Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS ANGGARAN BEBAN OPERASIONAL PADA PT. COFFINDO

BAB I .
PENDAHULUAN .
A. Latar Belakang.
 Pertumbuhan dan perkembangan perusahaan dewasa ini menunjukkan persaingan  yang semakin sengit dan kuat, baik itu pada perusahaan industri maupun perusahaan jasa. Untuk dapat mengantisipasi persaingan yang demikian berat perusahaan dituntut dapat  bekerja lebih efektif dan efisien dalam mengelolasumber daya tersebutseperti perencanaan  beban dan berbagai teknik yang dapat meningkatkan efektifitas usaha.

 Pada umumnya suatu perusahaan dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan umum dari suatu perusahaan adalah mencapai laba (profit),kelangsungan hidup  dan pertumbuhan. Dalam mencapai tujuan tersebut, perusahaan menetapkan langkahlangkah yang harus ditempuh dan kemudian diambil suatu tindakan korektif yang  mengarah kepada tujuan organisasi atau perusahaan.
 Dalam  rangka  pengambilan tindakan  korektif, perusahaan memperoleh gambaran  tentang perkembangan perusahaan. Salah satunya dapat dilihat dari perkembangan  keuangannya untuk menunjang keefektifan penggunaan beban operasional perusahaan.
Beban operasional untuk melihat perkembangan keuangan, perusahaan memerlukan  adanya analisis terhadap data keuangan dariperusahan yang bersangkutan, yaitu analisis  atau mengukur beban-beban umum, administrasi dan pemasaran.
 Seluruh  rencana  kegiatan  perusahaan yang mencakup kegiatan operasional yang  saling mempengaruhi satu sama lain, dinyatakan dalam satuan uang yang berlaku pada      masa yang akan datang. Dengan berpedoman pada beban operasional maka tujuan akan  tercapai.
 Dalam  melakukan  perencanaan  sangat erat kaitannya dengan anggaran, karena  anggaran adalah menuntut keputusan pengalokasian sumber daya menuju pencapaian  sasaran disamping anggaran juga mempunyai fungsi pengawasan yaitu mengawasi apakah  pelaksanaan suatu kegiatan itu sudah dijalankan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.
perencanaan penyusunan anggaran merupakan tindakan atau langkah-langkah pemikiran  menghubungkan fakta-fakta serta membuat dan menggunakan asumsi –asumsi mengenai  masa yang akan datang sesuai dengan tujuan perusahaan yang diinginkan.
 Anggaran  dan  realisasi  merupakan komponen yang sangat berhubungan dengan  beban dalam bidang operasional perusahaan. Anggaran dan realisasi sangat penting guna  menghindari terjadinya penyimpangan beban yang tidak diperlukan yang dapat  menyebabkan beban operasional perusahaan semakin besar karena pada dasarnya  perusahaan menginginkan keuntungan yangbesar, pertumbuhan yang cepat dan  kelangsungan hidup yang lama.
 Suatu  anggaran  yang  baik  dan  tepat dapat membantu pihak manajemen dalam  melakukan perencanaan terhadap pelaksanaan kegiatan usaha dan pengawasannya. Dengan  demikian dapat diartikan bahwa anggaran beban oprerasional adalah suatu pernyataan dari  rencana manajemen untuk membuat pedoman dalam pengambilan keputusan rencana  anggaran beban operasional dalam jangka waktu periode tetentu.
 Untuk  dapat   menghasilkan  produk dan memperoleh laba yang optimal, maka  perencanaan dan pengwasan beban operasional adalah kunci pokoknya. Melihat begitu  pentingnya anggaran beban dalam perusahaan, maka penulis merasa tertarik untuk      membahas masalah mengenai anggaran beban operasional dan menyusunnya dalam sebuah  skripsi minor dengan judul : “ ANALISIS ANGGARAN BEBAN OPERASIONAL  PADA PT. COFFINDO MEDAN “.
B. Perumusan Masalah  Berdasarkan uraian yang telah dijelaskandi atas maka diketahui bahwa suatu  perusahaan perlu melakukan penyusunan beban operasional dengan seefisien mungkin  untuk mencapai tujuan yang diharapkan perusahaan. Selain itu anggaran ini juga dapat  membantu pihak manajemen untuk mengambil keputusan dalam mengelola beban yang  akan dikeluarkan. Sehubungan dengan itu maka permasalahan pokok yang akan dibahas di  dalam skripsi minor ini yaitu : “ Bagaimana prosedur penyusunan Beban Operasional  pada PT. COFFINDO MEDAN ? “  C. Tujuan dan Manfaat Penelitian  1. Tujuan Penelitian  a.  Untuk mengetahui bagaimana PT. COFFINDO MEDAN melakukan  perencanaan penyusunan anggaran beban operasaional.
b.  Untuk mengetahui bagaimana penerapan analisa anggaran beban operasional  pada perusahaan yang di teliti.
c.  Mencoba menerapkan teori-teori ilmiah melalui peraktik yang nyata tentang  penganalisaan perusahaan.
    2. Manfaaat Penelitian  a.  Bagi Penulis  Sebagai  bahan  untuk memperoleh dan lebih memahami analisa angggaran  beban operasional dalam suatu perusahaan.
b. Bagi Perusahaan  Sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam pengambilan langkah untuk  perencanaan dan penyusunan anggaran beban operasional.
c.  Bagi Orang Lain  Untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan dan  pengendalian beban operasional sebagai bahan masukan informasi ilmiah.
D. Metode Penelitian  Dalam melakukan penelitian ada beberapametode penelitian yang digunakan , yaitu :  1. Lokasi Penelitian Dalam menjalankan penelitian, penulis memperoleh data dari PT  COFFINDO MEDAN yang beralamat di Jl. Tani Asli No. 88 Medan Binjai, Km 9  Medan.
2. Sumber Data  a. Data Primer       Memperoleh data yang diperoleh dengan melakuakn peninjauan langsung  ke objek penelitian dengan wawancara dan observasi.
b. Data Sekunder    Memperoleh data yang diperoleh dari perusahaan dalam bentuk dana yang  sudah jadi. Data tersebut dapat berasal dari sumber lain yang berasal dari luar  perusahaan, baik berupa buku-buku, keterangan-keterangan atau publikasi lainnya  yang berhubungan dengan beban perusahaan.
3. Teknik Pengumpulan Data  a. Wawancara (Interview)   Merupakan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang berwenang  selaku objek yang memberikan dana dan informasi yang berkaitan dengan objek  penelitian.
b. Pengamatan (Observation)   Merupakan pengamatan secara langsung terhadap perusahaan atas kegiatan  yang dilakukan dalam pencatatan terhadap kegiatan operasional perusahaan.
c. Kepustakaan ( Library Research )  Merupakan pengumpulan data-data dan informasi mengenai teori-teori  anggaran beban operasional.
    4. Metode Analisis  a. Metode Deskriptif   Merupakan metode analisis yangmenentukan, mengklasifikasikan, dan  mengumpulkan, menganalisis, menyusun , merangkum, mengolah, mengumpulkan  dan menginterpretasikan dana sehingga memberikan gambaran yang objektif dan  jelas dari masalah-masalah yang dianalisis untuk menjelaskan keadaan tersebut.
b. Metode Deduktif  Merupakan metode yang membandingkan hasil yang diperoleh dengan teori  secara umum dan menunjukkan hubungan antaravariabel-variabel yang diteliti.
Dari analisis tersebut ditarik kesimpulan dan membuat saran yang dianggap perlu  untuk menyelesaikan permasalahanyang dihadapi perusahaan.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi