Jumat, 21 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK HERBALIFE PADA PT.HERBALIFE



BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang 
Dinamika persaingan bisnis yang semakin sulit membawa implikasi pada upaya  yang berkesinambungan agar produk dapat sampai ke konsumen di waktu yang tepat,  tempat yang tepat,  pada orang yang tepat, dan harga yang tepat. Sehingga bagian  pemasaran memiliki posisi strategis dalam upaya membawa perusahaan ke arah yang  lebih baik. Strategi pemasaran merupakan pegangan bagi perusahaan agar mempunyai  keunggulan dalam persaingan pasar, sekaligus mencari kecocokan antara kemampuan  internal perusahaan, dalam hal ini menjual produk ke konsumen dengan peluang ekstemal  yang ada di pasar yaitu pembeli potensial yang menyukai produk yang dijual tersebut.

Dengan demikian haruslah diketahui karakteristik pasar serta struktur pasar yang  dihadapi. Strategi pemasaran diarahkan untuk meningkatkan kemungkinan atau frekuensi  perilaku konsumen, seperti peningkatan kunjungan pada toko tertentu atau keputusan  pembelian produk tertentu. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan dan menyajikan  bauran pemasaran yang diarahkan pada pasar sasaran yang dipilih (Setiadi, 2003:9).
Marketing mix  digunakan dalam strategi pemasaran sebagai suatu cara untuk  mempengaruhi konsumen agar mau bertindak  membeli suatu product atau service,  termasuk produk industri jasa (Yoeti, 2004:26).
Demi memenangkan persaingan, perusahaan  harus bisa memahami keinginan  pasar yang ditunjang dengan suatu strategi pemasaran yang baik. Marketing mixadalah  kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk  mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. (Kotler, 2009:24). Konsep Bauran  Pemasaran (Marketing Mix) biasanya dijadikan competitive advantages atau keunggulan   bersaing dengan produk sejenis perusahaan lain, yang merupakan keunggulan dalam hal  produk (product), harga (price), lokasi (place), promosi (promotion). Hal-hal inilah yang  perlu diperhatikan perusahaan agar dapat memasuki persaingan di pasar yang semakin  ketat. Konsep bauran pemasaran ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk  menciptakan keputusan pembelian konsumen atas produk yang ditawarkan oleh  perusahaan serta untuk mengukur sebesar apa pengaruh dari bauran pemasaran tersebut  terhadap keputusan pembelian produk yang diambil oleh konsumen.  Keputusan  pembelian adalah suatu reaksi yang riil atas keberhasilan program pemasaran suatu  produk (Kotler, 2009:184)  Menyadari akan pentingnya pelanggan dalam menentukan kesuksesan suatu usaha  maka PT.Herbalife sebagai salah satu rumah nutrisi di Medan menggunakan bauran  pemasaran yang ada semaksimal mungkin dalam usaha untuk menciptakan keputusan  pembelian konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan khususnya  produk minuman nutrisi kesehatan tubuh yang menjadi produk utama dari perusahaan  agar usahanya tersebut dapat diterima dengan baik di pasar pencinta produk kesehatan di  Medan.
Bisnis produk kesehatan  sangat tergantung pada tingkat pembelian produk  kesehatan oleh konsumen, sebab jika tingkat  pembelian produk meningkat, maka  pertumbuhan dan tingkat okupansi juga akan meningkat. Peningkatan tersebut memicu  timbulnya persaingan antar perusahaan produk sejenis.  Oleh karena itu, maka  berkembanglah pola distribusi produk yang mengandalkan hubungan komunikasi melalui  networking antar manusia (jaringan sosial). Sistem pemasaran yang dimaksud tersebut yaitu Multi Level Marketing (MLM). Multi Level Marketing (MLM) merupakan suatu  cara penjualan yang mendistribusikan barang atau jasanya melalui jaringan oleh para  distributor, dimana jalur  distribusi produk diperpendek sehingga dari produsen ke   konsumen sebagai pemakai akhir. Perusahaan di Indonesia saat ini telah banyak yang  mempraktekkan sistem MLM dan menawarkan peluang besar bagi setiap orang yang  ingin memperoleh penghasilan tambahan atau mulai meniti karir baru.
Khusus untuk pasar produk mlm berkomoditi suplemen kesehatan di Indonesia  akhir-akhir ini mengalami peningkatan jumlah perusahaan. Untuk selengkapnya  perusahaan MLM yang memproduksi suplemen kesehatan dapat dilihat pada Tabel 1.1  berikut ini.
Tabel 1.1 Daftar  perusahaan MLM yang memproduksi suplemen kesehatan di Indonesia Sumber: www.kamerongeorge.com, www.tokomlm.com, diolah oleh penulis (Agustus, 2011)  Dari Tabel 1.1 tersebut dapat dilihat perusahaan MLM yang kesemuanya  memproduksi suplemen kesehatan sebagai produk unggulan. Herbalife merupakan salah  satu perusahaan yang menjalankan sistem MLM di Medan, dengan menjual nutrisi produk  No  Nama Perusahaan  Keterangan 1  Herbalife  Herbalife adalah perusahaan  MLM dari USA, yang  produknya termasuk nutrisi kesehatan, manajemen berat  badan, dan perawatan pribadi. Perusahaan telah  berkembang dengan pendapatan selama hampir $ 2,5 milyar  hanya 25 tahun. Produk unggulannya adalah Nutrition Shake  Mix Herbalife.
2  Tahitian Noni  Tahitian Noni International perusahaan MLM yang  memproduksi minuman kesehatan berbahan dasar buah  noni. . Dalam jangka kurang dari 10 tahun,penjualan  melebihi USD $500 juta. Tahitian Noni International  membuka pintu bisnisdengan produk tunggal Tahitian Noni  Juice.
3  K-Link  K-Link International adalah perusahaan MLM dari  Malaysia yang memproduksi minuman kesehatan, masuk  ke pasar bisnis dunia melalui Negara ASEAN,catatan  penjualan lebih dari RM 10 juta perbulan. Produk  unggulannya adalah K - Liquid Chlorophyll.
4  Tianshi  Tianshi Group adalah perusahaan MLM yang memproduksi  suplemen kesehatan yang asetnya di China bernilai RMB  2,1 Miliar,dengan produk unggulan  Nutrient High Calcium  Powder.
5  CNI  CNI adalah perusahaan MLM yang didirikan di Bandung  Indonesia, dengan pendapatan lebih dari Rp 100 juta perbulan, pada awalnya hanya memasarkan satu jenis produk impor  dari Jepang, yaitu Sun Chlorella A.
 sehat bagi tubuh yang dapat menurunkan berat badan, menaikkan berat badan,  mempertahankan berat badan, dan memperluas produknya di bidang perawatan kulit  wajah dan rambut. Herbalife telah berkembang dengan pendapatan selama hampir $ 2,5 milyar  hanya 25 tahun,dengan produk unggulannya adalah Nutrition Mix Shake,dapat dilihat pada  Gambar 1.1.
Gambar 1.1 Produk Nutrion Mix Shake Herbalife Sumber: www.herbalife.com Produk Herbalife yang dikenal di masyarakat adalah Nutrition Mix Shake yang  dapat menaikkan, menurunkan dan mempertahankan berat badan karena terbuat dari soy  protein kedelai , yaitu protein yang paling tinggi manfaatnya karena tidak memngandung  lemak.
Target dan Realisasi Penjualan produk pada PT. Herbalife Cabang Pringgan  Medan dapat dilihat pada Tabel 1.2 berikut ini.
Tabel 1.2 Target dan Realisasi Penjualan pada PT.Herbalife Cabang Pringgan Medan Dari Bulan Oktober 2010- Maret 2011 Sumber: PT Herbalife Cabang Pringgan Medan (Mei, 2011) Bulan  Target Penjualan (Rupiah) Realisasi Penjualan  (Rupiah) Oktober 2010  20.000.000  25.896.000 November 2010  25.000.000  41.613.000 Desember 2010  30.000.000  31.754.000 Januari 2011  35.000.000  36.540.000 Februari 2011  40.000.000  48.756.000 Maret 2011  45.000.000  46.619.000  Pada Tabel 1.2 dapat dilihat bahwa realisasi penjualan Herbalife Cabang Pringgan  Medan bersifat fluktuatif. Pada bulan Oktober hingga November 2010 terjadi peningkatan  penjualan, sedangkan pada bulan Desember hingga Januari 2011 terjadi penurunan  penjualan ,pada bulan Februari 2011 terjadi peningkatan,akan tetapi pada bulan Maret  2011 terjadi penurunan penjualan. Peningkatan realisasi penjualan produk Herbalife pada  bulan November 2010 dan bulan Februari 2011.
Herbalife Cabang Pringgan Medan membuat program promosi sarapan dan makan  malam sehat dengan produk Herbalife, yaitu dgn minum Herbalife Aloe Vera, shake  Herbalife yg terdiri dari 3 pilihan rasa Berry,Chocolate,dan Vanila, dan NRG Herbalife  Tea sebagai pengganti sarapan pagi dan makan malam. Harga yang ditawarkan juga  cukup terjangkau program 1x minum Rp 20.000,-. Herbalife Pringgan medan juga  menjual nutrisi luar tubuh, seperti Herbal Aloe Bodywash yang berguna membersihkan  kulit, Herbal Shampoo and Conditioner berfungsi merawat rambut dan Nourifusion  Multivitamin merawat kulit wajah. Lokasi Herbalife Pringgan sangat mudah diakses yang  berada ditengah kota medan.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah di paparkan tersebut, maka penulis  tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul:  “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli  Produk Herbalife pada PT.Herbalife Cabang Pringgan Medan”.
 1.2.Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah penelitian yang telah diuraikan sebelumnya,  maka yang menjadi perumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: “Apakah  bauran pemasaran produk yang terdiri dari produk (product), harga (pricing),  promosi (promotion), lokasi (place) berpengaruh positif dan signifikan  terhadap  keputusan konsumen dalam membeli produk Herbalife pada PT.Herbalife Cabang  Pringgan Medan?”  1.3. Tujuan Penelitian Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis  pengaruh bauran pemasaran produk yang terdiri dari produk (product), harga (pricing),  promosi (promotion), lokasi (place) terhadap keputusan konsumen dalam membeliproduk  Herbalife pada PT.Herbalife Cabang Pringgan Medan.
1.4. Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini antara lain : 1.  Bagi perusahaan a.  Sebagai masukan dalam bentuk informasi kepada pihak perusahaan  mengenai betapa penting peranan pemasaran serta manfaat yang diberikan  bagi perusahaan.
b.  Sebagai sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi perusahaan demi  kemajuan usaha.
2.  Bagi peneliti Penelitian ini memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi penulis  dalam bidang manajemen pemasaran dan pemasaran produk MLM (Multi  Level Marketing) serta penerapannya pada perusahaan MLM tersebut.
 3.  Bagi peneliti lain Sebagai bahan referensi dan bahan perbandingan bagi peneliti lain yang  mungkin tertarik untuk mengadakan penelitian pada bidang atau perusahaan  yang sama di masa yang akan datang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi