Kamis, 13 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH KOMPETENSI DAN IKLIM KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MODAL VENTURA


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Kinerja merupakan salah satu tolak ukur untuk melihat suatu kesuksesan di dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Kinerja sendiri dalam pekerjaan yang sesungguhnya tergantung kepada kombinasi antara kompetensi dan iklim kerja yang mendukungnya (Prihadi 2004:35).

Klingner dan Nanbaldian dalam Gomes, (2003:160) kinerja karyawan merupakan fungsi perkalian dari usaha karyawan (effort), yang didukung dengan motivasi yang tinggi,dengan kemampuan karyawan (ability), yang diperoleh melalui latihan-latihan. Kinerja yang meningkat, berarti performansi yang baik, akan menjadi feedback bagi usaha, atau motivasi pekerja pada tahap berikutnya.
Kompetensi pada dasarnya merupakan gambaran apa yang seharusnya dilakukan seorang dalam pekerjaannya. Menurut asal katanya kompetensi berasal dari kata kompeten yang berarti cakap atau menguasai. Sedangkan kompetensi itu sendiri berarti (a) kekuasaan untuk memutuskan sesuatu; (b) kemampuan menguasai secara abstrak dan kongkrit. Menurut Makmun (2002:1), kompetensi adalah menunjukan pada tindakan rasional yang dapat mencapai tujuan-tujuannya secara memuaskan berdasarkan kondisi (prasyarat) yang ditetapkan.

Sedangkan iklim kerja adalah status emosi yang ditunjukkan oleh anggota sistem. Iklim ini dapat formal, rileks, defensif, berhati-hati, menerima, percaya dan sebagainya. Iklim ini adalah subyektif karyawan atau persepsi mereka tentang organisasi mereka (Thoha,2000:54).
Pengaruh kompetensi dan iklim kerja terhadap kinerja dapat dilihat dari tingkat kompetensinya yang mempunyai implikasi praktis dalam perencanan sumber daya manusia, hal ini dapat dilihat dari gambaran bahwa kompetensi pengetahuan dan keahlian cenderung lebih nyata dan relatif berada di permukaan salah satu karakteristik yang dimiliki karyawan.
PT. Modal Ventura Cabang Medan merupakan salah satu perusahaan pembiayaan yang memberikan kredit kepada usaha kecil dan menengah didalam perusahaan atau internal perusahaan banyak kompetensi yang terjadi didalam tersebut sehingga dapat menyebabkan iklim perusahaan. Beberapa masalah kinerja yang dihadapi oleh PT. Modal Ventura Cabang Medan yakni kualitas kerja karyawan yang belum maksimal, menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pimpinan dalam waktu yang cukup lama. Rendahnya kinerja yang di miliki oleh perusahaan mungkin dapat disebabkan oleh tingkat latar belakang pendidikan yang dimiliki karyawan.



Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi