BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dewasa
ini bukan hanya dunia usaha, tetapi dunia pendidikan juga dihadapkan pada
situasi dan kondisi persaingan yang semakin ketat. Dunia pendidikan dituntut
untuk lebih selektif dan efektif dalam menciptakan lulusan yang berkualitas,
kompetetif dan cerdas. Sebagai salah satu institusi sentral dalam pembangunan
Indonesia, perguruan tinggi secara terus menerus dihadapkan kepada berbagai
perubahan yang bergerak sangat
cepat dan menyentuh berbagai aspek hidup
bermasyarakat. Dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat
menimbulkan beragam tantangan baru bagi Indonesia. Tantangan dan perkembangan
tersebut mempersyaratkan perguruan tinggi untuk menigkatkan mutu perguruan
tinggi dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Fakultas
Ekonomi adalah salah satu lembaga dunia
pendidikan yang ikut serta berpartisipasi dalam menciptakan dan menghasilkan
para sarjana dibidang ekonomi juga sangat berpengaruh membentuk manusia-manusia
yang unggul dan berprestasi. Mahasiswa merupakan salah satu bagian dari
perguruan tinggi. Mahasiswa bukan hanya dipandang sebagai orang yang terdaftar
sebagai pelajar diperguruan tinggi tetapi juga diharapkan dapat muncul menjadi
pemimpin negara yang unggul yang dapat membangun indonesia dan mampu membawa
masyarakatnya menuju kebahagiaan dan kesejahteraan.
Peran
pembaharu kelak akan dijalankan oleh mahasiswa ketika terjun ke masyarakat,
mahasiswa dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap berbagai hal yang
membutuhkan pembaharuan dan perbaikan di berbagai bidang. Pendidikan Tinggi
melalui kegiatan penelitian
dan keilmuan dapat menghasilkan
berbagai pemikiran dan konsepsi untuk memajukan harkat dan martabat manusia
serta budaya bangsa melalui kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi
dan karya seni yang bermutu. Untuk itu Pendidikan Tinggi yang berperan sebagai
civitas akademika dituntut untuk secara terus menerus menjadi contoh dan juga
menjadi motor transformasi dalam dinamika perubahan yang berlangsung sangat
cepat, senantiasa menunjukkan sikap kepedulian terhadap pengembangan diri
mahasiswa dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap mahasiswa.
Adapun pelayanan yang baik untuk diterapkan adalah Pelayanan
Prima (Service of Exellent). Pelayanan Prima adalah terjemahan dari “Service
of Exellent “, yang berarti pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang
terbaik. Dalam buku Manajemen Pelayanan Prima karangan Nina Rahmayanty,
mendefenisikan layanan prima (Service of Exellent) adalah pelayanan yang
sangat baik dan melampaui harapan pelanggan. Pelayanan Prima (Service of
Exellent ) penting bagi Pendidikan Tinggi untuk melayani civitas akademika,
karena pelayanan prima (Service of Exellent ) memberikan kombinasi
terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan wawasan mahasiswa, dan juga
memberikan kebanggaan pada staf dan perguruan tinggi tersebut.
Berdasarkan uraian diatas terlihat jelas bahwa pelayanan
kemahasiswaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung instansi
pemerintah khususnya institusi pendidikan untuk mencapai tujuannya. Oleh karena
itu, peneliti terdorong untuk mengetahui mengenai sistem pelayanan
kemahasiswaan. Terutama untuk mengetahui apakah pelayanan kemahasiswaan pada
Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga peneliti menulis mengenai
sistem pelayanan kemahasiswaan. Adapun judul dari tugas
akhir ini adalah “Sistem Pelayanan
Kemahasiswaan Pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi ”.
1.2 Perumusan Masalah
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam tugas akhir ini
adalah : “Apakah pelayanan kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Fakultas
Ekonomi sudah dilaksanakan dengan baik
sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1 Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari tugas akhir yang dilakukan
oleh peneliti adalah : “Untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan
kemahasiswaan pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universiatas Sumatera
Utara”.
1.3.2 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang ingin dicapai dari tugas akhir yang
dilakukan oleh peneliti adalah :
1. Bagi instansi, sebagai bahan
masukan dan pertimbangan agar dapat melaksanakan aktivitas dengan lebih
efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi
kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
2. Bagi peneliti, penelitian ini merupakan sebuah kesempatan
bagi penulis untuk menerapkan teori-teori yang penulis dapatkan baik dari
bangku perkuliahan maupun dari luar dan memperdalam pengetahuan serta menambah
wawasan pemikiran penulis di bidang manajemen, khususnya mengenai sistem
pelayanan kemahasiswaan.
3. Sebagai pedoman atau referensi
bagi peneliti lain atau rekan-rekan mahasiswa yang tertarik untuk mengadakan
penelitian di bidang atau permasalahan yang sama, khususnya penelitian yang
berkaitan dengan sistem pelayanan kemahasiswaan.
1.4 Sistematika Pembahasan
Sistematika Pembahasan merupakan suatu gambaran singkat untuk
membedakan pembahasan, memudahkan pembahasan dan perincian sehingga data – data
yang relevan dalam Tugas Akhir ini, maka peneliti merinci sistematika penulisan
seperti dibawah ini:
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan secara singkat latar belakang masalah,
tujuan dan manfaat penelitian.
BAB II : PROFIL INSTANSI
Bab ini menguraikan sejarah singkat Manajemen Fakultas
Ekonomi , Struktur organisasi, visi, misi tujuan, sasaran, kekuatan, peluang,
kelemaham, ancaman,uraian tugas, kerja sama dan kemitraan Manajemen Fakultas
Ekonomi .
BAB III : PEMBAHASAN
Dalam bab ini peneliti mencoba membahas tentang pengertian
pelayanan, kualitas pelayanan, prinsip kepelayanan bermutu, strategi layanan
pelanggan, lembaga kemahasiswaan, dan pelayanan kemahasiswaan pada Departemen
Manajemen Fakultas Ekonomi .
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini merupakan bab yang terakhir dari penulisan tugas
akhir ini. Peneliti akan memberikan kesimpulan yang didasarkan dari penjelasan
bab terdahulu dan mencoba memberikan saran. Saran yang difikir perlu untuk
efektivitas instansi dimasa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi