Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PENGARUH STATUS PIONIR DAN KESADARAN MEREK MINUMAN RINGAN MINUTE MAID PULPY ORANGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI



1  BAB I  PENDAHULUAN 
 1.1. Latar Belakang Masalah   
 Dari begitu banyaknya pilihan minuman ringan dengan berbagai macam  rasa sekarang ini, sangat mudah untuk memilih atau menemukan minuman yang  menjadi selera dari masing-masing individu konsumen tersebut. Sebuah merek  mempunyai peranan yang sangat penting dalam strategi pemasaran untuk  membedakan suatu produk perusahaan dengan produk pesaingnya. Situasi  persaingan yang semakin ketat, maka peran merek pun akan menjadi semakin  penting. Seorang produsen tidak cukup hanya menawarkan produk berkualitas  tinggi untuk menarik perhatian konsumen, tetapi juga perlu meningkatkan  kekuatan mereknya di pasar.

 Beberapa tahun belakangan ini, kategori produk yang ramai dimasuki oleh  perusahaan-perusahaan besar adalah kategori minuman ringan. Minuman ringan  merupakan minuman yang memiliki rasa bermacam-macam dan menyegarkan,  serta mengandung vitamin-vitamin yang menambah kesegaran pada peminumnya.
Pada umumnya, kandungan dalam minuman ringan itu bermacam-macam. Tetapi,  berbeda dengan pulpy orange, Komposisi dari Pulpy Orange adalah : Air, Gula,  Bulir Jeruk (Orange Pulp), Konsentrat Jeruk, Perisa Jeruk, Pengatur Keasaman  Asam Sitrat, Natrium Sitrat, Vitamin C dan Pewarna Beta Karoten Cl No.75130.
Sumber : (http://www.scribd.com)  1   2  Tabel 1.1  Produsen Minuman Ringan  Merek Perusahaan  Launching  (Tahun)  Bentuk  Kemasan  Harga  (Rp)  Rasa  Pulpy  Orange  Coca Cola  2008  Botol  Plastik  (350 ml)  Rp 4.500,-  Jeruk  dengan  bulir jeruk  asli  Country  choice  PT. Sinar  Sosro  Akhir 2008  Tetra pak  (250 ml)  Rp 3.000,-  Guava,  Mango,  Orange,  Apple  pulp  Buavita  2Go  PT. Unilever  Indonesia  Tbk  Akhir 2010  Tetra pak  (300 ml)  Rp 4.600,-  Apple  passion,  Melon  crush  Sumber : http://www.scribd.com Pada Tabel 1.1, dapat dilihat bahwa Minute Maid Pulpy Orange adalah minuman  ringan pertama berasa jeruk, yang  benar-benar mengandung sari jeruk dan  terdapat bulir jeruk asli di dalamnya. Minuman-minuman ringan rasa jeruk  lainnya memang sudah banyak beredar di pasar, dan memang memperoleh  keuntungan. Tetapi Pulpy Orange mempunyai keunggulan karena produknya yang  pertama berasa jeruk yang mengandung bulir-bulir jeruk asli yang menyegarkan  dan juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau.
 Pulpy Orange muncul sebagai pelopor minuman ringan berasa jeruk  dengan bulir jeruk asli di Indonesia dan menjadi minuman ringan yang paling  diminati masyarakat sehingga akhirnya menyandang status pionir dalam kategori  minuman ringan berbulir jeruk asli. Kemudian Country Choice mengikutinya  dengan mengeluarkan produk yang memiliki sari apel (apple pulp) pada akhir   3  tahun 2008. Dengan status pionir yang dimiliki Pulpy Orange, minuman ringan ini  dipercaya penuh oleh konsumen. Konsumen yang sudah bersikap positif terhadap  suatu produk akan cenderung memiliki keinginan yang kuat untuk memilih dan  membeli produk yang disukainya.
 Dalam memutuskan pembelian, konsumen tidak selalu menggunakan  pemikiran yang logis, konsumen membeli dan mengkonsumsi produk bukan  sekedar karena nilai fungsi awalnya, namun juga karena nilai sosial dan  emosionalnya. Keputusan pembelian adalah perilaku yang dilakukan oleh  individu-individu yang berbeda. Dalam memutuskan pembelian, konsumen  dipengaruhi oleh berbagai variabel yang ada pada dirinya sendiri ataupun  lingkungannya. Segala kelebihan yang dimiliki Pulpy Orange mampu memuaskan  keinginan dan kebutuhan pelanggan. Olehsebab itu perlu dipahaminya prilaku  konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, karena dalam mengambil  keputusan yang tepat banyak sekali dipengaruhi oleh  faktor-faktor internal  maupun eksternal. Konsumen mungkin dibebani oleh banyaknya pilihan dari  merek minuman-minuman ringan lainnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi  keputusan pembelian adalah status pionir dan kesadaran merek yang dapat  membantu mempermudah konsumen dalam menyortir berbagai alternatif pilihan  minuman ringan yang ada serta berbagaiinformasi mengenai minuman ringan  yang akan dipilih.
Menurut Schmalensee dalam Tjiptono (2005:61), status pionir sebuah  merek (pioneer-status)adalah merek yang muncul pertama kali dalam kategori  produk baru. Keunggulan Pulpy Orange adalah merupakan minuman ringan yang   4  segar dan menyehatkan. Namun, yang membuat Pulpy menjadi status pionir  adalah inovasi yang melekat di minuman Pulpy Orange ini, yaitu adanya  kehadiran bulir-bulir jeruk dalam minumannya. Hal ini belum pernah terjadi  dalam minuman rasa jeruk dan yang mengandung vitamin C lainnya. Keuntungan  dengan hadirnya bulir-bulir jeruk ini adalah kesegaran. Alasan inilah yang  membuat konsumen memilih untuk melakukan pembelian pada produk Pulpy.
Brand awareness(kesadaran akan merek) dari perusahaan tersebut,  apabila suatu perusahaan yang sudah berdiri lama dan memiliki reputasi yang baik  dimata pelanggan maka nama dari perusahaan tersebut akan menimbulkan  loyalitas tersendiri di dalam hati parapelanggannya, sehingga pelanggan akan  melakukan pembelian secara berulang-ulang. Strategi yang dilakukan oleh Pulpy  dalam menciptakan kesadaran merek  salah satunya melalui iklan dengan  menyisipkan tagline yang menarik dan mudah diingat yaitu , ‘Refreshingly  Orange Suprisingly Pulpy’ dan ‘Where Is The Pulp’. Hal ini dapat mengundang  rasa ingin tahu konsumen sehingga pada akhirnya mempengaruhi konsumen untuk  melakukan pembelian. Selain itu kemasan botol Pulpy yang menarik merupakan  salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pembelian.
  Pulpy berorientasi pada gaya hidup anak muda khususnya dengan target  pasar usia 20-29 tahun, yang memiliki karakteristik selalu ingin gaya, energik, dan  berbeda. Umumnya mahasiswa adalah salah satu golongan yang ingin dituju oleh  Pulpy Orange. Pulpy Orange erat kaitannya dengan mahasiswa, karena  mencerminkan gaya hidup yang konsumtifdan serba instan. Hal ini berhubungan  dengan sisi psikologis mahasiswa yang memiliki perilaku yang dinamis.
 5  Mahasiswa Fakultas Ekonomi Departemen Manajemen USU merupakan  populasi yang tepat untuk dijadikan objek penelitian ini karena karakteristik cuaca  di kampus yang panas dan ditunjang dengan tidak adanya fasilitas pendingin  ruangan di kelas yang kebanyakan dirasa oleh mahasiswa kurang memadai dan  menyebabkan dehidrasi. Alasan ini menjadi jawaban atas meningkatnya intensitas  pembelian minuman ringan Pulpy Orange.
1.2. Perumusan Masalah   Dari uraian pada latar belakangdapat diambilkan rumusan masalah  sebagai berikut: “Bagaimana pengaruh  status pionir dan kesadaran merek  minuman ringan Minute Maid Pulpy Orange terhadap keputusan pembelian  mahasiswa Fakultas Ekonomi Departemen Manajemen USU?”  1.3. Tujuan Penelitian  Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis  pengaruh status pionir dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian  minuman ringan Minute Maid Pulpy Orange pada mahasiswa Fakultas Ekonomi  Departemen Manajemen USU.
1.4. Manfaat Penelitian  Manfaat penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi:  1. Bagi Departemen   6  Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan informasi  mengenai status pionir dan kesadaran merek produk minuman ringan di  kalangan mahasiswa Depertemen Manajemen USU.
2. Bagi Peneliti Lain  Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi  dalam melakukan penelitian dengan objek ataupun masalah yang sama di  masa yang akan datang, maupun untuk penelitian lanjutan.
3. Bagi Penulis  Penelitian ini merupakan kesempatanyang baik untuk dapat menerapkan  ilmu yang telah diperoleh selama menjalani perkuliahan dan memperluas  wahana berpikir ilmiah dalam bidang manajemen pemasaran. Khususnya  yang berkaitan dengan status pionirsuatu merek terhadap keputusan  pembelian.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi