BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan
dunia usaha saat ini telah membawa para pelaku dunia usaha ke persaingan yang
sangat ketat untuk memperebutkan konsumen. Berbagai pendekatan dilakukan untuk
mendapatkan simpati masyarakat baik melalui peningkatan sarana dan prasarana
berfasilitas teknologi tinggi maupun dengan pengembangan sumber daya manusia.
Persaingan untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen telah menempatkan
konsumen sebagai pengambil keputusan.
Persaingan
bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan semakin gencar dalam pemasarannya
untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Semakin banyaknya perusahaan
sejenis yang beroperasi dengan berbagai produk/ jasa yang ditawarkan, membuat
masyarakat dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhannya. Berbagai cara
ditempuh oleh perusahaan agar produknya tetap diminati oleh konsumen.
Dengan
meningkatnya persaingan, konsumen dihadapkan pada banyaknya produk yang sejenis
namun berbeda dalam kualitas, harga dan promosi.
Minat
untuk membeli suatu produk, terbentuk dari keyakinan konsumen terhadap kualitas
produk. Semakin rendah keyakinan konsumen terhadap suatu produk akan
menyebabkan menurunnya minat beli konsumen. Harga memiliki peranan yang sangat
penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk, sehingga
sangat menentukan keberhasilan pemasaran suatu produk. Kesuksesan dalam penetapan
harga merupakan elemen kunci dalam bauran pemasaran.
Harga
merupakan satu-satunya elemen dalam bauran pemasaran yang menghasilkan
pendapatan bagi perusahaan, oleh sebab itu harga dapat dikatakan mendatangkan
laba bagi
perusahaan. Harga dapat menjadi alat
yang menjadi kompetitif dalam bersaing. Harga dapat sementara dikurangi untuk
menciptakan minat beli atas suatu produk atau untuk menarik lebih banyak
pelanggan ke toko-toko eceran.
Berdasarkan latar belakang ini, penulis ingin mengetahui
bagaimana pengaruh harga terhadap kualitas suatu produk, maka penulis tertarik
untuk melakukan penelitian dan menulisnya kedalam bentuk laporan tugas akhir
dengan judul “Persepsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi atas Kualitas dan Nilai Saat Harga Normal dan
Diskon ”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka
perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah harga sangat
mempengaruhi kualitas dan nilai dari suatu produk?”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. `Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh harga normal dan diskon pada kualitas dan nilai dari suatu produk.
2. Manfaat Penelitian
Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat, baik
bagi perusahaan, bagi penulis dan juga bagi peneliti selanjutnya. Adapun
manfaat yang diharapkan adalah:
a. Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan bagi perusahaan
di dalam usaha pemasaran produknya, sehinggga dapat memperhatikan faktor-faktor
yang dimiliki oleh produk yang mereka tawarkan.
b. Bagi Penulis
Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi penulis untuk
menerapkan teori-teori yang diperoleh selama di bangku kuliah serta memperluas
wawasan penulis mengenai minat pembelian tentang manajemen pemasaran.
c. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini kiranya dapat memberikan masukan atau sebagai
bahan referensi bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian pada masa yang
akan datang.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi