BAB I .
PENDAHULUAN .
A. Latar Belakang Masalah .
Pada Era Globalisasi banyak berkembangnya
dunia usaha umumnya, maka banyak
perusahaan – perusahaan yang berkembang menjadi perusahaan lebih besar. Sehubungan dengan perkembangan
perusahan tersebut, maka kegiatan yang ada
di dalam perusahaan menjadi bertambah banyak, baik jenis kegiatan maupun jumlah kegiatan yang di laksanakan. Jika di
dalam suatu perusahaan kecil, jenis dan
jumlah kegiatan yang di lakukan sangat terbatas sehingga akan mudah untuk di rencanakan dan di awasi, maka tidaklah
demikian dengan perusahaan besar.
Setiap perusahaan yang bergerak
di bidang industri, perdagangan maupun jasa pada umumnya bertujuan untuk memperoleh
kelangsungan hidup perusahaan serta
pertumbuhan usaha yang semakin baik.
Tujuan perusahaan tersebut dapat dicapai
melalui suatu kegiatan usaha yang dilaksanakan
berdasarkan sistem perencanaan penyusunan dan pengawasan pelaksanaan penggunaan biaya operasional yang
baik, sehingga pencapaian tujuan tersebut
dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu, suatu kegiatan perusahaan tersebut tidak menjadi sesederhana
perusahaan yang belum berkembang.
Perencanaan Penyusunan biaya
operasional merupakan tindakan yang menggunakan
asumsi – asumsi mengenai masa yang akan datang sesuai dengan tujuan perusahaan yang diinginkan. ( Nafarin,
2004 : 04 ) Untuk mengantisipasi agar perusahaan tersebut
tidak mengalami sesederhana perusahaan
yang belum berkembang, maka setiap perusahaan harus memiliki perencanaan penyusunan dan pengawasan
pelaksanaan yang dapat mengefektifkan
dan mengefesiensikan kegiatan operasionalnya.
Biaya operasional merupakan laporan perusahaan
yang harus di awasi sampai hasil
pekerjaan sesuai dengan rencana dan tujuan operasi perusahaan.
Perusahaan ini merupakan usaha yang bergerak
pada bidang kontraktor, supplier dan
percetakan. Dalam pelaksanaan oprasional usahanya tersebut, pemilik usaha belum mampu mengefisiensikan
biaya operasional yang dibutuhkan.
Sehingga mengalami pembengkakan biaya di luar rencana yang di pikirkan.
Melalui latar belakang masalah di atas, maka
penulis mengambil kesimpulan pembahasan
untuk memilih judul “ANALISIS BIAYA OPERASIONAL
PADA CV. RAHMAT P. SIANTAR”.
B. Perumusan Masalah Sebagai
bahan memperjelas permasalahan yang di jadikan sebagai dasar penulisan skripsi minor ini, maka penulis
dapat merumuskan permasalahan tersebut
dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut : ¾
Apakah Perencanaan Penyusunan Biaya Operasional pada CV. RAHMAT P. Siantar ini telah disusun dengan baik serta
dapat dilaksanakan secara optimal ? ¾
Apakah Pengawasan Pelaksanaan Biaya Operasional pada CV. RAHMAT P. Siantar ini dapat dilakukan dengan baik dan
tepat ? C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian 1. Tujuan Penelitian ¾
Mengetahui seberapa jauh penerapan perencanaan dan pengawasan yang telah dilaksanakan oleh perusahaan dan sebagai
bahan perbandingan bagi pihak yang
membutuhkannya.
¾
Memahami apakah pengawasan pelaksanaan biaya operasional pada CV.
RAHMAT P. Siantar ini telah
dilakukan dengan baik dan tepat.
¾
Mengetahui perencanaan dan penyusunan biaya operasional pada CV.
RAHMAT P. Siantar yang telah di
susun dengan baik dapat dilaksanakan dengan
optimal.
¾
Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Fakultas Ekonomi Program Diploma III Jurusan Keuangan
Universitas Sumatera Utara.
2. Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat di peroleh penulisdari
hasil penelitian melalui Laporan Skripsi
Minor ini adalah : ¾ Bagi Penulis Penulis
dapat memahami dan menyusun Analisis Biaya Operasional sebagai penerapan ilmu perkuliahan .
¾ Bagi
Perusahaan Sebagai bahan pertimbangan setiap pengambilan
langkah untuk perencanaan dan penyusunan
serta pengawasan biaya operasional perusahaan pada masa yang akan datang, sehingga perusahaan dapat
mengalami perkembangan.
¾
Bagi Pendidikan Sebagai informasi dan perbandingan bagi rekan
– rekan yang akan melakukan penelitian
pada masa mendatang.
D. Metodologi Penelitian Metode penelitian yang penulis pergunakan
dalam penyusunan Skripsi Minor ini
meliputi empat metode penelitian, diantaranya : 1.
Lokasi Penelitian Lokasi
penelitian yang dilakukan olehpenulis berada di Jl. Ahmad Yani No. 211 P. Siantar.
2. Sumber Data ¾ Data
Primer Data yang di peroleh langsung dari perusahaan
pada lokasi riset dengan melakukan
wawancara kepada pimpinandan karyawan, yang dilakukan dari awal sampai penyusunan laporan berakhir di CV.
RAHMAT P. Siantar.
¾
Data Sekunder Data yang di peroleh dari dokumentasi yang ada
di perusahaan dan sumber – sumber lain
yang diolah dari buku – buku, referensi dan laporan keuangan.
3. Teknik Pengumpulan Data ¾ Pengamatan ( Observation ) Pengamatan secara langsung terhadap perusahaan
dengan mengamati langsung terhadap
kegiatan pada CV. RAHMAT P. Siantar.
¾
Wawancara ( Interview ) Merupakan wawancara langsung kepadapemilik
atau pimpinan usaha dan karyawan untuk
memperoleh keterangan untuk tujuan penyusunan laporan dengan cara mengajukan pertanyaan secara
langsung.
¾
Studi Pustaka ( Library Research ) Pengumpulan data dan informasi dari buku –
buku dan referensi yang berkaitan dengan
penelitian.
4. Metode Analisis ¾
Metode Analisis Deskriptif Merupakan teknik dengan cara mengumpulkan dan
menafsirkan data yang ada sehingga
memberikan gambaran yang jelas mengenai pengumpulan data, penyusunan dan analisis data.
¾
Metode Analisis Kuantitatif Merupakan Data yang dinyatakan dalam bentuk
jumlah yang dapat dihitung secara
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam Analisis Biaya Operasional agar selanjutnyadapat diambil
suatu keputusan.
BAB II CV.
RAHMAT P. SIANTAR A. Profil Perusahaan 1.
Sejarah Singkat Perusahaan Pengaruh prekonomian dan kebutuhan hidup serta
untuk menjadikan kehidupan yang lebih
baik dan layak, maka pada tahun 1990 pemilik usaha yang bernama Bapak Zubir memutuskan untuk membuka
usaha yang awalnya hanya bergerak pada
Bidang Percetakan yang terletak di Jalan Karya Gg. Setia No.
Medan yang di beri dengan Nama
Usaha UD. RAHMAT.
Pada tahun 1993, pemilik usaha tersebutberusaha meningkatkan usahanya dengan cara menambahkan modalnya untuk
mengembangkan usahanya pada Bidang
Kontraktor dan Supplier. Kemudian pada tahun 1996 usaha tersebut di pindahkan ke P. Siantar dan di beri nama
dengan CV. RAHMAT P. SIANTAR.
Usaha ini berlangsung dengan cepat dan lancar,
walaupun memiliki hambatan perubahan
ekonomi pada tahun1998 dengan masa krisis ekonomi di Negara Indonesia. Hambatan tersebut tidak
melemahkan semangat Bapak Zubir, dengan
semangat yang dimiliki, Bapak Zubir mampu bangkit dengan terus mengembangkan usahanya sampai sekarang. Usaha
ini mampu mempekerjakan karyawan
mencapai 10 orang pekerja dengan pembagian kerja sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki
masing-masing pekerja.
2. Struktur Organisasi Setiap
usaha tentunya mempunyai struktur organisasi. Struktur organisasi adalah suatu
bagan yang menggambarkan bentuk susunan kepegawaian yang terdapat di dalam suatu lingkungan organisasi
/ instansi tersebut.
Download lengkap Versi PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
pesan skripsi