Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HOTEL CHERRY PINK KH.WAHID HASYIM



BAB I PENDAHULUAN
 1.1. Latar Belakang Masalah 
Hotel merupakan suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan  menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur  kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar  dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima  (Sulastyono,2006:5). Berdasarkan SK. Menparpostel No. KM 37/PW 340/ MPPT-86 hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau  seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman  serta jasa pengunjung lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melahirkan era baru  dalam dunia bisnis perhotelan. Perusahaan perhotelan saling bersaing untuk  memenuhi pangsa pasar yang menuntut kualitas pelayanan yang semakin baik.  Oleh karena itu perusahaan perhotelan semakin banyak memperkuat strateginya  dalam bersaing agar menjadi perusahaan unggul. Berdasarkan SK Direktorat  Jenderal Pariwisata penggolongan hotel ditandai dengan bintang yang disusun  mulai dari hotel berbintang satu sampai dengan yang tertinggi adalah hotel dengan  bintang lima. Sedangkan penginapan dengan fasilitas di bawah hotel berbintang,  yang disebut hotel melati. Di samping hotel berbintang dan melati, terdapat jenis  penginapan lain dengan nama wisma, home stay, losmen, dan sebagainya.
 Hotel melati semakin berkembang, para pesaing hotel melati semakin  banyak melakukan strategi-strategi dalam meningkatkan daya saing hotel. Hotel  Cherry Pink merupakan hotel melati yang menjadi tempat penginapan yang  banyak dikunjungi para wisatawan. Dengan letak yang strategis, berada di pusat  kota dan tidak jauh dari bandara Internasional Polonia Medan. Di samping itu  harga sewa kamar yang terjangkau bagi para wisatawan kalangan menengah ke bawah dan ke atas. Pelayanan yang diberikan juga memberikan kepuasan bagi  pelanggan dan dari segi fasilitas juga sangat memadai yaitu tersedianya peralatan  elektronik seperti televisi, dvd player, kulkas dan air conditioner di setiap kamar.  Hotel Cherry Pink juga mempunyai beberapa cabang seperti Cherry Red, Cherry  Green, dan Cherry Garden. Sehingga Hotel Cherry Pink termasuk hotel melati  yang berkembang dan banyak diminati para wisatawan domestik, yang tidak kalah  bersaing dengan hotel melati lainnya.  Hotel Cherry Pink mampu bertahan dan bersaing dengan hotel lainnya  karena Hotel Cherry Pink merupakan hotel keluarga yang bernuansa islami. Yang  sangat mengutamakan syariah islam yaitu hanya pasangan yang sudah menikah  yang boleh menginap satu kamar, juga mewajibkan karyawan memakai jilbab dan  peci, juga meningkatkan pelayanan kepada konsumen atau tamu hotel. Serta menjalin kerja sama dengan perusahaan taksi (blue bird) dalam hal pelayanan  trasportasi hotel. Sehingga memiliki citra yang baik di masyarakat khususnya di  daerah medan baru dan menjadikan suatu perbedaan dengan hotel-hotel melati sejenis lainnya. Berikut adalah harga sewa kamar di Hotel Cherry Pink  Tabel 1.1 Harga Sewa Kamar Hotel Cherry Pink Tipe Kamar  Harga Standard Room  Rp. 120.000 De Luxe Room  Rp. 150.000 Executive Room  Rp. 170.000 Cherry De Luxe  Rp. 200.000 Cherry Suite  Rp. 250.000 Sumber : Hotel Cherry Pink (2011) Dalam persaingan Hotel Cherry Pink yang menjadi tantangan terbesar  Hotel Cherry Pink pada saat sekarang ini adalah banyak terdapat hotel melati baru di sekitar daerah medan baru seperti: Aceh House, Darussalam House, Wahid Inn,  Jangga House. Adapun konsep yang diterapkan hotel melati yang ada di sekitar  daerah medan baru sama dengan yang diterapkan oleh konsep Hotel Cherry Pink  yaitu menerapkan hotel keluarga yang bernuansa islami dengan mengutamakan  syariah, juga mewajibkan karyawan  memakai jilbab dan peci serta hanya  membolehkan menginap satu kamar bagi pasangan yang sudah menikah. Oleh  karena itu Hotel Cherry Pink berusaha menawarkan yang berbeda dari pesaing  seperti dari segi harga Hotel Cherry Pink lebih terjangkau dari pada pesaing,  pelayanan yang semakin memuaskan dan brand image yang baik di kalangan  konsumen.  Seiring berkembangnya Aceh House pada saat ini, Aceh House membuat strategi  dengan membuat cabang baru sehingga memudahkan pelanggan untuk menjangkau  keberadaan Aceh House. Yang menjadi ciri khas Aceh House adalah membuat simbol  bahwa Aceh House merupakan hotelnya orang Aceh. Sedangkan, Darussalam House memiliki strategi dengan mengambil nama jalan darussalam sebagai nama hotel, Hal  inilah yang menarik pelanggan sehingga dapat memudahkan dalam mengingat nama hotel   dan jalan hotel. Untuk itu Hotel Cherry Pink dituntut untuk bersikap lebih inovatif dan  kreatif lagi dalam menarik para pelanggan yakni dengan meningkatkan  strategi  pemasaran. Karena dengan persaingan yang ketat dan tajam mengakibatkan perusahaan  membutuhkan antisipasi yang tepat dan akurat sehingga perusahaan dapat memasarkan  produknya di pasar, dan apabila memungkinkan akan menjadi pemimpin pasar.  Perusahaan harus menjalankan semua operasinya secara efektif dan  efesien tidak terkecuali di bidang pemasaran. Strategi perusahaan, khususnya  strategi pemasaran merupakan langkah yang tepat yang harus ditempuh dan  direalisasikan oleh setiap perusahaan yang ingin dapat bertahan di pasar. Strategi  pemasaran yang dilakukan Hotel Cherry Pink seperti memperindah ruangan  kamar , memberi diskon event serta desain iklan agar para wisatawan tertarik  untuk menginap di Hotel Cherry Pink.
Dalam mengembangkan Hotel Cherry Pink maka dilakukan analisis yang  berkaitan dengan peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan oleh hotel guna  memajukan usahanya. Strategi terhadap lingkungan eksternal dapat ditetapkan  dengan mengetahui apa yang menjadi ancaman (threats) dan apa yang menjadi  peluang (opportunities) bagi perusahaan. Setelah mengetahui lingkungan  eksternal yang dihadapi maka analisis lingkungan internal perlu dilakukan guna  mengetahui apa yang menjadi kekuatan (strengths) dan apa yang menjadi  kelemahan (weaknesses) dari perusahaan. Dengan demikian perusahaan selalu  dapat beradaptasi dengan lingkungannya sehingga upaya untuk mencapai tujuan  perusahaan senantiasa akan dapat dicapai.
Untuk mengetahui peluang-peluang maka diperlukan kecenderungan   pasar, perubahan perilaku tamu yang mungkin dapat menghambat usaha di masa  depan. Mengantisipasi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi di masa depan  yang dapat menghambat keberhasilan usaha, untuk mengantisipasinya maka  diperlukan strategi analisis SWOT yang merupakan alat yang dapat merumuskan  strategi perusahaan yang didasarkan pada kekuatan (Strengths) dan peluang  (Opportunities), namun secara bersama dapat meminimalkan kelemahan  (Weaknesses) dan ancaman (Threats).  Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan  pengembangan misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian  perencana strategis (strategic planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis  perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam kondisi yang ada  saat ini (Rangkuti,1997:19). Di dalam skripsi ini akan dibahas mengenai “Analisis  SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Hotel Cherry  Pink”.
1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka  perumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah strategi analisis SWOT dapat  meningkatkan daya saing Hotel Cherry Pink?” 1.3. Tujuan Penelitian Berdasarkan identifikasi masalah tersebut diatas, maka yang menjadi  tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi analisis SWOT dalam   meningkatkan daya saing pada Hotel Cherry Pink.
1.4. Manfaat Penelitian Adapun manfaat dari penelitian ini adalah: a.  Bagi Perusahaan Penelitian ini diharapkan dapat memberikan bahan masukan bagi perusahaan  Hotel Cherry Pink dalam meningkatkan daya saing dengan menggunakan  strategi analisis SWOT.
b.  Bagi Peneliti Penelitian ini bermanfaat dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan  wawasan penulis tentang teori-teori analisis SWOT dalam bisnis perhotelan.
c.  Bagi pihak lain Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai bahan referensi  bagi penelitian selanjutnya dengan pembahasan terhadap masalah yang  sama.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi