Sabtu, 08 Maret 2014

Skripsi Finansial: PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI ATAS KUALITAS DAN NILAI SAAT HARGA NORMAL DAN DISKON


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan dunia usaha saat ini telah membawa para pelaku dunia usaha ke persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan konsumen. Berbagai pendekatan dilakukan untuk mendapatkan simpati masyarakat baik melalui peningkatan sarana dan prasarana berfasilitas teknologi tinggi maupun dengan pengembangan sumber daya manusia. Persaingan untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen telah menempatkan konsumen sebagai pengambil keputusan.

Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan semakin gencar dalam pemasarannya untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Semakin banyaknya perusahaan sejenis yang beroperasi dengan berbagai produk/ jasa yang ditawarkan, membuat masyarakat dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhannya. Berbagai cara ditempuh oleh perusahaan agar produknya tetap diminati oleh konsumen.
Dengan meningkatnya persaingan, konsumen dihadapkan pada banyaknya produk yang sejenis namun berbeda dalam kualitas, harga dan promosi.
Minat untuk membeli suatu produk, terbentuk dari keyakinan konsumen terhadap kualitas produk. Semakin rendah keyakinan konsumen terhadap suatu produk akan menyebabkan menurunnya minat beli konsumen. Harga memiliki peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk, sehingga sangat menentukan keberhasilan pemasaran suatu produk. Kesuksesan dalam penetapan harga merupakan elemen kunci dalam bauran pemasaran.
Harga merupakan satu-satunya elemen dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan, oleh sebab itu harga dapat dikatakan mendatangkan laba bagi

perusahaan. Harga dapat menjadi alat yang menjadi kompetitif dalam bersaing. Harga dapat sementara dikurangi untuk menciptakan minat beli atas suatu produk atau untuk menarik lebih banyak pelanggan ke toko-toko eceran.
Berdasarkan latar belakang ini, penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap kualitas suatu produk, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan menulisnya kedalam bentuk laporan tugas akhir dengan judul “Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi  atas Kualitas dan Nilai Saat Harga Normal dan Diskon ”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah harga sangat mempengaruhi kualitas dan nilai dari suatu produk?”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. `Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga normal dan diskon pada kualitas dan nilai dari suatu produk.
2. Manfaat Penelitian
Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat, baik bagi perusahaan, bagi penulis dan juga bagi peneliti selanjutnya. Adapun manfaat yang diharapkan adalah:
a. Bagi Perusahaan


Sebagai bahan masukan bagi perusahaan di dalam usaha pemasaran produknya, sehinggga dapat memperhatikan faktor-faktor yang dimiliki oleh produk yang mereka tawarkan.
b. Bagi Penulis

Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh selama di bangku kuliah serta memperluas wawasan penulis mengenai minat pembelian tentang manajemen pemasaran.
c. Bagi Peneliti Selanjutnya


Penelitian ini kiranya dapat memberikan masukan atau sebagai bahan referensi bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian pada masa yang akan datang. 
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi