Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS BIAYA OPERASIONAL PADA CV. RAHMAT P. SIANTAR

BAB I .
PENDAHULUAN .
A.  Latar Belakang Masalah .
 Pada Era Globalisasi banyak berkembangnya dunia usaha umumnya, maka  banyak perusahaan – perusahaan yang berkembang menjadi perusahaan lebih  besar. Sehubungan dengan perkembangan perusahan tersebut, maka kegiatan yang  ada di dalam perusahaan menjadi bertambah banyak, baik jenis kegiatan maupun  jumlah kegiatan yang di laksanakan. Jika di dalam suatu perusahaan kecil, jenis  dan jumlah kegiatan yang di lakukan sangat terbatas sehingga akan mudah untuk  di rencanakan dan di awasi, maka tidaklah demikian dengan perusahaan besar.

Setiap perusahaan yang bergerak di bidang industri, perdagangan maupun jasa  pada umumnya bertujuan untuk memperoleh kelangsungan hidup perusahaan  serta pertumbuhan usaha yang semakin baik.
 Tujuan perusahaan tersebut dapat dicapai melalui suatu kegiatan usaha yang  dilaksanakan berdasarkan sistem perencanaan penyusunan dan pengawasan  pelaksanaan penggunaan biaya operasional yang baik, sehingga pencapaian tujuan  tersebut dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu, suatu kegiatan  perusahaan tersebut tidak menjadi sesederhana perusahaan yang belum  berkembang.
Perencanaan Penyusunan biaya operasional merupakan tindakan yang  menggunakan asumsi – asumsi mengenai masa yang akan datang sesuai dengan  tujuan perusahaan yang diinginkan. ( Nafarin, 2004 : 04 )        Untuk mengantisipasi agar perusahaan tersebut tidak mengalami  sesederhana perusahaan yang belum berkembang, maka setiap perusahaan harus  memiliki perencanaan penyusunan dan pengawasan pelaksanaan yang dapat  mengefektifkan dan mengefesiensikan kegiatan operasionalnya.
 Biaya operasional merupakan laporan perusahaan yang harus di awasi  sampai hasil pekerjaan sesuai dengan rencana dan tujuan operasi perusahaan.
 Perusahaan ini merupakan usaha yang bergerak pada bidang kontraktor,  supplier dan percetakan. Dalam pelaksanaan oprasional usahanya tersebut,  pemilik usaha belum mampu mengefisiensikan biaya operasional yang  dibutuhkan. Sehingga mengalami pembengkakan biaya di luar rencana yang di  pikirkan.
 Melalui latar belakang masalah di atas, maka penulis mengambil  kesimpulan pembahasan untuk memilih judul “ANALISIS BIAYA  OPERASIONAL PADA CV. RAHMAT P. SIANTAR”.
B. Perumusan Masalah   Sebagai bahan memperjelas permasalahan yang di jadikan sebagai dasar  penulisan skripsi minor ini, maka penulis dapat merumuskan permasalahan  tersebut dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut :  ¾  Apakah Perencanaan Penyusunan Biaya Operasional pada CV. RAHMAT  P. Siantar ini telah disusun dengan baik serta dapat dilaksanakan secara  optimal ?       ¾  Apakah Pengawasan Pelaksanaan Biaya Operasional pada CV. RAHMAT  P. Siantar ini dapat dilakukan dengan baik dan tepat ?  C.  Tujuan Dan Manfaat Penelitian  1. Tujuan Penelitian  ¾  Mengetahui seberapa jauh penerapan perencanaan dan pengawasan yang  telah dilaksanakan oleh perusahaan dan sebagai bahan perbandingan bagi  pihak yang membutuhkannya.
¾  Memahami apakah pengawasan pelaksanaan biaya operasional pada CV.
RAHMAT P. Siantar ini telah dilakukan dengan baik dan tepat.
¾  Mengetahui perencanaan dan penyusunan biaya operasional pada CV.
RAHMAT P. Siantar yang telah di susun dengan baik dapat dilaksanakan  dengan optimal.
¾  Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Fakultas  Ekonomi Program Diploma III Jurusan Keuangan Universitas Sumatera  Utara.
2. Manfaat Penelitian    Manfaat yang dapat di peroleh penulisdari hasil penelitian melalui Laporan  Skripsi Minor ini adalah :  ¾  Bagi Penulis   Penulis dapat memahami dan menyusun Analisis Biaya Operasional sebagai  penerapan ilmu perkuliahan .
     ¾  Bagi Perusahaan   Sebagai bahan pertimbangan setiap pengambilan langkah untuk perencanaan  dan penyusunan serta pengawasan biaya operasional perusahaan pada masa  yang akan datang, sehingga perusahaan dapat mengalami perkembangan.
¾  Bagi Pendidikan   Sebagai informasi dan perbandingan bagi rekan – rekan yang akan  melakukan penelitian pada masa mendatang.
D. Metodologi Penelitian  Metode penelitian yang penulis pergunakan dalam penyusunan Skripsi  Minor ini meliputi empat metode penelitian, diantaranya :  1.  Lokasi Penelitian  Lokasi penelitian yang dilakukan olehpenulis berada di Jl. Ahmad Yani  No. 211 P. Siantar.
2.  Sumber Data  ¾  Data Primer    Data yang di peroleh langsung dari perusahaan pada lokasi riset dengan  melakukan wawancara kepada pimpinandan karyawan, yang dilakukan dari  awal sampai penyusunan laporan berakhir di CV. RAHMAT P. Siantar.
¾  Data Sekunder   Data yang di peroleh dari dokumentasi yang ada di perusahaan dan sumber –  sumber lain yang diolah dari buku – buku, referensi dan laporan keuangan.
     3. Teknik Pengumpulan Data ¾  Pengamatan ( Observation )   Pengamatan secara langsung terhadap perusahaan dengan mengamati  langsung terhadap kegiatan pada CV. RAHMAT P. Siantar.
¾  Wawancara ( Interview )   Merupakan wawancara langsung kepadapemilik atau pimpinan usaha dan  karyawan untuk memperoleh keterangan untuk tujuan penyusunan laporan  dengan cara mengajukan pertanyaan secara langsung.
¾  Studi Pustaka ( Library Research )   Pengumpulan data dan informasi dari buku – buku dan referensi yang  berkaitan dengan penelitian.
4. Metode Analisis  ¾  Metode Analisis Deskriptif    Merupakan teknik dengan cara mengumpulkan dan menafsirkan data yang  ada sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai pengumpulan  data, penyusunan dan analisis data.
¾  Metode Analisis Kuantitatif    Merupakan Data yang dinyatakan dalam bentuk jumlah yang dapat dihitung  secara penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam Analisis  Biaya Operasional agar selanjutnyadapat diambil suatu keputusan.
     BAB II  CV. RAHMAT P. SIANTAR  A. Profil Perusahaan  1.  Sejarah Singkat Perusahaan   Pengaruh prekonomian dan kebutuhan hidup serta untuk menjadikan  kehidupan yang lebih baik dan layak, maka pada tahun 1990 pemilik usaha yang  bernama Bapak Zubir memutuskan untuk membuka usaha yang awalnya hanya  bergerak pada Bidang Percetakan yang terletak di Jalan Karya Gg. Setia No.
Medan yang di beri dengan Nama Usaha UD. RAHMAT.
  Pada tahun 1993, pemilik usaha tersebutberusaha meningkatkan usahanya  dengan cara menambahkan modalnya untuk mengembangkan usahanya pada  Bidang Kontraktor dan Supplier. Kemudian pada tahun 1996 usaha tersebut di  pindahkan ke P. Siantar dan di beri nama dengan CV. RAHMAT P. SIANTAR.
 Usaha ini berlangsung dengan cepat dan lancar, walaupun memiliki  hambatan perubahan ekonomi pada tahun1998 dengan masa krisis ekonomi di  Negara Indonesia. Hambatan tersebut tidak melemahkan semangat Bapak Zubir,  dengan semangat yang dimiliki, Bapak Zubir mampu bangkit dengan terus  mengembangkan usahanya sampai sekarang. Usaha ini mampu mempekerjakan  karyawan mencapai 10 orang pekerja dengan pembagian kerja sesuai dengan  keahlian dan keterampilan yang dimiliki masing-masing pekerja.
 2. Struktur Organisasi    Setiap usaha tentunya mempunyai struktur organisasi. Struktur organisasi adalah suatu bagan yang menggambarkan bentuk susunan kepegawaian yang  terdapat di dalam suatu lingkungan organisasi / instansi tersebut.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi