Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PROGRAM DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang

Anggaran merupakan alat manajemen yang sangat bermanfaat bagi manajemen dalam sebuah perusahaan untuk mengendalikan organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien. Oleh karena itu, setiap badan usaha bertujuan untuk memperoleh laba atau keuntungan yang optimal sebagai sumber pembiayaan bagi kelangsungan hidup lembaga atau instansi tersebut. Di samping itu juga ada tujuan-tujuan lain yang ingin dikejar oleh suatu badan usaha, seperti perkembangan, prestise, servis dan diterimanya badan usaha atau lembaga tersebut dalam kehidupan masyarakat. Sehingga Para pengelola perusahaan akan selalu berusaha bertindak secara profesional dalam rangka mencapai apa yang menjadi tujuannya. Dalam prakteknya harus dilandasi dengan konsep-konsep manajemen yang memang sudah berlaku secara universal.

Sudah diketahui bahwa pengelolaan perusahaan ditujukan untuk memperoleh laba, dan laba tersebut memerlukan perencanaan yang benar. perusahaan besar maupun kecil membuat anggaran, karena penganggaran itu penting untuk membuat perencanaan dan untuk mengendalikan kegiatan dan sebagai pedoman untuk melaksanakan kegiatan.Perencanaan melihat kemasa depan, yaitu menentukan tindakan – tindakan yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran dan tujuan suatu lembaga atau organisasi, sedangkan pengendalian untuk melihat kebelakang dengan menilai hasil kerja dan membandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan. Hasil perbandingan akan

digunakan untuk memperbaiki perencanaan, anggaran dan pelaksanaan (pengendalian).
Anggaran menjamin pelaksanaan rencana kerja sesuai dengan yang direncanakan dalam anggaran, Setelah suatu rencana kerja dipilih untuk mencapai sasaran anggaran. Penyusunan anggaran dimaksudkan untuk memberikan jaminan pencapaian blue print tentang program jangka panjang, yang mencakup pangsa pasar, produk dan teknologi produksi, kepegawaian, keuangan, citra perusahaan, sistem informasi manajemen, budaya perusahaan dengan biaya yang sesuai, dengan yang telah dianggarkan sebelumnya.
Proses penyusunan anggaran merupakan proses penyusunan rencana jangka pendek, yang dalam badan usaha atau lembaga berorientasi laba, pemilihan rencana didasarkan atas dampak rencana kerja tersebut terhadap laba. Oleh karena itu sering sekali proses penyusunan anggaran disebut sebagai penyusunan rencana laba jangka panjang (short-run profit planning). Untuk memungkinkan manajemen puncak melakukan pemilihan rencana kerja yang berdampak baik terhadap laba, manajemen menggunakan teknik analisa biaya-volume dan laba (BEP).
Dalam pengelolaan lembaga atau instansi, manajemen menentukan tujuan dan sasaran dan kemudian membuat rencana kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut. Pada proses penyusunan anggaran di kenal prinsip – prinsip anggaran yaitu proses pembuatan anggaran yang harus berdasar pada struktur organisasi yang memberi batasan tanggung jawab fungsional. Batasan tanggung jawab inilah merupakan dasar dibuatnya anggaran.

Budget manual yang disusun oleh departemen anggaran bermaksud menyatakan sasaran, tujuan, struktur organisasi, prosedur, wewenang dan tanggung jawab dalam penyusunan anggaran. Setiap orang yang ditunjuk oleh seksinya, bagiannya, divisinya, harus mengikuti budget manual. Hakekatnya budget manual memuat system operating prosedur (SOP) yang memuat instruksi, informasi, referensi, untuk penyusunan anggaran; SOP menjelaskan tentang anggaran apa yang harus dibuat, bagaimana membuatnya, kapan pembuatan anggaran itu dibuat, dan siapa yang melakukannya.
Anggaran dapat dikaitkan dengan fungsi-fungsi dasar manajemen yang meliputi fungsi perencanaan, koordinasi dan pengawasan. Jadi bila anggaran dihubungkan dengan fungsi dasar manajemen maka anggaran meliputi fungsi perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pengawasan terhadap satuan dan bidang-bidang organisasional didalam badan usaha. Penganggaran yang baik akan menghasilkan output yang maksimal bagi perusahaan. Fungsi penganggaran pada perusahaan sangat signifikan bila dilaksanakan sesuai dengan kaedah dan aturannya.
Ada 3 (tiga) fungsi pokok anggaran. Pertama, sebagai Pedoman Kerja, memberikan target-target yang harus dicapai oleh kegiatan-kegiatan lembaga atau instansi di waktu yang akan datang. Kedua, Sebagai Pengkoordinasian Kerja, bertujuan agar semua bagian dapat saling menunjang, bekerjasama dengan baik untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Ketiga, sebagai Alat Pengawasan, berfungsi sebagai tolok ukur atau alat pembanding untuk menilai realisasi kegiatan perusahaan.

Berdasarkan uraian ini dengan melihat pentingnya Anggaran sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan lembaga atau instansi secara keseluruhan, penulis tertarik untuk mengetahui anggaran serta menuangkannya dalam bentuk laporan tugas akhir yang diberi judul
“ PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN PADA PROGRAM DIPLOMA III FAKULTAS EKONOMI  “
B. Rumusan Masalah
Sehubungan dengan latar belakang penelitian ini, maka Penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.                   
Apakah penyusunan anggaran di Fakultas Ekonomi khususnya pada Program Diploma III, sudah dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan lembaga dapat dicapai secara efektif dan efisien serta mendatangkan keuntungan maksimal bagi Fakultas Ekonomi.

Bagaimana proses penyusunan anggaran yang dilakukan Fakultas Ekonomi khususnya pada Program Diploma III, dalam melaksanakan kegiatan operasinya.



�.                 
Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah :

Untuk mengetahui lebih jelas penyusunan anggaran yang dilakukan lembaga atau instansi di dalam melakukan aktivitasnya untuk mencapai laba yang diharapkan .

Untuk mengetahui dan memaparkan secara jelas proses penyusunan
Anggaran.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah :
1.                    
Bermanfaat bagi Penulis, untuk memperkaya wawasan ilmiah dan non ilmiah serta dapat mengembangkan teori yang dipraktekkan. Hasil penelitian ini akan memberikan gambaran bagi penulis dibidang anggaran yaitu mengenai proses penyusunan anggaran secara aktual.

Diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi Fakultas Ekonomi  dalam proses kerja dan pengawasan serta pertimbangan dalam pengambilan keputusan demi kelancaran kegiatannya.

Dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membaca dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi peneliti-peneliti lainnya yang akan melakukan penelitian lanjutan di masa yang akan datang.



Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi