Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS LAPORAN ARUS KAS PADA PT. JALAHAN ARTA PRIMA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Setiap perusahaan perlu mengetahui perkembangan kegiatan usahanya  dari masa ke masa agar dapat diketahui apakah perusahaan mengalami  kemajuan atau kemunduran serta dapat juga mengetahui keadaan keuangan  pada saat tertentu. Hal ini dapat dilihat melalui laporan keuangan berupa  laporan arus kas, dimana dalam laporan tersebut akan terlihat arus kas  masuk dan arus kas keluar dari kegiatan usaha yang dapat digunakan  sebagai suatu alat analisis keuangan yang sangat penting bagi pimpinan  perusahaan. Dengan analisis tersebut, maka akan dapat diketahui berapa  besar dana yang dibutuhkan agar mampu membiayai kegiatan operasi  perusahaan dan dapat memungkinkan perusahaan untuk beroperasi seefesien  mungkin serta dapat mengontrol kesulitam keuangannya.

Oleh karena itu seorang pimpinan dapat mengetahui bagaimana  perusahaan memiliki kas bersih yang positif dari kegiatan operasi sehingga  tidak selalu harus tergantung pada kegiatan investasi dan atau kegiatan  pendanaan. Dengan kata lain laporan arus kas adalah suatu laporan yang  menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas serta perubahan bersih  pada kas yang berasal dari aktifitas operasional, investasi dan pendanaan  perusahaan selama satu periode tertentu dan juga merupakan suatu format  yang merekonsiliasikan saldo kas awal dan saldo kas akhir.
 Kas merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam perusahaan.
Tanpa adanya kas maka tidak ada laporan keuangan. Didalam perusahaan,  kas berfungsi sangat aktif sebagai dasar dari pengelola fungsi – fungsi  manajemen khususnya dalam bidang keuangan. Hubungan antara kas dengan  fungsi- fungsi manajemen sangatlah erat , misalnya pada fungsi pemasaran.
Efesiensi anggaran kas dengan memperketat pengeluaran biaya dapat  meningkatkan volume penjualan.
Karena kas sangat penting dan jumlah optimalnya kas bergantung  pada arus kas atau penerimaan- penerimaan dan pengeluaran- pengeluaran  baik yang sudah pasti atau tidak diduga sebelumnya. Melihat begitu  pentingnya peranan kas didalam setiap kegiatan operasi perusahaan, maka  penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut sejauh mana pentingya arus  kas. Untuk itu penulis merasa tertarik mengambil judul  “ANALISIS  LAPORAN ARUS KAS PADA  PT. JALAHAN ARTA PRIMA“   B. Perumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang akan diangkat dalam penyusunan  skripsi minor ini adalah : 1.  Bagaimana penyusunanlaporan arus kas pada PT . Jalahan Arta Prima  Medan yang akan digunakan sebagai alat analisis untuk membuat  keputusan pendanaan ? 2.  Bagaimana kondisi jumlah kas yang ada pada  PT. Jalahan Arta  Prima Medan  3.  Apakah saldo kas pada  PT . Jalahan Arta PrimaMedan sudah dianggap  ideal untuk dipergunakan dalam kegiatan usaha perusahaan?  C.  Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian a. Untuk mengetahui penyusunan laporan arus kas  PT . Jalahan Arta  Prima Medan sehingga dapat digunakan sebagai alat analisis untuk  membuatkeputusan yang berkaitan dengan pendanaan.
b.  Untuk memperoleh informasi berapa jumlah kas pada PT .
Jalahan Arta Prima Medan sehingga dapat diprediksi aliran kasnya.
c.  Untuk mengetahui berapa kas yang ideal pada PT . Jalahan Arta  Prima Medan  sehingga dapat dipergunakan dalam kebutuhan  kegiatan usaha.
 2. Manfaat Penelitian  a.  Bagi perusahaan , skripsi minor ini kiranya dapat menjadi suatu  bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan yang lebih  baik dimasa yang akan dating sehingga perusahaan dapat  berkembang sesuai yang diharapkan.
b.  Bagi Penulis, penulisan skripsi minor ini berguna untuk  mengetahui salah satu persyaratan akademik dalam menyelesaikan  Pendidikan Program Diploma III Fakultas Ekonomi Sumatera  Utara.
c.  Bagi lembaga pendidikan atau  peneliti selanjutnya, penulisan  skripsi minor ini berguna sebagai suatu masukan bagi yang  membutuhkan.
D.  Metode Penelitian Setiap penulisan  suatu karya ilmiah haruslah berdasarkan data dan  fakta yang dapat dipercayai kebenaranya. Oleh sebab itu, dalam melakukan  penelitian perlu diketahui Lokasi Penelitian, Sumber Data , Teknik  Pengumpulan Data dan Metode Analisis yang digunakan.
1.  Lokasi Penelitian   Lokasi penelitian adalah  PT. Jalahan Arta Prima Medan di Jln  A.H.NASUTION Kompleks Titi Kuning Mas Blok C-1  2.  Sumber Data Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : a. Data Primer Data yang diperoleh dengan melakukan peninjauan langsung  untuk melakukan wawancara tentang kegiatan operasi yang  menyangkut pada arus kas perusahaan.
b.  Data Sekunder  Data ini diperoleh dari perusahaan atau dari berbagi literature  yang ada seperti sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi  dan neraca perusahaan.
3.  Teknik Pengumpulan Data Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam  penelitian ini antara lain : a.  Interview  Mengadakan wawancara secara langsung dengan pihak  perusahaan yang mempunyai wewenang dalam memberikan  informasi dan data yang berkaitan dengan objek penelitian.
b.  Dokumentasi  Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati dan  mencatat dokumen – dokumen yang memiliki dan disediakan  oleh perusahaan seperti pencatatan atas penjualan untuk diolah  para peneliti yang berkaitan dengan laporan kas.
 4.  Metode Analisa Data Adapun metode analisa data yang digunakan adalah : a.  Analisa Data Deskriptif, yaitu suatu teknik penganalisaan  yang dirumuskan dan menafsirkan data-data dan keterangan  yang diperoleh dangan jalan melakukan pengumpulan ,  penyusunan dan pengklasifikasikan data kemudian diadakan  interprestasi.
b.  Analisa Data Deduktif, yaitu metode yang digunakan untuk  membandingkan hasil yang diperoleh dengan teori secara  umum dan menunjukkan hubungan antara variable yang  diteliti. Dari analisa tersebut dapat ditarik kesimpulan dan  saran yang dianggap perlu.
c.  Analisa Data Komparatif, yaitu suatu metode yang dilakukan  untuk mencari pemecahan masalah analisa sebab akibat  dengan meneliti faktor – faktor tertentu yang berhubungan  dengan masalah yang diteliti serta membandingkannya sesuai  kenyataan yang ada.

  

Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi