BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring
dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami
perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik
mikro maupun makro dengan beragam usaha. Untuk memulai sebuah usaha harus
didahului dengan taktik dan strategi. Membuat usaha yang besar tidak selalu
membutuhkan modal yang besar. Dengan modal yang kecil sebuah usaha bisa tumbuh
menjadi besar.
Wirausahawan
(entrepreneur) adalah seseorang yang mampu menciptakan bisnis baru dengan
mengambil resiko demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara
mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan
sehingga sumber-sumber daya tersebut dapat digunakan secara maksimal. Dengan
berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat
memberi keuntungan dalam segi ekonomi, karena hal ini akan berpengaruh besar
terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara.
Bisnis
merupakan hal yang menarik untuk digeluti oleh semua kalangan dan tidak ada
batasan, didalam memulai sebuah bisnis kita harus mempunyai sebuah manajemen,
sebab didalam sebuah manajemen terdapat beberapa fungsi dimulai dari
perencanaan, yang mencakup proses merumuskan sasaran, membangun strategi untuk
mencapai sasaran tersebut, serta mengembangkan
rencana guna memadukan dan
mengoordinasikan sejumlah aktivitas dalam bisnis. Fungsi pengorganisasian dalam
manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan tanggung jawab manajer (
pimpinan ) dalam merancang pekerjaan guna mencapai sasaran organisasi.
Bisinis adalah sebagai suatu sistem yang memproduksi barang
dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (Huat, 1 Chwee, 1990 )
menjalankan dunia bisnis agar tidak terjadi kesalahan maupun kecurangan yang
membawa akibat buruk bagi kelancaran bisnis assesoris cantik wanita.
Bisnis adalah Usaha perdagangan yang dilakukan oleh
sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan
memproduksikan dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi konsumen.
Dalam konteks pembicaraan umum, bisnis tidak terlepas dari
aspek produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang
melibatkan orang ataupun perusahaan. Globalisasi dan teknologi mendorong
seleksi alamiah yang membawa perubahan. Keberhasilan pasar akan didapat oleh
perusaan yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan pada saat
ini yaitu apa yang mereka mampu berikan apa yang siap di beli orang
(Fuad,Christine,Nurlela,Sugiarto dan Paulus 2006:1).
Dunia Bisnis bukan hal yang baru lagi di era globalisasi
sekarang ini, prospek usaha dibidang bisnis begitu menggiurkan untuk digeluti
oleh semua kalangan yang ingin dan mampu untuk bersaing sehat dengan segala
inovasi dan
produk yang menarik konsumen. Dunia
bisnis hidup begitu sederhana akan tetapi mempunyai peluang yang besar untuk
terjun kedalamnya dan mamperoleh laba yang bagitu menjanjikan.
Menurut Kotler dan Susanto (2000:11) pemasaran adalah suatu
proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan
dan keinginan merekan dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang
bernilai satu sama lain. Pasar dalam situasi permintaan negatif bila sebagian
besar pasar tidak suka produk tertentu dan bahkan mau membayar asal terhindar
dari produk itu. Tugas pemasaran dalam mengatasi hal ini yaitu menganalisis
mengapa pasar tidak menyukai produk itu dan apakah program pemasaran yang
meliputi rancang ulang produk, harga yang lebih redah dan produksi yang lebih
baik akan menambah kepercayaan dan sikap pasar.
Pasar dalam permintaan yang tidak teratur sebagian besar
permintaannya bervariasi sehingga mengakibatkan masalah kelebihan atau
kekurangan kapasitas. Tugas dari pemasaran dalam mengatasi hal ini disebut “synchromarketing”
adalah mengubah pola. Setiap orang yang meniti karir di bidang bisnis atau
banyak bidang lainnya harus memahami apa yang dapat di lakukan oleh riset
pemasaran. Secara sederhana, pengambilan keputusan yang efektif tergantung pada
kualitas input informasi dan riset pemasaran memainkan peranan yang penting
dalam menyediakan informasi yang akurat dan serta berguna.
Dalam membuat keputusan mengenai
jalur atau saluran pendistribusian yang akan digunakan, perusahaan perlu
mempertimbangkan jenis produk, karakteristik dan sebagainya. Dan dalam
mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen, perusahaan biasanya
melibatkan sejumlah perantara pemasaran, yaitu orang-orang yang terlibat dalam
perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan-kegiatan
pemasaran yang berkaitan dengan produk dan penetapan harga tidak akan berguna
jika tidak dilengkapi dengan kegiatan distribusi. Selain itu kegiatan promosi
yang sangat penting pun tidak ada manfaatnya jikalau produk tersebut tidak
tersedia pada saat dibutuhkan karena tidak terdistribusi dengan baik ke pasar.
Dengan menggunakan jalur distribusi yang baik pula perusahaan bisa menjamin
produknya terdistribusi ke tempat-tempat yang mudah diperoleh konsumen agar
konsumen dapat memperoleh produk tersebut dengan mudah.
Dunia bisnis yang digeluti begitu banyak dan beragam, mulai
dari makanan, minuman, toko kue, cafe, resto, dan butik pakaian, dll. Untuk itu
didalam dunia bisnis pesaing bukanlah lagi momok besar bagi seorang pengusaha
bisnis, tapi pesaing bisa dijadikan sebagai mitra untuk saling bekerjasama
dalam penjualan produk masing-masing.
Sebelum seorang pengusaha merintis bisnis yang diinginkan,
pengusaha harus melakukan sebuah perencanaan bisnis terlebih dahulu, yang
berujuan untuk memudahkan pengusaha dalam mengawali bisnisnya.
Perencanaan bisnis merupakan gambaran
dari bisnis yang akan digeluti oleh pengusaha, untuk itulah perencanaan bisnis
sangat diperlukan untuk mempermudah pengusaha dalam menggeluti dunia bisnisnya.
Assesoris merupakan suatu benda pelengkap dari segi
berpakaian seorang wanita yang ingin tampil lebih cantik. Assesoris ini
biasanya dipergunakan untuk acara-acara remi maupun acara santai baik
berpergian atau jalan-jalan, kepesta, piknik, dan lain sebagainya. Assesoris
memiliki banyak macam dan ragamnya. Mulai dari assesoris rambut, sampai dengan
assesoris kaki. Tergantung selera pemakai untuk mempergunakan assesoris ini.
Dengan melihat prospek perkembangan dunia bisnis yang cukup
menjanjikan, oleh sebab itulah Penulis tertarik untuk memilih bisnis Assesoris
Cantik Wanita, alasan mengapa penulis tertarik dengan bisnis ini karena
minat dari para konsumen khususnya pada wanita yang begitu akrab dengan
berbagai macam assesoris sebagai style dalam kehidupan. Sebelum memulai
bisnis ini Penulis akan membuat sebuah perencanaan bisnis didalam sebuah paper
agar dapat memudahkan penulis didalam merealisasikan bisnis tersebut. Penulis
membuat sebuah paper tentang “ BISNIS ASSESORIS CANTIK WANITA”.
Didalam bisnis assesoris cantik wanita ini, sumber daya
manusia yang dibutuhkan untuk sekarang ini berjumlah tiga orang, yang
masing-masing memiliki keahlian dan tugas yang berbeda dan dapat membantu
kelancaran bisnis assesoris cantik wanita ini. Adapun salah satu jenis usaha
yang saat ini sangat di minati oleh masyarakat yaitu Assesoris cantik wanita.
Bisnis assesoris cantik wanita saat ini
semakin marak digeluti oleh para
wanita. Hal ini dikarenakan bisnis assesoris cantik wanita mempunyai peluang
potensial dalam dunia trendi yang saat ini terus berkembang.
Meski demikian keinginan para wanita untuk bergaya yang
trendi tidak terlepas dari keinginan untuk tetap tampil modis dan penuh gaya.
Hal itu mendorong para kretivitas untuk terus berkreasi mencari bentuk-bentuk
baru yang kaya alternative yang dapat dikagumi oleh masyarak terutama oleh
wanita yang benar-benar cinta akan assesoris.
Dalam menjalankan bisnis assesoris cantik wanita ini, seseorang
tidak harus menguasai bidang kreativitas yang mendalam. Sebab bisnis assesoris
cantik wanita tidak harus memproduksi barang-barangnya sendiri, seseorang bisa
saja membeli atau memesan dari pihak lain. Kemampuan membaca selera pasar serta
pilihan target pasar yang tepat, didukung promosi serta tata tertib
administrasi yang baik, merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis
assesoris cantik wanita. Namun dengan kreativitas yang dimiliki merupakan modal
keahlian yang bisa membangkitkan kretifitas dalam memilih gaya dan ciri khas
dari assesoris yang dijual. Gaya dan ciri khas ini menjadi sangat penting agar
usaha yang dijalankan mempunyai nilai lebih dibandingan assesoris yang lain
atau yang sejenisnya.
Selain menjual assesoris, dapat juga menjual berbagai macam
jilbab beserta assesorisnya dan lain-lain. Agar para pembeli dapat memilih
berbagai macam jenis assesoris yang mereka inginkan. Secara tidak langsung kta
sudah bias memenuhi kebutuhan para pembeli.
B. Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha a. Adapun tujuan dari prospek usaha
ini dilakukan ada 4 macam yaitu
v Untuk membuka suatu lapangan bisnis
baru bagi pemilik yang dimana saat sekarang ini trend gaya masakini akan
berpakaian yang moderen sangat di cari-cari oleh wanita untuk tetap tampil
anggun dan cantik
v Untuk mencari keuntungan yang
maksimal dan membuka suatu lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
v untuk mengetahui bagaimana langkah
awal untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses dengan melakukan usaha
bisnis Assesoris Cantik Wanita.
v Dan menyalurkan bakat ataupun hobi
para pengrajin tangan.
v Menarik minat masyarakat untuk lebih
menyukai assesoris
v Menerapkan strategi pemasaran pada
usaha pembuatan assesoris cantik wanita
v Untuk memperoleh laba
v Mengembangkan jiwa wirausaha bagi
penulis
Sedangkan manfaat dari prospek usaha ini bila dijalankan
yaitu :
v Membuka
suatu lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat.
v Mendidik
para karyawan untuk meningkatkan kreativitas dalam pembungkusan dan parancangan
macam-macan jenis assesoris cantik wanita.
v Menambah
ilmu pengetahuan tentang menjadi wirausahawan.
v Membangkitkan kreatifitas akan
masyarakat
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi