BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Usaha
Kecil Menengah (UKM) mempunyai peran penting dan strategis bagi pertumbuhan
ekonomi negara, baik negara berkembang maupun negara maju. Pada saat krisis
ekonomi berlangsung di Indonesia, UKM merupakan sektor ekonomi yang memiliki
ketahanan paling baik. Kemampuan UKM perlu diberdayakan dan dikembangkan secara
terus menerus dengan berusaha mereduksi kendala yang dialami UKM, sehingga
mampu memberikan kontribusi lebih maksimal terhadap peningkatan kesejahteraan
masyarakat (Sutaryo, 2004).
Usaha Kecil
Menengah ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang
akurat, agar terjadi bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah
dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar. Terdapat dua aspek yang
harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar, aspek tersebut adalah :
1. Membangun sistem promosi untuk penetrasi pasar
2.
Merawat jaringan pasar untuk mempertahankan pangsa pasar.
Seorang
wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang menciptakan bisnis
baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan
pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan
menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya
itu bisa dikapitalisasikan (Zimmerer, 2008). Dengan demikian wirausahawan harus
mampu menciptakan peluangnya sendiri demi tercipta suatu hal yang berharga dan dapat
dipakai untuk bertahan hidup.
Dunia usaha dan dunia industri saat
ini sedang mengalami perkembangan yang kian pesat , terbukti dengan banyaknya
para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha mereka yang menarik,
dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para
pengusaha dan karyawan di usaha tersebut .
Adapun jenis usaha yang sedang marak saat ini yakni usaha di
sektor industri, salah satu industri yang banyak diminati ialah industri
makanan ringan, dan faktanya dapat kita lihat di sepanjang jalan besar di kota
Medan banyak outlet yang menjual makanan ringan dengan berbagai rasa dan bahan
dasar. Perkembangan ini disebabkan mulai dari tingginya kebutuhan masyarakat
akan makanan ringan dan keinginan masyarakat untuk menikmati rasa-rasa yang
berbeda yang ditawarkan oleh produsen pada makanan, dengan penampilan dan warna
yang menarik serta harga yang terjangkau oleh masyrakat, maka satu keputusan
yang tepat untuk turut meramaikan dunia industri makanan.
Salah satu kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi oleh tiap
manusia adalah kebutuhan primer atau pokok yang meliputi sandang, pangan, dan
papan. Dalam hal ini, yang akan dibahas lebih mendalam adalah kebutuhan akan
pangan, karena kita semua tahu bahwa kebutuhan tersebut sangat penting dan
manusia tidak akan bertahan hidup tanpa pangan.
Makanan jenis Hamburger tentunya sudah tidak asing lagi
ditelinga kita. Tidak hanya di kota-kota besar tetapi di berbagai tempat kita
bisa menjumpai makanan tersebut. Hamburger merupakan jenis ‘fast food’ yang
berasal dari negara Amerika. Makanan ini banyak digemari karena tampilannya
yang unik karena memadukan berbagai macam bahan seperti roti, sayuran segar,
telur, daging panggang dan berbagai saus yang menghasilkan cita rasa lain yang
enak .Bukan hanya unik tetapi makanan ini juga mempunyai gizi yang
tinggi.Seperti yang kita ketahui roti mempunyai karbohidrat yang tinggi yang
dapat menggantikan nasi,telur dan daging yang mempunyai protein yang
tinggi,Serta sayur yang mempunyai vitamin yang tinggi baik vitamin A maupun
Vitamin C.Serta ditambah berbagai macam saus yang bervariasi rasa seperti Saus
cabai,tomat mau pun saus mayones yang terbuat dari
susu.Sehingga burger tersebut mempunyai
rasa enak , unik dan digemari oleh penikmatnya. Awalnya makanan ini merupakan
makanan mahal tetapi seiring dengan perkembangan zaman maka makanan ini bisa
kita dapatkan dengan harga yang sangat miring.
Yang menjadi target pemasaran usaha ini adalah masyarakat,
pelajar dan mahasiswa daerah kampus. Bidikan pasar di area kampus tersebut
telah direncanakan secara cermat dan matang karena menurut analisa pasar yang
ada, area kampus merupakan ladang yang sangat subur untuk membuka bisnis baru
khususnya dibidang makanan. Karena pada umumnya mahasiswa menyukai makanan yang
enak dengan harga terjangkau dan lebih berbau modern,Selain itu Area kampus
tidak hanya didominasi oleh masyarakat asli Medan tetapi juga terdapat kaum
pendatang yang biasanya kos ataupun mengontrak di daerah sekitar kampus. Kaum
pendatang tersebut kebanyakan adalah kaum muda. Peluang ini dapat kita
manfaatkan karena rata-rata anak kos biasanya lebih suka membeli makanan
daripada memasak sendiri dan dapat pula sebagai alternatif makanan lain jika
bosan terhadap menu sehari-hari.
Segmentasi pasar khususnya makanan erat kaitannya dengan
penilaian konsumen terhadap keamanan produk dan nilai fungsionalnya untuk
kesehatan. Burger ini merupakan salah satu alternatif olahan pangan yang sehat
karena menggunakan bahan-bahan alami dan bergizi tinggi. Selain itu usaha
burger ini memiliki konsep yang baru di kalangan masyarakat dan memiliki ciri
khas tersendiri.
Pembukaan usaha dalam bidang makanan sangat menguntungkan dan
mempunyai prospek yang cerah ke depannya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan
zaman dimana laju pertumbuhan penduduk meningkat relatif besar serta besarnya
minat masyarakat Indonesia terhadap industri kuliner. Maka usaha Burger ini
dianggap sangat bagus untuk dikembangkan mengingat pasar yang ada sangatlah
mendukung. Apalagi inovasi yang akan disajikan oleh penulis memiliki banyak
pilihan baru di dalam pemilihan menu dan dapat menarik perhatian pencinta
kulliner di daerah Medan khususnya.
Untuk tahap awal usaha burger ini
hanya dimiliki oleh satu orang sebagai pemilik yaitu saya sendiri. Untuk
berbelanja keperluan dagang pemilik dibantu oleh karyawan. Manajemen diatur
oleh pemilik usaha mulai dari modal, biaya belanja bahan makanan dan minuman,
gaji karyawan, pengaturan menu dan lainnya. Bentuk badan usaha merupakan badan
usaha milik pribadi dengan modal milik pribadi.
Awalnya banyak orang yang takut untuk membuka usaha sendiri
Namun,ada Sebuah nasihat menarik disampaikan oleh I Made Bagiana, pemilik
jaringan Edam Burger. “Saya selalu memulai sebuah usaha dengan satu langkah
pertama,” katanya.
“Banyak orang yang memulai dengan banyak langkah di awal,
tapi akhirnya gagal karena tidak fokus.”Memang penyakit utama pemula adalah
ingin sesuatu berhasil secepatnya, sehingga melangkah dengan beberapa aksi,
tapi tidak fokus. Alhasil, bukan kesuksesan yang diraih, tapi kegagalan yang
dituai. Lebih parah lagi, karena ketika gagal mereka langsung berhenti alias
putus asa. Padahal, kalau mereka tetap bertahan dan memperbaiki diri, bukan
mustahil mereka bakal menjadi pengusaha sukses.
Dalam berbisnis burger ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
1. Membuat Usaha Burger Sendiri.
Kelebihannya:
- bebas melakukan apa saja, karena ini merupakan usaha
sendiri. Kebebasan terutama dari segi rasa dan ekspansi. Sejumlah pengusaha
burger, sukses berbisnis sendiri dan memiliki beberapa gerai atau gerobak
keliling. Omzet bisa mencapai puluhan juta per hari.
- Tidak terikat dengan pihak lain.
- Bebas mengubah komposisi bila terjadi perubahan harga
secara mendadak
- Bebas menentukan harga jual
- Lebih cepat mengambil keputusan
bila ada perubahan mendadak
Kekurangan:
- Harus melakukan trial dan error sendiri, dalam
segala hal, baik rasa maupun lokasi.
- Investasi cukup besar
- Harus mengembangkan brand sendirian.
Jika berbisnis burger sendiri, harus menyediakan semua sarana
dan prasarana sendiri. Yaitu:
1. Peralatan, mulai dari
penggorengan, kompor gas, sampai bungkus burgernya. Semua barang ini bisa
diperoleh di pasar atau hypermarket dengan harga bervariasi. Lebih baik
mencarinya di pasar tradisional, karena harganya sangat miring. Investasi untuk
peralatan bervariasi mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000.
2. Gerai atau gerobak. , baik gerobak
sepeda atau sepeda motor. Untuk gerai, banyak pilihan mulai dari gerai statis
sampai gerai tenda yang mudah dicopot. Sedangkan gerobak, biasanya dibuat oleh
produsen profesional. Investasi untuk gerai juga bervariasi antara Rp 500.000
sampai Rp 1.500.000.
3. Bahan baku. Sebagai pebisnis sendiri, maka bahan baku
harus di sediakan lalu mengolahnya sendiri. Cita rasa burger harus kreatif
dengan menciptakan ramuan saus khusus sehingga punya cita rasa sendiri. Roti
burger bisa diperoleh di banyak tempat, baik pasar tradisional maupun pasar
modern. Harus. Untuk bahan baku, investasi yang keluarkan berkisar Rp 300.000.
Prinsip yang dikembangkan
- Tidak bosan berinovasi dan berimprovisasi terutama soal
rasa.
-Menghitung bahan baku secara cermat, sesuaikan dengan harga
jual.
- prinsip berbisnis makanan, yaitu Bersih, Murah, Bermutu,
Mudah penyajiannya yang
menari sehingga menarik konsumen
untuk membeli.
Dari keadaan tersebut, dan berdasarkan pantauan saya bahwa
maraknya pilihan makanan yang enak dan bergizi sedikit ditemukan. Maka saya
merasa akan menjadi suatu potensi ke depannya apabila usaha Burger ini dapat
dikembangkan penulis. Maka dengan ini penulis ingin membahas masalah tersebut
dalam sebuah Tugas Akhir dengan judul “PERENCANAAN BISNIS YUMMI BURGER ”.
Empat alasan memilih usaha burger
• Strength(kekuatan) Burger adalah makanan populer yang
praktis; bisa dimakan kapanpun dan dimana saja dengan harga yang fair Makanan
Burger sangat cocok dengan Karakter masyarakat modern yang serba praktis,
mobile, menghargai waktu dan tak mau repot Investasi bisnis burger relatif
terjangkau dan memiliki nilai peluang yang menarik. Makanan Burger bisa menjadi
makanan pilihan untuk mengisi waktu, pengganti cemilan mulai dari sarapan
hingga makan malam. Makanan Burger saat ini seolah menjadi pencipta "Citra
baru" bagi siapa saja yang menyantapnya sebagai makanan "orang
modern" Melihat melihat Bisnis burger bakal menjadi "the next big
business opportunity" di Indonesia
• Weakness(kelemahan) Makanan burger adalah makanan selingan
dan bukan makanan pokok masyarakat Indonesia.
• Opportunity(Kesempatan) Burger adalah makanan yang memiliki
image "modern" di benak masyarakat Indonesia.Burger sebagai makanan
siap saji sangat digemari kalangan remaja dan orang muda.Biasanya orang muda
ingin terlihat "modern" maka akan memiliki minat terhadap makanan
modern tinggi.Identitas orang muda yang cenderung ingin terlihat modern
memiliki tingkat pembelian terhadap
makanan modern sangat tinggi.Orang muda atau generasi muda selalu ada dalam
setiap jaman. Bahkan bertambah.
• Threat(Ancaman) Makanan sehat berserat (vegetarian) mulai
menjadi pilihan bagi sekelompok masyarakat”ultramodern”
KESIMPULAN
Selama masih ada orang muda yang menyukai makanan modern agar identitasnya
terlihat modern, maka usaha burger sebagai makanan yang memiliki image
"modern" tidak akan Punah
Di samping Itu juga ada beberapa hal lain seperti Usaha Ini praktis dan efisien Segmen pasar yang belum tergarap optimal
Kualitas produk yang terjangkau Pasar yang masih
tumbuh dengan pesat BEF yang Relatif Cepat
B. Tujuan Prospek
Usaha
Adapun tujuan yang
ingin dicapai dari prospek usaha yang dilakukan penulis adalah :
1.
Dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi organisasi agar
dapat melaksanakan aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih
bijaksana dalam pengambilan keputusan demi kelancaran organisasi dalam mencapai
tujuannya.
2. Sebagai bahan
masukan dan bahan pertimbangan bagi peneliti atau rekan-rekan mahasiswa yang
akan membahas masalah dengan topik yang sama.
3. Menumbuhkan semangat kewirausahaan
dalam diri pengusaha guna menciptakan usaha baru secara profesional dan
terlatih.
4. Menciptakan usaha kecil menengah
yang efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan perekonomian di sektor riil.
C. Manfaat Prospek Usaha a. Bagi Penulis, untuk memperoleh
pengetahuan tentang bagaimana membuat perencanaan bisnis dengan baik dan untuk
menjadi pedoman bagi penulis dalam upaya merealisasikan perencanaan bisnisnya.
b. Bagi Pembaca, hasil tugas akhir ini bermanfaat untuk
menambah pengetahuan untuk memulai suatu bisnis dan dapat dijadikan sumber atau
titik tolak sebagai bahan perbandingan bagi perencaan bisnis selanjutnya.
D. V i s i yummi burger
Visi Menjadi
produk kebanggaan nasional, memiliki sistem kerja yang baik, yang menawarkan
layanan terbaik dengan harga kompetitif kepada seluruh segmen pasar. Value
Burger Berkualitas, rasa yang disukai konsumen, Kenyamanan dan Kepuasan
pelanggan. Filisofi
Menciptakan suatu identitas yang tampak segar, lebih modern,
dinamis, serta familier dan mudah dikenali dan diingat masyarakat luas.
Missi
ñ
Menciptakan image yummi
Burger agar cepat dikenal oleh seluruh masyarakat (sesuai dengan filosofia:
Memperbesar pangsa pasar dengan memperkokoh pondasi pengusaha kecil agar mampu
berkembang menjadi perusahaan besar)
ñ
Menjadi Burger Terlaris
& Paling Digemari (memberikan burger yang berkualitas baik, rasa yang
disukai konsumen & pelayanan yang menyenangkan)
Seiring dengan semakin sempitnya lapangan kerja disemua sector
instansi pemerintahan-swasta dan semakin tinggi kebutuhan ekonomi yang harus
dipenuhi masyarakat hal ini akan menambah beban kebingungan masyarakat untuk
mencari suatu solusi yang pasti akan adanya peluang usaha wiraswasta yang bisa
memberi nilai tambah dan kualitas hidup setiap individu yang menjalankan
E Tujuan bisnis yumi burger
Tujuan bisnis tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh
keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari
fikiran-fikiran dan keinginan untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul
inisiatif untuk menjalankan bisnis dari keinginan tersebut. Meskipun tujuan
utama adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa tidak
mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan yang
ingin diraih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan
lain yang ingin dicapai oleh diantaranya : -Ingin mencukupi berbagai
kebutuhannya -Untuk memakmurkan keluarga -Ingin dikenal banyak orang -Ingin mencoba
hal baru -Ingin memanfaatkan waktu luang -Ingin mempunyai usaha sendiri dan
tidak bekerja pada orang lain. Meskipun tujuan-tujuan seperti diatas telah
dicapai, namun akan terus memiliki keinginan-keinginan lain dan keinginan itu
bisa saja menjadi bagian dari tujuan bisnis saya. Karena bagaimanapun juga
keinginan dan kebutuhan tiap orang akan terus bertambah dan tidak menutup
kemungkinan jika keinginan yang saya miliki akan mereka jadikan tujuan bisnis
yang saya ciptakan..
Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya
untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin saya
capai , diantaranya:
1. Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan
menjadi jaminan untuk
memperoleh pendapatan penjualan dan
profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang )
serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah
menciptakan nilai tambah pada suatu produk.
3. Physical and financial resources, Memiliki tujuan
penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan bisnis
menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
4. Manager performance and development, manager
merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian
tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu
memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka
diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui
serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and
development yang berkelanjutan.
5. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan
jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan
perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
6. Public Responsibility, bisnis harus memiliki
tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah
terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.
F Letak kekuatan yummi burger
a. Unique (Unik) : Produk yummi burger adalah maknan dengan harga terjangkau dan
berselera modern. b. Fresh and Healthy : Produk-produk yummi burger
dijamin kesegarannya, karena produk diolah dan dimasak di depan konsumen.
Daging yang kami pakai adalah 100% daging giling segar tanpa pengawet dan
pewarna. Bahan-bahan yang lain-pun terbuat dari bahan segar dan pilihan. c.
Delicious (Lezat) : Produk-produk yummi burger diracik dengan bahan bahan
istimewa dengan bahan bahan segar yang kesatuannya menciptakan cita rasa unik
dan lezat.
d. Kreatif dan menarik : Produk yummi burger dilengkapi kemasan yang kreatif
dan dijual dengan bentuk outlet yang menarik. Yummi burger juga sering
melakukan promo dengan merchandise-merchandise yang disukai oleh target
pasarnya.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi