Jumat, 21 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADAPT BANK



BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang  
  Pada zaman sekarang ini persaingan dunia usaha semakin ketat dan cepat. Setiap perusahaan harus meningkatkan kinerja mereka agar dapat bersaing dengan  perusahaan lain. Kinerja karyawan yang baik secara perorangan akan mendorong  peningkatan kinerja karyawan secara keseluruhan dan meningkatkan kinerja  perusahaan sehingga mempengaruhi tujuan perusahaan yang ingin dicapai.

 Dalam mencapai tujuan perusahaan, perusahaan memerlukan manajemen  yang baik, diantaranya adalah pemimpinyang mampu mengatur dan memahami  karyawannya. Pada satu sisi perusahaan tidak mungkin mengoperasikan  kegiatannya tanpa adanya pemimpin, faktor tersebut memegang peranan yang  penting dalam pencapaian tujuan perusahaan.
 Berbagai gaya kepemimpinan akan mewarnai perilaku seorang pemimpin  dalam menjalankan tugasnya. Bagaimanapun gaya kepemimpinan seseorang  tentunya akan diarahkan untuk kepentingan bersama, yaitu kepentingan karyawan  dan perusahaan. Kepemimpinan seseorang dapat mencerminkan karakter  pribadinya, di samping itu dampak kepemimpinannya akan mempengaruhi  terhadap keberhasilan perusahaan.
Dalam mencapai tujuan apa yang telah dikemukakan, yakni untuk dapat  menguasai atau mempengaruhi orang lain, maka pemimpin lazimnya  mengunakan 4 macam gaya kepemimpinan yang pertama, Democratic   Leadership,  Dictatorial Leadership,  Paternalistik Leadership, dan  Free Rein  Leadership, (Arep & Tanjung, 2002:236). Terlepasdari gaya kepemimpinan  tersebut yang dianut oleh seorang pemimpin, dapat disimpulkan bahwa peran  pemimpin menjadi sangat penting dalam pencapaian tujuan perusahaan yaitu  dengan mengelola bawahannya agar bekerja secara maksimal sehingga tercapai  kinerja yang tinggi. Untuk dapat mengelola bawahan dan bekerja sama dengan  baik harus menggunakan gaya kepemimpinan yang tepat yaitu gaya  kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi, keadaan, situasi, waktu dan tempat  karyawan. Oleh karena itu terciptalah teori tentang gaya kepemimpinan  situasional (Arep & Tanjung, 2002:237). Kepemimpinan Situasional adalah Gaya  kepemimpinan yang selalu berusaha menyesuaikan dengan situasi dan kondisi  organisasi, serta bersifatfleksibel dalam menyesuaikan/beradaptasi dengan  kematangan bawahan dan lingkungan kerja (Thoha :2007).
Perilaku kepemimpinan situasional yang diterapkan oleh seorang  pemimpin dalam membangun kemajuan perusahaan dengan melihat faktor situasi  dan kondisi diperlukan adanya peningkatan mutu karyawan yang menjadi  landasan suatu organisasi untuk menunjukkan output dalam bekerja menjadi  maksimal. Peningkat mutu karayawan ini dapat dilihat oleh pimpinan menjadi  suatu bagian yang utuh yaitu, adanya kualitas pencapaian hasil kerja karyawan  dalam perusahaan, serta kuantitas darisegi efisiensi dan efektivitas yang  dilakukan karyawan.
 PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan merupakan badan usaha yang  bergerak di bidang perbankan. Perbankan merupakan dunia bisnis yang   melibatkan kepercayaan. Pertumbuhan suatu bank sangat tergantung pada  pelayanan para karyawan kepada nasabah dan tingkat komitmen karyawan  terhadap perusahaan dan akan sangat mempengaruhi tujuan perusahaan yang ingin  dicapai. Badan usaha yang pertumbuhannya sangat tergantung pada besarnya dana  pihak ketiga yang dihimpun dan disalurkankembali ke masyarakat. Perusahaan  ini berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara untuk masa yang  akan datang, sehingga perusahaan harus terus-menerus meningkatkan pelayanan  kepada nasabah, kinerja dan profitabilitas perusahaan agar mampu  mempertahanakan dan meningkatkan sumbangan bidang perbankan bagi  masayarakat dan negara.
 Pada Tabel 1.1 menunjukkan Laba Tahun Berjalan Setelah Pajak Bersih  PT.Bank Sumut Kantor Pusat Medan pada tahun 2009 dan 2010.
Tabel 1.1  Laba Tahun Berjalan Setelah Pajak Bersih PT. Bank Sumut Kantor Pusat  Medan  Keterangan  Tahun 2009 dan 2010  (Dalam Jutaan Rupiah)  Triwulan  I  Triwulan  II  Triwulan  III  Triwulan  IV  Tahun 2009  134.454 300.945 457.608 330.975  Tahun 2010  214.102 375.602 435.857 404.297  Sumber : PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan   Dari tabel 1.1 diatas menunjukkan bahwa pada laba tahun berjalan setelah  pajak bersih di triwulan 1, triwulanII, triwulan III pada tahun 2009 dan 2010  mengalami peningkatan yang positif, namun pada triwulan IV laba tahun berjalan  setelah pajak bersih di tahun 2009 dan 2010 mengalami penurunan, hal ini berarti   kinerja karyawan pada triwulanIV 2009 dan 2010 menurun sehingga  mengakibatkan laba PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan ikut menurun.
 Pada tabel 1.2 menunjukkan Data NPL PT. Bank Sumut Kantor Pusat  Medan pada tahun 2007 sampai dengan 2010.
Tabel 1.2  Data NPL PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan  Keterangan Tahun  2007 2008 2009  2010  NPL - Gross  2,01 %  0,99 %  2,47 %  3,02 %  Sumber : PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan  Dari tabel 1.2 di atas menunjukkan tingkat Non Performing Loan (NPL)  PT. bank Sumut Kantor Pusat Medan yang naik turun dari tahun ke tahun. Non  Performing Loan (NPL) akan memberikan gambaran kredit bermasalah yang  terdapat pada suatu perbankan. Tinggi nyaangka kredit bermasalah tersebut  disebabkan oleh masih banyaknya kredit yang diberikan namun belum di tagih.
Pada tahun 2007 menunjukkan bahwa NPL PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan  masih cukup tinggi, namun pada tahun 2008 menunjukkan bahwa NPL PT. Bank  Sumut Kantor Pusat Medan mengalamipenurunan dari tahun 2007. Tahun 2009  NPL PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan kembali mengalami peningkatan yang  cukup tinggi dan tahun 2010 NPL PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan kembali  menunjukkan peningkatan sehingga hal ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan  menurun.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan  penelitian dengan judul: “Pengaruh Kepemimpinan Situasional Terhadap  Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan”.
 1.2. Perumusan Masalah  Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka  peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut: “Apakah Kepemimpinan  Situasional berpengaruh positif terhadapkinerja karyawan pada PT. Bank  Sumut Kantor Pusat Medan?”.
1.3. Tujuan Penelitian  Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh Kepemimpinan Situasional terhadap kinerja karyawan PT. Bank Sumut  Kantor Pusat Medan.
1.4. Manfaat Penelitian  a.  Bagi perusahaan yang diteliti  Penelitian ini dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dan berusaha  untuk memecahkan masalah–masalah yang berkaitan dengan kepemimpinan  situasional dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan.
b.  Bagi peneliti  Penelitian ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan wawasan  yang berkaitan dengan kepemimpinan situasional dan serta hubungannya  terhadap kinerja karyawan sebagai kajian dalam bidang manajemen.
c.  Bagi peneliti lanjutan  Penelitian ini dapat memberikan perbandingan dalam mengadakan penelitian  yang terkait dengan kepemimpinan situasional terhadap kinerja karyawan.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi