Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL PADA MUTIARA CAKE & BAKERY

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang ..         
  Tujuan perusahaan pada umumnya adalah mencari laba, karena dengan  adanya laba, perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya sekaligus  mengadakan perluasan atau pengembangan usahanya. Laba tidak terjadi dengan  sendirinya, tetapi laba diperoleh dengan usaha yang dilakukan secara terencana,  teratur, dan terus menerus. Dalam pengertian yang sederhana, laba merupakan  selisih antara pendapatan dan biaya. Untuk memperoleh laba, maka perusahaan  harus menekan biaya atau dengan kata lain perusahaan harus bekerja seefisien  mungkin. Efisiensi dalam setiap kegiatan merupakan faktor dalam mencapai  sasaran yang telah ditetapkan, agar perusahaan bekerja secara efisien dibutuhkan  suatu rencana yang baik.

Dalam melakukan perencanaan sangat erat kaitannya dengan anggaran,  karena anggaran adalah menuntut keputusan pengalokasian sumber daya menuju  pencapaian sasaran di samping itu anggaran juga mempunyai fungsi pengawasan  yaitu mengawasi apakah pelaksanaan suatu kegiatan itu sudah dijalankan sesuai  dengan rencana yang telah dibuat. Dalam prakteknya apabila terdapat anggaran  dengan realisasinya, perlu dianalisis perbedaan tersebut. Dari analisis tersebut  diambil keputusan yang perlu untuk mencegah kemungkinan yang merugikan di  masa mendatang. Terutama pada anggaran biaya operasional karena anggaran    biaya tersebut sangat penting bagi setiap perusahaan di dalam kegiatan  operasinya. Hal itu untuk menghindari timbulnya biaya-biaya yang tidak  diperlukan, yang akan menyebabkan biaya menjadi lebih besar. Bila biaya terlalu  besar akan menyebabkan laba menjadi kecil dan sebaliknya jika biaya dapat  ditekankan seminim mungkin akan menjadikan laba semakin besar. Jadi dengan  adanya anggaran biaya operasional, segala kegiatan perusahaan akan berpedoman  pada anggaran yang telah ditetapkan dan pemborosan biaya yang tidak diperlukan  dapat dihindari. Sehingga efisiensi sebagai unsur penting di dalam mencapai  keberhasilan usaha dapat dicapai tepat waktu.
Dengan demikian dapat diartikan bahwa anggaran biaya operasional  adalah suatu pernyataan dari rencana manajemen untuk membuat pedoman dalam  pengambilan keputusan rencana anggaran biaya operasional dalam jangka waktu  periode tertentu.
Untuk pembahasan berikut dari berbagai jenis anggaran biaya operasional  penulis hanya membahas anggaran biaya operasional saja. Untuk itulah penulis  merasa tertarik untuk memilih judul “Analisis Anggaran Biaya Operasional  PadaMutiara Cake and Bakery”.
B. Perumusan Masalah Untuk lebih memperjelas permasalahan yang dijadikan sebagai dasar  penulisan skripsi minor ini, maka penulis mencoba untuk merumuskan  permasalahan tersebut dalam bentuk pertanyaan “apakah anggaran biaya dan    kegiatan operasional pada Mutiara Cake dan  Bakery sudah berjalan baik  (efisien) ?”.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.  Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : a.  Untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menyusun anggaran  biaya operasional serta realisasinya.
b.  Mencoba menerapkan teori-teori ilmiah melalui praktek   nyata  pada perusahaan tentang penganalisaaan anggaran biaya  operasional perusahaan, dari hasil analisis tersebut kiranya akan  didapatkan usul dan saran yang berguna bagi perusahaan.
2.  Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : a. Bagi Penulis Untuk menambah pengetahuan penulis dengan  mengimplementasikan teori-teori yang diperoleh selama masa  perkuliahan, khususnya mengenai analisis anggaran biaya  operasional b. Bagi Perusahaan    Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil  langkah yang tepat dalam memajukan perusahaan di masa yang  akan datang.
c.  Bagi Civitas Akademik Dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dan informasi bagi  rekan-rekan yang akan melakukan penelitian pada masa yang akan  datang.
D. Metodologi Penelitian Penyusunan skripsi minor ini pada hakikatnya merupakan kesimpulan  informasi yang diperoleh dari hasil penelitian melalui berbagai cara pendekatan  untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan.
Untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam  melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi minor ini, penulis menggunakan  metode penelitian yang terdiri dari :  1.  Lokasi Penelitian Penelitian ini dilakukan pada Mutiara Cake and Bakery, yang beralamat di  Jl. M. Yakub Lubis/Bandar Setia No.8, Tembung, Kecamatan Percut Sei  Tuan,Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
2.  Sumber Data a.  Data Primer    Adalah data yang diperoleh langsung dari perusahaan pada lokasi  riset dengan melakukan wawancara kepada pimpinan dan  karyawan Mutiara Cake and Bakery.
b.  Data Sekunder Adalah data yang diperoleh dari dokumentasi yang ada di  perusahaan dan sumber-sumber lain yang diolah yaitu dari laporan  keuangan  Mutiara Cake and Bakery, buku-buku, referensi, dan  majalah.
3.  Teknik Pengumpulan Data a.  Interview ( Wawancara )  Yaitu melakukan wawancara dengan mengajukan pertanyaanpertanyaan langsung kepada pimpinan dan karyawan Mutiara  Cake and Bakery  untuk memperoleh data dan informasi yang  dibutuhkan.
b.  Studi Dokumentasi Yaitu mencari data dan informasi yang relevan melalui dokumen,  kertas kerja Mutiara Cake and Bakery, buku, jurnal dan majalah  sehingga penulis mempunyai pemahaman yang cukup dengan  menelaah permasalahan yang diteliti.
4.  Metode Analisis  Metode analisis merupakan cara atau teknik dalam mengkaji data yang  terkumpul dalam hubungannya dengan hipotesa. Dalam hal ini penulis  menggunkan dua metode untuk menganalisa data dan masalah. Adapun metode  yang penulis gunakan yaitu : a.  Deskriptif  Merupakan serangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan dengan  cara mengumpulkan data yang ada untuk selanjutnya diolah  kembali sehingga memberikan gambaran yang jelas, terarah, dan  menyeluruh dari masalah yang dibahas secara umum.
b.  Deduktif  Dengan cara membandingkan hasil yang diperoleh dengan teori  secara umum dan menunjukkan hubungan antara variabel yang  diteliti. Dari analisis tersebut ditarik kesimpulan  dan membuat  saran yang dianggap perlu.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi