Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS BIAYA OPERASIONAL PADA PT. BERLIAN UNGGAS SAKTI

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Dengan berkembangnya dunia usaha pada umumnya, maka banyak  perusahaan-perusahaan yang berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar. Sehubungan dengan perkembangan perusahaan tersebut, maka kegiatan-kegiatan  yang ada dalam perusahaan menjadi bertambah banyak, baik jenis kegiatan  maupun volume kegiatan yang dilaksanakan. Jika di dalam suatu perusahaan kecil  jumlah dan jenis kegiatan yang dilakukan adalah terbatas sehingga akan mudah  untuk direncanakan dan diawasi, maka tidaklah demikian dengan perusahaan yang  besar. 
Setiap perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dagang, maupun industri  pada umumnya bertujuan untuk memperoleh pertumbuhan usaha yang semakin  baik, kelangsungan hidup perusahaan serta gambaran positif dari masyarakat  mengenai perusahaan itu. Tujuan-tujuan itu dapat dicapai melalui kegiatan usaha  yang dilaksanakan berdasarkan suatu sistem perencanaan, pengaturan, dan  pendelegasian wewenang sehingga pencapaian tujuan tersebut dilakukan secara  efisien dan efektif. Oleh sebab itu, perencanaan dan pengawasan kegiatan  perusahaan menjadi tidak sesederhana perusahaan yang belum berkembang.
Untuk mengantisipasi hal ini setiap perusahaan harus memiliki  perencanaan dan pengawasan yang dapat mengefisienkan dan mengaktifkan  kegiatan operasional, khususnya pada paper ini menyajikan Analisis Biaya  Operasional pada perusahaan yang bergerak di bidang industri pakan ternak.
  Analisis Biaya Operasional meliputi tindakan memilih dan  menghubungkan fakta-fakta serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa  yang akan datang. Dalam hal ini memvisualisasikan serta merumuskan aktivitasaktivitas yang diusulkan dan yang dianggap perlu untuk mencapai hasil-hasil yang  diinginkan. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik maka dilakukan  penganalisaan biaya operasional yang efisien.
Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa analisis biaya operasional  sangatlah penting bagi perusahaan, oleh sebab itu, analisis biaya operasional  haruslah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, agar perusahaan tidak mengalami  hal-hal yang mengganggu dalam menjalankan operasi perusahaan. Karena itulah  penulis ingin mengetahui mengetahui lebih banyak mengenai analisis biaya  operasional, sehingga penulis memilih judul “Analisis Biaya Operasional pada  PT. BERLIAN UNGGAS SAKTI”.
B. Perumusan Masalah Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa penyusunan biaya operasional  sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Selain  untuk mempermudah aktivitas perusahaan dapat juga membantu dalam  pengambilan keputusan atas laporan yang ada. Oleh karena itu, penulis mencoba  membuat perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan “Apakah biaya  operasional pada PT. Berlian Unggas Sakti telah efisien”.
  C. Tujuan dan Manfaat Penelitian  1. Tujuan Penelitian  a.  Untuk memahami tentang analisis biaya operasional pada PT. BERLIAN  UNGGAS SAKTI.
b.  Untuk mengetahui bagaimana PT. BERLIAN  UNGGAS SAKTI  melakukan perencanaan penyusunan anggaran biaya operasional.
2. Manfaat Penelitian  a.  Menambah dan memperdalam pengetahuan penulis khususnya bidang  keuangan, mengenai analisis anggaran biaya operasional.
b.  Memberikan masukan bagi perusahaan berupa saran terutama di dalam  menyusun anggaran biaya operasional.
c.  Sebagai bahan acuan atau perbandingan informasi bagi rekan-rekan yang  akan melanjutkan penelitian tentang analisis biaya operasional di masa  yang akan datang.
D. Metode Penelitian Dalam melakukan penelitian, metode penelitiannya adalah sebagai berikut  1.  Lokasi Penelitian Lokasi penelitian dilakukan pada PT. Berlian Unggas Sakti, yang  beralamat Jln. Medan Tanjung Morawa KM 13,5 Simpang Kayu Besar  Desa Limau Manis, Tanjung Morawa, Medan.
  2.  Sumber Data a.  Data primer, yaitu data yang diperoleh dengan melakukan  wawancara langsung dengan bagian keuangan.
b.  Data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari sumber-sumber lain  berupa pustaka-pustaka yang berhubungan dengan permasalahan  yang dibahas dan laporan data anggaran biaya operasional dan data  realisasi biaya operasional perusahaan.
3.  Teknik Pengumpulan Data a.  Dokumentasi, yaitu dengan memanfaatkan data dari buku-buku  atau literature yang telah ada, yang diperoleh baik dari pihak  perusahaan ataupun pihak-pihak lain, sehingga penulis dapat  memperolah data dan informasi yang diperlukan dalam penelitian  ini.
b.  Interview, yaitu dengan mengadakan wawancara langsung dengan  pihak yang berwenang yang berhubungan dengan objek yang  diteliti yaitu pada bagian keuangan perusahaan.
4.  Metode Analisis Dalam menganalisa masalah yang akan dibahas, digunakan metode  analisis (Ginting dan Situmorang, 2008 : 55), metode yang  digunakan adalah metode deskriptif (descriptive research) yaitu  metode yang bertujuan membuat pancaderan/lukisan/deskripsi    mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi atau daerah secara  sistematik, faktual, dan teliti. Variabel – variabel yang diteliti  terbatas atau tertentu saja, tetapi dilakukan secara meluas pada  suatu daerah atau populasi itu. Biasanya penelitian semacam ini  disebut survei (jadi berbeda dengan studi kasus, dimana fakta –  fakta dan sifat  – sifat itu di pelajari selengkapnya dengan  mendalam tetapi hanya pada satu unit tertentu saja).
  BAB II PT. BERLIAN UNGGAS SAKTI A. Profil Perusahaan 1.  Sejarah Singkat Perusahaan  Pabrik pakan ternak PT Berlian Unggas Sakti yang terletak di Desa Limau  Manis, Tanjung Morawa merupakan pengembangan dari CV Gunung Jaya  sebagai penghasil pakan ternak terkemuka dan berkualitas yang telah  berpengalaman selama 2 dasawarsa. Pabrik ini didirikan pada tahun 1990 dengan  kapasitas produksi terpasang 40 ton/jam, pada tanggal 2 Maret 1992, pabrik ini  diresmikan oleh Menteri Perindustrian RI pada saat itu yaitu Bapak Ir. Hartarto.
Sesuai dengan akta notaris no. 2 tanggal 22 November 2001 dan Surat Keputusan  Menteri Kehakiman dan Hak Azasi Manusia RI tanggal 23 Januari 2002 No. C-0194HT.01.04.TH.2002; PT. Gunung Windutama, berganti nama  menjadi PT.
Berlian Unggas Sakti yang berkedudukan di Jalan Guru Patimpus No.  1EFGH,  dan sejak tanggal 06 April 2004 pindah alamat ke Jl. Medan - Tj Morawa  Km.13,5 , Simpang Kayu Besar, Desa Limau Manis, Sumatera Utara.
Berdirinya PT Berlian Unggas Sakti adalah suatu langkah fenomenal yang  dilakukan untuk mengembangkan industri perunggasan di  wilayah Sumatera  Utara yaitu dengan menyediakan pakan ayam dan bibit ayam niaga, baik ayam  pedaging maupun ayam petelur yang berkualitas, bagi peternak di kota Medan dan  sekitarnya serta dibeberapa kota lainnya. Pada perkembangan berikutnya, saat ini  keseluruhan saham perusahaan dimiliki oleh suatu kelompok usaha dari Jakarta    dengan visi yang lebih kuat untuk membesarkan usaha yang telah dirintis. Pada  awalnya visi dari PT Berlian Unggas Sakti adalah tumbuh, berkembang, unggul,  dan terpercaya. Dan dengan misi sebagai berikut :.
a.  Pemenuhan kebutuhan pelanggan dengan berorientasi pada kepuasan.
b.  Senantiasa menjaga mutu produk melalui peningkatan mutu Sumber Daya  Manusia.
c.  Berperan serta untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
d.  Menjadi pendorong kegiatan ekonomi masyarakat.
e.  Bisnis peternakan yang berwawasan lingkungan.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi