semua
orang .Kita semua selalu terlibat dalam kehidupan sehari hari dengan kegiatan
bisnis.setiap hari kita belanja dipasar ,toko atau supermarket .Kita juga
membaca Koran ,menyalakan lampu listrik ,melihat siaran televisi, mengendarai
sepeda motor atau mobil atau bis kota dan sebagainya .Kesemuanya itu adalah
tidak lepas dari campur tangan langsung ataupun tidak langsung dari suatu
kegiata bisnis.
Manfaat bisnis menurut Draft ( 2002:232) adalah :
• pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
• keuntungan usaha
• pertumbuahan dan perkembangan usaha yang berkelanjutan
• mengatasi berbagai resiko
• tanggung jawab.
Distribusi merupakan hal yang sangat
penting diperhatikan dalam aktivitas sebuah perusahaan. Jika perusahaan ingin
tetap hidup terus secara berkesinambungan, maka perusahaan harus mampu
memasarkan produk yang dihasilkan kepada konsumen agar dikonsumsi dan otomatis
perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari produk yang dikonsumsi tersebut.
Dan jalan yang harus ditempuh perusahaan adalah mendistribusikannya melaui
jalur atau saluran distribusi, yaitu jalur atau keseluruhan perantara pemasaran
yang dilalui barang dan jasa dari produsen hingga sampai ke pemakai industri
dan konsumen. Untuk mampu memasarkan produknya ke masyarakat dan memastikan
produknya dapat dinikmati konsumen maka perusahaan harus membuat keputusan yang
tepat dalam memilih jalur pendistribusian yang akan digunakan untuk
merealisasikan hal tersebut.
Di era globalisasi ini, perekonomian Indonesia semakin
berkembang. Hal ini didorong oleh perkembangan bisnis yang sangat pesat di
Indonesia. Perkembangan bisnis ini dipengaruhi oleh perkembangan ilmu
pengetahuan baik bidang teknologi, sistem informasi, komunikasi, maupun bidang
ilmu manajemen. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai
kemudahan disegala bidang membuat masyarakat tertarik untuk memulai sebuah
bisnis baik yang menghasilkan barang maupun jasa.
Suatu bisnis diciptakan untuk menyediakan produk atau jasa
kepada pelanggan. Jika bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara
efektif, maka
pemilik bisnis itu akan mencapai
tujuannya yaitu memperoleh tingkat pengembalian (laba) yang wajar atas
investasi bisnis mereka. Tujuan dan sasaran bisnis dapat ditetapkan melalui
perencanaan bisnis.
Perencanaan bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik
dan harapan sebuah bisnis. Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah
usaha harus mencantumkan secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku,
masalah tempat, tanah dan lainnya.
Perencanaan bisnis adalah suatu cetak biru tertulis (blue
print) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha,
rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh,
dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya.
Mengapa perencanaan bisnis begitu penting?
Rencana bisnis akan bermanfaat dalam banyak cara. Berikut ini
adalah beberapa alasan mengapa perencanaan bisnis penting untuk membangun
sebuah usaha:
• Pertama,
rencana bisnis akan menetapkan dan memusatkan tujuan dengan memanfaatkan
keterangan dan analisis yang sesuai.
• Dapat
dimanfaatkan sebagai suatu alat penjualan dalam menangani hubungan penting
termasuk para pemberi pinjaman, investor.
• Dapat
dimanfaatkan rencana untuk menghimpun pendapat dan nasehat dari orang lain,
termasuk mereka yang berkecimpung di bidang bisnis, Terlalu sering, pengusaha
maju sedikit demi sedikit, tanpa memanfaatkan masukan dari para ahli, untuk
menghemat banyak hal. Jika berprinsip
suka-suka gue dalam berbisnis, maka yang ada hanyalah
penderitaan yang terjadi.
Tujuan bisnis:
• Profit (keuntungan)
• Growth (pertumbuhan)
• Continuity (berkesinambungan)
• Stability (stabilitas)
• Public Service (pelayanan umum)
Bisnis adalah suatu organisasi yang menghasilkan dan menjual
Product atau Jasa yang dibutuhkan konsumen pada tingkat keuntungan
tertentu.(Charlie,2006) Maka yang dimaksud dengan Perencanaan bisnis adalah
suatu langkah yang penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana tanpa
memandang ukuran bisnis.(Charlie,2006)
Perencanaan bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi
penting yaitu: sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan
sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.
Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis
baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan
pertumbuhan dengan cara mengidentifikasikan peluang yang signifikan dan
menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya
itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008).
Adapun jenis usaha yang sedang
berkembang pesat saat ini yakni usaha di sektor perikanan .Perikananan adalah
salah satu usaha yang banyak diminati masyarakat Indonesia khususnya di
Medan.Untuk wilayah Medan sendiri Usaha Kecil Menengah sudah mulai digerakkan
oleh Pemerintahan Daerahnya masing masing. Untuk wilayah usaha perikanan di
medan lebih banyak ditemukan di daerah sekitar pedesaan. Khususnya Kabupaten
Deli Serdang ,Dikarenakan wilayah tersebut masih banyak ditemukan ladang ladang
kosong ataupun persawahan yang biasanya setelah panen padi , Mereka kemudian
memelihara ikan sebagai sumber pendapatan mereka baik untuk memenuhi kebutuhan
ekonomi maupun sebagai Hobi.
Dengan melihat prospeknya usaha perikanan di Medan khususnya
di Kabupaten Deli Serdang , Membuat saya tertarik untuk membuat Perencanaan
Bisnis berupa Perencanaan Bisnis Kolam Ikan Gurame
RINGKASAN EKSEKUTIF
Kolam ikan gurame POETRA MELAYU adalah sebuah perusahaan
pembudidayan kolam ikan yang terletak di Dusun 1 Desa tanjung selamat No . 104
tepat di kabupaten deli serdang.lokasi tersebut terletak di dekat perumahan
sekitar warga di Dusun 1 Desa tanjung selamat no 104 ,tepatnya di sebuah lahan
kosong dengan luas lahan 2000 meter .Usaha kolam ikan ini dijlankan oleh Fadli
Ahmad sebagai Pimpinan Perusahaan di bantu dengan 3 orang staft. Perusahaan ini
bergerak di bidang usaha pembudidayaan kolam ikan gurami . Produk yang
kami tawarkaan memiliki keunggulan
yaitu kualitas ikan djamin baik ,masih hidup dan segar karena langsung dari
kolam ,rasa dagingnya yang khas dengan kandungan omega gizi yang cukup tinggi ,
sehingga sering dijadikan sebagai sumber protein yang murah didapat,harga pula
terjangkau oleh masyarakat.
Dari banyaknya komoditas Perikanan di Indonesia ikan gurami
dapat dikatakan berprospek cerah karena sudah dikenal cukup lama di
Indonesia.ikan ini sangat digemari masyarakat Indonesia karena tekstur
dagingnya yang lunak dan lembut dan tergolong ikan yang murah.
Prospek pengembangan usaha ikan gurami sangat menjanjikan
mengingat masih tingginya permintaan pasar terhadap ikan gurami terlihat dari
mahalnya ikan gurami di pasaran, & masih diimpornya perikanan terutama ikan
gurami dari luar kota,seperti daerah Padang .Masih murahnya biaya tenaga kerja
di wilayah Dusun 1 Desa tanjung selamat sehingga mempermudah memulai usaha
pembudidayaan ikan gurami dan juga dikarenakan lahan untuk dijadikan usaha
pembudidayaan ikan gurami adalah lahan punya pemilik perusahaan itu sendiri.
Sehingga mempermudah pembudidayaan ikan gurami tersebut.
Target pasar yang akan dituju perusahaan pembudidayaan ikan
gurami yaitu Pembeli Individu ( Ibu Rumah Tangga ), Distributor yang akan
membantu dalam proses pemasaran ke pasar pasar Tradisional , Restaurant , dan
juga kepada orang orang yang hendak membeli ikan gurami tersebut dikarenakan karena
ada suatu acara seperti Acara pernikahan , dan lain lain sebagainya. Banyaknya
petani yang yang membudidayakan ikan gurami di daerah Dusun 1 Desa Tanjung
Selamat tidak membuat kami pesimis
karena faktanya ikan gurami yang dikonsumsi sehari hari jumlahnya masih
terbatas.
Nilai penjualan untuk tahun 2012 adalah sebesar Rp
313.000.000. Nilai kekayaan perusahaan sesuai neraca tahun 2012 adalah sebesar
Rp 225.350.000.proyeksi nilai penjualan untuk tahun I sebesar Rp 125.550.000
,dan peningkatan sebesar 10 -15% untuk tahun tahun berikutnya kebuuhan dana
sebesar .kebutha dana sebesar Rp 63.680.000 .
Rencana penggunaan dana sebesar Rp 100.000.000 untuk
investasi dalam peningkatan kapasitas produksi dan pemanfaatan teknologi informasi.
Jangka waktu pengembalian adalah selama 5 tahun dengan tenggag waktu pembayaran
1 bulan sekali. Agunan yang dimilki adalah sertifikat hak tanah Rp 150.000.000.
Kolam ikan gurami POETRA MELAYU memiliki sebuah tim manajemen
yang cukup kuat ,karena masing masing individu yang tergabung dalam usaha kolam
ikan gurami POETRA MELAYU sudah memiliki pengalaman yang cukup baik dalam usaha
ikan gurami,baik dalam hal pemasaran , Produksi , Pemijahan, Pemilihan Benih
,Serta dalam hal menangani penyakit pada ikan gurami. Dengan Fadli Ahmad
sebagai pimpinan dengan dibantu denan 3 Staft Ahli yang selalu mendukung
jalannya usaha ikan gurami yang telah kami kelola saat ini.kami berkeyakinan
usaha ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dapat memenuhi harapan yang diinginkan
oleh konsumen yang hendak membeli ikan gurami. Saya sebagai pemilik telah
berkomitmen untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis ini sehingga mencapai
suatu target yang kami inginkan yaitu Menjadi salah
satu Penyuplai ikan gurami terbesar
yang dapat diandalkan oleh konsumen khususnya distributor ikan gurami.mempunyai
mutu dan kualitas ikan yang baik,segar dan sehat
C. Tujuan Usaha
Tidak dapat dipungkiri sebagai pelaku bisnis, tujuan utama
dari usaha/bisnis yang dijalankan adalah untuk mendapatkan penghasilan. Setiap
usaha yang dijalankan pasti membutuhkan modal baik dari orang lain,
pinjaman, atau dari mereka sendiri dan juga tujuan akhirnya
adalah dapat mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan serta diharapkan juga
bisa memberikan penghasilan yang berkesinambungan.
Selain tujuan diatas, ada tujuan lain mengapa bisnis Kolam
Ikan Gurame terus dapat berjalan dengan baik antara lain:
1. Berbagi pengalaman serta ide ide yang inovatif dalam usaha
bisnis.
2. Sebagai bahan masukan dan pertimbangan serta menarik minat
bagi konsumen atau para investor terhadap produk yang ditawrkan.
3. Untuk memiliki kemampuan wawasan tentang dunia Perikanan
yang ada di Medan khususnya Di Kabupaten Del Serdang.
4. Mempromosikan betapa prospeknya usaha perikanan saat ini
kepada para investor yang masih ragu ragu menanamkan modalnya untuk usaha
perikanan
5. Menjadi wirausahawan alternative
disaat terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja di sebuah Perusahaan tertentu.
B. Manfaat Usaha
1. Bagi Investor
Sebagai pertimbangan kepada para Investor untuk dapat lebih
tertarik untuk menanamkan modalnya di usaha Kolam Ikan Gurame.
2. Bagi Penulis
Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk
memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan di bidang bisnis.
3. Bagi Pihak Lain
Sebagai pedoman atau referensi bagi peneliti lain yang
tertarik untuk mengadakan penelitian di bidang atau permasalahan yang sama di
masa yang akan datang, khususnya penelitian yang berkaitan dengan bisnis
terutama dengan memperhatikan harga terhadap permintaan dalam mengkonsumsi
setiap produk yang akan dipasarkan.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi