BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dunia
usaha dan dunia industri saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat
pesat. Terbukti dengan banyaknya para perusahaan baik mikro maupun makro dengan
dengan beragam usaha mereka yang menarik dan sudah pasti menghasilkan laba
untuk meningkatkan tarif hidup pengusaha dan karyawan diperusahaan tersebut.
Maraknya
usaha kecil disaat sekarang ini juga sangat menguntungkan bagi masyarakat,
dengan demikian lapangan pekerjaan akan semakin meningkat. Belakangan ini
banyak sekali bermunculan usaha-usaha baru, dengan beragam usaha mereka yang
menarik, dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup
para pengusaha dan karyawan tersebut. Dapat dilihat dari usaha yang didirikan
seperti usaha makanan, minuman, laundry, taman bermain, dan lain-lain
sebagainya.
Usaha
Kecil merupakan Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha
yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk
mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.
Sebuah
rencana bisnis bisa datang secara tiba-tiba baik melalui pengamatan maupun
pengalaman, bisa juga melalui perencanaan yang matang. Dalam hal ini penulis
melihat peluang bisnis dari pengamatan yang penulis lihat yaitu sebagian besar
adalah di bidang kuliner dimana. Oleh sebab itu, penulis tidak mau
menyia-yiakan peluang bisnis yang sudah ada dihadapan penulis. Penulis
berencana akan
mendirikan bisnis kebab.Penulis
memberi nama Usaha ini dengan nama “ Kebab Saudi Arabian Baba Ali“.
Wirausaha yang bergerak dalam bisnis kebab mempunyai prospek
yang sangat menjanjikan, karena kebab banyak diminati oleh masyarakat. Kebab
saudi arabian baba ali merupakan salah satu merek usaha dagang yng bergerak di
bidang kuliner. Produk andalan yang diproduksi adalah kebab. Kebab itu sendiri
merupakan kuliner yang pada awalnya berasal dari negara-negara timur tengah
yang kemudian coba saya hadirkan di Indonesia khususnya kota medan. Kebab
merupakan perpaduan dari berbagai sayur dan dagimg kebab yang sangat khas serta
siraman sos sambal dan mayonaise yang kemudian digulung dalam roti gandum yang
disebut tortilla dan akhirnya digoreng dengan mentega untuk menghsilkan kebab
yang berkualitas.
1. VISI
Tujuan dari Perencanaan Bisnis ini sebenarnya berlandaskan
sebuah tugas wirausaha yang harus dilaksanakan para pendirinya untuk memenuhi
salah satu syarat kelulusan dari Diploma III . Para pendiri sendiri mempunyai
visi agar kegiatan wirausaha yang masih berkapasitas mikro ini dapat memberikan
pelajaran dan pengalaman bagi para pendirinya dalam melakukan kegiatan
wirausaha. Tetapi dalam menjual produk yang dihasilkan, para pendiri bertujuan
agar Makanan kebab ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dengan harga yang
terjangkau dan tetap dengan rasa yang enak.
2. MISI
o Memberikan cita rasa yang benar-benar
berkualitas
o Memberikn pelayanan yang terbaik
kepada para pelanggan
o Memberikan harga yang terjangkau
o Melakukan promosi secara berkala
o Menjaga kualitas rasa yang telah di
standartkan
o Menjalin kerjasama baik dengan
investor, supplier dan mitra kerja
o Melakukan pengembangan usaha
B. Alasan Memilih Bisnis Ini dan Peluang Bisinis
Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan
industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan
banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha dan pasti
akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan
karyawan di usaha tersebut. Adapun jenis usaha yang sedang berkembang pesat
saat ini yakni usaha di sektor industri kuliner, Kuliner adalah bagian hidup yang
erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari serta membutuhkan pengolahan
yang serba enak.(www.food and kuliner.blogspot.com). Kebutuhan tersebut
dipredikasi akan terus meningkat karena tingkat konsumsi masyarakat khususnya
masyarakat Indonesia yang semakin tinggi. Salah satu jenis usaha yang
berkembang saat ini adalah usaha makanan Kebab Saudi Arabian Baba Ali.
Makanan jenis kebab saudi arabian baba ali adalah salah satu
makanan yang sering kita dengar. Kebab merupakan jenis makanan ringan yang bahan
dasarnya adalah roti.
Dari observasi penulis di dunia usaha
kuliner berpotensi sebagai salah satu usaha untuk dikembangkan. Oleh sebab itu
penulis berkeinginan untuk melakukan inovasi dengan memberikan beberapa rasa
kebab, yang tidak hanya kebab isi daging yang selama ini ada di pasar dengan
harapan dapat menjadi menu andalan. Hal ini lah yang melatar belakangi mengapa
penulis tertarik untuk meneliti bisnis kebab dengan judul “Perencanaan Bisnis
Kebab Saudi Arabian Baba Ali”
Dalam menjalankan usaha, harus memperhatikan faktor
lingkungan. Faktor lingkungan yang dimaksud di sini adalah pertumbuhan ekonomi
dan daya beli konsumen yang mayoritas adalah mahasiswa dan masyarakat sekitar
kampus. Oleh karena itu, kami menentukan harga jual produk sesuai dengan daya
beli mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus. Namun pada intinya, semua lapisan
pembeli akan dapat membeli produk ini, karena kami menetapkan harga yang murah
namun tetap menjaga kualitas produk demi kepuasan konsumen.
Bidikan pasar di area kampus tersebut telah direncanakan
secara cermat dan matang karena menurut analisa pasar yang ada, area kampus
merupakan ladang yang sangat subur untuk membuka bisnis baru khususnya dibidang
makanan. Area kampus tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli Medan tetapi
juga terdapat kaum pendatang yang biasanya kos ataupun mengontrak di daerah
sekitar kampus. Kaum pendatang tersebut kebanyakan adalah kaum muda.
Diperkirakan untuk kawasan Muchtar Basri, dan sekitar
terdapat minimal 10.000 orang yang tinggal disana. Dan untuk di area kampus
jumlah terbanyak adalah mahasiswa. Jika rata-rata didominasi oleh kaum muda
sedangkan dikalangan kaum muda tersebut sedang demam makanan Indonesia maka
permintaan barang akan selalu ada,
bahkan dapat cenderung meningkat untuk hari-hari tertentu misalnya untuk malam
minggu, hari minggu, ataupun hari libur.
C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari perencanaan bisnis “ Kebab Saudi Arabian Baba
Ali“ ini adalah :
1. Untuk membuat perencanaan usaha
Kebab Saudi Arabian Baba Ali.
2. Untuk mengetahui langkah menjadi wirausaha (entrepreneur).
Manfaat dari perencanaan bisnis “Kebab Saudi Arabian Baba Ali
“ ini adalah:
1. Agar bisnis yang direncanakan
dapat berjalan dengan baik.
2. Sebagai referensi dan pengetahuan yang dapat menjadi bahan
pertimbangan untuk memulai usaha baru.
D. Sistematika Pembahasan
Tugas Akhir ini dibagi atas 3 bab dan
setiap babnya dibagi atas beberapa sub bab antara lain :
BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini akan menguraikan tentang latar belakang, tujuan dan
manfaat, alasan memilih bisnis ini dan peluang bisnis, dan sistematika
pembahasan.
BAB II : PROFIL PERUSAHAAN/INSTANSI
Bab ini akan menguraikan mengenai profil perusahaan “Kebab
Saudi Arabian Baba Ali”, biodata perusahaan, struktur orgsanisasi, aspek pasar
dan pemasaran, produk yang dihasilkan, keunggulan produk, gambaran pasar,
target atau segmen pasar yang dituju, trend perkembangan pasar, proyeksi
penjualan, strategi pemasaran, analisis pesaing, saluran distribusi produk,
aspek produk, analisis sumber daya manusia, rencana pengembangan usaha,
pemanfaatan IT, analisis keuangan, dan analisis risiko usaha.
BAB III : PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran tentang bagaimana
perencanaan bisnis yang baik pada “Kebab Saudi Arabian Baba Ali”.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi