Rabu, 28 Mei 2014

Skripsi Finansial: ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA FLIPFLOP SHOPHOUSE CO

BAB I.
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang.
Dalam menghadapi era pasar bebas, para pelaku ekonomi seperti kreditur,  debitur, investor dituntut untuk berhati-hati dalam mengelola dana atau modal  kerja yang diperoleh. Tidak hanya organisasi profit saja tetapi organisasi non  profit dituntut kemampuannya dalam mengelola dana, misalnya kemampuan  dalam mengelola modal yang ada serta mempergunakannya secara efektif dan  efisien.

Salah satu cara mengelola modal kerja adalah dengan menganalisis sumber  dan penggunaan modal kerja, dimana sumber dan penggunaan modal tersebut  mempunyai peranan yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Dengan  mengetahui sumber dan penggunaan modal kerja secara cermat maka  kelangsungan hidup perusahaan dapat dipertahankan untuk periode yang akan  datang.
Untuk memenuhi modal kerja, maka perusahan akan mengadakan  hubungan dengan pihak perbankan. Artinya dalam menanamkan modalnya ke  Perusahaan, pihak perbankan atau pihak kreditur lainnya harus dapat menilai  permohonan kredit yang diajukan oleh pihak penerima kredit. Hal ini  dimaksudkan agar modal dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga  modal yang diberikan cukup untuk membiayai pengeluaran atau kegiatan  operasional perusahaan.
  Adanya modal yang cukup sangat penting bagi perusahaan, karenadengan  demikian akan memungkinkan untuk beroperasi secara ekonomis dan perusahaan  tidak mengalami kesulitan apabila menghadapi biaya yang mungkin timbul karena  adanya krisis atau kekacauan keuangan.
Modal kerja yang berlebihan menunjukkan adanya dana yang menganggur, dana yang menganggur mengakibatkan pemakaian modal kerja yang  kurang efisien. Beberapa masalah tersebut dapat diatasi dengan jalan mengatur  investasi pada setiap aktiva lancar baik mengenai penggolongan maupun besarnya  dana pada setiap unsur modal kerja.
Dengan menggunakan analisis modal kerja, maka unsur-unsur yang sukar  diuangkan dengan segera  seperti, persediaan  dapat diatur sedemikian rupa  sehingga dana yang tertanam dalam unsur-unsur modal kerja diusahakan sampai  jumlah yang tidak menghambat kelancaran kegiatan perusahaan.
Untuk memahami kebutuhan modal kerja, maka  penulis melakukan  penelitian di Flipflop Co, Medan dengan judul :   ” ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN MODAL KERJA PADA  FLIPFLOP SHOPHOUSE CO. MEDAN ”   B. Perumusan Masalah Sesuai dengan uraian pada latar belakang, maka penulisan skripsi minor  ini hanya membatasi pada masalah kebutuhan modal kerja.
Masalah yang akan dibahas dalam skripsi minor ini adalah: Bagaimana  perusahaan menentukan kebutuhan, memperoleh modal kerja serta penggunaan  modal kerja dalam kegiatan operasional.
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan  menentukan kebutuhan, memperoleh dan menggunakan modal kerjanya.
Manfaat penelitian adalah: 1.  Bagi penulis untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam  bidang modal kerja yang bermanfaat di masa yang akan datang.
2.  Bagi Perusahaan Flipflop Co. Medan dapat dijadikan sebagai sumbang  saran dalam melaksanakan aktivitasnya juga sebagai bahan pertimbangan  dalam hal menentukan kebijaksanaan modal kerja di masa yang akan  datang.
3.  Bagi pihak lain ingin mengetahui seberapa tinggi tingkat penjualan  barang-barang untuk diproduksi di masa yang akan datang.
  D. MetodePenilaian  Penelitian merupakan suatu kegiatan pengumpulan, pengolahan, penyajian  dan analisa data yang dilakukan dengan metode ilmiah secara efisien Untuk mengumpulkan data yang diperlukan maka digunakan metode  penelitian yang terdiri dari: 1. Jenis Data Adapun jenis data yang dipergunakan adalah sebagai berikut:  a. Data Primer Data yang diperoleh penulis langsung dari  perusahaan tempat penulis  melakukan penelitian.
b. Data Sekunder Data yang diperoleh dari dokumentasi yang telah ada diperusahaan  tersebut yaitu sejarah singkat perusahaan, Laporan Laba-Rugi, Laporan  neraca. Dan dari buku-buku referensi lainnya.
2. Teknik Pengumpulan Data 1. Interview (Wawancara) Merupakan data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan  pihak-pihak yang berwenang, berkaitan memberikan data atau informasi  yang diperlukan dalam menyusun skripsi minor ini.
2. Studi Dokumentasi Dengan mengumpulkan data teoritis melalui berbagai literatur, buku-buku  dan tulisan ilmiah lainnya yang berhubungan dengan skripsi minor ini.
  3. Metode Analisis Data Penulisan skripsi minor ini menggunakan beberapa metode analisis data antara  lain: a. Metode Deduktif Merupakan penganalisaan data dengan cara menyusun data,  mengelompokkan data, menafsirkan, sehigga diperoleh gambaran umum  mengenai keadaan piutang perusahaan tersebut. (Sugiyono, 2006 : 120)  b. Metode Deskriptif Merupakan suatu metode analisis yang berawal dari pengetahuan yang  bersifat umum untuk diterapkan pada persoalan khusus dengan  membandingkan data-data perusahaan dengan teori.(Sugiyono, : 124)   BAB II ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA FLIPFLOP SHOPHOUSE CO.
A. PROFIL PERUSAHAAN 1. Sejarah singkat perusahaan Flipflop shophouse Co. Medan berlokasi di jalan Darussalam Medan.
Flipflop Shophouse Co. didirikan pada Tanggal 30 September 2003 oleh Doli,  Mario Dan Fadli.
Flipflop Shophouse Co. terbentuk dari konsep “ indie “ yaitu segala  sesuatu yang berbasis dari diri sendiri dan berusaha untuk tetap mandiri dan tidak  terlalu bergantung kepada orang lain, namun Flipflop Shophouse Co. sudah  mengembangkan konsep indie sesuai dengan perkembangannya.
Adapun bidang usaha dan kegiatan dari Flipflop Shophouse Co. Medan adalah: •  Menjual berbagai produk yang dikeluarkan oleh Flipflop Shophouse Co.
seperti : T-shirt, kemeja, sepatu, jaket, pin, CD, dompet, tas dan lain-lain.
•  Menerima produk dari distro lain yang telah bekerjasama dengan  Flipflop Shophouse Co. dan menjualnya melalui sistem konsyinasi.
•  Mempromosikan band-band yang berada di jalur indie dengan cara  menjual CD atau kaset mereka dan mensponsori mereka.
 Para eksekutif dan  .pegawai Flipflop Shophouse Co. Medan memiliki  keahlian dan kemampuan yang beragam namun masih di bawah bidang  komunikasi dan pemasaran, seperti:.
  Profesi penjualan.
  Profesi pemasaran.
  Profesi kehumasan.
  Profesi kreatif.



Download lengkap Versi PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pesan skripsi