Kamis, 03 April 2014

Skripsi Kesekretarisan: PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN TATA USAHA FAKULTAS EKONOMI



BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
  Informasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan bisnis dan  organisasi, sehingga informasi merupakan variabel yang penting dalam operasi  organisasi/perusahaan, Disamping sumber daya alam, modal dan manusia. Selain itu  keterbatasan kapasitas manusia untuk mampu mengolah data dan informasi yang  begitu cepat berubah mendorong manusia untuk memanfaatkan secara optimal  teknologi dan sistem informasi yang pada zaman ini sudah menjadi bagian yang tidak  dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan kegiatan sehari – hari.

Informasi dibutuhkan untuk menyusun strategi yang dipakai dalam pencapaian  tujuan organisasi/perusahaan, baik dalam perencanaan maupun pengawasan kegiatan  organisasi/perusahaan. Sistem pengawasan yang efektif diperlukan dalam kegiatan  operasi organisasi/perusahaan agar dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian  dapat membantu organisasi/perusahaan dalam mencapai tujuan yang diharapkan serta  meningkatkan produktivitas karyawan.
Agar informasi dapat bermanfaat bagi organisasi/perusahaan dan pengguna –  pengguna lainnya, informasi haruslah relevan dan akurat sehingga tidak menimbulkan  kesalahan fatal dalam pengambilan keputusan. Informasi yang disajikan juga harus  lengkap dan cepat secara periodik sehingga dalam pengambilan keputusan dalam  pekerjaan dapat dilakukan secara menyeluruh dan tepat pada waktunya.
Dalam dunia yang serba cepat dan penuh kompetisi dibutuhkan  organisasi/perusahaan yang mampu menampung dan menyaring informasi sebanyak  mungkin. Kekuatan bisnis saat ini sangat bergantung pada informasi yang dapat  diolah menjadi keunggulan kompetitif bagi dirinya.
 Kemajuan pesat dibidang teknologi, menuntut perubahan total dalam orientasi  pimpinan organisasi terhadap peranan informasi dalam mengambil keputusan. Telah  diketahui bersama bahwa sebagai obyek studi dan penelitian ilmiah. Dengan kata lain,  di negara-negara yang sudah maju, informasi dengan segala aspek penanganannya  telah mulai menuju kearah berkembangnya ilmu informasi, yang biasanya dikenal  dengan nama “informatika”.
Komputer telah menambah teknologi baru dan canggih pada sistem informasi.
Akibatnya sebuah sistem informasi dengan menggunakan computer akan lebih  mempunyai manfaat yang besar. Sesungguhnya pentingnya informasi bagi pimpinan  organisasi bukanlah merupakan hal yang baru.Sejak adanya manusia yang hidup  berorganisasi, sejak saat itu pula informasi telah selalu diperlukan oleh pimpinan  organisasi untuk membantunya melakukan tugasnya selaku pimpinan organisasi.
 Perkembangan era informasi sekarang ini pun tidak sedikit  organisasi/perusahaan, terutama yang kecil yang masih mengolah informasi yang  dibutuhkannya secara manual/mekanik. Akan tetapi karena komputer dan perangkat  lunak pendukungnya yang terdapat di pasaran relatif makin murah dan memiliki  kemampuan yang makin besar, makin banyak pula organisasi yang melakukan  komputerisasi.
Setidaknya menurut Situmorang dan Dilham (2007 : 216) ada lima faktor yang sangat  mempengaruhi, yaitu: 1.  Pertumbuhan internet dan teknologi (internet growth and technology  convergence). Ditandai dengan munculnya teknologi seperti VOIP, Wireless,  komputer yang semakin cepat dan semakin murah, banyak situs – situs bisnis.
 2.  Perubahan lanskap bisnis (transformation of the business enterprise), banyak  perusahaan yang telah merubah lanskap bisnisnya dari konvensional menjadi  digital.
3.  Pertumbuhan globalisasi ekonomi (growth of a globally connected economy),  Ledakan informasi dan pengetahuan yang berbasis ekonomi (growth of  knowledge and information-based economies).  Hal ini ditandai dengan  globalisasi ekonomi yang semakin meningkat, dan munculnya ide – ide baru  (produk dan service) di lingkungan bisnis.
4.  Munculnya perusahaan – perusahaan digital (emergence of the digital firm),  hal ini ditandai dengan banyaknya bisnis berbasis digital.
Menurut (Williams dan Sawyer 2009:14) teknologi informasi adalah teknologi  yang menggabungkan komputansi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan  tinggi yang dan dapat dimanfaatkan untuk konsolidasi, koordinasi dan kolaburasi  yang mampu menghasilkan tindakan-tindakan dengan pertimbangan keuntungan bagi  pihak-pihak yang terkait.
Banyak istilah yang berhubungan dengan informasi karena banyaknya  perubahan dan tidak adanya kesepakatan istilah yang sering digunakan. Beberapa  istilah yang sering digunakan adalah sistem informasi manajemen,sistem informasi  manajemen berbasis komputer,  teknologi informasi(TI),  teknologi  komputer,manajemen informasi dan sistem informasi.
Dalam dunia yang serba cepat dan penuh kompetensi dibutuhkan  organisasi/perusahaan yang mampu menampung dan menyaring informasi sebanyak  mungkin.  Kekuatan bisnis saat ini sangat bergantung pada informasi yang dapat  diolah menjadi keunggulan kompetitif bagi dirinya.
 Kemajuan pesat dibidang teknologi,menuntut perubahan total dalam orientasi  pimpinan organisasi terhadap peranan informasi dalam mengambil keputusan.
Negara-negara yang sudah maju,informasi dengan segala aspek penanganannya telah  mulai menuju kearah berkembangnya ilmu informasi,yang biasa dikenal dengan  nama”Informatika” Komputer telah menambah teknologi baru dan canggih pada system informasi.
Sistem informasi dengan menggunakan computer akan lebih mempunyai manfaat  yang besar .Pentingnya sistem informasi bagi pimpinan atau pegawainya bukanlah  merupakan hal yang baru. Sejak adanya manusia yang hidup berorganisasi, sejak saat  itu pula informasi telah selalu diperlukan oleh pimpinan organisasi untuk  membantunya dalam melakukan tugasnya selaku pimpinan organisasi.
Pemanfaatan sistem informasi untuk mendukung kegiatan operasional suatu  organisasi baik dalam sekala kecil maupun besar,berkembang menjadi kebutuhan  mendasar dalam menghadapi era globalisasi.
Pemanfaatan sistem informasi dalam suatu organisasi atau perusahaan juga  berkaitan denagn keunggulan kompetitif untuk meningkatkan kualitas informasi, pengawasan kinerja organisasi atau perusahaan menggunakan sistem informasi baik  sebagai alat bantu maupun strategi yang tangguh untuk bersaing dengan  organisasi/perusahaan lain.
Pemanfaatan sistem informasi untuk mendukung kegiatan operasional suatu  organisasi baik dalam skala kecil maupun besar, berkembang menjadi kebutuhan  mendasar dalam menghadapi era globalisasi.  Pemanfaatan sistem informasi akan  melibatkan semua pegawai dalam organisasi yang dioperasikan secara rutin oleh staf  administrasi dan bagian sistem informasi.
 Untuk menghadapi perubahan terhadap era ,diperlukan kesadaran personal  lainnya terhadap manfaat sistem informasi bagi dirinya dan kemudahan  penggunaannya secara bertahap akan memberikan motivasi untuk meningkatkan  kemampuan mereka.
Berdasarkan urain diatas dapat dilihat pentingnya perkembangan sistem  informasi untuk meningkatkan efesiensi waktu dan mendukung kegiatan opersional  sehingga penulis memilih  judul”  Pengembangan Sistem Informasi Dalam  Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi  ” B.  Perumusan Masalah Dari uraian diatas,maka dapat dibuat perumusan pokok masalah agar materi yang  akan dibahas tidak menyimpang dari pokok pembahasan dan sesuai dengan kebutuhan  yang diharapkan.Adapun perumusan masalah yang dapat dibahas dalam penulisan  tugas akhir adalah”  Pengembangan Sistem Informasi Dalam Meningkatkan  Kinerja Pegawai pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi Universitas  Sumatera Utara” C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan teknologi  informasi pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi .
 D. Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah : 1. Bagi Penulis a)  Menambah pengetahuan penulis dalam bidang yang diteliti baik secara teoritis  maupun aplikasi.
b)  Sebagai bahan referensi bagi peneliti-peneliti lain yang tertarik pada objek  yang sama.
c)  Agar penulis lebih memahami pengembangan  sistem informasi untuk  peningkatan kinerja pegawai.
2. Bagi Instansi.
a)  Sebagai masukan untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi untuk  membantu efesiensi pekerjaan pada bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi  , sesuai dengan hasil dan analisa penulis untuk  bahan kepentingan Tugas Akhir ini.
3. Bagi Peneliti yang Akan Datang a)  Sebagai bahan referensi Tugas Akhir bagi mahasiswa lainnya.
E. Jadwal Kegiatan Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi  Jl.
T.M. Hanafiah Kampus USU Medan. Untuk lebih jelasnya jadwal kegiatan ini dapat  dilihat pada Tabel 1.1 dibawah ini :  Tabel 1.1 Jadwal Kegiatan NO  KEGIATAN  MINGGU KE I  II  III 1  Persiapan      2  Pengumpulan  Data 3  Penulisan  Laporan Pada tahap penyusunan draft Tugas Akhir, dimulai dari pencarian buku –  buku  referensi mengenai sistem informasi.  Kemudian pada tahap pengumpulan data  dilakukan dengan magang di Fakultas Ekonomi . Setelah  semua informasi dapat dikumpulkan,  penulis kemudian melakukan penyusunan  laporan Tugas Akhir.
F. Sistematika Penulisan Agar pembahasan Tugas Akhir ini dilaksanakan secara sistematis dan terarah  maka penulis membagi luas pembahasan Tugas Akhir ini dalam empat (4) bab,.
Adapun uraiannya adalah sebagai berikut : BAB I : PENDAHULUAN Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, tujuan  penelitian, manfaat penelitian, dan rencana yang terdiri dari jadwal  survey/observasi dan sistematika penulisan.
BAB II : PROFIL INSTANSI Dalam bab ini penulis menguraikan tentang sejarah singkat instansi, struktur  organisasi dan personalia, job description, kinerja usaha terkini dan rencana  kegiatan Fakultas Ekonomi .
 BAB III : PEMBAHASAN Dalam bab ini penulis mencoba untuk menguraikan mengenai pengertian,  fungsi, tujuan dan manfaat teknologi informasi pada bagian Tata Usaha  Fakultas Ekonomi .
BAB IV : PENUTUP Dalam bab ini penulis akan memberikan kesimpulan berdasarkan uraian  terdahulu dan memberikan saran-saran yang bertitik tolak dari pengumpulan  data dan pembahasan yang dilakukan dimana diharapkan dapat memberikan  masukan yang bermanfaat bagi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera  Utara dimasa mendatang.
  

Download lengkap Versi Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi