BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bisnis
manisan buah merupakan bisnis yang menggiurkan. Selain karena buah enak
dikonsumsi, buah juga mengandung berbagai macam zat gizi dan vitamin yang
sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini membuat semua orang dari anak-anak sampai
dewasa menyukai buah-buahan. Buah sendiri dapat dimakan secara langsung ataupun
dimanfaatkan menjadi panganan olahan seperti manisan, selai, sirup, keripik,
jus, dan lain sebagainya.
Manisan
buah, khususnya buah mangga, jambu biji dan salak, menjadi makanan yang sangat
diminati oleh masyarakat baik karena rasa dan nilai gizinya maupun harganya
yang terjangkau. Namun ada rasa takut masyarakat untuk mengkonsumsi manisan
buah khususnya penderita diabetes karena adanya zat yang ditambahkan dalam
produk ini, seperti pemanis buatan dan zat-zat lainnya yang ditambahkan kedalam
manisan tersebut yang membahayakan tubuh.
Oleh
karena itu, saya berencana memproduksi manisan buah mangga, jambu biji dan
salak “Buah Segar” yang bebas dari hal-hal diatas. Rasa manis akan berasal dari
buah itu sendiri atau dari tambahan gula asli, sedangkan zat-zat yang
ditambahkan lainnya akan dibuat sesuai standarisasi dari Dinas Kesehatan atau
sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Hal ini akan menghilangkan rasa
khawatir konsumen mengkonsumsi manisan ini sehingga akan menambah minat
konsumen.
Segmentasi dari usaha ini yaitu desa
Titi Kuning dan target pemasarannya adalah masyarakat kota Medan yang
berkunjung ke Medan. Produk ini tidak dikelompokkan kedalam kriteria tertentu
karena produk ini aman dimakan oleh siapa saja. Usaha ini akan terus beroperasi
secara luas karena bahan utama produk ini adalah buah. Oleh karena itu, usaha
ini dipastikan akan sukses, walaupun banyak pesaing dari daerah sekitar lokasi
usaha maupun tidak berada di lokasi usaha. Akan tetapi, dengan keunggulan yang
dimiliki dari produk manisan ”Sehat-Manis” ini, maka usaha ini akan berkembang.
Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini adalah
Rp.6.000.000, dengan saldo kas akhir sebesar Rp.10.527.600 dengan waktu pengembalian
setelah dua bulan. Laba yang diperoleh oleh usaha ini adalah sebesar
Rp.4.527.600 setiap tahunnya. Diproyeksikan usaha ini akan mengalami
pertumbuhan 26% setiap tahun. Hal ini berarti laba usaha juga akan meningkat
sebesar 26 % setiap tahunnya.
Sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah
tiga orang karyawan yang masing-masing terbagi dalam bidang produksi, marketing
dan administrasi. Sumber daya manusia ini hanya digunakan di tahun pertama
sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan
karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini. Dalam mengembangkan potensi dari
karyawan, maka usaha ini akan mengadakan pelatihan dan pemberian hadiah atau
bonus sehingga para karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Dengan demikian,
usaha manisan ini diharapkan dapat berkembang dengan baik
B. Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha
1. Tujuan prospek usaha
Adapun tujuan dari perencanaan bisnis manisan buah ini
adalah:
a. Mempeoleh keuntungan usaha
b. Memenuhi keinginan konsumen dalam
mengkonsumi manisan buah
c. Memperluas lapangan pekerjaan
2. Manfaat prospek usaha
Adapun manfaat prospek usaha ini adalah sebagai berikut:
a. Memberi pengetahuan kepada
masyarakat bagaimana membuka bisnis baru
b. Mengurangi angka pengangguran
c. Ikut membantu perkembangan
perekonomian Negara
d. Untuk mengetahui bagaimana prospek usaha ini untuk jangka
5 tahun yang akan datang.
C. Sistematika Pembahasan
Untuk mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis
membuat sistematika pembahsan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas
sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis.
BAB : I LATAR BELAKANG
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan
perencanaan bisnis manisan buah mangga, jambu biji dan salak “Buah Segar”,
latar belakang masalah, tujuan dan manfaat perencanaan bisnis, dan sistematika
pembahasan.
BAB : II PROFIL PERUSAHAAN
Dalam bab ini penulis akan menguraikan secara ringkas Profil
perusahaan, Biodata pemilik usaha, Struktur usaha, Aspek pasar, Keunggulan
produk, Gambaran produk, Target dan Segmen pasar, Trend pengembangan, Proyeksi
pasar, strategi pemasaran, Pesaing bisnis, Aspek produksi, Analisis SDM,
Rencana pengembangan usaha, Analisis keuangan, dan Analisis risiko usaha.
BAB : III KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab terakhir dari paper ini, makan penulis akan
mengambil kesimpulan apakah perencanaan bisnis ini layak untuk direalisasikan
atau tidak, dan beberapa saran yang memungkinkan dapat bermanfaat bagi
perkembangan perencanaan bisnis ini serta bagi para pembaca paper.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi