1 BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Dari
begitu banyaknya pilihan minuman ringan dengan berbagai macam rasa sekarang ini, sangat mudah untuk memilih
atau menemukan minuman yang menjadi
selera dari masing-masing individu konsumen tersebut. Sebuah merek mempunyai peranan yang sangat penting dalam
strategi pemasaran untuk membedakan
suatu produk perusahaan dengan produk pesaingnya. Situasi persaingan yang semakin ketat, maka peran
merek pun akan menjadi semakin penting.
Seorang produsen tidak cukup hanya menawarkan produk berkualitas tinggi untuk menarik perhatian konsumen,
tetapi juga perlu meningkatkan kekuatan
mereknya di pasar.
Beberapa tahun belakangan ini, kategori produk
yang ramai dimasuki oleh perusahaan-perusahaan
besar adalah kategori minuman ringan. Minuman ringan merupakan minuman yang memiliki rasa
bermacam-macam dan menyegarkan, serta
mengandung vitamin-vitamin yang menambah kesegaran pada peminumnya.
Pada umumnya,
kandungan dalam minuman ringan itu bermacam-macam. Tetapi, berbeda dengan pulpy orange, Komposisi dari
Pulpy Orange adalah : Air, Gula, Bulir
Jeruk (Orange Pulp), Konsentrat Jeruk, Perisa Jeruk, Pengatur Keasaman Asam Sitrat, Natrium Sitrat, Vitamin C dan
Pewarna Beta Karoten Cl No.75130.
Sumber :
(http://www.scribd.com) 1 2 Tabel
1.1 Produsen Minuman Ringan Merek Perusahaan Launching (Tahun) Bentuk Kemasan
Harga (Rp) Rasa
Pulpy Orange Coca
Cola 2008 Botol Plastik
(350 ml) Rp 4.500,- Jeruk dengan
bulir jeruk asli Country
choice PT. Sinar Sosro Akhir
2008 Tetra pak (250 ml) Rp 3.000,- Guava, Mango,
Orange, Apple pulp
Buavita 2Go PT.
Unilever Indonesia Tbk Akhir
2010 Tetra pak (300 ml) Rp 4.600,- Apple passion,
Melon crush Sumber
: http://www.scribd.com Pada Tabel 1.1, dapat dilihat bahwa Minute Maid Pulpy
Orange adalah minuman ringan pertama
berasa jeruk, yang benar-benar
mengandung sari jeruk dan terdapat bulir
jeruk asli di dalamnya. Minuman-minuman ringan rasa jeruk lainnya memang sudah banyak beredar di pasar,
dan memang memperoleh keuntungan. Tetapi
Pulpy Orange mempunyai keunggulan karena produknya yang pertama berasa jeruk yang mengandung
bulir-bulir jeruk asli yang menyegarkan dan
juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau.
Pulpy Orange muncul sebagai pelopor minuman
ringan berasa jeruk dengan bulir jeruk
asli di Indonesia dan menjadi minuman ringan yang paling diminati masyarakat sehingga akhirnya
menyandang status pionir dalam kategori minuman
ringan berbulir jeruk asli. Kemudian Country Choice mengikutinya dengan mengeluarkan produk yang memiliki sari
apel (apple pulp) pada akhir 3 tahun 2008. Dengan status pionir yang dimiliki
Pulpy Orange, minuman ringan ini dipercaya
penuh oleh konsumen. Konsumen yang sudah bersikap positif terhadap suatu produk akan cenderung memiliki keinginan
yang kuat untuk memilih dan membeli
produk yang disukainya.
Dalam memutuskan pembelian, konsumen tidak
selalu menggunakan pemikiran yang logis,
konsumen membeli dan mengkonsumsi produk bukan sekedar karena nilai fungsi awalnya, namun
juga karena nilai sosial dan emosionalnya.
Keputusan pembelian adalah perilaku yang dilakukan oleh individu-individu yang berbeda. Dalam
memutuskan pembelian, konsumen dipengaruhi
oleh berbagai variabel yang ada pada dirinya sendiri ataupun lingkungannya. Segala kelebihan yang dimiliki
Pulpy Orange mampu memuaskan keinginan
dan kebutuhan pelanggan. Olehsebab itu perlu dipahaminya prilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian,
karena dalam mengambil keputusan yang
tepat banyak sekali dipengaruhi oleh faktor-faktor
internal maupun eksternal. Konsumen
mungkin dibebani oleh banyaknya pilihan dari merek minuman-minuman ringan lainnya. Salah
satu faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian adalah status pionir dan kesadaran merek yang dapat membantu mempermudah konsumen dalam menyortir
berbagai alternatif pilihan minuman
ringan yang ada serta berbagaiinformasi mengenai minuman ringan yang akan dipilih.
Menurut Schmalensee
dalam Tjiptono (2005:61), status pionir sebuah merek (pioneer-status)adalah merek yang muncul
pertama kali dalam kategori produk baru.
Keunggulan Pulpy Orange adalah merupakan minuman ringan yang 4 segar
dan menyehatkan. Namun, yang membuat Pulpy menjadi status pionir adalah inovasi yang melekat di minuman Pulpy
Orange ini, yaitu adanya kehadiran
bulir-bulir jeruk dalam minumannya. Hal ini belum pernah terjadi dalam minuman rasa jeruk dan yang mengandung
vitamin C lainnya. Keuntungan dengan
hadirnya bulir-bulir jeruk ini adalah kesegaran. Alasan inilah yang membuat konsumen memilih untuk melakukan
pembelian pada produk Pulpy.
Brand
awareness(kesadaran akan merek) dari perusahaan tersebut, apabila suatu perusahaan yang sudah berdiri
lama dan memiliki reputasi yang baik dimata
pelanggan maka nama dari perusahaan tersebut akan menimbulkan loyalitas tersendiri di dalam hati
parapelanggannya, sehingga pelanggan akan melakukan pembelian secara berulang-ulang.
Strategi yang dilakukan oleh Pulpy dalam
menciptakan kesadaran merek salah satunya
melalui iklan dengan menyisipkan tagline
yang menarik dan mudah diingat yaitu , ‘Refreshingly Orange Suprisingly Pulpy’ dan ‘Where Is The
Pulp’. Hal ini dapat mengundang rasa
ingin tahu konsumen sehingga pada akhirnya mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Selain itu kemasan botol
Pulpy yang menarik merupakan salah satu
faktor yang dapat mempengaruhi pembelian.
Pulpy berorientasi pada gaya hidup anak muda
khususnya dengan target pasar usia 20-29
tahun, yang memiliki karakteristik selalu ingin gaya, energik, dan berbeda. Umumnya mahasiswa adalah salah satu
golongan yang ingin dituju oleh Pulpy
Orange. Pulpy Orange erat kaitannya dengan mahasiswa, karena mencerminkan gaya hidup yang konsumtifdan
serba instan. Hal ini berhubungan dengan
sisi psikologis mahasiswa yang memiliki perilaku yang dinamis.
5 Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Departemen Manajemen USU merupakan populasi yang tepat untuk dijadikan objek
penelitian ini karena karakteristik cuaca di kampus yang panas dan ditunjang dengan
tidak adanya fasilitas pendingin ruangan
di kelas yang kebanyakan dirasa oleh mahasiswa kurang memadai dan menyebabkan dehidrasi. Alasan ini menjadi
jawaban atas meningkatnya intensitas pembelian
minuman ringan Pulpy Orange.
1.2. Perumusan
Masalah Dari uraian pada latar belakangdapat
diambilkan rumusan masalah sebagai
berikut: “Bagaimana pengaruh status
pionir dan kesadaran merek minuman
ringan Minute Maid Pulpy Orange terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Departemen
Manajemen USU?” 1.3. Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh
status pionir dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian minuman ringan Minute Maid Pulpy Orange pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi Departemen
Manajemen USU.
1.4. Manfaat
Penelitian Manfaat penelitian ini
diharapkan dapat berguna bagi: 1. Bagi
Departemen 6 Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
bahan masukan dan informasi mengenai
status pionir dan kesadaran merek produk minuman ringan di kalangan mahasiswa Depertemen Manajemen USU.
2. Bagi Peneliti
Lain Penelitian ini dapat digunakan
sebagai bahan perbandingan dan referensi dalam melakukan penelitian dengan objek
ataupun masalah yang sama di masa yang
akan datang, maupun untuk penelitian lanjutan.
3. Bagi Penulis Penelitian ini merupakan kesempatanyang baik
untuk dapat menerapkan ilmu yang telah
diperoleh selama menjalani perkuliahan dan memperluas wahana berpikir ilmiah dalam bidang manajemen
pemasaran. Khususnya yang berkaitan
dengan status pionirsuatu merek terhadap keputusan pembelian.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi