BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perencanaan
bisnis adalah dokumen yang menyatakan daya tarik dan harapan sebuah bisnis.
Sebuah bisnis plan yang akan mengoperasikan sebuah usaha harus mencantumkan
secara jelas lokasi, proses, masalah bahan baku, masalah tempat, tanah dan
lainnya.
Perencanaan
bisnis adalah suatu cetak biru tertulis ( blue print ) yang berisikan
tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial,
strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta
keterampilan pengelolaannya.
Perencanaan
bisnis sebagai persiapan awal memiliki 2 fungsi penting yaitu: sebagai pedoman
untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan
kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.
Dalam suatu
pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan
dari yang kecil hingga yang besar, dan dari yang murah hingga sampai yang
mahal.
Martabak manis
atau juga dikenali dengan sebutan terang bulan, kue bulan, kue bangka adalah
kue khas masyarakat keturunan Haka Bangka. Nama aslinya Hok Lo Pan atau Fu Lao
Pan, arti harafiahnya adalah kue orang suku hoklo. Entah bagaimana ceritanya di
namai seperti itu sebab sejatinya martabak manis awalnya adalah murni
kreatifitas warga imigran Hakka di Bangka. Rasanya sangat gurih dan manis,
sangat cocok dengan lidah orang indonesia.
Oleh karena itu
saya memilih jenis usaha yaitu “Martabak Manis” untuk dijualnya karena untuk
mengingatkan masyarakat Indonesia agar tidak lupa makanan khas Indonesia,
karena makanan ini merupakan makanan selingan dan baik untuk dikonsumsi.
Usaha martabak
manis adalah usaha pembuatan makanan siap saji yang diolah dari tepung terigu
dengan berbagai ramuan lain dan langsung dapat dikonsumsi konsumen yang
menginginkan. Banyak orang memilih martabak sebagai cemilan, karena martabak
memiliki cita rasa tersendiri, dan martabak juga mampu membuat rasa lapar menjadi
hilang ketika hanya memakan beberapa potong saja.
Usaha “Martabak
Manis” memang kelihatannya remeh, tapi sebenarnya jika jeli dalam memandang
usaha ini merupakan peluang besar, Usaha ini cukup potensial, mengingat semua
kebutuhan apalagi makanan yang harganya kian melambung. Dan modal yang
dibutuhkan pun tidak terlalu besar bahkan bisa dibilang usaha bermodal kecil
namun memiliki keuntungan besar dapat mencapai 100%.. Usaha martabak manis ini
cocok dikembangkan dimana pun, karena kwalitas dan harganya yang terjangkau,
serta dalam memproduksinya tidak terlalu rumit. Martabak manis ini diolah
melalui proses memasak yang sangat dijaga kualitasnya.
Penulis akan
melakukan usaha penjualan martabak manis yang akan mengadopsi sistem makanan
siap saji yaitu penyajiannya selalu panas tapi tentunya dengan harga yang jauh
lebih murah dari makanan siap saji lainnya karena target pembelinya adalah
kalangan menengah kebawah. Akan disukai oleh
kalangan bawah
karena murah dan disukai kalangan menengah karena penyajiannya yang baik dan
selalu panas sehingga terkesan baru dan bersih dan tentunya rasa dijaga agar
tetap sedap.
Dalam usaha ini
kami mendirikan secara berkelompok untuk memudahkan dalam menjalankan usaha
yang sangat sederhana ini. Karena menurut kami bisnis yang akan kami jalankan
akan membawa dampak positif dan perkembangan yang menghantarkan kesuksesan
dikemudian nanti.
Pembuatan
makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik
dan higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau dan banyak pula
masyarakat yang berminat untuk membelinya. Dengan cita rasa yang khas, kami
membuat makanan ini menjadi lebih enak, nikmat dan lejat sesuai dengan
kecocokan di lidah para konsumen.
VISI
Visi dalam
memasarkan produk ini adalah agar masyarakat ataupun mahasiswa memiliki
kesempatan mengkonsumsi makanan sehat secara praktis dimana biasanya makan ini
(Martabak Manis) disajikan dengan kemasan praktis dan martbak Manis ini
seringkali disajikan sebagai cemilan apalagi dimalam hari dan dapat dikonsumsi
dimana saja. Mencipatkan inovasi makanan sampingan yang bergizi serta diminati
di fakultas ekonomi USU maupun di masyarakat.
MISI
Misi dalam
memasarkan produk ini adalah sebagai berikut :
Memacu diri
untuk kreatif dalam berusaha
Terampil dalam
memasarkan produk
Terbentuknya
makanan sampingan terbaik dan menyehatkan serta mengedepankan pelayanan
Mendapatkan
nilai terbaik dalam program wirausaha atashasil yang didapat
Memberikan
kemudahan dalam memberikan makanan sampingan
Terciptanya
ekonomi bersama yang mandiri
B. Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang diuraikan diatas maka peneliti merumuskan permasalahan
dalam peneliti adalah :
“Bagaimana
menjadi wirausaha yang sukses dengan bisnis martabak manis?”.
C. Tujuan dan
Manfaat Prospek Usaha
1. Tujuan
prospek usaha
Adapun tujuan
prospek usaha yang ingin dicapai dari perencanaan yang dilakukan penulis adalah
:
a. Mencari
keuntungan/laba
b. Mencapai
target penjualan
c.
Mensosialisasikan hidup sehat dengan makan makanan bergizi
d. Menyajikan
makanan ringan yang sehat
e. Menciptakan
pilihan menjadi penyedia utama makanan ringan yang baik
f. Dapat
memperluas usaha dikemudian hari sehingga bisa menjadi usaha yang besar dari
sebelumnya.
g. Menu makanan
baru yang sehat dan bergizi bagi semua orang
h. Memberikan
menu alternatif untuk menikmati makanan ringan dengan tata cara penyajian yang
menarik, enak, dan sehat.
i. Dapat
digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi organisasi agar dapat
melaksanakan aktifitas dengan lebih efisien ,efektif serta lebih bijaksana
dalam pengambilan keputusan demi kelancaran organisasi dalam mencapai
tujuannya.
j. Sebagai bahan
masukan dan bahan pertimbangan serta menarik minat bagi konsumen atau para
investor terhadap produk yang ditawarkan.
2. Manfaat
Profek Usaha
a. Bagi Penulis,
untuk memperoleh pengetahuan tentang bagaimana membuat perencanaan bisnis
dengan baik dan untuk menjadi pedoman bagi penulis dalam upaya merealisasikan
perencanaan bisnisnya.
b. Bagi Pembaca,
hasil tugas akhir ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan untuk memulai suatu
bisnis dan dapat dijadikan sumber atau titik tolak sebagai bahan perbandingan
bagi perencaan bisnis selanjutnya.
c. Bagi
pihak-pihak lain, diharapkan hasil penelitian dapat bermanfaat untuk menambah
pengetahuan serta menjadi referensi atau bahan masukan dalam penelitian serupa
pada penelitian yang akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi