BAB I PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Dinamika persaingan bisnis yang semakin sulit membawa implikasi
pada upaya yang berkesinambungan agar
produk dapat sampai ke konsumen di waktu yang tepat, tempat yang tepat, pada orang yang tepat, dan harga yang tepat.
Sehingga bagian pemasaran memiliki
posisi strategis dalam upaya membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Strategi pemasaran merupakan
pegangan bagi perusahaan agar mempunyai keunggulan
dalam persaingan pasar, sekaligus mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan, dalam hal ini menjual
produk ke konsumen dengan peluang ekstemal yang ada di pasar yaitu pembeli potensial yang
menyukai produk yang dijual tersebut.
Dengan demikian
haruslah diketahui karakteristik pasar serta struktur pasar yang dihadapi. Strategi pemasaran
diarahkan untuk meningkatkan kemungkinan atau frekuensi perilaku konsumen, seperti peningkatan
kunjungan pada toko tertentu atau keputusan pembelian produk tertentu. Hal ini dapat
dicapai dengan mengembangkan dan menyajikan bauran pemasaran yang diarahkan pada pasar
sasaran yang dipilih (Setiadi, 2003:9).
Marketing mix digunakan dalam strategi pemasaran sebagai
suatu cara untuk mempengaruhi konsumen
agar mau bertindak membeli suatu product
atau service, termasuk produk industri
jasa (Yoeti, 2004:26).
Demi memenangkan
persaingan, perusahaan harus bisa
memahami keinginan pasar yang ditunjang
dengan suatu strategi pemasaran yang baik. Marketing mixadalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang
digunakan oleh perusahaan untuk mencapai
tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. (Kotler, 2009:24). Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) biasanya dijadikan
competitive advantages atau keunggulan bersaing
dengan produk sejenis perusahaan lain, yang merupakan keunggulan dalam hal produk (product), harga (price), lokasi
(place), promosi (promotion). Hal-hal inilah yang perlu diperhatikan perusahaan agar dapat
memasuki persaingan di pasar yang semakin ketat. Konsep bauran pemasaran ini biasanya
digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan
keputusan pembelian konsumen atas produk yang ditawarkan oleh perusahaan serta untuk mengukur sebesar apa
pengaruh dari bauran pemasaran tersebut terhadap
keputusan pembelian produk yang diambil oleh konsumen. Keputusan pembelian adalah suatu reaksi yang riil atas
keberhasilan program pemasaran suatu produk
(Kotler, 2009:184) Menyadari akan
pentingnya pelanggan dalam menentukan kesuksesan suatu usaha maka PT.Herbalife sebagai salah satu rumah
nutrisi di Medan menggunakan bauran pemasaran
yang ada semaksimal mungkin dalam usaha untuk menciptakan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang
ditawarkan oleh perusahaan khususnya produk
minuman nutrisi kesehatan tubuh yang menjadi produk utama dari perusahaan agar usahanya tersebut dapat diterima dengan
baik di pasar pencinta produk kesehatan di Medan.
Bisnis produk
kesehatan sangat tergantung pada tingkat
pembelian produk kesehatan oleh
konsumen, sebab jika tingkat pembelian
produk meningkat, maka pertumbuhan dan
tingkat okupansi juga akan meningkat. Peningkatan tersebut memicu timbulnya persaingan antar perusahaan produk
sejenis. Oleh karena itu, maka berkembanglah pola distribusi produk yang
mengandalkan hubungan komunikasi melalui networking antar manusia (jaringan sosial).
Sistem pemasaran yang dimaksud tersebut yaitu Multi Level Marketing (MLM).
Multi Level Marketing (MLM) merupakan suatu cara penjualan yang mendistribusikan barang
atau jasanya melalui jaringan oleh para distributor,
dimana jalur distribusi produk
diperpendek sehingga dari produsen ke konsumen
sebagai pemakai akhir. Perusahaan di Indonesia saat ini telah banyak yang mempraktekkan sistem MLM dan menawarkan
peluang besar bagi setiap orang yang ingin
memperoleh penghasilan tambahan atau mulai meniti karir baru.
Khusus untuk pasar
produk mlm berkomoditi suplemen kesehatan di Indonesia akhir-akhir ini mengalami peningkatan jumlah
perusahaan. Untuk selengkapnya perusahaan
MLM yang memproduksi suplemen kesehatan dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut ini.
Tabel 1.1 Daftar perusahaan MLM yang memproduksi suplemen
kesehatan di Indonesia Sumber: www.kamerongeorge.com, www.tokomlm.com, diolah
oleh penulis (Agustus, 2011) Dari Tabel
1.1 tersebut dapat dilihat perusahaan MLM yang kesemuanya memproduksi suplemen kesehatan sebagai produk
unggulan. Herbalife merupakan salah satu
perusahaan yang menjalankan sistem MLM di Medan, dengan menjual nutrisi produk No Nama
Perusahaan Keterangan 1 Herbalife
Herbalife adalah perusahaan MLM
dari USA, yang produknya termasuk
nutrisi kesehatan, manajemen berat badan,
dan perawatan pribadi. Perusahaan telah berkembang
dengan pendapatan selama hampir $ 2,5 milyar hanya 25 tahun. Produk unggulannya adalah
Nutrition Shake Mix Herbalife.
2 Tahitian Noni
Tahitian Noni International perusahaan MLM yang memproduksi minuman kesehatan berbahan dasar
buah noni. . Dalam jangka kurang dari 10
tahun,penjualan melebihi USD $500 juta.
Tahitian Noni International membuka
pintu bisnisdengan produk tunggal Tahitian Noni Juice.
3 K-Link
K-Link International adalah perusahaan MLM dari Malaysia yang memproduksi minuman kesehatan,
masuk ke pasar bisnis dunia melalui
Negara ASEAN,catatan penjualan lebih
dari RM 10 juta perbulan. Produk unggulannya
adalah K - Liquid Chlorophyll.
4 Tianshi
Tianshi Group adalah perusahaan MLM yang memproduksi suplemen kesehatan yang asetnya di China
bernilai RMB 2,1 Miliar,dengan produk
unggulan Nutrient High Calcium Powder.
5 CNI
CNI adalah perusahaan MLM yang didirikan di Bandung Indonesia, dengan pendapatan lebih dari Rp 100
juta perbulan, pada awalnya hanya memasarkan satu jenis produk impor dari Jepang, yaitu Sun Chlorella A.
sehat bagi tubuh yang dapat menurunkan berat
badan, menaikkan berat badan, mempertahankan
berat badan, dan memperluas produknya di bidang perawatan kulit wajah dan rambut. Herbalife telah berkembang
dengan pendapatan selama hampir $ 2,5 milyar hanya 25 tahun,dengan produk unggulannya
adalah Nutrition Mix Shake,dapat dilihat pada Gambar 1.1.
Gambar 1.1 Produk
Nutrion Mix Shake Herbalife Sumber: www.herbalife.com Produk Herbalife yang
dikenal di masyarakat adalah Nutrition Mix Shake yang dapat menaikkan, menurunkan dan mempertahankan
berat badan karena terbuat dari soy protein
kedelai , yaitu protein yang paling tinggi manfaatnya karena tidak memngandung lemak.
Target dan
Realisasi Penjualan produk pada PT. Herbalife Cabang Pringgan Medan dapat dilihat pada Tabel 1.2 berikut ini.
Tabel 1.2 Target
dan Realisasi Penjualan pada PT.Herbalife Cabang Pringgan Medan Dari Bulan
Oktober 2010- Maret 2011 Sumber: PT Herbalife Cabang Pringgan Medan (Mei, 2011)
Bulan Target Penjualan (Rupiah) Realisasi
Penjualan (Rupiah) Oktober 2010 20.000.000
25.896.000 November 2010
25.000.000 41.613.000 Desember
2010 30.000.000 31.754.000 Januari 2011 35.000.000
36.540.000 Februari 2011
40.000.000 48.756.000 Maret
2011 45.000.000 46.619.000
Pada Tabel 1.2 dapat dilihat bahwa realisasi penjualan Herbalife Cabang
Pringgan Medan bersifat fluktuatif. Pada
bulan Oktober hingga November 2010 terjadi peningkatan penjualan, sedangkan pada bulan Desember
hingga Januari 2011 terjadi penurunan penjualan
,pada bulan Februari 2011 terjadi peningkatan,akan tetapi pada bulan Maret 2011 terjadi penurunan penjualan. Peningkatan
realisasi penjualan produk Herbalife pada bulan November 2010 dan bulan Februari 2011.
Herbalife Cabang
Pringgan Medan membuat program promosi sarapan dan makan malam sehat dengan produk Herbalife, yaitu dgn
minum Herbalife Aloe Vera, shake Herbalife
yg terdiri dari 3 pilihan rasa Berry,Chocolate,dan Vanila, dan NRG Herbalife Tea sebagai pengganti sarapan pagi dan makan
malam. Harga yang ditawarkan juga cukup
terjangkau program 1x minum Rp 20.000,-. Herbalife Pringgan medan juga menjual nutrisi luar tubuh, seperti Herbal
Aloe Bodywash yang berguna membersihkan kulit,
Herbal Shampoo and Conditioner berfungsi merawat rambut dan Nourifusion Multivitamin merawat kulit wajah. Lokasi
Herbalife Pringgan sangat mudah diakses yang berada ditengah kota medan.
Berdasarkan latar
belakang masalah yang telah di paparkan tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul:
“Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap
Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk
Herbalife pada PT.Herbalife Cabang Pringgan Medan”.
1.2.Perumusan Masalah Berdasarkan latar
belakang masalah penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, maka yang menjadi perumusan masalah penelitian
ini adalah sebagai berikut: “Apakah bauran
pemasaran produk yang terdiri dari produk (product), harga (pricing), promosi (promotion), lokasi (place)
berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan konsumen dalam
membeli produk Herbalife pada PT.Herbalife Cabang Pringgan Medan?” 1.3. Tujuan Penelitian Tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran produk yang terdiri
dari produk (product), harga (pricing), promosi
(promotion), lokasi (place) terhadap keputusan konsumen dalam membeliproduk Herbalife pada PT.Herbalife Cabang Pringgan
Medan.
1.4. Manfaat
Penelitian Manfaat penelitian ini antara lain : 1. Bagi perusahaan a. Sebagai masukan dalam bentuk informasi kepada
pihak perusahaan mengenai betapa penting
peranan pemasaran serta manfaat yang diberikan bagi perusahaan.
b. Sebagai sumbangan pemikiran yang bermanfaat
bagi perusahaan demi kemajuan usaha.
2. Bagi peneliti Penelitian ini memberikan
tambahan wawasan dan pengetahuan bagi penulis dalam bidang manajemen pemasaran dan pemasaran
produk MLM (Multi Level Marketing) serta
penerapannya pada perusahaan MLM tersebut.
3. Bagi
peneliti lain Sebagai bahan referensi dan bahan perbandingan bagi peneliti lain
yang mungkin tertarik untuk mengadakan
penelitian pada bidang atau perusahaan yang
sama di masa yang akan datang.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi