Senin, 24 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA AJB BUMIPUTERA 1912



BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang 
Perusahaan asuransi muncul karena masyarakat pada umumnya adalah  penghindar resiko. Asuransi menguntungkan kehidupan masyarakat dengan  mengurangi kekayaan yang harus disisihkan untuk menutupi kerugian akibat  kehilangan nyawa atau harta benda. Pilihan merugikan dan bahaya modal merupakan  masalah biasa dalam bisnis asuransi. Asuransi umumnya dikategorikan menjadi dua  macam ; asuransi jiwa dan asuransi umum ( Silvanita, 2009:39).

Asuransi ditujukan untuk membantu memberikan solusi terhadap masalah  pendanaan, perlindungan terhadap resiko, dan juga memberikan pelayanan yang  memuaskan terhadap konsumen, disamping tujuan perusahaan mencari laba. Dalam  pemasaran asuransi, bauran pemasaran merupakan faktor terpenting untuk  menghasilkan pertukaran yang memuaskan dengan pasar yang dituju. Bauran  pemasaran merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsur suatu program  pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar implementasi strategi pemasaran dan  positioning yang ditetapkan dapat berjalan sukses (Lupiyoadi, 2006:58).
Produk merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan  sejumlah nilai atau manfaat kepada konsumen. Hal ini perlu di perhatikan dalam  produk, adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk itu saja tetapi benefit dan value  dari produk tersebut. Terutama produk jasa yang kita kenal tidak  menimbulkan peralihan kepemilikan dari penyedia jasa kepada konsumen. Apa  keunikan produk (dalam hal ini produk jasa) yang kita tawarkan, siapa pasar sasaran  utama jasa kita, kemudian apakah produk tersebut akan mampu bertahan (dalam arti  tidak akana digantikan posisinya oleh produk lain) untuk berapa lama produk tersebut   dapat bertahan. Harga merupakan unsur pemasaran yang fleksible, artinya dapat  diubah dengan cepat (Tjiptono 2005:151). Harga merupakan salah satu faktor yang  harus dikendalikan secara serasi dan selaras dengan tujuan yang ingin dicapai  perusahaan. Harga adalah yang dipertukarkan konsumen untuk suatu manfaat atas  pengkonsumsian, penggunaan, atau harga barang dan jasa. Tempat merupakan suatu  wilayah atau lokasi dimana perusahaan dapat menjalankan atau melaksanakan kegiatan  pemasarannya kepada masyarakat. Lokasi pemasaran yang nyaman, bersih, ramai, dan  mudah dijangkau, merupakan beberapa kriteria lokasi yang diminati oleh banyak  konsumen. Promosi merupakan salah satu komponen dalam bauran pemasaran yang  mempunyai peranan penting dalam mengkomunikasikan kebaikan dan keunggulan  produk atau jasa tertentu yang diperlukan dan dibutuhkannya. Karena pada dasarnya  promosi dilakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen terhadap produk atau jasa  yang ditawarkan perusahaan disertai informasi yang lebih atraktif. Kegiatan promosi  yang dilakukan untuk memperkenalkan jasa yang ditawarkan harus sesuai dengan  kemampuan biaya operasional perusahaan. Promosi merupakan cara atau alat bagi  perusahaan untuk mengkomunikasikan jasa yang mereka tawarkan kepada konsumen.
Dari bentuk-bentuk promosi yang ada, sarana periklanan memegang penting dimana  hampir semua jenis iklan digunakan perusahaan seperti brosur-brosur, memasang  spanduk, dan surat kabar. Orang merupakan orang-orang yang terlibat langsung dalam  menjalankan segala aktivitas perusahaan dan merupakan faktor yang memegang  peranan penting bagi semua organisasi. Dalam pemasaran jasa, unsure people  ini  bukan hanya memainkan peranan penting dalam bidang produksi atau operasional saja,  tetapi juga dalam melakukan hubungan kontak langsung dengan konsumen. Perilaku  orang-orang yang terlibat langsung ini sangat penting dalam mempengaruhi mutu jasa   yang ditawarkan dan image jasa perusahaan jasa yang bersangkutan, merupakan unsur  vital dalam bauran pemasaran. Pada perusahaan jasa, bagaimana seorang karyawan  bertingkah laku dan bertindak akan berpengaruh langsung kepada output yang diterima  konsumen. Oleh karena itu, setiap pemasaran jasa (terutama yang tingkat kontak  dengan pelanggan tinggi) haruslah secara jelas menentukan apa yang diharapkan dari  setiap pelanggan dalam interaksinya dengan pelanggan. Layanan konsumen dapat  diartikan sebagai kualitas total jasa yang dipersepsikan oleh konsumen. Proses  merupakan faktor penting bagi konsumen dalam tingkat kontak dengan pelanggan yang  tinggi (high contact services). Proses bagaimana jasa (pelayanan) disampaikan tersebut  menentukan peningkatan jumlah konsumen.
Perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang memiliki kemampuan  untuk meningkatkan loyalitas pelanggan secara berkesinambungan. Loyalitas  pelanggan merupakan tujuan rencana panjang bagi perencanaan strategis. Pelanggan  yang loyal akan melakukan pembelian ulang terhadap barang/jasa perusahaan dan  mekomendasikan hal-hal positif tentang perusahaan kepada orang lain.
Tabel 1.1 Sepuluh  Perusahaan Asuransi Jiwa dengan Premi Netto Terbesar di Indonesia Nama Asuransi Jiwa Jumlah Premi netto per akhir tahun  2009 PT Asuransi Jiwa Megalife    11,4 Trilyun Prudential Life Assurance  7,2 Trilyun Asuransi Jiwa Sinarmas  7,1 Trilyun AJB BumiPutera 1912  4,5 Trilyun Alianz Life Indonesia  3,2 Trilyun AIA Financial  3,2 Trilyun PT Indolife Pensiotama  3,0 Trilyun Asuransi Jiwa Manulife  3,0 Trilyun Asuransi Jiwa Jiwasraya  2,5 Trilyun Axa Mandiri Financial Service  1,6 Trilyun Sumber : www.forum.detik.com  Asuransi Jiwa Bersama (AJB) BumiPutera 1912 dengan mottonya “Menjaga  Tradisi Kebersamaan” merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang  asuransi. BumiPutera 1912 termasuk perusahaan asuransi tertua dan terkemuka yang  berdiri di Indonesia, sekaligus menjadi satu-satunya perusahaan mutual di Negara ini.
Selama kurung waktu 98 tahun ini, AJB BumiPutera 1912 telah banyak memberikan  pelayanan perlindungan atas resiko kemungkinan terjadinya kerugian pada nasabahnya.
Dari tabel 1.1 dapat dilihat bahwa AJB BumiPutera 1912 menduduki peringkat  keempat dari sepuluh perusahaan asuransi jiwa dengan pendapatan netto terbesar di  Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa AJB BumiPutera mampu memberikan  pelayanan dan produk jasa asuransi jiwa yang berkualitas bagi para  nasabahnya.
Bauran pemasaran jasa yang diterapkan oleh AJB BumiPutera 1912 mengarah pada  cara menarik pelanggan agar tetap melakukan pembelian ulang seperti pemberian  hadiah langsung seperti kalender, baju, payung, dan lain-lainnya. Selain itu AJB  BumiPutera juga mengadakan bakti sosial yang melibatkan nasabah dan masyarakat  agar umum. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga komunikasi yang baik antara pihak  perusahaan dengan konsumen.
Tabel 1.1 Jumlah Nasabah pada AJB BumiPutera 1912 Cabang Balige (2007-2010)  Tahun  Jumlah Nasabah per Akhir Desember 2006  9.351 Orang 2007  6.513 Orang 2008  7.262 Orang 2009  6.320 Orang 2010  7.510 Orang Sumber : AJB BumiPutera 1912 Cabang Balige  Berdasarkan Tabel 1.1 terlihat bahwa ada fluktuasi jumlah nasabah pada AJB  BumiPutera 1912 Cabang Balige. Pada tahun 2007 mengalami penurunan menjadi 6.
513 orang, akan tetapi peningkatan jumlah konsumen terjadi pada tahun 2008 menjadi  7.262 orang, namun pada tahun 2010 terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari  2009 yaitu sebanyak 1.190 orang. Peningkatan jumlah nasabah pada AJB BumiPutera  1912 Cabang Balige tidak terlepas dari faktor-faktor bauran pemasaran jasa.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan  judul “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Pada  AJB BumiPutera 1912 Cabang Balige”.
1.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, maka perumusan masalah  dalam penelitian ini adalah : Apakah faktor-faktor dari bauran pemasaran jasa yang  terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan layanan konsumen  mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada  AJB BumiPutera 1912 cabang Balige.
1.3 Tujuan Penelitian  Mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari  produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan layanan konsumen terhadap  loyalitas pelanggan pada AJB BumiPutera 1912 cabang Balige.
 1.4 Manfaat Penelitian a.  Bagi perusahaan Sebagai bahan masukan dan pertimbangan   untuk lebih dapat memberikan  pelayanan yang terbaik bagi konsumen pada AJB BumiPutera 1912 cabang  Balige.
b.  Bagi pihak lain Dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan dapat digunakan sebagai  tambahan referensi dalam melakukan penelitian objek maupun masalah yang  sama di masa yang akan datang.
c.  Bagi Peneliti Penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan peneliti dan sarana  aplikasi terhadap ilmu yang didapat di bangku perkuliahan  dalam bidang  pemasaran khususnya yang berkaitan dengan bauran pemasaran jasa dan  loyalitas konsumen .
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi