Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MEGA SYARIAH



BAB I  PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang  
 Saat ini  relationship  menjadi topik utama dalam  aktivitas bisnis. Kebanyakan perusahaan, secara financial, bertujuan ingin mendapatkan profit  yang maksimal dari hasil operasinya dengan memaksimalkan nilai sahamnya. Di  sisi lain dalam pemasaran, loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan  merupakan tujuan setiap perusahaan.

Peningkatan kualitas atas produk serta layanan yang superior kepada pasar  (konsumen) merupakan usaha untuk mewujudkan loyalitas pelanggan terhadap  produk dan layanan yang diberikan. Usaha tersebut tidak terlepas dari adanya  perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis, persaingan yang semakin ketat,  kemajuan teknologi, serta perubahan dalam kebutuhan dan keinginan pasar, yang  menuntut para pemasar untuk mengubah strategi dan taktiknya dari productoriented menjadi market-oriented.
Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu untuk  menjalin relationship jangka panjang dengan pelangganya. Relationship  jangka  panjang berarti pelanggan yang loyal di mana kebutuhan dan keinginannya  terpuaskan. Tugas pemasar di sini adalah bagaimana untuk tetap  mempertahankan pelanggannya agar tetap loyal terhadap produk atau jasa yang  ditawarkan.
Konsep relationship marketingmenjadi kunci utama dalam kegiatan  bisnis perusahaan saat ini. Konsep tersebut berkembang dari pandangan  tradisional yang memfokuskan pada transactional marketing. Fokus dari   relationship marketing  adalah untuk mendapatkan dan mempertahankan  konsumen.  Relationshipdengan pelanggan yang meningkat berarti  memperlakukan mereka dengan baik, meningkatkan layanan inti (core service)  perusahaan melalui penambahan nilai, dan yang paling penting adalah  memberikan layanan yang sangat dibutuhkan oleh setiap individu (McIlroy &  Barnett, 2000). Pelanggan menjadi inti dari relationship marketing. Para pemasar  perlu mengenal lebih banyak informasi mengenai pelanggan, siapa mereka?  Apa yang mereka lakukan? Dan apa yang mereka inginkan? Database pelanggan  dan segmentasi pelanggan diperlukan dalam menerapkan strategi relationship  marketing untuk mendapatkan informasi yang lebih mengenai pelanggannya  (Chan, 2003).  Demikian pula dalam bidang pemasaran juga bermunculan filosofi,  konsep dan teknik baru, diantaranya relationship marketing, customer share, target  marketing, integrated marketing communication, dan sebagainya (Kotler,2005:89).
Relationship marketing  merupakan langkah-langkah yang dilakukan  perusahaan untuk mengenal dan melayani pelanggan berharga mereka dengan baik  dasar pemikiran dalam praktek pemasaran ini adalah, membina hubungan yang  lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu  hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan (Chan S,  2003:34).
Pada dasarnya relationship marketing adalah hubungan dan ikatan jangka  panjang antara produsen, konsumen, pemasok, serta para pelaku lainnya. Esensi  relationship marketing  paling tidak menyangkut hubungan yang langgeng dan  pertukaran yang terus menerus dan dituntut untuk saling kepercayaan dan   ketergantungan. Sehingga dalam konsep relationship marketing, pemasar sangat  menekankan pentingnya hubungan baik jangka panjang dengan konsumen, yang  dapat menciptakan kesadaran dalam bentuk hubungan dan komitmen yang  menyeluruh.
Relationship marketing  diartikan sebagai menarik, memelihara dan  meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Relationship marketing merupakan  pendekatan yang bersifat jangka panjang, dimana hal ini berbeda dengan  pendekatan pemasaran transaksional yang lebih berorientasi jangka pendek. Tujuan  dari pemasaran transaksional adalah untuk mendapatkan pelanggan semata,  sedangkan tujuan dari relationship marketing  adalah untuk mendapatkan dan  mempertahankan pelanggan.
Alasan yang mendasari topik penelitian ini adalah bahwa setiap perusahaan  jasa  maupun dagang  dalam mempertahankan konsumennya, perusahaan harus  mampu menjalin hubungan yang baik. Relationship marketing merupakan strategi  yang dapat di implementasikan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut. Dan  penelitian yang berkaitan dengan relationship marketing pada perusahaan dagang  belum banyak dilakukan.
Zeithaml and Bitner (2003:158) menyatakan bahwa tujuan utama dari  pemasaran relasional adalah untuk membangun dan mempertahankan pelanggan  yang komit yang menguntungkan bagi perusahaan dan pada waktu yang sama  meminimumkan waktu dan usaha yang dikeluarkan untuk pelanggan yang kurang  menguntungkan.
 Pelanggan merupakan aset yang terpenting yang dimiliki oleh suatu  perusahaan. Tanpa pelanggan tidak akan ada perusahaan yang mampu hidup, dan  tidak ada aset lain yang mempunyai nilai komersial. Aset-aset lain mungkin lebih  berharga, tetapi tidak akan mempunyai arti tanpa pelanggan, karena itu pelanggan  merupakan salah satu bagian dari perusahaan. Perusahaan yang berhasil menjaga  agar pelanggannya selalu puas akan lebih mudah untuk mempertahankan bahkan  mengembangkan usahanya karena pelanggannya lebih setia, singga pelanggan  tersebut kerapkali melakukan pembelian ulang dan rela membayar lebih.
Relationship marketing  dapat memberikan manfaat bagi pelanggan, dan  memungkinkan mempersulit hambatan persaingan bagi pesaing, sehingga  memampukan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehingga  penelitian ini diarahkan untuk mengetahui hubungan antar variabel yang memiliki  pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, yaitu relationship marketing  sebagai  strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan dan  meningkatkan kepuasan pelanggan.
Pemasaran relasional atau relationship marketing merupakan salah satu cara  yang diterapkan oleh PT. Bank Mega Syariah dalam menjalin hubungan dengan  pelanggannya adalah dengan memperhatikan kritikan dan saran dari nasabah,yakni: Tabel 1.1 Rekapitulasi Kritik PT. Bank Mega Syariah Unit Deli Tua Medan  Tahun 2010 Bulan  Jumlah Data Masuk Jumlah Kritik Positif  Negatif Januari  53  25  28 Februari  45  21  24 Maret  34  15  19 Mei  56  21  35 Juni  34  2  32 Juli  33  3  31 Agustus  22  3  19 September  46  19  26 Oktober  37  8  29 November  48  20  28 Desember  34  6  28 Total  442  143  299 Sumber: PT. Bank Mega Syariah Unit Deli Tua Medan (2011).
Berdasarkan pada Tabel 1.1 dapat diketahui bahwa jumlah kritikan negatif  dari bulan Januari sebesar 28 orang nasabah, Februari sebesar 24 orang nasabah,  Maret sebesar 19 orang nasabah, Juni sebesar 32 orang nasabah, Juli sebesar 31  orang nasabah sampai dengan bulan Desember sebesar 28 orang nasabah. Secara  umum lebih besar jika dibandingkan dengan kritikan positif. Namun hal itu juga  diikuti dengan banyaknya pesaing yang muncul serta banyaknya jumlah kritik  negatif dari nasabah yang masuk. Untuk memenangkan persaingan, salah satu  strategi yang dapat ditempuh PT. Bank Mega Syariah Unit Deli Tua Medan yang  terbaik yakni melakukan strategi relationship marketing melalui nilai pelanggan  dan keunggulan produknya dalam meningkatkan kepuasan nasabah.
Menurut Schnaars dalam Tjiptono (2005:134) ada beberapa strategi yang  dapat dilakukan untuk meraih dan meningkatkan kepuasan pelanggan,yakni:  a)  Strategi pemasaran berupa pemasaran relasional atau relationship  marketing yaitu strategi dimana transaksi pertukaran antara pembeli  dan penjual berkelanjutan,tidak berakhir setelah penjualan selesai.
b)  Strategi superior customer service  yakni menawarkan pelayanan  lebih baik daripada pesaing.
Berdasarkan uraian tersebut penulis  melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT.
Bank Mega Syariah Unit Deli Tua Medan”.
1.2 Perumusan Masalah Perumusan masalah dipenelitian ini adalah “Apakah pemasaran relasional  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Pada PT.
Bank Mega Syariah Unit Deli Tua Medan?.
1.3 Tujuan Penelitian Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut “Untuk mengetahui dan  menganalisis pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan nasabah Pada PT.
Bank Mega Syariah Unit Deli Tua Medan”.
1.4 Manfaat Penelitian  Manfaat penelitian adalah: a. Bagi PT. Bank Mega Syariah Unit Deli Tua Medan.
Sebagai sumber informasi dan pedoman bagi PT. Bank Mega Syariah Unit  Deli Tua Medan mengenai  pemasaran relasional terhadap kepuasan  nasabah.
b. Bagi Peneliti Selanjutnya  Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang melakukan penelitian  mengenai objek yang sama,yakni pemasaran relasional dan kepuasan  nasabah di masa yang akan datang.
c. Bagi Peneliti Sebagai suatu sumber pengetahuan dan pengalaman untuk penulis dalam  memperluas wawasan mengenai pemasaran relasional terhadap kepuasan  nasabah.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi