1
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Unsur
utama dalam setiap program manajemen kepegawaian dalam suatu organisasi adalah
analisis jabatan (Job Analysis). Analisis jabatan (Job Analysis)
diartikan sebagai suatu penentuan dan isi suatu jabatan yang meliputi
tugas,tanggung jawab, dan hubungan dengan jabatan lain dalam organisasi, serta
persyaratan yang dibutuhkan agar seseorang mampu melaksanakan tugas-tugas dalam
jabatan yang diembannya dengan baik. Melalui analisis jabatan (Job Analysis)
akan diperoleh berbagai ukuran yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan
dalam fungsi-fungsi manajemen SDM lainnya. Proses analisis jabatan (Job
Analysis) menghasilkan dua dokumen yang penting, uraian jabatan (Job
Description) dan persyaratan jabatan (Job Specification).
Uraian
jabatan (Job Description) adalah suatu pernyataan tertulis tentang
tugas-tugas, kewajiban-kewajiban, perilaku-perilaku yang diperlukan dalam suatu
jabatan tertentu, bagaimana hal itu dilakukan, dan perlengkapan apa yang
digunakan. Gagasan untuk mengadakan uraian jabatan (Job Description)
dalam suatu organisasi sebagai dasar untuk seleksi dan penempatan pegawai
bukanlah suatu hal yang baru. Gagasan uraian jabatan yang dibuat secara
cermat
dan terperinci, serta penyusunan iktisar kewajiban-kewajiban dan tanggung
jawab-tanggung jawab setiap jabatan yang dilakukan dengan baik sangatlah
penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan.
Sumber Daya
Manusia yang produktif dalam suatu organisasi dapat tercapai apabila
karyawan-karyawan yang terdapat di dalamnya memiliki disiplin yang tinggi,
kemampuan yang luas, pemahaman akan pekerjaannya, yaitu mengetahui apa saja
yang harus dilaksanakannya, bagaimana pelaksanaan pekerjaan tersebut sesuai
dengan bagian dan jabatannya, serta bertanggungjawab atas pekerjaannya
tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka seorang karyawan harus memahami uraian
jabatan (Job Description) sesuai bidangnya dalam memiliki kontribusi
yang diharapkan dari jabatannya. Uraian jabatan (Job Description) ini
merupakan output yang dihasilkan Job Analysis atau analisis jabatan
yaitu suatu penentuan dan isi suatu jabatan yang meliputi tugas, tanggung
jawab, dan hubungan dengan jabatan lain dalam organisasi, serta persyaratan
yang dibutuhkan agar seseorang mampu melaksanakan tugas-tugas dalam jabatan
yang diembannya dengan baik. Seringkali pemahaman tentang Job Description serta
kontribusi yang diharapkan dari jabatan tersebut tidak diperhatikan oleh setiap
organisasi, baik instansi pemerintah maupun swasta sehingga dapat kita lihat
proses pelaksanaan suatu pekerjaan tidak teratur, pekerjaan-pekerjaan rutin
terbengkalai dan karyawan yang kurang bertanggung jawab terhadap pekerjaannya
karena kurang paham apa fungsi uraian tugas-tugas pokok yang harus dikerjakan
dan tanggung jawab yang harus dipikul oleh karyawan atau pegawai tersebut
dibagian mana ia ditempatkan. Selain itu, juga menimbulkan
keletihan
karyawan atau pegawai dalam bekerja karena pekerjaan akan terasa rumit akibat
karyawan atau pegawai tidak memahami Job Description pada jabatannya.
Padahal apabila
perusahaan memperhatikan pentingnya pemahaman Job Description dan setiap
karyawan ataupun pegawai mempelajari dan mengusai Job Description pada
bidangnya masing-masing maka hal itu akan dapat meningkatkan efektivitas kerja
karyawan/pegawai dan produktivitas kerja akan tercapai.Pemahaman mengenai
uraian jabatan (Job Description) yang baik akan sangat mempengaruhi
kinerja perusahaan. Maka perlu dilakukan tata kelola Job Description yang
baik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Pekerjaan itu dibagi dalam
pelaksanaan – pelaksanaan yang sederhana dan menentukan waktu dari
pelaksanaan-pelaksanaan ini dengan harapan dapat mempercepat penyelesaian
jabatan melalui penyederhanaan kerja dan pemberian dorongan upah. Informasi
yang diperoleh dari analisis jabatan tersebut dapat digunakan untuk menentukan
karakteristik apa yang harus dimiliki seseorang yang akan menduduki jabatan
tertentu.Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia
sangat bergantung pada informasi yang diperoleh dari analisis jabatan.Informasi
dari analisis jabatan dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan penarikan dan
seleksi, keperluan kompensasi, keperluan penilaian kinerja, serta untuk
keperluan pelatiahan begitu pentingnya analisis jabatan ini sehingga
mengharuskan organisasi untuk tetap melakukan uraian terhadap jabatan dalam
organisasi agar proses pekerjaan dalam organisasi dapat berjalan dengan lancar.
Fakultas
Ekonomi yang mengemban visi menjadi
salah satu Fakultas Ekonomi terkemuka yang dikenal unggul dan mampu memenuhi
kebutuhan pasar dalam persaingan global menjadi salah satu alasan pentingnya
tata kelola dan kemampuan manajerial yang baik dalam rangka mewujudkan
cita-cita tersebut. Oleh karena itu, manajemen yang menyangkut perencanaan,
pengorganisasian, aktualisasi, pengawasan, manajemen sumber daya manusia, serta
rencana kerja dan anggaran tahunan dan pelaksanaan pemantauan serta evaluasi
kegiatan dilingkungan Fakultas Ekonomi menjadi begitu penting.Begitu pula
terhadap pemahaman tentang uraian tugas (job description) yang baik yang
merupakan upaya untuk menciptakan keteraturan di dalamnya.
Adanya Job
Description (uraian jabatan) sebagai hasil dari analisis jabatan sangat
berperan dalam pelaksanaan tugas-tugas dan tanggung jawab karyawan.Secara garis
besar kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam suatu kantor meliputi bidang
kepegawaian, perlengkapan, humas dan sebagainya. Yang semua itu tidak terlepas
dan kegiatan administrasi perkantoran.Walupun demikian yang dilakukan oleh suatu
kantor tidaklah sama meskipun dibidang usaha yang sejenis.
Sebuah
organisasi harus menyusun sistem administrasi yang sesuai dengan kebutuhannya
agar dapat memperlancar kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sehingga Permasalahan yang akan diambil dari penulisan tugas akhir ini adalah “TATA
KELOLA KEGIATAN ADMINISTRASI PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN FAKULTAS EKONOMI ”.
B.
Perumusan Masalah
Bagaimana Tata
kelola kegiatan administrasi pada bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi
C. Tujuan
Penelitian
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui Tata kelola kegiatan administrasi pada
bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi dan
guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Program
Studi Diploma III di Fakultas Ekonomi USU.
D. Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat
penelitian ini adalah :
a. Bagi Penulis
Menambah dan
mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya mengenai Tata kelola kegiatan
administrasi pada bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi
b. Bagi
perusahaan
Sebagai bahan
pertimbangan dalam mengambil langkah pada masa yang akan datang untuk lebih
memperhatikan setiap kebutuhan yang diperlukan untuk dilengkapi dan digunakan
untuk kemajun perusahaan.
c. Bagi pihak
lain
Sebagai bahan
masukan dalam mempelajari kegiatan dan peran perusahaan dalam lingkungan
masyarakat luas khususnya pada Tata kelola
kegiatan
administrasi pada bagian kepegawaian Fakultas Ekonomi .
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi