Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA TOKO BUKU CV. TOHA PUTRA

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar belakang.
Pesatnya pembangunan dimasa kini memberi pengaruh terhadap  pertumbuhan ekonomi sehingga banyak perusahaan bermunculan baik itu  perusahaan jasa maupun perusahaan manufaktur, perusahaan kecil dan perusahaan  besar yang memiliki persaingan kompetitif agar tetap hidup dan berkembang. Dan  tujuan dari setiap perusahaan tersebut adalah bukan hanya memperoleh laba yang  diharapkan namun bagaimana perusahaan dapat terus tumbuh dan berkembang.

Salah satu faktor pendukung utama suatu perusahaan adalah persediaan,  Dengan adanya persediaan perusahaan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan  pelanggannya. Apabila perusahaan tidak mampu menyediakan persediaan pada  suatu saat tertentu maka perusahaan akan dihadapkan pada resiko akan kehilangan  kesempatan memperoleh keuntungan sesuai yang diharapkan.
Persediaan merupakan salah satu bagian paling penting dalam operasi  perusahaan yang secara terus menerus dapat diperoleh, diproses dan selanjutnya  dijual kembali sehingga keinginan pelanggan dalam suatu waktu dapat dipenuhi  dengan baik. Meski demikian bukan sebuah solusi persediaan disebuah perusahaan  diadakan lebih besar untuk mengantisipasi permintaan pelanggan. Karena  persediaan yang terlalu besar juga akan menyebabkan biaya – biaya dan resiko yang  lebih besar juga, misalnya biaya penyimpanan dan pemeliharaan gudang menjadi  tinggi dan resiko barang rusak dan usang semakin banyak sehingga akan memberi  pengaruh terhadap penurunan keuntungan perusahaan yang diharapkan.
Dengan manajemen persediaan diharapkan perusahaan mampu memenuhi  kebutuhan pelanggan dengan biaya seminimal mungkin sehingga lebih efisien.
  Dengan kata lain bukan melenyapkan resiko sama sekali tetapi mengurangi resiko  yang dapat merugikan perusahaan akbat tingginya biaya.
Penginvestasian yang dilakukan terhadap barang-barang yang dibeli atau  diproduksi setiap adanya transaksi pembelian atau produksi persediaan, perlu  dicatat dalam laporan persediaan. Begitu juga transaksi penjualan persediaan harus  tetap dilaporkan untuk mengetahui jumlah persediaan yang ada sebagai dasar untuk  pemesanan persediaan kembali sesuai waktu yang dibutuhkan.
Laporan persediaan juga diharapkan dilakukan dengan teliti dan relevan  untuk menghindari kesalahan sehingga memberikan informasi yang berguna bagi  laporan keuangan perusahaan. Kesalahan dalam perhitungan persediaan, misalnya  kesalahan penilaian persediaan awal yang terlalu tinggi akan mengakibatkan harga  pokok penjualan menjadi tinggi dan laba kotor akan menjadi rendah. Demikian juga  sebaliknya, kesalahan penilaian persediaan awal yang terlalu rendah mengakibatkan  harga pokok penjualan menjadi rendah dan laba kotor akan menjadi tinggi.
Apabila perusahaan melakukan perencanaan, pengendalian dan pengawasan  yang baik, maka tidak terjadi penimbunan persediaan yang berlebihan serta tidak  akan terjadi kekurangan persediaan yang dapat mengakibatkan aktivitas perusahaan  terganggu. CV. TOHA PUTRA Medan sebagai perusahaan dagang yang  aktivitasnya membeli barang dagangan berupa buku-buku umum agama Islam,  majalah islam dan kaset yang berhubungan dengan agama Islam serta kamus  Inggris-Indonesia untuk dijual kembali, dalam operasionalnya menerapkan  manajemen persediaan. Karena itu penulis tertarik untuk memilih judul “ANALISA  MANAJEMEN PERSEDIAAN BARANG JADI PADA TOKO BUKU CV.TOHA  PUTRA MEDAN “.
  B. Perumusan Masalah Berdasarkan dari latar belakang diatas maka perusahaan akan melakukan  suatu tindakan yang membatasi kerugian-kerugian yang seminimal mungkin  sehingga penulis akan merumuskan masalah diantaranya, yaitu : 1.  Bagaimana sistem manajemen persediaan barang jadi yang dilakukan oleh  Toko Buku CV. TOHA PUTRA MEDAN? 2.  Bagaimana CV. TOHA PUTRA MEDAN mampu mengantisipasi  kemungkinan-kemungkinan barang rusak dan tidak terpenuhinya  permintaan? C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan Penelitian 1.  Untuk mengetahui sistem manajemen persediaan yang ditetapkan oleh Toko  Buku CV. TOHA PUTRA MEDAN.
2.  Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh Toko Buku CV. TOHA  PUTRA di dalam menerapkan sistem manajemen persediaan.
Manfaat Penelitian 1. Penulis, agar mampu menganalisis manajemen persediaan barang jadi dengan  mengimplementasikan teori-teori yang dipelajari dengan yang terjadi dilapangan.
2.  Perusahaan, dapat menjadi bahan pertimbangan kebijaksanaan pemilihan  pengadaan persediaan dan metode pemanfaatan persediaan di masa mendatang.
3. Pihak Lain, sebagai bahan referensi dan pembanding untuk penulisan paper  dimasa yang akan datang.     D. Metode Penelitian 1. Lokasi Penelitian Perusahaan yang menjadi lokasi penelitian penulis adalah Toko Buku CV.TOHA  PUTRA MEDAN Jl Sisingamangaraja No.8-BC Medan, Telephone:061-7368949  2. Sumber Data a. Data Primer ( field Research)  Yaitu merupakan data yang dikumpulkan khusus untuk riset tertentu  langsung dari objek penelitian dalam bentuk laporan publikasi dan struktur  Organisasi.
b. Data Sekunder ( Library Research ) Yaitu data yang diperoleh penulis dari berbagai literatur dan buku-buku  yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini sebagai landasan ilmiah yang  bersifat teori yang memiliki relevansi dengan penelitian ini.
3. Tehnik Pengumpulan Data Pengumpulan data dilakukan melalui : Wawancara  Mengadakan wawancara langsung baik kepada pimpinan perusahaan  ataupun dengan karyawan yang bersangkutan dengan objek penelitian dan  mempunyai wewenang dalam memberikan informasi mengenai keadaan  perusahaan. Dalam hal ini penulis menyiapkan beberapa daftar pertanyaan pada  pihak perusahaan yang dapat memberikan masukan data dalam penelitian ini.
  4. Metode Analisa Data Metode deskriptif, yaitu suatu metode yang merupakan serangkaian kegiatan  penelitian yang dilakukan dengan jalan mengumpulkan, menerangkan serta  menginterpretasikan data-data yang diperoleh kemudian diolah sehingga diharapkan dapat dibahas setelah seluruh hasil pembahasan tersebut diperoleh. Selanjutnya data  tersebut dianalisa dan di bahas secara umum.
  BAB II GAMBARAN UMUM CV TOHA PUTRA A. Profil Perusahaan 1.  Sejarah Berdirinya Perusahaan CV. TOHA PUTRA Medan berdiri pada tahun 1983 berlokasi di Jl.
Sisingamangaraja NO.8-B Medan dan merupakan cabang dari Semarang. Pimpinan  pertama perusahaan ini adalah Rudi Abdullah dari tahun1983 - 1984, kemudian  diganti oleh Abu Bakar dari tahun 1984 – 1989. setelah berakhirnya kepemimpinan  Abu Bakar maka diganti oleh Ir. Shaleh dari tahun 1989 – 1991. Kemudian  digantikan oleh Ahmad Lutfi dari tahun 1991 – 1993, lalu diganti lagi oleh Umar  Toha dari tahun 1993 – sekarang..
Jumlah tenaga kerja di CV. TOHA PUTRA Medan adalah 11 orang yang  terdir dari 1 orang bagian administrasi, dan 1 orang bagian keuangan, 3 orang  bagian gudang, 1 orang bagian operasional, dan 5 orang bertugas dibidang  penjualan. Semua tenaga kerja ditempatkan dibagian-bagian yang telah ditentukan  sesuai dengan keahlian dan keterampilan serta pengalaman yang dimiliki oleh  masing-masing tenaga kerja. Jam kerja yang diberlakukan di CV. TOHA PUTRA  Medan setiap harinya adalah 8 jam termasuk untuk istirahat. Sistem pemberian upah  yang berlaku adalah dengan memberikan upah atau gaji per bulan. Selain upah atau  gaji yang diberikan kepada setiap karyawan, juga diberikan tunjangan demi  peningkatan kesejahteraan karyawan. Tumjangan tersebut antara lain adalah  tunjangan perkawinan, tunjangan hari raya, dan tunjangan lembur.
CV. TOHA PUTRA Medan adalah suatu perusahaan yang berbadan hukum  yang bergerak sebagai grosir dan distributor dalam bidang perindustrian / penjualan  buku-buku agama islam, Al-Qur’an dan terjemahan, kamus bahasa Inggris –  Indonesia serta  hal-hal yang berhubungan dengan pengetahuan tentang agama  islam, dijual untuk semua golongan, dari anak-anak sampai orang dewasa baik  eceran maupun grosir.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi