Sabtu, 22 Maret 2014

Skripsi Manajemen: PERANAN CALL CENTER DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN(simpati) PADA PT TELEKOMUNIKASI SELLULER



BAB I  PENDAHULUAN
  A. Latar Belakang Masalah   
Aspek pemasaran merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang  paling menentukan keberhasilan. Pemasaran merupakan ujung tombak  perusahaan, baik perusahaan industri, perusahaan jasa (service), maupun  perusahaan perantara (distributor). Perusahaan tidak akan mampu bersaing  apalagi tumbuh dan berkembang apabila bidang pemasaran tidak mampu  melaksanakan fungsinya dengan efektif dan efisien.

 Konsumen memiliki banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan dan  keinginannya terlihat dari segi produk yang beraneka ragam, apakah itu model,  harga, kualitas dan kuantitas yang didukung dengan kemajuan bidang tranformasi  dan informasi yang akan menghilangkan jarak dan batas-batas antara daerah dan  negara. Hal ini membuat semakin banyaknya perusahaan yang masuk ke pasar  guna merebut pasar dan semakin memanjakan konsumen. Tidak semua  perusahaan berhasil dalam bersaing dan menguasai pasar sesuai dengan target  yang telah ditetapkan, apalagi dalam keadaan kondisi perekonomian negara yang  belum membaik seperti sekarang ini, untuk itu dibutuhkan suatu kebijakan dan  strategi pemasaran jitu dalam menghadapi persaingan yang semakin tajam.
Masalah dominan yang dihadapi perusahaan adalah keterbatasan dan  kekurangmampuan perusahaan untuk memberikan kepuasan yang diharapkan oleh  konsumennya. Realita membuktikanpara konsumen sangat sulit untuk  dipuaskan. Konsumen (pelanggan) harus dipuaskan karena mereka akan   meninggalkan perusahaan dan akan menjadi pelanggan pihak pesaing. Hal ini  tentunya akan mengakibatkan perusahaan kesulitan untuk bertahan dalam  persaingan pasar. Oleh karena itu, setiap perusahaan dituntut untuk meningkatkan  usahanya secara maksimal dengan memberikan produk yang berkualitas, harga  yang terjangkau, serta pelayanan (service)yang baik sehingga dapat memberikan  kepuasan kepada konsumennya.
 Setiap perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para  konsumennya dengan memberikan pelayanan (service)yang lebih baik daripada  pelayanan (service)yang diberikan perusahaan pesaing. Setiap perusahaan harus  mampu memberikan kepuasan kepadapara konsumen, disamping mampu  mempertahankan konsumen yang lama untuk terus membeli produk yang  ditawarkan, serta akan mampu pula untuk menarik calon konsumen baru. Produk  menunjukkan ukuran tahan lamanya produk dapat dipercaya oleh konsumen dan  sejauh mana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhannya. Sementara harga  merupakan pengorbanan riil yang harus diberikan konsumen untuk memperoleh  suatu produk.
 Pada Kota Medan banyak sekali Perusahaan-perusahaan yang  menjalankan usaha Penjualan dengan mengutamakan pelayanan kepada konsumen  salah satunya adalah PT Telkomsel Medan. Perusahaan ini telah banyak dikenal  oleh masyarakat umum khususnya kota Medan, dan dapat terus mempertahankan  eksistensinya ditengah persaingan bisnis dalam bidang telekomunikasi di kota  Medan. Hal ini membuktikan bahwa PT Telekomunikasi Seluler yang bergerak  dalam bidang telekomunikasi mampu memenuhi harapan dan kebutuhan para  konsumennya.
  Penulis melihat kenyataan ini merasa tertarik untuk mengadakan  penelitian terhadap peranan Call Centerpada salah satu provider telepon selular  dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan, yang merupakan suatu strategi  perusahaan dalam pemasaran. Maka didasarkan hal ini penulis mengadakan  penelitian pada Call CenterPT Telkomsel Medan, yang bergerak dibidang jasa  komunikasi telepon selular. Adapun judul yang dipilih oleh penulis adalah  “Peranan Call CenterDalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan(simpati)Pada  PT Telkomsel Medan”. Masalah ini yang dipilih oleh penulis untuk menjadi  bahan penelitian karena kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur dalam menilai  keberhasilan perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran. Pada pemegang  peranan penting dalam memenangkan persaingan sekaligus meningkatkan volume  penjualan untuk mencapai laba yang optimal.
 Alasan penulis memilih perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa  komunikasi sebagai objek penelitian, dikarenakan bidang usaha jasa komunikasi  adalah salah satu jenis usaha yang memiliki masa depan pengembangan usaha  yang sangat cerah dan selalu melakukan perubahan. Selain itu penulis juga ingin  mengetahui bagaimana pihak manajemen menerapkan strategi pemasaran dalam  menghadapi perubahan teknologi yang sangat cepat dan persaingan yang sangat  ketat dari perusahaan pesaing.
 B. Rumusan Masalah  Sesuai dengan fungsinya Call Centerberperan memberikan bantuan  layanan kepada para pelanggan dalam hal ini sebagai pusat informasi bagi para  pengguna jasa komunikasi Telkomsel, dari uraian latar belakang di atas penulis  dapat merumuskan permasalahan adalah:   “Apakah Peranan pelayanan Call Center dalam meningkatkan kepuasaan  pelanggan(simpati) pada PT Telkomsel Medan telah berjalan dengan efektif?”  C. Kerangka Konseptual  Kerangka konseptual adalah generailisasi dari kelompok fenomena  tertentu sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai fenomena yang  sama. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka kerangka konseptual sangat  bermanfaat untuk memudahkan suatu penelitian agar penelitian yang dilakukan  dapat lebih terarah dan berhubungan satu sama lain.
Ada lima dimensi kualitas pelayanan jasa menurut Rambat Lupiyoadi (2001 :148), yaitu:  1. Tangibleatau bukti fisik  Yaitu kemampuan suatu perusahaan dalam menunjukkan eksistensinya kepada  pihak eksternal.
2. Reliabilityatau keandalan  Yaitu kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan sesuai yang  dijanjikannya secara akurat dan terpercaya.
 3. Responsiveneesatau ketanggapan  Yaitu suatu kemampuan dan memberikanpelayanan yang cepat (responsif) dan  tepat kepada pelanggan, dengan penyampaian informasi yang jelas.
4. Assuranceatau jaminan dan kepastian  Yaitu pengetahuan, kesopansantunan, dan kemampuan para pegawai  perusahaan untuk menumbuhkan rasa  percaya para pelanggan kepada  perusahaan.
5. Emphatyatau memberikan perhatian  Yaitu memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi  yang memberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami  keinginan konsumen.
 Menentukan tingkat kepuasan pelanggan, terdapat lima faktor utama yang  harus diperhatikan oleh Perusahaan (Lupiyoadi, 2001: 158), yaitu:  1.  Kualitas Produk  2.  Kualitas Pelayanan  3.  Emosional  4.  Harga  5.  Biaya  Dari kelima dimensi kualitas pelayanan saja diatas, terdapat tiga faktor  yang sangat mempengaruhi pelayanan jasa. Adapun ketiga faktor tersebut antara  lain : Responsiveneesatau ketanggapan, Assuranceatau jaminan dan kepastian,  Emphatyatau memberikan perhatian.
 Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah diatas, maka kerangka  konseptual dapat digambarkan sebagai berikut:  Kualitas Pelayanan jasa: Gambar 1.1: Kerangka Konseptual  Sumber: Rambat Lupiyoadi (2001)  D. Hipotesis  “Hipotesis merupakan pendapat, dugaan, atau jawaban yang bersifat  sementara dari suatu persoalan yang di ajukan, dimana kebenarannya masih perlu  di buktikan lebih lanjut, sehingga dapat dicari hubungan antara teori dengan  kenyataan yang ada di lapangan” (Teguh, 1999:58)  Berdasarkan permasalahan yang telah di kemukakan di atas, maka penulis  merumuskan hipotesis sebagai berikut: apakah ada pengaruh positif dan  signifikan antara kualitas pelayanan call center terhadap kepuasan pelanggan  Telkomsel Medan.
Responsiveneesatau ketanggapan  (x1)  Assuranceatau jaminan dan kepastian  (x2)  Emphatyatau memberikan perhatian  (x3)  Kepuasan pelanggan  (Y)   E. Tujuan Dan Manfaat Penelitian Tujuan umum penelitian adalah menemukan, mengembangkan dan  menguji kebenaran suatu ilmu pengetahuan. Untuk mencegah kesimpangsiuran  dalam menafsirkan, penelitian dibatasihanya menyangkut peranan pelayanan call  center. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah:  1.  Mengetahui sistem pelayanan yang di lakukan oleh perusahaan.
2.  Mengetahui efektivitas pelayanan yang telah di lakukan oleh perusahaan.
3.  Mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perusahaan dalam  melaksanakan strategi pemasaran yang baik, tepat serta efektif dan efisien.
4.  Memberikan saran-saran yang di dasarkan pada data-data objektif demi  kemajuan perusahaan.
Adapun manfaat penelitian yang penulis harapakan dalam skripsi ini adalah:  1.  Memberikan sumbangan pemikiran yang bermanfaat bagi perusahaan  demi kemajuan perusahaan.
2.  Referensi bagi penulis lain yang mungkin tertarik untuk mengadakan  penelitian di bidang yang sama.
3.  Sebagai bahan perbandingan dari apa yang di pelajari dengan praktek  yang terjadi di lapangan.
 F. Metode Penelitian  1. Tempat dan Waktu Penelitian  Adapun yang menjadi tempat penelitian penulis yaitu pada PT Telkomsel  Medan Jln. Imam Bonjol No. 16 Medan, sedangkan waktu penelitian dimulai  pada bulan Agustus sampai dengan Januari 2008.
2. Populasi dan Sampel  Menurut Sugiyono (2005:72), populasi adalah wilayah generalisasi yang  terdiri atas objek/subjek yang mempuyai kualitas dan karateristik tertentu yang  diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT Telkomsel Medan pada  bulan Januari 2008   Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampeling  aksidentalyaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa  saja yang secara kebetulan ditemui dilokasi penelitian itu cocok sebagai  sumber data. (Sugiyono, 2005 : 77).
  Dalam hal pengambilan sampel, maka peneliti mengambil 40 orang  yang ada yang akan dijadikan sampel dalam penelitian.
3. Teknik Pengumpulan Data  Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah sebagai berikut:  1. Wawancara (interview)adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan  dengan melakukan wawancara atau mengajukan pertanyaan kepada karyawan  ada pada PT. Telkomsel Medan.
 2. Daftar pertanyaan (questioner)yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan  dengan membuat daftar pertanyaan yang ditujukan kepada para konsumen PT.
Telkomsel Medan yang telah menggunakan layanan call center.
3.  Studi dokumentasi yaitu data-data yang diperoleh dari perusahaan, antara lain  sejarah perusahaan, struktur organisasi perusahaan, produk-produk  perusahaan.
4. Jenis Data  Jenis data yang dipergunakan penulis dalam penelitian ini adalah:  1. Data Primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian  antara lain wawancara dan kuesioner.
2. Data sekunder adalah data-data yang diperoleh melalui buku-buku, majalahmajalah, jurnal-jurnal dan juga data yang diperoleh dari perusahaan yakni  sejarah perusahaan (studi dokumentasi).
5. Identifikasi Variabel   Variabel-variabel dalam penelitian ini dapat diidentifikasikan sebagai  berikut:  1. Kepuasan Konsumen ; Y   variabel terikat  2. Ketanggapan  ; x1   3. Jaminan    ; x2  variabel bebas  4. Perhatian     ; x3   1Pengukuran dengan skala likert dapat dilakukan dengan pembagian sebagai  berikut:  1. Jawaban sangat tidak setuju   = 1  2. Jawaban tidak setuju    = 2  3. Jawaban setuju     = 3  4. Jawaban sangat setuju    = 4  5. Jawaban sangat setuju sekali   = 5  6. Batasan Operasioal  Batasan operasionalnya dalam penelitian ini adalah :  a. Variabel Independen (X): seberapabesar pengaruh kualitas pelayanan yaitu  Responsiveness (X1), Assurance (X2), dan Emphaty (X3).
b. Variabel Dependen (Y): kepuasan, yaitu kepuasan pelanggan sebagai  pengguna jasa call centerTelkomsel Medan.
 17. Definisi Operasional Variabel Dalam penelitian ini definisi operasionalisasi variabel terdapat pada tabel 1.2.
Tabel 1.1. Definisi Operasionalisasi Variabel  Variabel Atribut Skala  Ketanggapan  (x1)  Jaminan  (x2)  Perhatian  (x3)  Kepuasan Konsumen  (Y)  a. Call Center memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan  tentang layanannya.
b.  Call Center melayani nasabah dengan segera mungkin.
c. Call Center mudah dihubungi oleh pelanggan untuk  menyampaikan keluhan  d. Kesediaan call center untuk selalusiap melayani pelanggan.
a. Call center mempunyai pengetahuan dalam menjawab pertanyaan  atau keluhan pelanggan.
b. Call center ramah dan sopan dalam melayani pelanggan.
c.  Adanya jaminan yang dirasakan oleh nasabah dalam  menggunakan produk Telkomsel.
d.  Kinerja call center memberikan keyakinan kepada pelanggan.
a. Call center memberikan perhatian kepada pelanggan.
b.Perusahaan mempunyai pelanggan yang setia.
c. Perusahaan mempunyai waktu khusus untuk pelayanan individu  pelanggan.
d. Perusahaan memberikan perhatian individu kepada karyawan.
a. Sarana dan fasilitas yang memadai.
b. Call center memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan  nasabah yang memerlukan jasa Telkomsel.
c. PT.Telkomsel memiliki layanan yang tepat waktu.
d. Call center memiliki tingkat pengetahuan yang cukup tentang jasa  pelayanan.
e. Karyawan call center memiliki penampilan yang menarik.
Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Likert  Sumber: Lupiyoadi, 2001 : 197   18. Teknik Analisis Data  Dalam menganalisa data yang terkumpulmelalui penelitian, ditentukan  metode analisis yang dipergunakan sehingga lebih terarah dan dapat  dipertanggungjawabkan.
Teknik penelitian yang dipergunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah:  a. Metode Analisa Deskriptif   Merupakan cara merumuskan dan menafsirkan data yang ada sehingga  memberikan gambaran yang jelas mengenai pengumpulan, penyusunan, dan  menganalisis data, sehingga dapat diketahui gambaran umum objek yang diteliti.
b. Metode Analisis Statistik   Yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kualitas  pelayanan call center terhadap kepuasan pelanggan(simpati) . Dalam hal ini metode  yang digunakan adalah:  1. Regresi Linier Berganda (Multiple Linier regresion)   Untuk menganalisis besarnya pengaruh variable independent yang  jumlahnya lebih dari dua variable. Untuk perolehan hasil yang lebih akurat,  penulis menggunakan bantuan program SoftwareSPSS (Statistic product and  Service Solution) versi 12.00  Rumusannya adalah sebagai berikut:  Y = a + Β1X1+ Β2X2 + Β3X3 + e  Dimana :  Y    = Kepuasan Konsumen  X1  = Ketanggapan   X2= Jaminan  X3 = Perhatian   1 a = Konstanta  Β1, Β2, Β3= Koefisien regresi  e = Standar error  2. Uji –F (uji secara serentak)   Untuk membuktikan apakah variabel bebas (X1) mempuyai pengaruh yang  signifikan terhadap variabel terikat (Y1) secara serentak.
Kriteria pengujian sebagai berikut:  Ho  : Βi  = 0, artinya tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan call center Telkomsel terhadap kepuasan pelanggan(simpati)pada PT.Telkomsel Medan  Ho : Βi ≠0, terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan call centerTelkomsel  terhadap kepuasan pelanggan(simpati)pada PT. Telkomsel Medan.
Dengan kaidah pengambilan keputusan:  Ho diterima, apabila F hitung < F tabel pada α= 5 %.
Ha ditolak bila F hitung > F tabelpada α= 5 %.
3. Uji –T (Uji secara parsial)  Untuk membuktikan apakah variabel bebas (X1) mempuyai pengaruh yang  signifikan terhadap variabel terikat (Y1) secara parsial.
Kriteria pengujian sebagai berikut:  Ho : Βi  = 0, artinya tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan call center Telkomsel terhadap kepuasan pelanggan(simpati) pada PT.Telkomsel Medan  Ho : Βi ≠0, terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan call centerTelkomsel  terhadap kepuasan pelanggan(simpati) pada PT. Telkomsel Medan.
 1Dengan kaidah pengambilan keputusan:  Ho diterima, apabila F hitung < F tabel pada α= 5 %.
Ha ditolak bila F hitung > F tabelpada α= 5 %.
4. Determinan (R )   Menunjukkan kuat lemahnya pengaruh atas besarnya variable X terhadap  variable Y, dapat dilihat dengan tingkat determinan yang dapat dirumuskan  sebagai berikut (Sugiyono,2005:186) D = R Semakin besar nilai koefisien determinasi semakin baik kemampuan variabel X  menerangkan variabel Y.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi