BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dalam
era globalisasi ini, semakin banyak lulusan perguruan tinggi baik Sarjana
maupun Diploma. Sedangkan penyediaan tenaga kerja tidak sepenuhnya dapat
menampung seluruh lulusan mahasiswa perguruan tinggi. Akibatnya terjadi
persaingan untuk mendapatkan lowongan kerja. Sehingga para mahasiswa dituntut
untuk mampu membuat alternatif guna menghindari terjadinya pengangguran.
Alternatif yang sering dilakukan adalah dengan membuat suatu bisnis yaitu
membuka suatu usaha baru.
Menurut
Griffin dan Ebert (2007 : 4) bisnis merupakan organisasi yang menyediakan
barang dan jasa dengan maksud untuk mendapatkan laba. Bisnis yang sukses tidak
harus selalu diawali dengan modal yang sangat besar. Dalam menjalankan bisnis,
manajemen merupakan faktor terpenting yang harus dijalankan.
Menurut
Robins dan Coulter (2010 : 7) manajemen merupakan aktivitas kerja yang
melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap suatu pekerjaan sehingga
pekerjaan tersebut dapat dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.
Penggunaan bahan baku sampai kegiatan penjualan yang boros akan meningkatkan
pengeluaran dan akan mengurangi laba. Perencanaan manajemen yang perlu
diperhatikan adalah struktur organisasi, analisis pasar, aspek produksi, aspek
SDM, aspek keuangan, aspek teknologi informasi, dan aspek hukum.
Menurut Helmi (2009 : 8) keberhasilan
seorang pebisnis akan tercapai apabila berpikir dan melakukan sesuatu yang baru
atau sesuatu yang lama dilakukan dengan cara yang baru. Hal ini berarti seorang
pebisnis harus memiliki jiwa entrepreneur yaitu memiliki inovasi dalam
menjalankan bisnis. Inovasi ini sangat dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan
dapat dipertahankan dan menjadikan bisnis memiliki keunikan dibandingkan
pesaing mengingat persaingan semakin ketat.
Bisnis makanan merupakan suatu bisnis yang menjanjikan karena
tingginya kebutuhan masyarakat terhadap makanan serta adanya keinginan
masyarakat untuk menikmati berbagai rasa yang berbeda yang ditawarkan dengan
berbagai macam penampilan dan harga yang mudah dijangkau.
Bisnis makanan yang terbuat dari ubi sudah tidak asing lagi
di masyarakat. Selain memiliki cita rasa juga memiliki nilai gizi yang baik.
Hal ini dikarenakan ubi merupakan salah satu makanan tradisional dari Indonesia
yang mudah diolah sehingga dapat menghasilkan berbagai macam makanan. Karena
bisnis ubi semakin banyak, maka dapat dilakukan inovasi yaitu dengan membuat
bola ubi saus coklat. Hal ini untuk dapat bersaing dengan pebisnis ubi lainnya
dan memberikan cita rasa baru dari ubi jika dicampur dengan coklat. Pemilihan
coklat didasarkan karena coklat digemari dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa.
Dalam menjalankan bisnis ini membutuhkan modal sebesar Rp.
27.957.000 dimana harga per tusuk dari bola ubi saus coklat berkisar Rp.
1.700/tusuk. Sehingga laba yang diperoleh setiap bulannya adalah kurang lebih
Rp. 3.000.000. Untuk pemasaran bola ubi saus coklat ini dapat dipasarkan di
warung makanan, di toko kue, membuka
gerai atau outlet dengan gerobak, dan dapat membuka toko sendiri di rumah.
Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan untuk tahun awal adalah 3
orang, dimana 2 orang karyawan dibidang produksi dan 1 orang dibidang delivery,
sedangkan untuk mengurus keuangan dijalankan oleh pemilik bisnis yang juga
menjadi pemimpin. Namun seiring dengan perkembangan usaha akan terjadi
perubahan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan. Sebelum
menjalankan tugasnya, para karyawan diberikan pelatihan sesuai dengan bidang
yang akan dilaksanakan untuk memperlancar kegiatan usaha.
Dengan melihat perencanaan bisnis yang memiliki potensial,
maka dengan ini penulis ingin membahas bisnis ini dalam sebuah Tugas Akhir yang
berjudul “Perencanaan Bisnis Bola Ubi Saus Coklat Maknyus”
B. Tujuan dan Manfaat Prospek Usaha
1. Tujuan Prospek Usaha
1. Menambah pengetahuan dan wawasan
pemikiran penulis mengenai cara pengembangan suatu usaha
2. Menumbuhkan semangat kewirausahaan
dalam diri penulis guna menciptakan usaha baru secara profesional dan terlatih
3. Sebagai bahan masukan dan
pertimbangan bagi rekan-rekan mahasiswa yang akan membahas masalah dengan topik
yang sama
4. Menciptakan usaha kecil menengah yang efektif dan efisisen
dalam rangka meningkatkan perekonomian di sektor riil
5. Memperkenalkan ubi sebagai makanan tradisional memiliki
cita rasa yang tinggi jika dicampur dengan coklat
2. Manfaat Prospek Usaha
1. Secara ekonomis, bisnis ini akan
bermanfaat untuk menambah pendapatan
2. Secara sosial, bisnis ini dapat
membuka lapangan kerja baru sehingga akan mengurangi tingkat pengangguran di
Indonesia
3. Konsumsi produk ini diharapkan dapat memberikan kepuasan
bagi konsumen karena bola ubi saus coklat ini tanpa bahan pengawet sehingga
tidak menyebabkan efek samping yang dapat merusak kesehatan
C. Sistematika Penulisan
` Adapun sistematika penulisan Laporan Tugas Akhir ini dapat
diuraikan sebagai berikut:
BAB I. PENDAHULUAN
Dalam Bab ini penulis menguraikan tentang alasan pemilihan
perencanaan bisnis bola ubi saus coklat, Latar Belakang Masalah, Tujuan dan
Pemanfaatan Prospek Usaha serta Sistematika Penulisan.
BAB II. PROFIL PERUSAHAAN
Dalam Bab ini penulis akan membahas mengenai data perusahaan,
strategi yang digunakan mulai dari kegiatan produksi hingga pemasaran, juga
membahas
laporan arus kas yang membahas
penerimaan dan pengeluaran yang terjadi selama bisnis dijalankan.
BAB III. KESIMPULAN
Dalam Bab ini menjelaskan kesimpulan menyeluruh dari
perencanaan Bisnis Bola Ubi Saus Coklat Maknyus secara singkat dan padat.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi