BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dewasa
ini dengan semakin berkembangnya aktivitas kewirausahaan (Entrepreneurship),
memberikan dampak positif dengan lahirnya bermacam-macam jenis usaha. Pelaku
usaha semakin kreatif dan inovatif dalam menawarkan produk barang dan jasa yang
dihasilkan kepada konsumennya. Salah satu jenis usaha yang berkembang saat ini
adalah bisnis waralaba (franchising).
Waralaba
(franchising) merupakan kerjasama manajemen untuk menjalankan perusahaan
cabang atau penyalur. Dalam kerjasama franchising, perusahaan induk (franchisor)
memberikan bantuan manajemen secara berkesinambungan. Seluruh citra (goodwill),
pembuatan, dan teknik pemasaran diberikan kepada perusahaan penyalur atau franchisee.
(Mudjiarto, 2006:106)
Bisnis
laundry kiloan adalah salah satu alternatif jenis usaha yang dapat
dipilih dalam berwirausaha. Bisnis laundry mulai berkembang di tahun 1990-an,
sejak adanya sistem franchise (waralaba) dari luar negeri. Dalam
beberapa tahun terakhir, muncul bisnis sejenis yang menggunakan waralaba lokal
dan agency system yang dapat memberikan layanan dengan harga terjangkau.
Sehingga, layanan yang semula hanya bisa dinikmati oleh masyarakat kelas atas,
kini bisa dinikmati juga oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Dari sinilah,
terciptanya kombinasi antara layanan murah dan layanan cuci-setrika yang
sekarang ini dikenal dengan sebutan laundry kiloan, yaitu usaha
cuci-setrika
pakaian yang penetapan harganya
dihitung berdasarkan hitungan kilogram (bukan per potong pakaian).
Adapun penyebab utama munculnya bisnis laundry ini
adalah adanya perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan, menjadikan
sebahagian masyarakat memilih menggunakan jasa pencucian pakaian (laundry)
untuk meringankan pekerjaan cuci-setrika. Harga yang ditawarkan juga memberikan
pengaruh kepada masyarakat untuk menggunakan jasa laundry ini.
Saat ini, bisnis laundry kiloan tidak sulit lagi
ditemukan. Bisnis ini biasanya memilih lokasi di daerah yang banyak terdapat
rumah kos atau rumah kontrakan mahasiswa ataupun karyawan. Setiap bisnis laundry
menawarkan harga dan penawaran yang menarik, serta memberikan kualitas yang
terbaik kepada konsumennya.
Dari uraian di atas, dapat kita lihat bahwa trend mencuci
di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, selain dapat
meringankan pekerjaan cuci dan setrika, usaha laundry juga memberikan
kualitas yang baik dengan harga terjangkau. Dengan melihat manfaat dari usaha laundry
ini bagi sebagian masyarakat, maka penulis ingin membuat suatu perencanaan
bisnis jasa dalam sebuah tugas akhir dengan judul “PERENCANAAN BISNIS PADA
USAHA LAUNDRY CLEAN N CLEAR”.
B. Perumusan Masalah
Sehubungan dengan latar belakang perencanaan bisnis ini, maka
permasalahan atau rumusan masalah adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana perencanaan bisnis untuk
memulai suatu usaha laundry agar berjalan dengan baik.
2. Apa saja hambatan-hambatan yang akan dihadapi pada saat
menjalankan usaha ini.
C. Tujuan dan Manfaat Usaha
Tujuan dari perencanaan bisnis ini adalah untuk mengetahui
lebih jelas perencanaan bisnis yang baik sebelum memulai usaha dan mempersiapkan
semua yang diperlukan untuk pencapaian usaha bisnis yang diinginkan sejak awal.
Manfaat dari bisnis ini adalah:
1. Usaha laundry ini
diharapkan dapat meringankan pekerjaan rumah tangga, seperti cuci dan setrika
pakaian bagi konsumen.
2. Dengan adanya bisnis ini diharapkan dapat membuka lapangan
kerja baru.
D. Sistematika Pembahasan
Untuk mempermudah dalam penulisan tugas akhir ini, penulis
membuat sistematika pembahasan dalam 3 (tiga) bab. Setiap bab dibagi atas
beberapa sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis.
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menguraikan tentang latar belakang,
perumusan masalah, tujuan dan manfaat usaha, dan sistematika pembahasan.
BAB II : BISNIS LAUNDRY CLEAN N CLEAR
Dalam bab ini akan menguraikan data perusahaan, biodata
pemilik, struktur organisasi, aspek pasar, aspek produksi, analisis SDM,
rencana pengembangan usaha, pemanfaatan IT, analisis keuangan, analisis risiko.
BAB III : KESIMPULAN DAN SARAN
Sebagai bab akhir dari tugas akhir ini, maka penulis akan
mengambil kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan dan beberapa yang
mungkin dapat bermanfaat bagi pemilik usaha dan konsumen.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi