Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS PRODUK MANISAN BUAH ” SEGAR”


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Bisnis manisan buah merupakan bisnis yang menggiurkan. Selain karena buah enak dikonsumsi, buah juga mengandung berbagai macam zat gizi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini membuat semua orang dari anak-anak sampai dewasa menyukai buah-buahan. Buah sendiri dapat dimakan secara langsung ataupun dimanfaatkan menjadi panganan olahan seperti manisan, selai, sirup, keripik, jus, dan lain sebagainya.

Manisan buah, khususnya buah mangga, jambu biji dan salak, menjadi makanan yang sangat diminati oleh masyarakat baik karena rasa dan nilai gizinya maupun harganya yang terjangkau. Namun ada rasa takut masyarakat untuk mengkonsumsi manisan buah khususnya penderita diabetes karena adanya zat yang ditambahkan dalam produk ini, seperti pemanis buatan dan zat-zat lainnya yang ditambahkan kedalam manisan tersebut yang membahayakan tubuh.
Oleh karena itu, saya berencana memproduksi manisan buah mangga, jambu biji dan salak “Buah Segar” yang bebas dari hal-hal diatas. Rasa manis akan berasal dari buah itu sendiri atau dari tambahan gula asli, sedangkan zat-zat yang ditambahkan lainnya akan dibuat sesuai standarisasi dari Dinas Kesehatan atau sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Hal ini akan menghilangkan rasa khawatir konsumen mengkonsumsi manisan ini sehingga akan menambah minat konsumen.

Segmentasi dari usaha ini yaitu desa Titi Kuning dan target pemasarannya adalah masyarakat kota Medan yang berkunjung ke Medan. Produk ini tidak dikelompokkan kedalam kriteria tertentu karena produk ini aman dimakan oleh siapa saja. Usaha ini akan terus beroperasi secara luas karena bahan utama produk ini adalah buah. Oleh karena itu, usaha ini dipastikan akan sukses, walaupun banyak pesaing dari daerah sekitar lokasi usaha maupun tidak berada di lokasi usaha. Akan tetapi, dengan keunggulan yang dimiliki dari produk manisan ”Sehat-Manis” ini, maka usaha ini akan berkembang.
Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini adalah Rp.6.000.000, dengan saldo kas akhir sebesar Rp.10.527.600 dengan waktu pengembalian setelah dua bulan. Laba yang diperoleh oleh usaha ini adalah sebesar Rp.4.527.600 setiap tahunnya. Diproyeksikan usaha ini akan mengalami pertumbuhan 26% setiap tahun. Hal ini berarti laba usaha juga akan meningkat sebesar 26 % setiap tahunnya.
Sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah tiga orang karyawan yang masing-masing terbagi dalam bidang produksi, marketing dan administrasi. Sumber daya manusia ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini. Dalam mengembangkan potensi dari karyawan, maka usaha ini akan mengadakan pelatihan dan pemberian hadiah atau bonus sehingga para karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Dengan demikian, usaha manisan ini diharapkan dapat berkembang dengan baik


B. Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha
1. Tujuan prospek usaha

Adapun tujuan dari perencanaan bisnis manisan buah ini adalah:
a. Mempeoleh keuntungan usaha
b. Memenuhi keinginan konsumen dalam mengkonsumi manisan buah
c. Memperluas lapangan pekerjaan
2. Manfaat prospek usaha

Adapun manfaat prospek usaha ini adalah sebagai berikut:
a. Memberi pengetahuan kepada masyarakat bagaimana membuka bisnis baru
b. Mengurangi angka pengangguran
c. Ikut membantu perkembangan perekonomian Negara
d. Untuk mengetahui bagaimana prospek usaha ini untuk jangka 5 tahun yang akan datang.

C. Sistematika Pembahasan

Untuk mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat sistematika pembahsan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis.

BAB : I LATAR BELAKANG
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan perencanaan bisnis manisan buah mangga, jambu biji dan salak “Buah Segar”, latar belakang masalah, tujuan dan manfaat perencanaan bisnis, dan sistematika pembahasan.
BAB : II PROFIL PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis akan menguraikan secara ringkas Profil perusahaan, Biodata pemilik usaha, Struktur usaha, Aspek pasar, Keunggulan produk, Gambaran produk, Target dan Segmen pasar, Trend pengembangan, Proyeksi pasar, strategi pemasaran, Pesaing bisnis, Aspek produksi, Analisis SDM, Rencana pengembangan usaha, Analisis keuangan, dan Analisis risiko usaha.
BAB : III KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab terakhir dari paper ini, makan penulis akan mengambil kesimpulan apakah perencanaan bisnis ini layak untuk direalisasikan atau tidak, dan beberapa saran yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi perkembangan perencanaan bisnis ini serta bagi para pembaca paper.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi