Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS ASSESORIS CANTIK WANITA


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha. Untuk memulai sebuah usaha harus didahului dengan taktik dan strategi. Membuat usaha yang besar tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Dengan modal yang kecil sebuah usaha bisa tumbuh menjadi besar.

Wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang mampu menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya tersebut dapat digunakan secara maksimal. Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi, karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara.
Bisnis merupakan hal yang menarik untuk digeluti oleh semua kalangan dan tidak ada batasan, didalam memulai sebuah bisnis kita harus mempunyai sebuah manajemen, sebab didalam sebuah manajemen terdapat beberapa fungsi dimulai dari perencanaan, yang mencakup proses merumuskan sasaran, membangun strategi untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengembangkan

rencana guna memadukan dan mengoordinasikan sejumlah aktivitas dalam bisnis. Fungsi pengorganisasian dalam manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan tanggung jawab manajer ( pimpinan ) dalam merancang pekerjaan guna mencapai sasaran organisasi.
Bisinis adalah sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (Huat, 1 Chwee, 1990 ) menjalankan dunia bisnis agar tidak terjadi kesalahan maupun kecurangan yang membawa akibat buruk bagi kelancaran bisnis assesoris cantik wanita.
Bisnis adalah Usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksikan dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi konsumen.
Dalam konteks pembicaraan umum, bisnis tidak terlepas dari aspek produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang ataupun perusahaan. Globalisasi dan teknologi mendorong seleksi alamiah yang membawa perubahan. Keberhasilan pasar akan didapat oleh perusaan yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan pada saat ini yaitu apa yang mereka mampu berikan apa yang siap di beli orang (Fuad,Christine,Nurlela,Sugiarto dan Paulus 2006:1).
Dunia Bisnis bukan hal yang baru lagi di era globalisasi sekarang ini, prospek usaha dibidang bisnis begitu menggiurkan untuk digeluti oleh semua kalangan yang ingin dan mampu untuk bersaing sehat dengan segala inovasi dan

produk yang menarik konsumen. Dunia bisnis hidup begitu sederhana akan tetapi mempunyai peluang yang besar untuk terjun kedalamnya dan mamperoleh laba yang bagitu menjanjikan.
Menurut Kotler dan Susanto (2000:11) pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan merekan dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Pasar dalam situasi permintaan negatif bila sebagian besar pasar tidak suka produk tertentu dan bahkan mau membayar asal terhindar dari produk itu. Tugas pemasaran dalam mengatasi hal ini yaitu menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk itu dan apakah program pemasaran yang meliputi rancang ulang produk, harga yang lebih redah dan produksi yang lebih baik akan menambah kepercayaan dan sikap pasar.
Pasar dalam permintaan yang tidak teratur sebagian besar permintaannya bervariasi sehingga mengakibatkan masalah kelebihan atau kekurangan kapasitas. Tugas dari pemasaran dalam mengatasi hal ini disebut “synchromarketing” adalah mengubah pola. Setiap orang yang meniti karir di bidang bisnis atau banyak bidang lainnya harus memahami apa yang dapat di lakukan oleh riset pemasaran. Secara sederhana, pengambilan keputusan yang efektif tergantung pada kualitas input informasi dan riset pemasaran memainkan peranan yang penting dalam menyediakan informasi yang akurat dan serta berguna.

Dalam membuat keputusan mengenai jalur atau saluran pendistribusian yang akan digunakan, perusahaan perlu mempertimbangkan jenis produk, karakteristik dan sebagainya. Dan dalam mendistribusikan produk dari produsen ke konsumen, perusahaan biasanya melibatkan sejumlah perantara pemasaran, yaitu orang-orang yang terlibat dalam perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan-kegiatan pemasaran yang berkaitan dengan produk dan penetapan harga tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan kegiatan distribusi. Selain itu kegiatan promosi yang sangat penting pun tidak ada manfaatnya jikalau produk tersebut tidak tersedia pada saat dibutuhkan karena tidak terdistribusi dengan baik ke pasar. Dengan menggunakan jalur distribusi yang baik pula perusahaan bisa menjamin produknya terdistribusi ke tempat-tempat yang mudah diperoleh konsumen agar konsumen dapat memperoleh produk tersebut dengan mudah.
Dunia bisnis yang digeluti begitu banyak dan beragam, mulai dari makanan, minuman, toko kue, cafe, resto, dan butik pakaian, dll. Untuk itu didalam dunia bisnis pesaing bukanlah lagi momok besar bagi seorang pengusaha bisnis, tapi pesaing bisa dijadikan sebagai mitra untuk saling bekerjasama dalam penjualan produk masing-masing.
Sebelum seorang pengusaha merintis bisnis yang diinginkan, pengusaha harus melakukan sebuah perencanaan bisnis terlebih dahulu, yang berujuan untuk memudahkan pengusaha dalam mengawali bisnisnya.

Perencanaan bisnis merupakan gambaran dari bisnis yang akan digeluti oleh pengusaha, untuk itulah perencanaan bisnis sangat diperlukan untuk mempermudah pengusaha dalam menggeluti dunia bisnisnya.
Assesoris merupakan suatu benda pelengkap dari segi berpakaian seorang wanita yang ingin tampil lebih cantik. Assesoris ini biasanya dipergunakan untuk acara-acara remi maupun acara santai baik berpergian atau jalan-jalan, kepesta, piknik, dan lain sebagainya. Assesoris memiliki banyak macam dan ragamnya. Mulai dari assesoris rambut, sampai dengan assesoris kaki. Tergantung selera pemakai untuk mempergunakan assesoris ini.
Dengan melihat prospek perkembangan dunia bisnis yang cukup menjanjikan, oleh sebab itulah Penulis tertarik untuk memilih bisnis Assesoris Cantik Wanita, alasan mengapa penulis tertarik dengan bisnis ini karena minat dari para konsumen khususnya pada wanita yang begitu akrab dengan berbagai macam assesoris sebagai style dalam kehidupan. Sebelum memulai bisnis ini Penulis akan membuat sebuah perencanaan bisnis didalam sebuah paper agar dapat memudahkan penulis didalam merealisasikan bisnis tersebut. Penulis membuat sebuah paper tentang “ BISNIS ASSESORIS CANTIK WANITA”.
Didalam bisnis assesoris cantik wanita ini, sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk sekarang ini berjumlah tiga orang, yang masing-masing memiliki keahlian dan tugas yang berbeda dan dapat membantu kelancaran bisnis assesoris cantik wanita ini. Adapun salah satu jenis usaha yang saat ini sangat di minati oleh masyarakat yaitu Assesoris cantik wanita. Bisnis assesoris cantik wanita saat ini

semakin marak digeluti oleh para wanita. Hal ini dikarenakan bisnis assesoris cantik wanita mempunyai peluang potensial dalam dunia trendi yang saat ini terus berkembang.
Meski demikian keinginan para wanita untuk bergaya yang trendi tidak terlepas dari keinginan untuk tetap tampil modis dan penuh gaya. Hal itu mendorong para kretivitas untuk terus berkreasi mencari bentuk-bentuk baru yang kaya alternative yang dapat dikagumi oleh masyarak terutama oleh wanita yang benar-benar cinta akan assesoris.
Dalam menjalankan bisnis assesoris cantik wanita ini, seseorang tidak harus menguasai bidang kreativitas yang mendalam. Sebab bisnis assesoris cantik wanita tidak harus memproduksi barang-barangnya sendiri, seseorang bisa saja membeli atau memesan dari pihak lain. Kemampuan membaca selera pasar serta pilihan target pasar yang tepat, didukung promosi serta tata tertib administrasi yang baik, merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis assesoris cantik wanita. Namun dengan kreativitas yang dimiliki merupakan modal keahlian yang bisa membangkitkan kretifitas dalam memilih gaya dan ciri khas dari assesoris yang dijual. Gaya dan ciri khas ini menjadi sangat penting agar usaha yang dijalankan mempunyai nilai lebih dibandingan assesoris yang lain atau yang sejenisnya.
Selain menjual assesoris, dapat juga menjual berbagai macam jilbab beserta assesorisnya dan lain-lain. Agar para pembeli dapat memilih berbagai macam jenis assesoris yang mereka inginkan. Secara tidak langsung kta sudah bias memenuhi kebutuhan para pembeli.


B. Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha a. Adapun tujuan dari prospek usaha ini dilakukan ada 4 macam yaitu

v Untuk membuka suatu lapangan bisnis baru bagi pemilik yang dimana saat sekarang ini trend gaya masakini akan berpakaian yang moderen sangat di cari-cari oleh wanita untuk tetap tampil anggun dan cantik
v Untuk mencari keuntungan yang maksimal dan membuka suatu lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
v untuk mengetahui bagaimana langkah awal untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses dengan melakukan usaha bisnis Assesoris Cantik Wanita.
v Dan menyalurkan bakat ataupun hobi para pengrajin tangan.
v Menarik minat masyarakat untuk lebih menyukai assesoris
v Menerapkan strategi pemasaran pada usaha pembuatan assesoris cantik wanita
v Untuk memperoleh laba
v Mengembangkan jiwa wirausaha bagi penulis

Sedangkan manfaat dari prospek usaha ini bila dijalankan yaitu :
v Membuka suatu lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat.
v Mendidik para karyawan untuk meningkatkan kreativitas dalam pembungkusan dan parancangan macam-macan jenis assesoris cantik wanita.
v Menambah ilmu pengetahuan tentang menjadi wirausahawan.
v Membangkitkan kreatifitas akan masyarakat



Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi