BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Tiang
utama dalam mengatur segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan
perkuliahan di dalam suatu Perguruan Tinggi adalah dengan melalui sistem
pelayanan akademiknya.Jika sistem pelayanan akademiknya baik tentu nantinya mampu
menjalankan semua hal yang berkaitan dengan perkuliahan maupun hal-hal lainnya
dengan baik. Pelayanan akademik merupakan suatu kegiatan atau urutan kegiatan
yang terjadi dalam interaksi langsung antara mahasiswa dengan pegawai pada
Fakultas Ekonomi , dan menyediakan informasi kepada mahasiswa. Pelayanan
sebagai usaha melayani kebutuhan mahasiswa agar proses belajar mengajar
berjalan dengan baik, sedangkan melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus)
apa yang diperlukan oleh mahasiswa.
Mahasiswa merupakan salah satu bagian dari
sumber daya manusia yang ada di Indonesia dan sekaligus merupakan aset bangsa
yang kelak akan menjadi generasi penerus dalam membangun bangsa. Di sisi lain,
mahasiswa merupakan insan yang memiliki berbagai dimensi yaitu sebagai bagian
dari civitas akademika dan bagian dari generasi muda yang terlatih sebagai
pelaku sejarah yang ikut berperan dan menentukan sejarah perkembangan bangsa
Indonesia.
Mahasiswa sebagai generasi muda yang
setidaknya mempunyai dua kedudukan yang penting di dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara. Pertama,
mengingat mahasiswa merupakan aset
nasional dan sumber daya insani yang strategis maka perlu diberi peluang dan
kesempatan seluas-luasnya untuk mengaktualisasikan diri secara utuh dan
bertanggung jawab. Sebagai civitas akademika dalam rangka pengembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni dan sekaligus merupakan mitra dosen dalam
proses belajar mengajar yang dialogis Dalam proses pengembangan diri mahasiswa,
para pembimbing kemahasiswaan senantiasa menunjukkan sikap ulur tangan dan
sedikit mungkin campur tangan. Karena nantinya mahasiswa akan menjadi aset
pembangunan nasional guna mengisi kebutuhan masyarakatakan tenaga yang mahir,
terampil, mampu berdiri sendiri dan peka terhadap perubahan sosial, ilmu dan
teknologi. Secara spesifik tujuan dari pendidikan yang diberikan untuk
mahasiswa ialah untuk menghasilkan lulusan mahasiswa yang mempunyai klasifikasi
sebagai berikut:
1. Berjiwa Pancasila dan memiliki
integritas kepribadian yang tinggi sebagai sarjana.
2. Bersifat terbuka, tanggap terhadap
perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi
masyarakat, khusus yang berkaitan dengan bidang keahliannya..
3. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang
dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan
pelayanan kepada masyarakat.
4. Menguasai dasar-dasar ilmiah serta
pengetahuan dan metodologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan
merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam keahliannya.
5. Menguasai dasar-dasar ilmiah
sehingga mampu berfikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan.
6. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
keterampilan sesuai dengan bidangnya.
Fakultas Ekonomi memiliki tiga bagian pelayanan yang
berhubungan dengan mahasiswa:
1. Bagian Akademik
Pegawai pada bagian Akademik memberikan pelayanan kepada
mahasiswa, sesuai dengan apa yang ingin di ketahui oleh mahasiswa agar
mahasiswa mengetahui informasi yang berhubungan dengan akademik mahasiswa dan
mahasiswa dapat melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik. Ada pun pelayanan
pada bagian akademik yaitu sebagai berikut:
a. Perkuliahan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan transfer
of knowledge and science (aplikasi praktek) di bidang manajemen antara
dosen sebagai fasilitator dan mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat dimengerti,
memahami, mampu mengekspresikan dalam perilaku (aspek efektif), dan memiliki
keterampilan (aspek skill) di lapangan.
Sedangkan ruang lingkupnya adalah
proses ini berlaku mulai dari penetapan KRS mahasiswa sampai dengan proses
persiapan ujian.
b. Ujian
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi hasil
proses perkuliahan yang telah dilakukan. Sedangkan ruang lingkupnya adalah
proses ini berlaku mulai ketika tatap muka sudah mencapai 14 kali tatap muka sampai
dengan pengumuman hasil ujian.
c. Kartu Hasil Studi dan Transkip
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan hasil
evaluasi akhir studi mahasiswa pada setiap semester dan akhir studi secara
keseluruhan. Sedangkan ruang lingkupnya adalah proses ini berlaku mulai
penyetoran nilai hasil ujian sampai dengan penyerahan Kartu Hasil Studi.
1. Bagian Kemahasiswaan Pegawai
memberikan informasi yang berhubungan dengan kemahasiswaan, sehingga mahasiswa
mengetahui informasi sesuai yang dibutuhkan mahasiswa.
2. Bagian Keuangan
Mahasiswa menghubungi bagian keuangan ketika membutuhkan
pelayanan dalam pembayaran administrasi. Pelayanan yang berhubungan dengan
Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Hasil Studi (KHS) harus sudah dilaksanakan
dan diisi sebelum perkuliahan dimulai. Setiap mahasiswa yang mengikuti mata
kuliah harus menghadiri tatap muka minimum 80% dari jumlah perkuliahan oleh
dosen atau asisten, agar diijinkan mengikuti ujian akhir semester. Administrasi
Nilai Ujian, hasil ujian diserahkan oleh masing-masing dosen pengasuh paling
lambat 2 (dua) minggu terhitung sejak tanggal ujian, hasil dibuat dalam rangkap
3 (tiga), digunakan untuk: a. Satu set untuk pengumuman kepada mahasiswa b.
Satu set untuk administrasi Sub Bagian Akademik Nilai ujian yang ada di Sub
Bagian Akademik akan digunakan untuk data pribadi mahasiswa dan untuk mengisi
nilai setiap mahasiswa ke Kartu Hasil Studi (KHS).
Mahasiswa khususnya di Fakultas Ekonomi sangat membutuhkan
pelayanan akademik yang baik. Kita tahu bahwa kelancaran belajar mengajar di
tentukan dari pelayanan Akademik,. Mahasiswa dapat lancar belajarnya apabila
segala urusan yang dari pelayanan pegawai di bagian Akademik, misalnya
pengurusan KRS, transkip nilai,
jadwal perkuliahan, pengumuman-pengumuman yang penting bagi mahasiswa tersebut.
Jadi peranan sistem pelayanan akademik sangatlah penting untuk mempelancar cara
belajar mahasiswa. Pelayanan akademik sangatlah berperan penting untuk
mempelancar kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Kita tahu apabila pelayanan
dari bagian Akademik macet, misalnya jadwal kuliah yang bentrokan, jadwal ujian
yang tidak sesuai dengan mata kuliahnya, dengan adanya masalah seperti ini
sudah sangat menghambat kelancaran proses belajar mengajar. Berdasarkan uraian
diatas terlihat jelas bahwa sistem pelayanan akademik yang diberikan kepada
mahasiswa mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung proses belajar
mengajar antara mahasiswa dengan dosen, untuk mencapai tujuan yang baik. Oleh
karena itu, penulis terdorong untuk mengetahui mengenai sistem pelayanan
akademik di Fakultas Ekonomi yang kita cintai ini sehingga akhirnya si penulis
menuliskannya, Adapun judul dari tugas akhir ini adalah “Sistem Pelayanan
Akademik pada Fakultas Ekonomi .” 1.2 Perumusan Masalah Dari uraian
diatas, maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar materi yang akan dibahas
tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai dengan kebutuhan yang
diharapkan.
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka
masalah pokok yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah: “Apakah Sistem
pelayanan
Akademik pada Fakultas Ekonomi sudah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.” 1.3 Tujuan Penelitian Adapun
yang menjadi tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah :
1. Untuk mengetahui bagaimana sistem
pelayanan akademik yang ada pada Fakultas Ekonomi
2. Untuk meningkatkan bagaimana
pelayanan kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat mengetahui berbagai pengetahuan
di akademik.
3. Untuk mengetahui pelayanan kepada mahasiswa dalam upaya
meningkatkan efisiensi kinerja pegawai pada bagian akademik Fakultas Ekonomi .
1.4 Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang ingin dicapai dari penelitian yang
dilakukan oleh Penulis adalah :
1. Menambah pengetahuan dan wawasan
pemikiran penulis tentang pelayanan kepada mahasiswa pada Akademik Fakultas
Ekonomi Sumatera Utara
2. Sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi penulis
karena dapat langsung terjun ke lapangan untuk mendapatkan data dan informasi
mengenai pelayanan kepada mahasiswa yang dijalankan oleh Fakultas Ekonomi USU.
3. Dapat digunakan sebagai bahan
masukan dan pertimbangan bagi instansi agar dapat melaksanakan aktivitas dengan
lebih efisien, efektif serta lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan demi
kelancaran instansi dalam mencapai tujuannya.
4. Sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan Tugas Akhir
bagi peneliti lain yang ingin meneliti mengenai pelayanan kepada mahasiswa.
1.5 Sistematika Penulisan Tugas Akhir ini dibagi dalam 4 bab yang setiap bab nya
terdiri dari beberapa sub bagian, yaitu: BAB I : PENDAHULUAN Membahas
tentang latar belakang, permasalahan, maksud dan tujuan, dan rencana penulisan
yang terdiri dari jadwal survey / observasi dan rencana isi. BAB II : PROFIL
FAKULTAS EKONOMI Membahas tentang
sejarah ringkas, struktur organisasi dan personalia, job description,
jaringan usaha / kegiatan, kinerja usaha terkini dan rencana kegiatan. BAB
III : TOPIK PENELITIAN Berisikan pembahasan masalah yang terdiri dari
pengertian sistem, pengertian pelayanan, strategi layanan, karakteristik
pelayanan, kualitas pelayanan, serta sistem pelayanan Akademik pada Fakultas
Ekonomi . BAB IV : KESIMPULAN DAN
SARAN
Membahas mengenai kesimpulan pembahasan, dan saran yang
berkaitan dengan sistem pelayanan akademik pada Fakultas Ekonomi .
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi