BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Persaingan di dunia usaha
dagang khususnya produk pakaian sangat kompetitif.
Diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan persaingan dengan usaha yang sejenis apalagi berlokasi di pasar yang sama.
Pemilihan strategi
yang tepat untuk digunakan adalah bagaimana memilih dan menerapkan
strategi tersebut, sehingga dapat mempengaruhi calon konsumen agar menjadi konsumen atau pelanggannya yang
setia. Persaingan pasti akan terjadi
diantara pelaku usaha dalam memasarkan produk yang dijualnya, sehingga pasar sangat kompetitif. Untuk itu setiap
usaha dagang harus berusaha dengan sungguh-sungguh menerapkan strategi
pemasaran dengan sebaik-baiknya untuk lebih
menarik minat para calon konsumen atau
pelanggan.
Berbagai usaha
dagang yang tumbuh khususnya yang bergerak dalam busana muslim pada dekade lima tahun terakhir
ini, telah memunculkan kondisi peningkatan
permintaan akan produk busana muslim dan sekaligus munculnya banyak usaha dagang yang bergerak dalam bisnis
busana muslim. Masyarakat konsumen saat
ini diberikan kemudahan cukup luas untuk memilih busana muslim yang disukainya karena banyaknya pusat
penawaran busana muslim yang sudah lama
ada maupun usaha yang benar-benar baru mencoba menjalankan bisnis ini.
Munculnya berbagai
pusat penjualan busana muslim mengakibatkan konsumen diberikan banyak pilihan jenis produk yang akan mereka gunakan sesuai
dengan keinginan dan kebutuhannya.
Pengusaha tentunya akan berusaha dengan segala kemampuan yang ada untuk mencoba menawarkan
kepada konsumen produkproduknya agar dapat memberikan tingkat kepuasan terhadap
kebutuhan dan keinginan konsumen.
Salah satu cara
untuk dapat merebut hati konsumen agar membeli produk yang ditawarkan adalah dengan cara menerapkan
strategi pemasaran yang salah satu
elemennya adalah dengan bauran pemasaran (marketing mix).Menurut Supranto (2007:6), bauran pemasaran (marketing
mix) yaitu mencakup penentuan fitur
produk, harga, komunikasi, distribusi, dan pelayanan yang akan memberikan konsumen suatu nilai lebih. Unsur bauran
pemasaran yang digunakan dalam penelitian
ini adalah produk (product), harga (pricing), promosi (promotion), lokasi (place), orang (people) dan layanan
konsumen (customer service).
Menurut Setiadi
(2003:25), konsumen adalah raja. Konsumen adalah individu konsumen dan pembeli berbentuk
organisasi yang menukarkan sumber daya
untuk berbagai macam barang dan jasa. Sedangkan minat adalah keinginan, kehendak, dan kesukaan seseorang. Untuk
mengetahui apakah perusahaan dapat menarik
minat seseorang terhadap suatu produk baik barang maupun jasa, maka terlebih dahulu suatu perusahaan harus
mengadakan penentuan pasar supaya apa yang
diinginkan oleh konsumen sesuai dengan yang ditawarkan oleh perusahaan.
Toko Hj.Isma Lubis
merupakan salah satu usaha yang khusus menjual pakaian muslim secara grosir ataupun eceran.
Usaha dagang ini menjual aneka produk
busana muslim yang terdiri dari busana muslim stelan pakaian jadi yaitu busana blus dan celana panjang, busana muslim jenis
gamis/abaya, blus muslim, dan juga ada
bahan untuk busana muslim. Usaha dagang ini juga dilengkapi berbagai barang kebutuhan wanita muslim antara
lain Assesoris, Tas, Jilbab tetapi dalam
porsi yang sedikit dibandingkan bisnis utama yaitu Busana Muslim Wanita.
Dalam menjalankan
usaha dagangnya Toko Hj.Isma Lubis menjalankan strategi pemasaran yang khusus/spesifik dalam
rangka menarik pelanggan atau calon
pelanggan dan mempertahankan pelanggan setia sehingga dalam kurun waktu 11 tahun, usaha ini tetap bertahan dan
terjadi peningkatan yang signifikan dalam
volume penjualan. Hal ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut : Tabel 1.1 Jumlah Penjualan Toko Hj.Isma Lubis Pasar Petisah Medan (2007-2010) Tahun
Jumlah Penjualan 2007
Rp.1.673.655.000.
2008 Rp.2.222.171.000.
2009 Rp.2.258.660.000.
2010 Rp.2.440.220.000.
Sumber : Toko
Hj.Isma Lubis Pasar Petisah Medan. (2010) Dalam usaha bisnisnya terjadi persaingan usaha
yang cukup kuat. Hal ini dapat terlihat
dari banyaknya usaha sejenis di lokasi yang sama maupun di Pasar Tradisionil lainnya dan juga ada di Pusat
Perbelanjaan Modern. Persaingan usaha busana
muslim di Pasar Petisah Medan terlihat dari data berikut ini : Tabel 1.2 Jumlah Toko Busana Muslim dan Toko Lainnya Pasar Petisah Medan Keterangan Lantai I
Lantai II Jumlah Toko
Terdaftar 400 1400
1800 Toko Busana Muslim 105 360
465 Toko Jenis Lainnya 295 1040
1335 Sumber: PD.Pasar Petisah Medan Tahap I Medan 2010. (diolah) Tabel
1.2 menunjukkan bahwa di Pasar Petisah Tahap I Medan saat ini terdapat +/- 465 toko yang sejenis dan sama
dengan Toko Hj.Isma Lubis.
Persaingan pasti
sangat ketat oleh karena itu produk
yang ditawarkan haruslah produk yang baik, unggul dalam kualitas bahan maupun model,Sehingga
konsumen berkenan untuk memilikinya.
Biasanya konsumen akan tertarik pada suatu
model busana muslim pada merk tertentu yang telah dikenal ataupun sudah pernah dikenakannya.
Busana muslim yang
dicari pelanggan biasanya busana yang nyaman dipakai, model design terbaru dengan kualitas
yang memadai sebanding dengan harga yang
ditawarkan. Merk busana, toko penjual, reputasi nama penjual atau pedagang, juga dapat menjadi faktor sebagai
daya pemikat bagi minat konsumen untuk
membeli busana muslim seperti pada Toko Hj.Isma Lubis yang telah cukup dikenal pelanggan di Pasar Petisah Medan
lebih khususnya pusat busana muslim di
Lantai II Pasar Petisah Medan. Berdasarkan gambaran di atas peneliti tertarik
untuk mengkaji lebih dalam dan melakukan
penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Dalam Membeli Busana
Muslim Pada Toko Hj.Isma Lubis Pasar
Petisah Medan “.
1.2. Perumusan
Masalah Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan sebelumnya, maka peneliti merumuskan
masalah sebagai berikut : apakah bauran
pemasaran yang dilakukan Toko Hj.Isma
Lubis Pasar Petisah Medan berpengaruh
positif dan signifikan? 1.3. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis
penerapan bauran pemasaran yang
dilakukan oleh Toko Hj.Isma Lubis Pasar Petisah
Medan.
1.4. Manfaat
Penelitian Manfaat dalam penelitian ini adalah:
a. Bagi peneliti, penelitian ini bermanfaat untuk memperdalam
pengetahuan dan cakrawala berpikir
ilmiah di bidang pemasaran khususnya
minat membeli.
b. Bagi Toko
Hj.Isma Lubis sendiri adalah sebagai
informasi untuk mengetahui keefektifan dan masukan,
pelaksanaan bauran pemasaran dalam meningkatkan minat konsumen pada
produk -
produk Toko Hj.Isma Lubis Pasar Petisah Medan.
c. Bagi peneliti
lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat di manfaatkan sebagai tambahan referensi untuk melakukan
penelitian tentang bauran pemasaran dan
minat konsumen.
Download lengkap Versi Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi