Jumat, 21 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH BUDAYA, GAYA HIDUP DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA RESTORAN SHANGHAI KITCHEN SUN PLAZA



BAB I  PENDAHULUAN  
 1.1 Latar Belakang   
 Di era globalisasi sekarang ini keinginan manusia utuk mengkonsumsi  semakin tinggi, hal ini disebabkan oleh sifat manusia yang tidak pernah puas. Kesibukan dalam pekerjaan yang menyitawaktu, mengakibatkan sebagian  masyarakat memutuskan untuk mengkonsumsi makanan diluar rumah  dikarenakan lebih efisien dibanding memasak dirumah. Pola konsumsi  demikian ternyata berdampak positif terhadap bisnis restoran. Perlayanan yang  baik dan rasa masakan yang lezat jugamengakibatkan konsumen belajar dari  pengalaman sehingga konsumen ingin melakukan kunjungan kembali ke  restoran tersebut.

 Bisnis restoran merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan  melihat permintaan pasar akan makanan yang tinggi dan disertai dengan daya  beli masyarakat yang potensial. Menurut Soekresno (www.petra.ac.id. 17  April 2011), restoran adalah suatu usaha komersil yang menyediakan jasa  perlayanan makan dan minum dan dikelola secaraprofesional.
 Salah satu restoran yang sangat berkembang di kota Medan saat ini adalah  Shanghai Kitchen Restaurant yang merupakan cabang dari Nelayan Seafood &  Steamboat Restaurant. Hal ini bisa dilihat dari jumlah cabang restorannya  yang terletak di berbagai tempat strategis di kota Medan, antara lain :   1. Nelayan Grand Ballroom : Jl. Putri Merak Jingga No. 8 A-B Medan  2. Jala-Jala II : Medan Fair Plaza lantai III- Medan  3. Liu’s Garden II : Thamrin Plaza Lantai V- Medan  4. Mie Jaring : Sun Plaza Lantai III- Medan  5. Shanghai Kitchen : Sun Plaza Lantai IV C 38a-41 Medan  6. Tenda Nelayan : Merdeka Walk Food Stall- Medan  7. Jala-Jala III : Cambridge City Square Lantai LG- Medan   Penulis tertarik untuk melakukan penelitian di restoran Shanghai Kitchen  Sun Plaza lantai IV karenasetiap kali penulis melewati restoran tersebut,  restoran tersebut kelihatan selalu penuh, bahkan tidak jarang banyak  pengunjung yang mengantri. Sesuai dengan namanya, restoran ini  menyediakan makanan seafooddan steamboat, tetapi yang merupakan menu  spesialnya adalah Dim-Sum( makanan khas kebudayaan Cina), dan semua  makanan yang disediakan oleh restoranini adalah halal. Fenomena yang  menarik dari restoran ini adalah bahwa restoran ini tampak selalu ramai  dikunjungi oleh konsumen dari berbagai latar belakang, budaya, ras dan  kepercayaan yang berbeda walaupun makanan yang disediakan adalah  makanan khas kebudayaan Cina.
  Menurut Mangkunegara, (2005:39) ada duafaktor mempengaruhi perilaku  konsumen yaitu faktor Budaya dan Psikologis. Adapun faktor lain yang  dianggap penting oleh penulis yaitu Gaya Hidup.
 Kebudayaan yaitu sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan  dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia,  sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifatabstrak. Kata  budaya atau kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu  buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal)  diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Kebudayaan merupakan faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dan  perilaku seseorang. Bila makhluk-makhluk lainnya bertindak berdasarkan  naluri, maka perilaku manusia umumnyadipelajari (Setiadi, 2003;11).
 Gaya hidup menurut Kotler (2001:192) adalah pola hidup seseorang di  dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup  menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan  lingkungannya. Sedangkan menurut Minor dan Mowen (2002:282), Gaya  Hidup adalah menunjukkan bagaimana orang hidup, bagaimana  membelanjakan uangnya, dan bagaimana mengalokasikan waktu. dapat  disimpulkan bahwa gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan  dalam kegiatan, minat dan pendapatnya dalam membelanjakan uangnya dan  bagaimana mengalokasikan waktu. Faktor-faktor utama pembentuk gaya  hidup dapat dibagi menjadi dua yaitu secara demografis dan psikografis.
 Faktor demografis misalnya berdasarkan tingkat pendidikan, usia, tingkat  penghasilan dan jenis kelamin, sedangkan faktor psikografis lebih kompleks  karena indikator penyusunnya dari karakteristik konsumen.
The British Psychological Society(BPS) (www.bps.org.uk)  mendefinisikan psikologi sebagai ilmu yang mempelajari orang/manusia:  bagaimana ia berpikir,  bertindak, bereaksi dan  berinteraksi. Psikologi  memperhatikan semua aspek dari perilaku, pikiran, perasaan dan motivasi  yang mendasari suatu perilaku.
 Konsumen dalam menentukan pilihan tentunya mempunyai pertimbangan  tertentu dan hal-hal yang paling berpengaruh diantaranya adalah faktor-faktor  yang telah diuraikan diatas. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang  perilaku konsumen dalam mengambil keputusan berkunjungnya, maka penulis  tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “PENGARUH BUDAYA,  GAYA HIDUP DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN  BERKUNJUNG DI RESTORAN SHANGHAI KITCHEN SUN PLAZA  LANTAI IV MEDAN”.
 1.2 Perumusan Masalah   Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah diuraikan diatas,   maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut :   “Apakah faktor Budaya, Gaya Hidup dan Psikologis berpengaruh positif   dan signifikan terhadap keputusan berkunjung pada Shanghai Kitchen Sun   Plaza lantai IV Medan?”  1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian  Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis  pengaruh faktor Budaya, Gaya Hidup dan Psikologis terhadap keputusan  berkunjung di Restoran Shanghai Kitchen Sun Plaza lantai IV Medan.
1.4 Manfaat Penelitian  a.  Bagi Perusahaan  Hasil penelitian ini diharapkan bisamenjadi masukan dan informasi  kepada perusahaan untuk mengetahui faktor yang paling dominan  berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam berkunjung.
b.  Bagi Penelitian Selanjutnya  Diharapkan dapat berguna sebagai bahan perbandingan dan referensi  dalam meneliti untuk permasalahan yang sama.
 c.  Bagi Penulis  Penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis  dengan mempraktekkan riset pasar dan memperdalam pemahaman  penulis tentang perilaku konsumen.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi