Senin, 21 April 2014

Skripsi Hukum: PERANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT

BAB I .
PENDAHULUAN.
G. Latar Belakang.
Administrasi kepegawaian juga dapat diartikan sebagai manajemen  kepegawaian. Kata administrasi dalam ilmu hukum administrasi negara berasal  dari bahasa latin yaitu administrare, dimana asal kata ad dan ministrare diartikan  sebagai pemberian jasa atau bantuan. Kata administrasi mengandung arti  melayani (to serve), pimpinan (administrator), atau memimpin (to manage).

Manusia dalam berorganisasi perlu diatur dengan peraturan yang  disepakati bersama. Peraturan perundang-undangan tidak dapat melayani dirinya  sendiri secara otomatis. Peraturan perundang-undangan itu dapat berfungsi secara  efektif karena manusia mematuhinya. Dalam ruang lingkup organisasi ketaatan  dan kepatuhan setiap anggotanya terhadap peraturan merupakan hal yang sangat  penting dilakukan agar tujuan organisasi dapat tercapai. Oleh karena itu  administrasi kepegawaian memiliki peranan penting dalam penataan tenaga kerja  manusia, sehingga manusia sebagai inti dari organisasi dapat melaksanakan dan  mematuhi setiap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peranan manusia sangat penting  bahkan sangat menentukan. Lagi pula agar peranan manusia dapat dimanfaatkan  semaksimal mungkin dan sebaik mungkin, manusia harus dikelola dengan sebaikbaiknya dengan mempergunakan ilmu administrasi, khususnya ilmu administrasi  kepegawaian yang telah memiliki peranan penting sejak abad ke XX ini. Disadari  bahwa masalah kepegawaian adalah masalah manusia yang selamanya menjadi   hal yang paling pelik dan rumit, serta luas ruang lingkupnya dan banyak seginya.
Kita sekarang telah berada dalam abad teknologi dimana kegiatan manusia sudah  digantikan dengan mesin, namun faktor manusia tetaplah merupakan faktor yang  paling penting dan paling menentukan dalam setiap organisasi apapun.
Di dalam hukum positip Indonesia, administrasi kepegawaian disebut  manajemen  kepegawaian.  Administrasi  kepegawaian  seringkali  digunakan  di dalam instansi pemerintah yang merupakan peristilahan yang terancang secara  umum yang dapat diperbandingkan dengan istilah manajemen tenaga kerja atau  manajemen sumber daya tenaga kerja.
 Adapun alasan penulis memilih kantor Camat Lotu sebagai topik  pembahasan atas peranan administrasi kepegawaian dalam meningkatkan kinerja  pegawai adalah karena kantor Camat Lotu merupakan instansi pemerintah daerah  yang berada diwilayah kecamatan yang bertugas untuk membantu Bupati /  Walikota dalam menyelenggarakan pemerintahan di wilayah kecamatan. Selain  hal tersebut di atas penulis menilai Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara adalah  salah satu daerah yang masih dalam tahap perkembangan (swadaya) di Kabupaten  Nias Utara khususnya dan tingkat nasional pada umumnya, termasuk dalam segi  pemerintahan, sehingga dapat dijadikan tolak ukur pelaksanaan administrasi  kepegawaian yang baik. Selain itu penulis ingin juga mengetahui sejauhmana  pemerintah khususnya pemerintah daerah Kabupaten Nias Utara dalam  menjalankan pemerintahan, sehingga tercipta  suatu kinerja atau manajemen   Thoha, Miftah; Manajemen Kepegawaian Sipil di Indonesia, Jakarta, Rajawali, 2005, Hal: 18.
 pemerintahan yang sehat sebagai penyelenggaraan pemerintahan pusat maupun  daerah.
Pada kantor pemerintah Kabupaten Nias khususnya Kantor Camat Lotu  Kabupaten Nias Utara, dalam menjalankan roda administrasi dan manajemennya  sering berhadapan pada masalah kepegawaian diantaranya masalah-masalah yang  menyangkut kesejahteraan pegawai dilingkungan Kantor Camat Lotu. Adapun  masalah yang sering timbul dalam pelaksanaan administrasi kepegawaian yaitu  masih kurang diterapkan dan disosialisasikannya sistem perencanaan kerja pada  administrasi kepegawaian, sehingga pegawai kurang memahami dan mengerti  sasaran ataupun tujuan yang ingin dicapai. Masih kurangnya pembinaan dan  pengarahan pegawai terutama menyangkut aspek mental dan disiplin sehingga  masih banyak pegawai yang kurang mematuhi ketentuan jam kerja sebagaimana  mestinya. Selain dari itu masih kurangnya pelaksanaan pengawasan serta  pengendalian yang diterapkan oleh pimpinan kantor selaku pimpinan  administrasi.
Apabila hal tersebut terus berlanjut maka tujuan yang ingin dicapai akan  sulit untuk diperoleh. Secara teoritis, bahwa dengan melaksanakan administrasi  kepegawaian di lingkungan organisasi akan dapat meningkatkan kinerja pegawai.
Tetapi dalam prakteknya penulis masih perlu mencari data untuk membuktikan  kebenarnnya, dan inilah yang menjadi latar belakang penulis untuk melakukan/  mengadakan penelitian.
Dari uraian diatas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian  dengan judul : “PERANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN DALAM  MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT LOTU  KABUPATEN NIAS UTARA”.
B. Permasalahan  Perumusan masalah merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar  peneliti dapat terarah dalam membahas masalah yang akan diteliti dan  menghindari kekeliruan dari pemecahan masalah yang akan dibahas dalam  penelitian.
Adapun masalah yang telah dirumuskan penulis dalam penelitian ini  adalah sebagai berikut : 1.  Apakah pelaksanaan administrasi kepegawaian yang dilakukan pada Kantor  Camat Lotu  sesuai dengan Undang-Undang Kepegawaian  No.  43  tahun  1999 ? 2.  Apakah pegawai Kantor Camat Lotu telah melakukan kinerjanya sesuai  dengan prosedur ? 3.  Apakah fungsi administrasi kepegawaian khususnya pada Kantor Camat  Lotu?  C. Tujuan dan Manfaat Penulisan 1.  Tujuan Penulisan Setiap penelitian ilmiah senantiasa diupayakan kearah terwujudnya tujuan  tertentu. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.  Untuk mengetahui pelaksanaan Administrasi Kepegawaian yang dilakukan  pada Kantor Camat Lotu Kabupaten Nias Utara.
 2.  Untuk mengetahui Kinerja pegawai pada Kantor Camat Lotu Kabupaten Nias Utara.
3.  Untuk mengetahui peranan Administrasi Kepegawaian dalam meningkatkan  Kinerja pegawai pada Kantor Camat Lotu Kabupaten Nias Utara.
2.  Manfaat Penulisan Setelah selesai, penelitian ini tentunya diharapkan dapat memberikan  manfaat baik untuk diri sendiri maupun pihak lain yang berkepentingan dengan  penelitian ini.
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai  berikut : 1.  Diharapkan penelitian ini dapat memberikan dan mengembangkan wawasan  dan pengetahuan tentang administrasi kepegawaian dalam meningkatkan  kemampuan intelektual peneliti.
2.  Dapat memberikan masukan yang positif, khususnya dalam masalah  Administrasi Kepegawaian serta Kinerja pegawai di Kantor Camat Lotu  Kabupaten Nias Utara.
3.  Dapat menambah dan memperkaya khazanah kepustakaan yang dapat  dijadikan rujukan bagi peneliti berikutnya.
D. Keaslian Penulisan Skripsi ini berjudul:  “Peranan Administrasi Kepegawaian Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Lotu Kabupaten Nias Utara”.
 Penulisan skripsi dimulai dengan mengumpulkan bahan-bahan berkaitan  dengan judul diatas baik melalui literatur yang diperoleh dari perpustakaan  maupun media cetak maupun elektronik dan disamping itu juga diadakan penelitian. Dan sehubungan dengan keaslian judul skripsi ini penulis melakukan  pemeriksaan pada perpustakaan Fakultas Hukum USU untuk membuktikan bahwa  judul skripsi ini belum ada di perpustakaan Fakultas Hukum USU.
E.  Hipotesa Hipotesa adalah jawaban sementara yang kebenarannya harus dibuktikan.
Hipotesa adalah merupakan titik tolak untuk mencari jawaban yang sebenarnya  dengan menghubungkannya dengan teori-teori yang ada, sehingga diyakini  jawaban sementara tadi benar/tidak.
Hipotesa ini merupakan jawaban sementara atau pedoman terhadap suatu  penyelidikan untuk mencari jawaban yang sebenarnya sebagai jawaban sementara  atas timbulnya masalah di atas adalah : 1.  Masih belum terlaksananya sistim dan fungsi administrasi kepegawaian yang  baik.
2.  Kurangnya informasi  yang memadai tentang peranan administrasi atau  manajemen kepegawaian.
3.  Belum tercapainya hasil atau mutu kerja yang maksimal.
 F.  Metodologi Penelitian Secara harfiah, metode dapat diartikan sebagai suatu cara yang teratur dan  berfikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.
 a.  Penelitian Perpustakaan (Library Research), yakni pengumpulan data yang  diperoleh dari buku-buku tulisan ilmiah yang mempunyai relevansi langsung  dengan masalah yang akan diteliti.
Sesuai dengan pengertian ini, maka dalam penulisan skripsi ini digunakan  suatu metode supaya dapat diwujudkan apa yang menjadi tujuan penulisan.
Lokasi penelitian dikonsentrasikan di Kantor Camat Lotu Kabupaten Nias.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah : b.  Penelitian lapangan (Field Research), yakni pengumpulan data yang diperoleh  dari objek penelitian.

Studi lapangan yang dilakukan adalah dengan datang langsung ke lokasi  penelitian yang dijadikan sebagai objek pembahasan.
Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi