Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV

BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang
Suatu lembaga atau perusahaan tumbuh dan berkembang seiring dengan semakin meningkatnya aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan. Perusahaan merupakan satu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada masyarakat. Oleh karena itu, setiap badan usaha pada umumnya bertujuan untuk memperoleh laba yang tinggi sebagai sumber pembiayaan yang optimal bagi
kelangsungan hidup lembaga atau instansi tersebut. Selain itu, untuk memperoleh laba demi kelangsungan hidup perusahaan terdapat tujuantujuan lain, seperti perkembangan, prestise (gengsi), servis dan diterimanya badan usaha tersebut dalam kehidupan masyarakat. Sehingga para pengelola perusahaan akan selalu berusaha bertindak secara profesional dan berusaha untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi yang berbeda dalam rangka mencapai apa yang menjadi tujuannya. Dalam prakteknya harus dilandasi dengan konsep-konsep manajemen yang memang sudah berlaku secara universal.
Telah diketahui bahwa pengelolaan perusahaan ditujukan untuk memperoleh tujuan yaitu laba, dan tujuan tersebut memerlukan perencanaan yang benar. Perusahaan besar maupun kecil membuat anggaran, karena penganggaran itu penting untuk membuat perencanaan dan untuk mengendalikan kegiatan dan sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan.
Perencanaan melihat ke masa depan, yaitu menentukan tindakan-tindakan yang  harus dilakukan untuk mencapai sasaran dan tujuan suatu lembaga atau organisasi, sedangkan pengendalian untuk melihat kebelakang dengan menilai hasil kerja dan membandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan. Hasil perbandingan akan digunakan untuk memperbaiki perencanaan, anggaran, dan pengendalian. Untuk mengelola suatu lembaga, manajemen menentukan tujuan dan sasaran lembaga dan kemudian manajemen membuat suatu rencana kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut.
Menurut Rudianto (2009: 5) adapun 4 fungsi pokok anggaran yaitu : planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (menggerakkan), dan controling ( pengendalian). Perlunya suatu anggaran bagi perusahaan adalah untuk membantu manager dalam merencanakan kegiatan dan memonitori kinerja operasi serta laba yang dihasilkan oleh pusat pertanggungjawaban serta memotivasi karyawan agar memperbaiki kinerja dan sikap dari penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan yang paling penting adalah untuk meningkatkan pertanggungjawaban dari masing-masing karyawan atas pekerjaan yang menjadi kewajibannya.
Penyusunan anggaran merupakan proses pembuatan rencana kerja dalam rangka waktu satu tahun, yang dinyatakan dalam satuan moneter dan satuan kuantitatif orang lain. Penyusunan anggaran sering diartikan sebagai perencanaan laba (proft planing). Dalam perencanaan laba, manajemen menyusun rencana operasional yang implikasinya dinyatakan dalam laporan laba rugi jangka pendek dan jangka panjang, neraca kas dan modal kerja yang diproyeksikan dimasa yang akan datang. Proses penyusunan anggaran merupakan tahap akhir dari proses perencanaan secara menyeluruh dari lembaga (total business planning).
 Untuk melukiskan anggaran dan proses penyusunan anggaran, layaknya sebagai suatu proyek pembangunan gedung berlantai tiga puluh. Untuk membangun gedung tersebut diperlukan waktu tiga tahun. Gedung tersebut akan dibangun berdasarkan cetak biru (blue print) dan berdasarkan rencana biaya yang dibuat oleh arsitek. Setiap bulan dibuat anggaran biaya untuk pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan setiap bagian gedung tersebut, sehingga keseluruhan pekerjaan gedung tersebut dapat terlaksana sesuai dengan blue print yang telah dibuat dengan rencana biaya yang telah disusun sebelum proyek dilaksanakan.
Mengingat peran penting dan teknik penyusunan anggaran dalam perusahaan adalah suatu keharusan bagi setiap perencanaan dan pengendalian manajemen perusahaan, maka tanpa memahami konsep dan tanpa menguasai teknik penyusunan anggaran, manajemen perusahaan akan kehilangan salah satu elemen penting dalam implementasi fungsi manajemen yang sedang dilaksanakannya.
Dengan latar belakang pemikiran yang sedemikian ditambah dengan keinginan penulis untuk mendalami pengetahuan mengenai proses penyusunan anggaran perusahaan, maka dari itu penulis memilih judul mengenai “Proses Penyusunan Anggaran pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan.
B. Perumusan Masalah Dari uraian di atas, maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar materi yang akan dibahas tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan.
 Adapun perumusan masalah yang dapat diambil sebagai dasar kajian dalam penelitian yang dilakukan adalah: 1. Bagaimana proses penyusunan anggaran yang dilakukan oleh PT.
Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan? 2. Bagaimanakah cara menyusun anggaran yang baik sehingga tujuan lembaga dapat dicapai secara efektif dan efisien serta mendatangkan keuntungan maksimal bagi PT Perkebunan Nusantara IV (Persero)? C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efisiensi kinerja pada bagian Akademik Fakultas Ekonomi Sumatera Utara.
1. Untuk mengetahui lebih jelas penyusunan anggaran yang dilakukan lembaga atau instansi di dalam melakukan aktivitasnya untuk mencapai laba yang diharapkan.
2. Memaparkan secara jelas proses penyusunan anggaran perusahaan.
D. Manfaat Penelitian Manfaat penelitian antara lain: 1. Bagi Penulis Untuk menambah wawasan ilmiah serta dapat mengembangkan teori yang dipraktekkan dan mengetahui proses penyusunan anggaran secara aktual.
2. Bagi Perusahaan Sebagai bahan untuk pertimbangan dan masukan bagi PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan dalam proses kerja dan pengawasan serta pertimbangan dalam pengambilan keputusan demi kelancaran kegiatannya.
 3. Bagi Pihak lainnya Sebagai bahan referensi bagi peneliti-peneliti lainnya yang akan melakukan penelitian lanjutan di masa yang akan datang.


Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi