Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN DALAM MEMBELI BUSANA MUSLIM PADA TOKO HJ. ISMA LUBIS



BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang  
 Persaingan di dunia usaha dagang khususnya produk pakaian sangat  kompetitif. Diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan  persaingan dengan usaha  yang sejenis apalagi berlokasi  di pasar yang sama.

Pemilihan strategi yang tepat untuk digunakan adalah bagaimana memilih dan  menerapkan  strategi tersebut, sehingga dapat mempengaruhi calon  konsumen  agar menjadi konsumen atau pelanggannya yang setia. Persaingan pasti akan  terjadi diantara pelaku usaha dalam memasarkan produk yang dijualnya, sehingga  pasar sangat kompetitif. Untuk itu setiap usaha dagang harus berusaha dengan sungguh-sungguh menerapkan strategi pemasaran dengan sebaik-baiknya untuk  lebih menarik minat para calon  konsumen atau pelanggan.
Berbagai usaha dagang yang tumbuh khususnya yang bergerak dalam  busana muslim pada dekade lima tahun terakhir ini, telah memunculkan kondisi  peningkatan permintaan akan produk busana muslim dan sekaligus munculnya  banyak usaha dagang yang bergerak dalam bisnis busana muslim. Masyarakat  konsumen saat ini diberikan kemudahan cukup luas untuk memilih busana muslim  yang disukainya karena banyaknya pusat penawaran busana muslim yang sudah  lama ada maupun usaha yang benar-benar baru mencoba menjalankan bisnis ini.
Munculnya berbagai pusat penjualan busana muslim mengakibatkan konsumen   diberikan banyak pilihan  jenis produk yang akan mereka gunakan sesuai dengan  keinginan dan kebutuhannya. Pengusaha tentunya akan berusaha dengan segala  kemampuan yang ada untuk mencoba menawarkan kepada konsumen produkproduknya agar dapat memberikan tingkat kepuasan terhadap kebutuhan dan  keinginan konsumen.
Salah satu cara untuk dapat merebut hati konsumen agar membeli produk  yang ditawarkan adalah dengan cara menerapkan strategi pemasaran yang salah  satu elemennya adalah dengan bauran pemasaran (marketing mix).Menurut  Supranto (2007:6), bauran pemasaran (marketing mix) yaitu mencakup penentuan  fitur produk, harga, komunikasi, distribusi, dan pelayanan yang akan memberikan  konsumen suatu nilai lebih. Unsur bauran pemasaran yang digunakan dalam  penelitian ini adalah produk (product), harga (pricing), promosi (promotion),  lokasi (place), orang (people) dan layanan konsumen (customer service).
Menurut Setiadi (2003:25), konsumen adalah raja. Konsumen adalah  individu konsumen dan pembeli berbentuk organisasi yang menukarkan sumber  daya untuk berbagai macam barang dan jasa. Sedangkan minat adalah keinginan,  kehendak, dan kesukaan seseorang. Untuk mengetahui apakah perusahaan dapat  menarik minat seseorang terhadap suatu produk baik barang maupun jasa, maka  terlebih dahulu suatu perusahaan harus mengadakan penentuan pasar supaya apa  yang diinginkan oleh konsumen sesuai dengan yang ditawarkan  oleh perusahaan.
Toko Hj.Isma Lubis merupakan salah satu usaha yang khusus menjual  pakaian muslim secara grosir ataupun eceran. Usaha dagang ini menjual aneka   produk busana muslim yang terdiri dari busana muslim stelan pakaian jadi yaitu  busana blus dan celana panjang, busana muslim jenis gamis/abaya, blus muslim,  dan juga ada bahan untuk busana muslim. Usaha dagang ini juga dilengkapi  berbagai barang kebutuhan wanita muslim antara lain Assesoris, Tas, Jilbab tetapi  dalam porsi yang sedikit dibandingkan bisnis utama yaitu Busana Muslim Wanita.
Dalam menjalankan usaha dagangnya Toko Hj.Isma Lubis menjalankan  strategi pemasaran yang khusus/spesifik dalam rangka menarik pelanggan atau  calon pelanggan dan mempertahankan pelanggan setia sehingga dalam kurun  waktu 11 tahun, usaha ini tetap bertahan dan terjadi peningkatan yang signifikan  dalam volume penjualan. Hal ini dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut : Tabel 1.1  Jumlah Penjualan Toko Hj.Isma Lubis  Pasar Petisah Medan (2007-2010)  Tahun  Jumlah Penjualan 2007  Rp.1.673.655.000.
2008  Rp.2.222.171.000.
2009  Rp.2.258.660.000.
2010  Rp.2.440.220.000.
Sumber : Toko Hj.Isma Lubis Pasar Petisah Medan. (2010)  Dalam usaha bisnisnya terjadi persaingan usaha yang cukup kuat. Hal ini  dapat terlihat dari banyaknya usaha sejenis di lokasi yang sama maupun di Pasar   Tradisionil lainnya dan juga ada di Pusat Perbelanjaan Modern. Persaingan usaha  busana muslim di Pasar Petisah Medan terlihat dari data berikut ini : Tabel 1.2  Jumlah Toko Busana Muslim dan Toko Lainnya  Pasar Petisah Medan Keterangan   Lantai I  Lantai II  Jumlah Toko Terdaftar  400  1400  1800 Toko Busana Muslim  105    360   465 Toko Jenis Lainnya  295  1040  1335 Sumber: PD.Pasar Petisah Medan Tahap I Medan 2010. (diolah) Tabel 1.2 menunjukkan bahwa di Pasar Petisah Tahap I Medan saat ini  terdapat +/- 465 toko yang sejenis dan sama dengan Toko Hj.Isma Lubis.
Persaingan pasti sangat ketat oleh karena itu produk   yang ditawarkan haruslah produk yang baik,  unggul dalam kualitas bahan maupun model,Sehingga  konsumen berkenan untuk memilikinya. Biasanya konsumen akan tertarik pada  suatu model busana muslim pada merk tertentu yang telah dikenal ataupun sudah  pernah dikenakannya.
Busana muslim yang dicari pelanggan biasanya busana yang nyaman  dipakai, model design terbaru dengan kualitas yang memadai sebanding dengan  harga yang ditawarkan. Merk busana, toko penjual, reputasi nama penjual atau  pedagang, juga dapat menjadi faktor sebagai daya pemikat bagi minat konsumen  untuk membeli busana muslim seperti pada Toko Hj.Isma Lubis yang telah cukup   dikenal pelanggan di Pasar Petisah Medan lebih khususnya pusat busana muslim  di Lantai II Pasar Petisah Medan.   Berdasarkan gambaran di atas peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam  dan melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran  Terhadap Minat Konsumen Dalam Membeli Busana Muslim Pada Toko  Hj.Isma Lubis Pasar Petisah Medan “.
1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan sebelumnya, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut :  apakah bauran pemasaran yang dilakukan  Toko Hj.Isma Lubis Pasar Petisah Medan  berpengaruh positif dan signifikan? 1.3. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  dan menganalisis  penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh Toko Hj.Isma Lubis Pasar  Petisah Medan.
1.4. Manfaat Penelitian Manfaat dalam penelitian ini adalah:  a. Bagi peneliti, penelitian ini bermanfaat untuk memperdalam pengetahuan  dan cakrawala berpikir ilmiah di bidang pemasaran khususnya  minat  membeli.
b. Bagi Toko Hj.Isma Lubis sendiri adalah  sebagai informasi  untuk  mengetahui keefektifan dan masukan, pelaksanaan    bauran pemasaran  dalam meningkatkan minat konsumen pada produk  -  produk   Toko  Hj.Isma Lubis Pasar Petisah Medan.
c. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat di manfaatkan  sebagai tambahan referensi untuk melakukan penelitian tentang bauran  pemasaran dan minat konsumen.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi