BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Efisiensi
kerja merupakan suatu prinsip dasar untuk melakukan setiap kegiatan suatu
organisasi dengan tujuan untuk dapat memperoleh hasil yang dikehendaki dengan
usaha yang seminimal mungkin dikaitkan dalam hubungannya dengan pemakaian
tenaga jasmani, pikiran, waktu, ruang, benda, dan uang. Dengan kata lain
efisiensi kerja merupakan pelaksanaan cara-cara tertentu dengan tanpa mengurangi
tujuannya dan merupakan cara yang termudah mengerjakannya, termurah biayanya,
tersingkat waktunya, teringan bebannya, dan terpendek jaraknya. Efisiensi kerja
merupakan suatu proses dan hasil-hasil efektif yang dicapai dari hasil-hasil
usaha untuk mencari yang lebih baik dan yang lebih mudah untuk melaksanakan
suatu pekerjaan.
Efisiensi
kerja dapat ditetapkan misalnya terhadap suatu prosedur, metode, formulir,
pengaturan mesin, atau jenis alat-alat lain yang dipergunakan untuk membantu
mempercepat proses penyelesaian tugas/pekerjaan.
Efisiensi
kerja tidak pernah terlepas dari kultur organisasi dan kultur di dalam
masyarakat tertentu. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa para pekerja
Indonesia, pekerjaan kantor berkaitan dengan pengumpulan, pengelolaan, penggunaan,
dan penyumpanan informasi, maka dalam pekerjaan kantor sering disebut pekerjaan
biokrasi yang terkadang rumit dan membosankan sehingga perlu adanya penerapan
efesiensi kerja.
Peningkatan kualitas erat kaitanya
dengan pencapaian efisiensi kerja yang baik. Efisiensi kerja dapat dicapai
dengan pembenahan proses kerja melalui peningkatan kualitas faktor-faktor yang
terkait, yaitu: sumber daya manusia, bahan baku yang digunakan, proses kerja
yang diterapkan, mesin, dan lain-lain.
Efisiensi kerja merupakan suatu pengertian yang menunjukkan
suatu keadaan, maka cara penilaian efisiensi tersebut tidak dapat dilakukan
dalam waktu sambil lalu saja, tetapi membutuhkan waktu yang cukup dan dilakukan
dengan penelitian. Berkenaan dengan prinsip efisiensi yang meliputi semua
bidang pekerjaan dan harus diterapkan disemua bidang pekerjaan juga, maka jika
prinsip efisiensi dapat diterapkan dengan baik akan menciptakan produktivitas
yang tinggi bagi organisasi. Selain itu, kinerja suatu perusahaan swasta maupun
instansi pemerintahan dapat dilihat dengan menganalisis Tingkat Efisiensinya
dengan menggunakan suatu indikator kinerja.
Efisiensi itu sendiri merupakan suatu usaha untuk memberantas
pemborosan bahan dan tenaga kerja maupun gejala-gejala yang merugikan. Menurut
Achmad (2007), efisiensi artinya perbandingan terbaik antara usaha yang telah
dikorbankan dengan hasil yang dicapai. Pengertian efesiensi pada prinsipnya
merupakan perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh
(output) dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan waktu yang
dipergunakan (input).
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merasa tertarik untuk
menulis laporan Tugas Akhir dengan judul ”Efisiensi Kerja pada Bagian
Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi ”.
Dengan judul ini penulis dapat melihat bagaimana efisiensi
kerja di kantor Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi USU dalam aktivitas atau
kegiatan perkantoran yang dilakukan sehari-hari.
C. Manfaat dan Tujuan Penelitian
1. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian adalah:
a. Sebagai bahan masukan dan
pertimbangan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada penerapan
efisiensi kerja dalam pekerjaan di bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
b. Sebagai menambah pengetahuan dan
wawasan penulis tentang penerapan efisiensi kerja khususnya pada bagian
Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
c. Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat
terhadap kajian yang sama di masa mendatang.
2. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian adalah
untuk mengetahui sejauh mana efisiensi kerja dalam pekerjaan kantor yang
diterapkan pada kantor Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
D. Metode Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi pada Kantor
Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi yang beralamat, Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU
Medan.
Penulisan Tugas Akhir ini melalui tahapan sebagai berikut:
1. Persiapan.
2. Penelitian dan pengumpulan data.
3. Melakukan penulisan Tugas Akhir.
E. Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan Laporan Tugas Akhir ini dapat
diuraikan sebagai berikut:
BAB I. PENDAHULUAN
Dalam Bab ini menjelaskan secara ringkas mengenai Latar
Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Manfaat dan Tujuan Penelitian, serta
memaparkan Metode Penelitian yang terdiri dari Jadwal dan Lokasi Survei, Sumber
dan Teknik Pengumpulan data Metode Analisis Data dan Sistematika Penulis.
BAB II. PROFIL FAKULTAS EKONOMI USU
Dalam Bab ini diuraikan mengenai
Sejarah Ringkas, Tujuan Umum Pendidikan Tinggi, Struktur Organisasi, Uraian
Tugas, Jaringan Usaha atau Kegiatan, Kinerja Usaha Terkini, dan Rencana
Kegiatan.
BAB III. PEMBAHASAN
Dalam Bab ini membahas tentang penelitian yang dilakukan
penulis pada Kantor Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi berkaitan dengan penerapan efisiensi kerja
dalam pekerjaan kantor.
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam Bab ini menjelaskan kesimpulan menyeluruh sesuai dengan
topik penelitian dan kemudian menguraikan saran yang relevan dengan kesimpulan.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi