Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISA BIAYA OPERASIONAL PADA CV KARYA AGUNG

BAB I .
PENDAHULUAN .
A. Latar Belakang Masalah .
Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan dewasa ini menunjukkan  persaingan yang semakin ketat, baik itu pada perusahaan industri maupun  perusahaan jasa. Untuk dapat mengantisipasi persaingan yang demikian berat  perusahaan dituntut dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam mengelola  sumber daya tersebut seperti perencanaankerja, perencanaan biaya dan berbagai  teknik lain yang dapat meningkatkan efektifitas usaha.

Dalam melakukan perencanaan sangat erat kaitannya dengan anggaran,  karena anggaran adalah menuntut keputusan pengalokasian sumber daya menuju  pencapaian sasaran, di samping itu anggaran juga mempunyai fungsi pengawasan  yaitu mengawasi apakah pelaksanaan suatu kegiatan itu sudah dijalankan sesuai  dengan rencana yang telah dibuat. Dalam prakteknya apabila terdapat perbedaan  dengan realisasinya, perlu dianalisis perbedaan tersebut. Dari analisis tersebut  diambil keputusan yang perlu untuk mencegah kemungkinan yang merugikan di  masa yang akan datang. Terutama pada anggaran biaya operasional karena  anggaran tersebut sangat penting bagi setiap perusahaan di dalam kegiatan  operasinya.Hal itu untuk menghindaritimbulnya biaya-biaya yang tidak  diperlukan, yang akan menyebabkan biaya menjadi lebih besar. Bila biaya terlalu  besar akan menyebabkan laba menjadi kecil dan sebaliknya jika biaya dapat  ditekankan seminim mungkin akan menjadikan laba semakin besar. Jadi dengan      adanya analisa biaya operasional, menyebabkan segala kegiatan perusahaan akan  berpedoman pada anggaran yang telah ditetapkan dan pemborosan biaya yang  tidak diperlukan dapat dihindari. Sehingga efisiensi sebagai unsur penting di  dalam mencapai keberhasilan usaha dapat dicapai tepat waktu.
Dengan demikian dapat diartikan bahwa biaya operasionaladalah suatu  pernyataan dari rencana manajemen untuk membuat pedoman dalam pengambilan  keputusan rencana anggaran biaya operasional dalam jangka waktu periode  tertentu.
Untuk pembahasan berikut dari berbagai jenis anggaran biaya operasional  penulis hanya membahas Analisa Biaya Operasional saja. Untuk itulah penulis  merasa tertarik untuk memilih judul “ANALISIS BIAYA OPERASIONAL  PADA CV. KARYA AGUNG MEDAN”.
B. Perumusan Masalah  Untuk lebih memperjelas permasalahan yang dijadikan sebagai dasar  penulisan skripsi minor ini, maka penulis mencoba untuk merumuskan  permasalahan tersebut dalam bentuk pertanyaan “Apakah Biaya Operasional  pada CV. Karya Agung telah efisien”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian  1. Tujuan Penelitian  Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah  biaya operasional pada CV.Karya Agung telah efisien.
    2. Manfaat Penelitian  Manfaat yang dapat diperoleh penulis dari hasil penelitian melalui Laporan  Skripsi Minor ini adalah :  a.  Bagi Penulis   Dapat menambah wawasan saya sebagai penulis dalam  mempraktekkan teori-teori tentang biaya operasional  b.  Bagi Perusahaan  Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil  langkah tepat di dalam memajukan perusahaan pada masa yang akan  datang.
c.  Bagi Orang Lain  Dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dan informasi bagi rekanrekan yang akan melakukan penelitianlebih lanjut pada masa yang  akan datang.
D. Metodologi Penelitian  1.  Lokasi Penelitian  Lokasi penelitian yang dilakukan penulis di CV.KARYA AGUNG yang  berlokasi di Jln. H.M. JoniNo.2 Medan., Sumatera Utara.
2.  Sumber Data  a. Data Primer  Adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi  atau perorangan langsung dari objeknya, dengan melakukan wawancara kepada      pimpinan dan karyawan yang dilakukan dari awal sampai skripsi minor ini  berakhir di CV. Karya Agung Medan .
b. Data Sekunder  Adalah data yang diperoleh dari hasil pengolahan pihak kedua. Misalnya  dokumentasi yang ada di perusahaan dan sumber-sumber lain yang dipublikasi  dan data mengenai sejarah perusahaan, kegiatan usaha yang dijalankan dan yang  paling penting data mengenai laporan keuangan perusahaan.
3.  Teknik Pengumpulan Data  a.  Wawancara  Adalah wawancara langsung kepada pimpinan ( pemilik perusahaan )  dan karyawan ( sopir/staf ) perusahaan untuk memperoleh keterangan untuk  tujuan penyusunan skripsi minor dengan  cara mengajukan pertanyaan secara  langsung.
b.  Observasi  Adalah pengamatan secara langsung terhadap perusahaan, dengan  pengamatan langsung terhadap laporan keuangan CV. Karya Agung.
4.  Metode Analisis  Penelitian ini menggunakan Metode Analisis Deskriptif, yaitu dengan cara  mengumpulkan dan menafsirkan data yangada sehingga memberikan gambaran  yang jelas mengenai analisis data sehinggadapat diketahui gambaran umum objek  yang diteliti.
    BAB II  CV. KARYA AGUNG MEDAN  A. PROFIL PERUSAHAAN  1. Sejarah Singkat Berdirinya Perusahaan  CV. Karya Agung Medan adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam  bidang jasa transportasi antar propinsi yang berkantor pusat di Jln. H.M. Joni No.2  Medan. Ini sesuai dengan surat akte Notaris Joni Pohan, SH dengan UndangUndang Nomor 3 tahun 1982 tentang wajib daftar perusahaan. CV. Karya Agung  Medan telah terdaftar di kantor pendaftaran perusahaan dengan Nomor TDP :  0212363111136.
 Mengingat perkembangan perekonomian nasional sesuai dengan kemajuan  menuju suatu pembangunan ekonomi yang stabil, dan mengingat bahwa kota  Medan mempunyai prestasi baik untuk membentuk suatu perusahaan komanditer  guna memenuhi sebahagian kecil kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi  dalam negeri terutama yang menyangkut tentang jasa pengangkutan.
 Berdasarkan keadaan tersebut, maka timbul inspirasi bagi pemilik untuk  ikut aktif dalam pembangunan perekonomian nasional yaitu di bidang jasa  transportasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 3 Juni 1995 yang  berkedudukan di Medan dan di syahkan dihadapan Notaris Joni Pohan, SH. CV.
Karya Agung Medan memiliki seorang pemegang saham yang ikut andil dalam  menjalankan perusahaan, agar perusahaan ini semakin maju dan berkembang.
Pemegang saham dalam CV. Karya Agung Medan ini adalahIbu SAMARIA  SINAGA       CV. Karya Agung Medan mendapat izin operasional untuk  mengembangkan sayapnya menjadi sarana transportasi antar propinsi. Bus yang  dipakai adalah merek Mitsubishi dengan jumlah 30 unit. Pada setiap transportasi  yang dilakukan oleh CV. Karya Agung Medan memiliki berbagai jenis trayek,  sehingga perusahaan ini mencapai ratusan penumpang yang akan berangkat ke  berbagai daerah.
 Dalam menjalankan usahanya CV. Karya Agung Medan didukung dengan  fasilitas seperti bus dan mobil antar.CV. Karya Agung melakukan transportasi  antar propinsi dengan trayek antara lain :  1.  Medan – Tebing Tinggi – Kisaran – Lima Puluh – Tanjung Balai  2.  Medan – Tebing Tinggi – Kisaran – Rantau Prapat – Aek Kanopan –  Cikampak – Bagan Batu – Balam.
3.  Medan – Kisaran – Rantau Prapat – Batu Bara  4.  Medan – Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Prapat – Porsea – Balige –  Tarutung.
Maksud dan tujuan perusahaan CV. Karya Agung Medan adalah sebagai  berikut :  1.  Meremajakan armada yang telah lama beroperasi.
2.  Menarik minat masyarakat untuk menaiki bus milik CV. Karya Agung  Medan.
3.  Mengatasi persaingan antar perusahaan yang sejenis.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi