Kamis, 06 Maret 2014

Skripsi Finansial: PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI


 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

Efisiensi kerja merupakan suatu prinsip dasar untuk melakukan setiap kegiatan suatu organisasi dengan tujuan untuk dapat memperoleh hasil yang dikehendaki dengan usaha yang seminimal mungkin dikaitkan dalam hubungannya dengan pemakaian tenaga jasmani, pikiran, waktu, ruang, benda, dan uang. Dengan kata lain efisiensi kerja merupakan pelaksanaan cara-cara tertentu dengan tanpa mengurangi tujuannya dan merupakan cara yang termudah mengerjakannya, termurah biayanya, tersingkat waktunya, teringan bebannya, dan terpendek jaraknya. Efisiensi kerja merupakan suatu proses dan hasil-hasil efektif yang dicapai dari hasil-hasil usaha untuk mencari yang lebih baik dan yang lebih mudah untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

Efisiensi kerja dapat ditetapkan misalnya terhadap suatu prosedur, metode, formulir, pengaturan mesin, atau jenis alat-alat lain yang dipergunakan untuk membantu mempercepat proses penyelesaian tugas/pekerjaan.
Efisiensi kerja tidak pernah terlepas dari kultur organisasi dan kultur di dalam masyarakat tertentu. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa para pekerja Indonesia, pekerjaan kantor berkaitan dengan pengumpulan, pengelolaan, penggunaan, dan penyumpanan informasi, maka dalam pekerjaan kantor sering disebut pekerjaan biokrasi yang terkadang rumit dan membosankan sehingga perlu adanya penerapan efesiensi kerja.

Peningkatan kualitas erat kaitanya dengan pencapaian efisiensi kerja yang baik. Efisiensi kerja dapat dicapai dengan pembenahan proses kerja melalui peningkatan kualitas faktor-faktor yang terkait, yaitu: sumber daya manusia, bahan baku yang digunakan, proses kerja yang diterapkan, mesin, dan lain-lain.
Efisiensi kerja merupakan suatu pengertian yang menunjukkan suatu keadaan, maka cara penilaian efisiensi tersebut tidak dapat dilakukan dalam waktu sambil lalu saja, tetapi membutuhkan waktu yang cukup dan dilakukan dengan penelitian. Berkenaan dengan prinsip efisiensi yang meliputi semua bidang pekerjaan dan harus diterapkan disemua bidang pekerjaan juga, maka jika prinsip efisiensi dapat diterapkan dengan baik akan menciptakan produktivitas yang tinggi bagi organisasi. Selain itu, kinerja suatu perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan dapat dilihat dengan menganalisis Tingkat Efisiensinya dengan menggunakan suatu indikator kinerja.
Efisiensi itu sendiri merupakan suatu usaha untuk memberantas pemborosan bahan dan tenaga kerja maupun gejala-gejala yang merugikan. Menurut Achmad (2007), efisiensi artinya perbandingan terbaik antara usaha yang telah dikorbankan dengan hasil yang dicapai. Pengertian efesiensi pada prinsipnya merupakan perbandingan terbaik atau rasionalitas antara hasil yang diperoleh (output) dengan kegiatan yang dilakukan serta sumber-sumber dan waktu yang dipergunakan (input).


B. Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merasa tertarik untuk menulis laporan Tugas Akhir dengan judul ”Efisiensi Kerja pada Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi ”.
Dengan judul ini penulis dapat melihat bagaimana efisiensi kerja di kantor Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi USU dalam aktivitas atau kegiatan perkantoran yang dilakukan sehari-hari.
C. Manfaat dan Tujuan Penelitian
1. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian adalah:
a. Sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada penerapan efisiensi kerja dalam pekerjaan di bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
b. Sebagai menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang penerapan efisiensi kerja khususnya pada bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
c. Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat terhadap kajian yang sama di masa mendatang.

2. Tujuan Penelitian


Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana efisiensi kerja dalam pekerjaan kantor yang diterapkan pada kantor Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi .
D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi pada Kantor Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi  yang beralamat, Jl. T. M. Hanafiah Kampus USU Medan.
Penulisan Tugas Akhir ini melalui tahapan sebagai berikut:
1. Persiapan.
2. Penelitian dan pengumpulan data.
3. Melakukan penulisan Tugas Akhir.

E. Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan Laporan Tugas Akhir ini dapat diuraikan sebagai berikut:
BAB I. PENDAHULUAN
Dalam Bab ini menjelaskan secara ringkas mengenai Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Manfaat dan Tujuan Penelitian, serta memaparkan Metode Penelitian yang terdiri dari Jadwal dan Lokasi Survei, Sumber dan Teknik Pengumpulan data Metode Analisis Data dan Sistematika Penulis.
BAB II. PROFIL FAKULTAS EKONOMI USU

Dalam Bab ini diuraikan mengenai Sejarah Ringkas, Tujuan Umum Pendidikan Tinggi, Struktur Organisasi, Uraian Tugas, Jaringan Usaha atau Kegiatan, Kinerja Usaha Terkini, dan Rencana Kegiatan.
BAB III. PEMBAHASAN
Dalam Bab ini membahas tentang penelitian yang dilakukan penulis pada Kantor Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi  berkaitan dengan penerapan efisiensi kerja dalam pekerjaan kantor.
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam Bab ini menjelaskan kesimpulan menyeluruh sesuai dengan topik penelitian dan kemudian menguraikan saran yang relevan dengan kesimpulan.

  
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi