Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: SISTEM PELAYANAN KEMAHASISWAAN PADA DEPARTEMEN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dewasa ini bukan hanya dunia usaha, tetapi dunia pendidikan juga dihadapkan pada situasi dan kondisi persaingan yang semakin ketat. Dunia pendidikan dituntut untuk lebih selektif dan efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas, kompetetif dan cerdas. Sebagai salah satu institusi sentral dalam pembangunan Indonesia, perguruan tinggi secara terus menerus dihadapkan kepada berbagai perubahan yang bergerak sangat
cepat dan menyentuh berbagai aspek hidup bermasyarakat. Dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menimbulkan beragam tantangan baru bagi Indonesia. Tantangan dan perkembangan tersebut mempersyaratkan perguruan tinggi untuk menigkatkan mutu perguruan tinggi dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Fakultas Ekonomi  adalah salah satu lembaga dunia pendidikan yang ikut serta berpartisipasi dalam menciptakan dan menghasilkan para sarjana dibidang ekonomi juga sangat berpengaruh membentuk manusia-manusia yang unggul dan berprestasi. Mahasiswa merupakan salah satu bagian dari perguruan tinggi. Mahasiswa bukan hanya dipandang sebagai orang yang terdaftar sebagai pelajar diperguruan tinggi tetapi juga diharapkan dapat muncul menjadi pemimpin negara yang unggul yang dapat membangun indonesia dan mampu membawa masyarakatnya menuju kebahagiaan dan kesejahteraan.
Peran pembaharu kelak akan dijalankan oleh mahasiswa ketika terjun ke masyarakat, mahasiswa dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap berbagai hal yang membutuhkan pembaharuan dan perbaikan di berbagai bidang. Pendidikan Tinggi melalui kegiatan penelitian

dan keilmuan dapat menghasilkan berbagai pemikiran dan konsepsi untuk memajukan harkat dan martabat manusia serta budaya bangsa melalui kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan karya seni yang bermutu. Untuk itu Pendidikan Tinggi yang berperan sebagai civitas akademika dituntut untuk secara terus menerus menjadi contoh dan juga menjadi motor transformasi dalam dinamika perubahan yang berlangsung sangat cepat, senantiasa menunjukkan sikap kepedulian terhadap pengembangan diri mahasiswa dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap mahasiswa.
Adapun pelayanan yang baik untuk diterapkan adalah Pelayanan Prima (Service of Exellent). Pelayanan Prima adalah terjemahan dari “Service of Exellent “, yang berarti pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik. Dalam buku Manajemen Pelayanan Prima karangan Nina Rahmayanty, mendefenisikan layanan prima (Service of Exellent) adalah pelayanan yang sangat baik dan melampaui harapan pelanggan. Pelayanan Prima (Service of Exellent ) penting bagi Pendidikan Tinggi untuk melayani civitas akademika, karena pelayanan prima (Service of Exellent ) memberikan kombinasi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa, dan juga memberikan kebanggaan pada staf dan perguruan tinggi tersebut.
Berdasarkan uraian diatas terlihat jelas bahwa pelayanan kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung instansi pemerintah khususnya institusi pendidikan untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk mengetahui mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Terutama untuk mengetahui apakah pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi  sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga peneliti menulis mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan. Adapun judul dari tugas

akhir ini adalah “Sistem Pelayanan Kemahasiswaan Pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi ”.
1.2 Perumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah : “Apakah pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi  sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1 Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari tugas akhir yang dilakukan oleh peneliti adalah : “Untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universiatas Sumatera Utara”.
1.3.2 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari tugas akhir yang dilakukan oleh peneliti adalah :
1. Bagi instansi, sebagai bahan masukan dan pertimbangan agar dapat melaksanakan aktivitas dengan lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
2. Bagi peneliti, penelitian ini merupakan sebuah kesempatan bagi penulis untuk menerapkan teori-teori yang penulis dapatkan baik dari bangku perkuliahan maupun dari luar dan memperdalam pengetahuan serta menambah wawasan pemikiran penulis di bidang manajemen, khususnya mengenai sistem pelayanan kemahasiswaan.



3. Sebagai pedoman atau referensi bagi peneliti lain atau rekan-rekan mahasiswa yang tertarik untuk mengadakan penelitian di bidang atau permasalahan yang sama, khususnya penelitian yang berkaitan dengan sistem pelayanan kemahasiswaan.
1.4 Sistematika Pembahasan

Sistematika Pembahasan merupakan suatu gambaran singkat untuk membedakan pembahasan, memudahkan pembahasan dan perincian sehingga data – data yang relevan dalam Tugas Akhir ini, maka peneliti merinci sistematika penulisan seperti dibawah ini:
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan secara singkat latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II : PROFIL INSTANSI
Bab ini menguraikan sejarah singkat Manajemen Fakultas Ekonomi , Struktur organisasi, visi, misi tujuan, sasaran, kekuatan, peluang, kelemaham, ancaman,uraian tugas, kerja sama dan kemitraan Manajemen Fakultas Ekonomi .
BAB III : PEMBAHASAN
Dalam bab ini peneliti mencoba membahas tentang pengertian pelayanan, kualitas pelayanan, prinsip kepelayanan bermutu, strategi layanan pelanggan, lembaga kemahasiswaan, dan pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi .
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan bab yang terakhir dari penulisan tugas akhir ini. Peneliti akan memberikan kesimpulan yang didasarkan dari penjelasan bab terdahulu dan mencoba memberikan saran. Saran yang difikir perlu untuk efektivitas instansi dimasa yang akan datang.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi