Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA PT. LENTERA QOLBU

BAB I.
PENDAHULUAN.
A.  Latar Belakang Masalah.
Setiap perusahaan atau orang baik yang kecil maupun besar, didalam  menjalankan kegiatan operasionalnya selalu berkaitan dengan masalah keuangan. Hal  ini disebabkan karena keuangan merupakan  salah satu faktor penting yang  dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Dengan adanyalaporan keuangan ini dapat  diketahui perkembangan perusahaan ditinjau dari keuangannya.

Untuk dapat mengetahui sampai sejauh mana perkembangan finansial dari  perusahaan perlu diadakan interprestasi  atau analisa terhadap data finansial dari perusahaan yang bersangkutan. Melalui pemahaman teori, konsep tehnik, dan praktek maka akan dapat  dipahami aktivitas dan pengambilan keputusan oleh setiap manger keuangan karena  hampir setiap keputusan bisnis diukur secara financial yang menyebabkan manager  keuangan memegang peranan utama dalam sebuah perusahaan. Mereka yang bekerja  dalam lingkup sistem akuntansi, operasi dan yang lainnya perlu memahami fungsi  manajemen keuangan. Semua manager perusahaan tanpa memperhatikan tugas  bekerja dengan bagian keuangan untuk menentukan sumber daya manusia,  menegosiasikan anggaran operasi berhubungan dengan penilaian kinerja keuangan  dengan mengajukan proposal atas dasar hasil pertimbangan manager keuangan.
  8 Ada tiga laporan keuangan yang dapat digunakan untuk menggambarkan  kondisi keuangan dan kinerja perusahaan yaitu : Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan  Arus Kas. Neraca memberikan gambaran tentang aktiva, utang dan ekuitas pemilik  perusahaan untuk  suatu saat. Sedangkan laporan laba rugi merupakan gambaran  pendapatan bersih dari kegiatan operasi perusahaan selama periode tertentu. Laporan  arus kas menggabungkan informasi dari neraca dan laba rugi untuk menggambarkan  sumber dan penggunaan kas selama periode tertentu.
Sistem akuntansi dirancang untuk menyediakan berbagai laporan keuangan dan  informasi lainnya. Laporan keuangan ini disusun bertujuan untuk mengetahui situasi  dan kondisi perusahaan, kondisi keuangan perusahaan, serta meramalkan keadaan  keuangan perusahaan pada masa yang akan datang. Melihat adanya kemungkinan  adanya masalah yang terjadi dalam sebuah perusahaan dan juga sebagai dasar  penilaian terhadap prestasi manajemen dalam mengelola perusahaan.
Laporan keuangan juga sangat bermanfaat bagi banyak pihak, misalnya  pemegang saham (pemilik perusahaan) diperlukan untuk menilai hasil-hasil yang  telah dicapai pada masa lalu.
Bagi kreditur, laporan keuangan berguna untuk mengetahui apakah pinjaman  yang diberikan pada perusahaan telah dipergunakan seefisiensi mungkin, sehingga  meungkinkan perusahaan untuk membayar setiap pinjaman atau utang yang segera  jatuh tempo. Kemudian dapat dipergunakan untuk melihat prospek keuntungan  dimasa yang akan datang dan perkembangan perusahaan berikutnya, mengetahui  jaminan investasinya dan untuk mengetahui kondisi kerja atau kondisi keuangan    9 terutama untuk kondisi jangka pendek perusahaan. Bagi karyawan dan serikat pekerja  laporan keuangan dapat juga digunakan sebagai pertimbangan apakah penghasilan  yang diterimanya adil atau tidak. Selain manajemen, kreditur dan karyawan,  pemerintah juga berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan yaitu dalam  hal menetukan besarnya pajak yang harus ditanggung oleh perusahaan.
Dalam hal ini diperlukan analisa laporan keuangan yang bertujuan untuk  mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dicapai perusahaan terutama  dalam finansialnya, sehingga dalam membuat suatu kebijakan dimasa yang akan  datang manager perusahaan telah memilik dasar pertimbangan dalam penerapan  kebijakan tersebut dengan mengacu pada segi finansial perusahaannya. Informasi ini  diperoleh dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan. Melalui laporan  keuangan dapat diketahui bagaimana perusahaan memanfaatkan asset untuk menutupi  kewajiban-kewajiban finansialnya, bagaimana kemampuan perusahaan menghasilkan  laba dari seluruh modal yang dimilikinya dan bagaimana kemampuan perusahaan  untuk mengembalikan utang-utangnya, baik utang jangka pendek maupun utang  jangka panjang dengan kekayaan yang dimiliki.
Mengingat pentingnya laporan keuangan bagi suatu perusahaan dan banyak  pihak maka penulis merasa perlu untuk menganalisis laporan keuangan dari suatu  perusahaan melalui analisa rasio-rasio keuangan. Sehubungan dengan ini penulis  memilih judul penelitian ”Analisa Laporan Keuangan Pada PT.  Lentera Qolbu  Medan.”   10 B.  Perumusan Masalah Dari uraian latar belakang diatas maka masalah yang menjadi fokus dari  penelitian ini berhubungan dengan analisa laporan keuangan masalah adalah  ”Bagaimana kondisi keuangan PT. Lentera Qolbu dilihat dari rasio likuiditas,  aktivitas dan solvabilitas / leverage yang dicapai.” C.  Tujuan dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Tujuan dari penelitian ini adalah : a.  Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan melalui analisis rasio  finansialnya.
b.  Untuk mengetahui sistem penyusunan laporan keuangan perusahaan apakah  sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
2. Manfaat Manfaat penelitian adalah : a.  Bagi perusahaan, merupakan masukan yang dapat digunakan sebagai bahan  pertimbangan dalam mengambil langkah-langkah untuk masa yang akan  datang. Sehingga diharapkan perusahaan akan terus mengalami  perkembangan yang lebih baik.
b.  Bagi pembaca, sebagai bahan acuan dan bahan pembanding dalam penulisan  paper di masa yang akan datang.
  11 c.  Bagi penulis, untuk mempelajari dan mendalami tentang analisa laporan  keuangan perusahaan.
D. Metode Penelitian Tulisan ilmiah dalam uraian dan pembahasannya haruslah berdasarkan pada data  atau fakta aktual yang diperoleh dari penelitian langsung maupun tidak langsung pada  objek yang diteliti : 1.  Lokasi dan Waktu Penelitian Dalam pengumpulan data ini, penulis mengambil lokasi penelitian pada PT.
Lentera Qolbu Medan dan waktu penelitian pada bulan Maret s/d Mei 2008.
2.  Data yang Diperlukan dalam Penelitian Skripsi ini merupakan suatu karangan yang bersifat ilmiah. Oleh sebab itu, dalm  penyelesaiannya diperlukan data yang akurat dan aktual. Adapun data tersebut  berupa sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi perusahaan, neraca dan  laporan laba rugi.
3. Tehnik Pengumpulan Data a. Observasi (pengamatan) Studi yang dilakukan dengan jalan mengadakan pengamatan dan pencatatan  terhadap fenomena-fenomena yang menjadi objek penelitian.
b. Interview (wawancara) Dengan jalan mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung terhadap pihakpihak yang berwenang di lingkungan PT. Lentera Qolbu.
  12 4. Data yang Diperlukan dalam Penelitian a. Data Primer Data primer merupakan pengumpulan data secara langsung kepada objek yang  diteliti. Dalam hal ini objek yang diteliti pada PT. Lentera Qolbu.
Data primer menyangkut data laporan keuangan pada PT. Lentera Qolbu.
b. Data Sekunder Data sekunder adalah data yang tidak secara langsung pada objek teliti yaitu  berupa buku-buku pustaka yang menyangkut dengan data primer yaitu laporan  keuangan yang telah dikumpulkan.
E. Metode Analisis Dalam penelitian ini, analisa yang dilakukan dengan 2 cara, yaitu : 1.  Metode Kuantitatif Dalam hal ini penulis antara dua periode laporan keuangan pada periode tertentu.
Dibandingkan dengan pos-pos yang ada dalam laporan keuangan pada periode  berikutnya atau sebelum berdasarkan perbandingan laporan keuangan tersebut  kemudian dilakukan analisa. Metode yang dilakukan adalah dengan cara  mengukur rasio-rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas PT.
Lentera Qolbu Medan.
 13 2.  Metode Deskriptif Berdasarkan analisa kuantitatif, diuraikan secara deskriptif tentang analisa laporan  keuangan perusahaan. Analisa tersebut dilakukan dengan membandingkan  kondisi perusahaan dengan kondisi yang seharusnya secara teori ataupun referensi  lain.(Sugiono, 2002 : 30).



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi