Jumat, 07 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERENCANAAN BISNIS YUMMI BURGER


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Usaha Kecil Menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi negara, baik negara berkembang maupun negara maju. Pada saat krisis ekonomi berlangsung di Indonesia, UKM merupakan sektor ekonomi yang memiliki ketahanan paling baik. Kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara terus menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM, sehingga mampu memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat (Sutaryo, 2004).

Usaha Kecil Menengah ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar. Terdapat dua aspek yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar, aspek tersebut adalah :
1. Membangun sistem promosi untuk penetrasi pasar
2. Merawat jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar.

Seorang wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008). Dengan demikian wirausahawan harus mampu menciptakan peluangnya sendiri demi tercipta suatu hal yang berharga dan dapat dipakai untuk bertahan hidup.

Dunia usaha dan dunia industri saat ini sedang mengalami perkembangan yang kian pesat , terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha mereka yang menarik, dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut .
Adapun jenis usaha yang sedang marak saat ini yakni usaha di sektor industri, salah satu industri yang banyak diminati ialah industri makanan ringan, dan faktanya dapat kita lihat di sepanjang jalan besar di kota Medan banyak outlet yang menjual makanan ringan dengan berbagai rasa dan bahan dasar. Perkembangan ini disebabkan mulai dari tingginya kebutuhan masyarakat akan makanan ringan dan keinginan masyarakat untuk menikmati rasa-rasa yang berbeda yang ditawarkan oleh produsen pada makanan, dengan penampilan dan warna yang menarik serta harga yang terjangkau oleh masyrakat, maka satu keputusan yang tepat untuk turut meramaikan dunia industri makanan.
Salah satu kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi oleh tiap manusia adalah kebutuhan primer atau pokok yang meliputi sandang, pangan, dan papan. Dalam hal ini, yang akan dibahas lebih mendalam adalah kebutuhan akan pangan, karena kita semua tahu bahwa kebutuhan tersebut sangat penting dan manusia tidak akan bertahan hidup tanpa pangan.
Makanan jenis Hamburger tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Tidak hanya di kota-kota besar tetapi di berbagai tempat kita bisa menjumpai makanan tersebut. Hamburger merupakan jenis ‘fast food’ yang berasal dari negara Amerika. Makanan ini banyak digemari karena tampilannya yang unik karena memadukan berbagai macam bahan seperti roti, sayuran segar, telur, daging panggang dan berbagai saus yang menghasilkan cita rasa lain yang enak .Bukan hanya unik tetapi makanan ini juga mempunyai gizi yang tinggi.Seperti yang kita ketahui roti mempunyai karbohidrat yang tinggi yang dapat menggantikan nasi,telur dan daging yang mempunyai protein yang tinggi,Serta sayur yang mempunyai vitamin yang tinggi baik vitamin A maupun Vitamin C.Serta ditambah berbagai macam saus yang bervariasi rasa seperti Saus cabai,tomat mau pun saus mayones yang terbuat dari

susu.Sehingga burger tersebut mempunyai rasa enak , unik dan digemari oleh penikmatnya. Awalnya makanan ini merupakan makanan mahal tetapi seiring dengan perkembangan zaman maka makanan ini bisa kita dapatkan dengan harga yang sangat miring.
Yang menjadi target pemasaran usaha ini adalah masyarakat, pelajar dan mahasiswa daerah kampus. Bidikan pasar di area kampus tersebut telah direncanakan secara cermat dan matang karena menurut analisa pasar yang ada, area kampus merupakan ladang yang sangat subur untuk membuka bisnis baru khususnya dibidang makanan. Karena pada umumnya mahasiswa menyukai makanan yang enak dengan harga terjangkau dan lebih berbau modern,Selain itu Area kampus tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli Medan tetapi juga terdapat kaum pendatang yang biasanya kos ataupun mengontrak di daerah sekitar kampus. Kaum pendatang tersebut kebanyakan adalah kaum muda. Peluang ini dapat kita manfaatkan karena rata-rata anak kos biasanya lebih suka membeli makanan daripada memasak sendiri dan dapat pula sebagai alternatif makanan lain jika bosan terhadap menu sehari-hari.
Segmentasi pasar khususnya makanan erat kaitannya dengan penilaian konsumen terhadap keamanan produk dan nilai fungsionalnya untuk kesehatan. Burger ini merupakan salah satu alternatif olahan pangan yang sehat karena menggunakan bahan-bahan alami dan bergizi tinggi. Selain itu usaha burger ini memiliki konsep yang baru di kalangan masyarakat dan memiliki ciri khas tersendiri.
Pembukaan usaha dalam bidang makanan sangat menguntungkan dan mempunyai prospek yang cerah ke depannya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan zaman dimana laju pertumbuhan penduduk meningkat relatif besar serta besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap industri kuliner. Maka usaha Burger ini dianggap sangat bagus untuk dikembangkan mengingat pasar yang ada sangatlah mendukung. Apalagi inovasi yang akan disajikan oleh penulis memiliki banyak pilihan baru di dalam pemilihan menu dan dapat menarik perhatian pencinta kulliner di daerah Medan khususnya.

Untuk tahap awal usaha burger ini hanya dimiliki oleh satu orang sebagai pemilik yaitu saya sendiri. Untuk berbelanja keperluan dagang pemilik dibantu oleh karyawan. Manajemen diatur oleh pemilik usaha mulai dari modal, biaya belanja bahan makanan dan minuman, gaji karyawan, pengaturan menu dan lainnya. Bentuk badan usaha merupakan badan usaha milik pribadi dengan modal milik pribadi.
Awalnya banyak orang yang takut untuk membuka usaha sendiri Namun,ada Sebuah nasihat menarik disampaikan oleh I Made Bagiana, pemilik jaringan Edam Burger. “Saya selalu memulai sebuah usaha dengan satu langkah pertama,” katanya.
“Banyak orang yang memulai dengan banyak langkah di awal, tapi akhirnya gagal karena tidak fokus.”Memang penyakit utama pemula adalah ingin sesuatu berhasil secepatnya, sehingga melangkah dengan beberapa aksi, tapi tidak fokus. Alhasil, bukan kesuksesan yang diraih, tapi kegagalan yang dituai. Lebih parah lagi, karena ketika gagal mereka langsung berhenti alias putus asa. Padahal, kalau mereka tetap bertahan dan memperbaiki diri, bukan mustahil mereka bakal menjadi pengusaha sukses.
Dalam berbisnis burger ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
1. Membuat Usaha Burger Sendiri.

Kelebihannya:
- bebas melakukan apa saja, karena ini merupakan usaha sendiri. Kebebasan terutama dari segi rasa dan ekspansi. Sejumlah pengusaha burger, sukses berbisnis sendiri dan memiliki beberapa gerai atau gerobak keliling. Omzet bisa mencapai puluhan juta per hari.
- Tidak terikat dengan pihak lain.
- Bebas mengubah komposisi bila terjadi perubahan harga secara mendadak
- Bebas menentukan harga jual

- Lebih cepat mengambil keputusan bila ada perubahan mendadak
Kekurangan:
- Harus melakukan trial dan error sendiri, dalam segala hal, baik rasa maupun lokasi.
- Investasi cukup besar
- Harus mengembangkan brand sendirian.
Jika berbisnis burger sendiri, harus menyediakan semua sarana dan prasarana sendiri. Yaitu:
1. Peralatan, mulai dari penggorengan, kompor gas, sampai bungkus burgernya. Semua barang ini bisa diperoleh di pasar atau hypermarket dengan harga bervariasi. Lebih baik mencarinya di pasar tradisional, karena harganya sangat miring. Investasi untuk peralatan bervariasi mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000.
2. Gerai atau gerobak. , baik gerobak sepeda atau sepeda motor. Untuk gerai, banyak pilihan mulai dari gerai statis sampai gerai tenda yang mudah dicopot. Sedangkan gerobak, biasanya dibuat oleh produsen profesional. Investasi untuk gerai juga bervariasi antara Rp 500.000 sampai Rp 1.500.000.
3. Bahan baku. Sebagai pebisnis sendiri, maka bahan baku harus di sediakan lalu mengolahnya sendiri. Cita rasa burger harus kreatif dengan menciptakan ramuan saus khusus sehingga punya cita rasa sendiri. Roti burger bisa diperoleh di banyak tempat, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Harus. Untuk bahan baku, investasi yang keluarkan berkisar Rp 300.000.

Prinsip yang dikembangkan
- Tidak bosan berinovasi dan berimprovisasi terutama soal rasa.
-Menghitung bahan baku secara cermat, sesuaikan dengan harga jual.
- prinsip berbisnis makanan, yaitu Bersih, Murah, Bermutu, Mudah penyajiannya yang

menari sehingga menarik konsumen untuk membeli.
Dari keadaan tersebut, dan berdasarkan pantauan saya bahwa maraknya pilihan makanan yang enak dan bergizi sedikit ditemukan. Maka saya merasa akan menjadi suatu potensi ke depannya apabila usaha Burger ini dapat dikembangkan penulis. Maka dengan ini penulis ingin membahas masalah tersebut dalam sebuah Tugas Akhir dengan judul “PERENCANAAN BISNIS YUMMI BURGER ”.
Empat alasan memilih usaha burger
• Strength(kekuatan) Burger adalah makanan populer yang praktis; bisa dimakan kapanpun dan dimana saja dengan harga yang fair Makanan Burger sangat cocok dengan Karakter masyarakat modern yang serba praktis, mobile, menghargai waktu dan tak mau repot Investasi bisnis burger relatif terjangkau dan memiliki nilai peluang yang menarik. Makanan Burger bisa menjadi makanan pilihan untuk mengisi waktu, pengganti cemilan mulai dari sarapan hingga makan malam. Makanan Burger saat ini seolah menjadi pencipta "Citra baru" bagi siapa saja yang menyantapnya sebagai makanan "orang modern" Melihat melihat Bisnis burger bakal menjadi "the next big business opportunity" di Indonesia
• Weakness(kelemahan) Makanan burger adalah makanan selingan dan bukan makanan pokok masyarakat Indonesia.
• Opportunity(Kesempatan) Burger adalah makanan yang memiliki image "modern" di benak masyarakat Indonesia.Burger sebagai makanan siap saji sangat digemari kalangan remaja dan orang muda.Biasanya orang muda ingin terlihat "modern" maka akan memiliki minat terhadap makanan modern tinggi.Identitas orang muda yang cenderung ingin terlihat modern



memiliki tingkat pembelian terhadap makanan modern sangat tinggi.Orang muda atau generasi muda selalu ada dalam setiap jaman. Bahkan bertambah.
• Threat(Ancaman) Makanan sehat berserat (vegetarian) mulai menjadi pilihan bagi sekelompok masyarakat”ultramodern”

KESIMPULAN Selama masih ada orang muda yang menyukai makanan modern agar identitasnya terlihat modern, maka usaha burger sebagai makanan yang memiliki image "modern" tidak akan Punah
Di samping Itu juga ada beberapa hal lain seperti Usaha Ini praktis dan efisien Segmen pasar yang belum tergarap optimal Kualitas produk yang terjangkau Pasar yang masih tumbuh dengan pesat BEF yang Relatif Cepat
B. Tujuan Prospek Usaha

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari prospek usaha yang dilakukan penulis adalah :
1. Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi organisasi agar dapat melaksanakan aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi kelancaran organisasi dalam mencapai tujuannya.
2. Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti atau rekan-rekan mahasiswa yang akan membahas masalah dengan topik yang sama.



3. Menumbuhkan semangat kewirausahaan dalam diri pengusaha guna menciptakan usaha baru secara profesional dan terlatih.
4. Menciptakan usaha kecil menengah yang efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan perekonomian di sektor riil.
C. Manfaat Prospek Usaha a. Bagi Penulis, untuk memperoleh pengetahuan tentang bagaimana membuat perencanaan bisnis dengan baik dan untuk menjadi pedoman bagi penulis dalam upaya merealisasikan perencanaan bisnisnya.
b. Bagi Pembaca, hasil tugas akhir ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan untuk memulai suatu bisnis dan dapat dijadikan sumber atau titik tolak sebagai bahan perbandingan bagi perencaan bisnis selanjutnya.


D. V i s i yummi burger
Visi Menjadi produk kebanggaan nasional, memiliki sistem kerja yang baik, yang menawarkan layanan terbaik dengan harga kompetitif kepada seluruh segmen pasar. Value Burger Berkualitas, rasa yang disukai konsumen, Kenyamanan dan Kepuasan pelanggan. Filisofi
Menciptakan suatu identitas yang tampak segar, lebih modern, dinamis, serta familier dan mudah dikenali dan diingat masyarakat luas.

Missi
ñ Menciptakan image yummi Burger agar cepat dikenal oleh seluruh masyarakat (sesuai dengan filosofia: Memperbesar pangsa pasar dengan memperkokoh pondasi pengusaha kecil agar mampu berkembang menjadi perusahaan besar)
ñ Menjadi Burger Terlaris & Paling Digemari (memberikan burger yang berkualitas baik, rasa yang disukai konsumen & pelayanan yang menyenangkan)

Seiring dengan semakin sempitnya lapangan kerja disemua sector instansi pemerintahan-swasta dan semakin tinggi kebutuhan ekonomi yang harus dipenuhi masyarakat hal ini akan menambah beban kebingungan masyarakat untuk mencari suatu solusi yang pasti akan adanya peluang usaha wiraswasta yang bisa memberi nilai tambah dan kualitas hidup setiap individu yang menjalankan

E Tujuan bisnis yumi burger
Tujuan bisnis tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari fikiran-fikiran dan keinginan untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul inisiatif untuk menjalankan bisnis dari keinginan tersebut. Meskipun tujuan utama adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan yang ingin diraih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh diantaranya : -Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya -Untuk memakmurkan keluarga -Ingin dikenal banyak orang -Ingin mencoba hal baru -Ingin memanfaatkan waktu luang -Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain. Meskipun tujuan-tujuan seperti diatas telah dicapai, namun akan terus memiliki keinginan-keinginan lain dan keinginan itu bisa saja menjadi bagian dari tujuan bisnis saya. Karena bagaimanapun juga keinginan dan kebutuhan tiap orang akan terus bertambah dan tidak menutup kemungkinan jika keinginan yang saya miliki akan mereka jadikan tujuan bisnis yang saya ciptakan..
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin saya capai , diantaranya:
1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan untuk

memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang ) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tambah pada suatu produk.
3. Physical and financial resources, Memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan bisnis menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4. Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.
5. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6. Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.

F Letak kekuatan yummi burger
a. Unique (Unik) : Produk yummi burger adalah maknan dengan harga terjangkau dan berselera modern. b. Fresh and Healthy : Produk-produk yummi burger dijamin kesegarannya, karena produk diolah dan dimasak di depan konsumen. Daging yang kami pakai adalah 100% daging giling segar tanpa pengawet dan pewarna. Bahan-bahan yang lain-pun terbuat dari bahan segar dan pilihan. c. Delicious (Lezat) : Produk-produk yummi burger diracik dengan bahan bahan istimewa dengan bahan bahan segar yang kesatuannya menciptakan cita rasa unik dan lezat.
d. Kreatif dan menarik : Produk yummi burger dilengkapi kemasan yang kreatif dan dijual dengan bentuk outlet yang menarik. Yummi burger juga sering melakukan promo dengan merchandise-merchandise yang disukai oleh target pasarnya.

  
Download lengkap Versi Word


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi