Selasa, 11 Maret 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA CV. MARANATHA


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Modal kerja sangat dibutuhkan bagi setiap perusahaan besar maupun perusahaan kecil, baik itu perusahaan yang memproduksi barang ataupun jasa. Secara umum tujuan dari perusahaan adalah untuk memperoleh laba semaksimal mungkin. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perusahaan semestinya memanfaatkan modal kerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan yang telah direncanakan.

Syahyunan (2004:36) “manajemen modal kerja adalah kegiatan yang mencakup semua fungsi manajemen atas aktiva lanacar dan kewajiaban jangka pendek perusahaan”. Setiap perusahaan selalu membutuhkan modal kerja yang akan digunakan untuk memenuhi aktivitas sehari-hari, misalnya saja untuk membeli bahan baku, membayar gaji pegawai, membayar upah tenaga kerja langsung, membayar hutang dan lain-lain. Dana yang telah dikeluarkan tersebut diharapkan akan dapat kembali masuk dalam waktu yang pendek melalui hasil penjualan produknya.
Modal kerja suatu perusahaan harus diolah dengan baik dan benar, karena bila pengelolaannya salah maka dapat menimbulkan kekurangan modal kerja ataupun kelebihan modal kerja. Kelebihan modal kerja akan mengakibatkan dana menganggur sehingga akan mengakibatkan timbulnya biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Sebaliknya bila terjadi kekurangan modal kerja, akan mengakibatkan timbulnya kerugian karena perusahaan terancam kehilangan harga pasar.

CV. MARANATHA adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan, berniaga alat-alat kantor, berniaga umum, serta sebagai agen atau perwalian penjualan berbagai jenis bangko undangan. Dalam memenuhi kebutuhan perusahaan manajemen modal kerja yang efektif menjadi sangat baik untuk pertumbuhan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Untuk itu diperlukan adanya suatu kebijakan strategis yang harus selalu diperhatikan oleh seorang pemimpin atau manager dalam rangkaian usaha untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien yaitu merencanakan jumlah kebutuhan modal kerja secara keseluruhan dan menetapkan berapa besarnya jumlah masing-masing komponen modal kerja tersebut.
Maka dapat dilihat dengan jelas manfaat dari menganalisis modal kerja bagi pihak ekstern dan intern perusahaan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang analisis kebutuhan modal kerja demi kelangsungan hidup perusahaan, maka penulis tertarik untuk menyusun skripsi minor ini dengan judul : “ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA pada CV. MARANATHA MEDAN.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merumuskan masalah itu dalam skripsi
1.                   
Berapa besar modal kerja yang dibutuhkan CV. MARANATHA agar dapat menjalankan kegiatan operasinya.

Bagaimana CV. MARANATHA menggunakan data yang dimilikinya sesuai dengan kebutuhan modal kerja perusahaan.


C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1)
Tujuan Penelitian:
a. Untuk mengetahui bagaimana keadaan kebutuhan modal kerja pada CV. MARANATHA.
b. Untuk mengetahui pengawasan dan pengendalian penggunaan data yang sesuai dengan kebutuhan modal kerja perusahaan.
c. Untuk memenuhi salah satu persyaratan Program Diploma III Fakultas Ekonomi .
2)
Manfaat Penelitian:
a. Bagi Perusahaan
Sebagai bahan masukan bagi pimpinan CV. MARANATHA dalam mengambil keputusan atau kebijakan yang lebih baik di masa yang akan dating serta sebagai koreksi perusahaan apabila terdapat kelemahan dalam mengelola keuangannya.
b. Bagi Penulis
Sebagai bahan masukan untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan wawasan berpikir mengenai analisis kebutuhan modal kerja yang dipakai pada perusahaan.
c. Bagi Pembaca
Sebagai bahan masukan bagi yang membutuhkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kebutuhan modal kerja.

D. Metode Penelitian
1. Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan dengan pengamatan secara langsung pada CV. MARANATHA yang bergerak sebagai perdagangan umum, fotocopy, dan percetakan yang berlokasi di jalan Dr. Mansyur No. 8/3A Simpang Kampus USU P. Bulan Medan.

2. Sumber Data
Adapun jenis data yang penulis perlukan dalam penelitian adalah sebagai berikut:
�.                 
Data Primer
Data yang diperoleh dengan cara melakukan penelitian langsung ke lapangan, dengan wawancara, observasi yaitu mengenai data modal kerja pada CV. MARANATHA.

Data Sekunder
Data yang diperoleh dari perusahaan seperti sejarah perusahaan, struktur organisasi maupun neraca dalam bentuk publikasi yang sering juga disebut data eksternal dan datanya berasal dari luar perusahaan, yaitu buku-buku dan media lainnya yang ada kaitannya dengan judul skripsi minor ini.

3. Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data adalah sebagai berikut:
a. Interview (Wawancara)
Yaitu mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung terhadap pihak perusahaan yang mempunyai wewenang dalam memberikan informasi dan data yang berkaitan dengan objek penelitian.
b. Library (Kepustakaan)
Yaitu penelitian dengan memanfaatkan sarana kepustakaan, dimana data-data diperoleh dengan membaca dan mempelajari literature seperti buku-buku kuliah dan bacaan lainnya yang ada kaitannya dengan judul skripsi minor ini untuk memperoleh data sekunder.

4. Metode Analisis Data
Metode analisis data yang penulis perlukan dalam penelitian adalah sebagai berikut:
a. Motode Deskriptif
Metode yang dilakukan dengan mengumpulan data, merumuskan, mengklasifikasikan serta menginterprestasikan sehingga memberikan gambaran atau keterangan yang jelas mengenai masalah yang dihadapi oleh perusahaan dan berbagai keadaan yang erhubungan dengan topic yang dibahas.
b. Metode Deduktif
Metode yang dilakukan untuk mendapat data yang diperoleh sehingga terlihat dari pengaruhnya terhadap keputudsan yang diambil oleh perusahaan tersebut.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi