Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS ARUS KAS PADA PT. AZITEC

BAB I.
PENDAHULUAN.
A.Latar Belakang Masalah.
Setiap perusahaan perlu mengetahui perkembangan kegiatan usahanya  dari masa ke masa agar dapat diketahui apakah perusahaan mengalami  kemajuan atau kemunduran serta dapat juga mengetahui keadaan keuangan  pada saat tertentu. Hal ini dapat juga mengetahui keadaan keuangan pada  saat tertentu. Hal ini dapat dilihat melalui laporan keuangan berupa laporan  arus kas, dimana dalam laporan tersebut akan terlihat arus kas masuk dan  arus kas keluar dari kegiatan usaha yang dapat digunakan sebagai suatu alat  analisis keuangan yang sangat penting bagi pimpinan perusahaan. Dengan  analisis tersebut, maka akan dapat diketahui berapa besar dana yang  dibutuhkan agar mampu membiayai kegiatan operasi perusahaan dan dapat  memungkinkan perusahaan untuk beroperasi seefesien mungkin serta dapat  mengontrol kesulitan  keuangannya.

Salah satu bentuk laporan keuangan adalah laporan arus kas, dimana  dalam laporan tersebut terlihat arus kas masuk dan arus kas keluar dari  kegiatan usaha yang dapat digunakan sebagai suatu alat untuk menganalisis  kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas dan  kebutuhan perusahaan dalam memanfaatkan dana tersebut. Dengan analisis  tersebut, maka dapat diketahui bagaimana perusahaan memiliki kas bersih  yang positif dari kegiatan operasi sehingga tidak selalu harus tergantung     pada kegiatan investasi dan atau kegiatan pendanaan. Dengan kata lain  laporan arus kas adalah suatu laporan yang menggambarkan penerimaan  dan pengeluaran kas serta perubahan bersih pada kas yang berasal dari  aktifitas operasional, investasi dan pendanaan perusahaan selama satu  periode tertentu dan juga merupakan suatu format yang merekonsiliasikan  saldo kas awal dan saldo kas akhir.
Kas merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam perusahaan.
Tanpa adanya kas maka tidak ada laporan keuangan. Didalam perusahaan,  kas berfungsi sangat aktif sebagai dasar dari pengelola fungsi – fungsi  manajemen khususnya dalam bidang keuangan. Hubungan antara kas dengan  fungsi - fungsi manajemen sangatlah erat, misalnya pada fungsi pemasaran.
Efesiensi anggaran kas dengan memperketat pengeluaran biaya dapat  meningkatkan volume penjualan.
Karena kas sangat penting dan jumlah optimalnya kas bergantung  pada arus kas atau penerimaan - penerimaan dan pengeluaran - pengeluaran  baik yang sudah pasti atau tidak diduga sebelumnya. Melihat begitu  pentingnya peranan kas didalam setiap kegiatan operasi perusahaan, maka  penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut sejauh mana pentingya arus  kas. Untuk itu penulis merasa tertarik mengambil judul “ ANALISIS ARUS  KAS PADA PT. AZITEC “     B.   Perumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang akan diangkat dalam penyusunan  skripsi minor ini adalah : 1.  Bagaimana menyusun laporan arus kas pada PT . Azitec Medan yang  akan digunakan sebagai alat analisis untuk membuat keputusan  pendanaan ? 2.  Bagaimana kondisi jumlah kas yang ada pada PT. Azitec Medan  3.  Apakah saldo kas pada PT . Azitec medan sudah dianggap ideal  untuk dipergunakan dalam kegiatan usaha perusahaan ? C.  Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian.
a. Untuk menyusun laporan arus kas PT . Azitec Medan sehingga  dapat digunakan sebagai alat analisis untuk membuat keputusan  yang berkaitan dengan pendanaan.
b.  Untuk memperoleh informasi berapa jumlah kas pada PT. Azitec  Medan sehingga dapat diprediksi aliran kasnya.
c.  Untuk mengetahui berapa kas yang ideal pada PT. Azitec Medan  sehingga dapat dipergunakan dalam kebutuhan kegiatan usaha.
2. Manfaat Penelitian  a.  Bagi perusahaan, skripsi minor ini kiranya dapat menjadi suatu  bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan yang lebih  baik dimasa yang akan datang sehingga perusahaan dapat  berkembang sesuai yang diharapkan.
   b.  Bagi Penulis, penulisan skripsi minor ini dapat untuk melatih  kemampuan penulis dalam memahami dan mengerti penyusunan  analisis laporan arus kas dalam keuangan, serta bagaimana  penerapan analisis laporan arus kas dalam keuangan ini dalam  aspek – aspek bisnis. Sehingga berkesempatan untuk berkarya dan  mengembangkannya di masa akan datang.
c.  Bagi lembaga pendidikan atau pihak lain, penulisan skripsi  minor  inidapat memungkinkan  sebagai  referensi dalam  penyusunan jurnal, buku  danmakalah. Di harapkan skripsi ini  dalam memungkinkan terciptanya suatu pemahaman baru dalam  penyusunan Analisis Laporan Arus Kas ke arah yang lebih  sempurna.
D.  Metode Penelitian Guna memperoleh informasi sesuai dengan yang terumuskan dalam  permasalahan atau tujuan penelitian perlu suatu desain atau rencana  menyeluruh tentang urutan kerja penelitian dalam bentuk suatu rumusan  operasional suatu metode ilmiah, rincian garis-garis besar keputusan sebagai  suatu pilihan beserta dasar atau alasan-alasan ilmiahnya.
Sebagai suatu rancangan penelitian ( design ) beberapa unsur yang  hendak dipaparkan adalah: 1.  Lokasi dan Waktu Penelitian Lokasi penelitian adalah PT . AZITEC Medan di Jln STM No 10  Medan , PT. Azitec  merupakan lokasi yang dipilih, sebagai hasil dari suatu     penjajakan, dengan alasan bahwa PT. Azitec yang bergerak dalam penyedia  tenaga kerja (outsourcing) sangat menarik untuk dilakukan penelitian.
Indonesia sebagai bagian dari komunitas dunia tidak lepas dari  kondisi tentang perburuhan, terbatasnya jumlah permintaan tenaga kerja  membuat peluang setiap yayasan untuk mengelola outsourcing  dan tentang  perburuhan pun banyak dipengaruhi oleh kompromi dengan arus liberalisasi  itu sehingga menumbuh kembangkan munculnya gagasan tentang buruh  kontrak dan outsourcing.
Pemerintah mendukung dengan diterapkannya UU Nomor 13 Tahun  2003 tentang ketenaga kerjaan, khususnya tentang perjanjian kerja waktu  tertentu  ( Pasal 56 Ayat 2 )  dan tentang perusahaan pemborong dan  penyedia jasa kerja  ( outsourcing) dan perekrutan buruh kontrak.
Penelitian data di mulai tahun 2006 & 2007 untuk melihat  bagaimana langkah kedepan, prospek perusahaan penyedia jasa dan kondisi  keuangan perusahaan penyedia jasa.
2.  Sumber Data Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : a.  Data Primer Data yang diperoleh dengan melakukan peninjauan langsung  untuk melakukan wawancara tentang kegiatan operasi yang  menyangkut pada arus kas perusahaan.
b.  Data Sekunder       Data ini diperoleh dari perusahaan atau dari berbagi literatur  yang ada seperti sejarah singkat  perusahaan,  struktur organisasi dan neraca perusahaan.
3.  Teknik Pengumpulan Data Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian  menurut Hamidi ( 2005:71) teknik pengumpulan data menuntut bagaimana  membuat responden lebih terbuka dan leluasa dalam memberi informasi  atau data, untuk mengemukakan pengetahuan dan pengalaman terutama yang  berkaitan dengan informasi ini  sebagai jawaban terhadap permasalahan  penelitian  diantara lain : a.  Wawancara  ( Interview )  Mengadakan wawancara secara langsung dengan pihak perusahaan  yang mempunyai wewenang dalam memberikan informasi dan  data yang berkaitan dengan objek penelitiandan diharapkan  wawacara berjalan secara tidak terstruktur ( terbuka ) dalam garis  besar yang terstruktur ( mengarah menjawab ) dalam objek  penelitian.
b.  Observasi Terhadap tindakan dalam bentuk verbal, non - verbal dan aktivitas  individual maupun ketika mereka dalam kelompok, misalnya pada saat mereka hendak, sedang dan sesudah melakukan pertemuan.
Aktivitas yang diamati terutama yang berkaitan dengan topik     penelitian, tanpa melakukan intervensi atau memberi stimulasi  pada aktivitas subjek penelitian.
c.  Dokumentasi   Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati dan  mencatat dokumen – dokumen yang memiliki dan disediakan oleh  perusahaan seperti pencatatan atas penjualan untuk diolah para  peneliti yang berkaitan dengan laporan kas.
4.  Metode Analisa Data Adapun metode analisa data yang digunakan adalah : a.  Analisa Data Deskritif, yaitu suatu teknik penganalisaan yang  dirumuskan dan menafsirkan data-data dan  keterangan   yang  diperoleh dengan jalan melakukan pengumpulan, penyusunan dan  pengklasifikasikan data kemudian diadakan interprestasi.
b.  Analisa Data Deduktif, yaitu metode yang digunakan untuk  membandingkan hasil yang diperoleh dengan teori secara umum  dan  menunjukkan hubungan antara  variable yang diteliti.  Dari  analisa tersebut dapat ditarik kesimpulan dan saran yang dianggap  perlu.
c.  Analisa Data Komparatif, yaitu suatu metode yang dilakukan  untuk mencari pemecahan masalah analisa sebab akibat dengan  meneliti faktor – faktor tertentu yang berhubungan dengan masalah  yang diteliti serta membandingkannya sesuai kenyataan yang ada.

    

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi