BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan dan peningkatan
jasa pelayanan perusahaan dari tahun ke tahun
semakin menjadi perhatian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan dalam mencapai kualitas
pelayanan yang optimal, Orientasi dunia
pemasaran (marketing) telah mengalami
perubahan dari product orientied kepada
customer statisfied oriented. Dalam hal ini perusahaan harus mempertimbangkan loyalitas
konsumen/pengguna jasa selain pencapaian
keuntungan maksimal.
Perusahaan sering menghadapi masalah yaitu belum mampu memberikan sesuatu hal yang benar-benar
diharapkan pengguna jasa. Faktor utama
tersebut berasal dari pelayanan yang berkualitas rendah. Pada perusahaan jasa pelayanan merupakan strategi
perusahaan untuk merebut pangsa pasar
dalam menghadapi persaingan dengan memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas.
Mengantisipasi kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang
harus diprioritaskan oleh
perusahaan-perusaan jasa adalah mengemukakan caranya agar pelanggan menjadi loyal sehingga
perusahaan tersebut dapat bertahan, bersaing
dan menguasai pangsa pasar. Adapun kualitas pelayanan dinilai berdasarkan kehandalan atau kemampuan dalam
memberikan pelayanan sesuai dengan yang
dijanjikan, daya tanggap memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat, merupakan jaminan yang diberikan stockist center K-link Medan sehingga pelanggan bisa memberikan
kepercayaan, empati atau perhatian yang
diberikan untuk memahami keinginan pelanggan dan bukti fisik yang tersedia.
PT.K-link Nusantara
merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang
Multy Level Marketing yang
menditribusikan produk-produk kesehatan
berupa makanan suplemen. Dalam kegiatan usahanya PT. K-link Nusantara dibantu
oleh stockist center nya yang berada di setiap kabupaten di seluruh Indonesia, yang berperan sebagai
penyalur produk bagi distributor/anggota
.
Stockist center
K-link cabang tomang elok medan merupakan salah satu stockist K-link yang menyuplai produk-produk K-link
bagi wilayah kota Medan dan
sekitarnya. Pada awal diresmikan tahun 2006, omset yang diraih oleh stokist center medan ternbilang cukup
fantastis, tetapi terjadi penurunan pada
tahun 2009. Penurunan yang terjadi dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut: Tabel
1.1 Data Omset Penjualan2009 No Bulan
Omset 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Januari Februari Maret April Mei Juni Juli
Agustus September Oktober November Desember Rp.3.560.978.000 Rp.3.143.573.000 Rp.2.847.500.000
Rp.2.932.517.000 Rp.2.302.125.000 Rp.1.843.065.000 Rp.2.027.110.000 Rp.1.900.118.000
Rp.1.712.712.000 Rp.1.752.543.000 Rp.1.636.070.000 Rp.1.508.893.000 Sumber :
PT. K-link Nusantara Stockist Center Medan
Loyalitas pelanggan pada stockiest center K-Link Medan dapat juga terlihat dari omset penjualan 2009. Loyalitas
pelanggan terbentuk karena adanya rasa
puas setelah menggunakan produk yang ditawarkan oleh K-Link.
Kepuasan setelah
menggunakan produk K-Link ini yang menimbulkan loyalitas pada diri pelanggan, sehingga
pelanggan akan melakukan pembelian ulang
terhadap produk yang ditawarkan oleh K-Link, bahkan kerap menawarkannya kepada kerabatnya.
Karena permasalahan
diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan
Pada Stockist CenterK-linkMedan”.
1.2 Perumusan
Masalah Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah dan hasil dari
penelitian pendahuluan yang penulis
lakukan pada Stockist center K-link maka dirumuskan
permasalahan sebagai berikut. “Apakah
Faktor-faktor yang terdiri dari bukti
langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
loyalitas pelanggan pada stockist
centerK-linkMedan?” 1.3 Tujuan Penelitian Berdasarkan uraian
permasalahan yang telah dikemukan sebelumnya, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai
berikut: a. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor–faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pada stockist
centerK-link Medan.
b.
Untuk mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan pada stockist centerK-link Medan.
1.4 Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan manfaat sebagai berikut: a. Bagi
peneliti Memperdalam tentang penelitian riset pasar guna mengaplikasikan terhadap ilmu yang diperoleh dalam bangku
kuliah.
b. Bagi perusahaan Memberikan informasi yang
berguna bagi stockist centerK-linkMedan dalam
upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
c. Bagi pihak lain Referensi bagi pihak-pihak
yang ingin meneliti tentang faktor–faktor loyalitas pelanggan.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi